Daftar Lengkap Kandungan Gizi Kentang untuk Kesehatan

Manfaat dan kandungan gizi kentang untuk kesehatan – Kentang mempunyai sejuta manfaat bagi kesehatan salah satunya memiliki kandungan vitamin, mineral, protein dan karbohidrat yang cukup tinggi. Karena tinggi dan baiknya gizi kentang, di negara Eropa, Amerika Selatan dan Amerika Tengah makanan pokok masyarakatnya adalah kentang.

Kentang yang dikenal dengan nama latin Solanum Tuberosum L merupakan tanaman yang berasal dari Solanaceae. Kentang dapat diolah menjadi menu utama atau makanan pencuci mulut serta dijadikan camilan sehat karena memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Dalam dunia kesehatan, kompresan air kentang dikenal sangat baik untuk mengobati luka pada kulit meskipun hal ini tidak banyak diketahui orang.

Kentang adalah makanan yang sangat enak dan bernutrisi. Berikut daftar lengkap kandungan gizi kentang yang baik untuk kesehatan tubuh.

Daftar Lengkap Kandungan Gizi Kentang

Daftar Lengkap Kandungan Gizi Kentang untuk Kesehatan

Apa saja kandungan nutrisi, vitamin dan manfaat kentang bagi kesehatan tubuh? Simak selengkapnya dibawah ini yuk.

1. Karbohidrat

Kentang adalah bahan makanan pokok yang mengandung serat tinggi, diantaranya yang paling terkenal adalah karbohidrat. Tak heran, jika beberapa negara seperti Eropa dan Amerika Tengah menjadikannya sebagai bahan makanan pokok.

Kandungan karbohidrat mencapai 66-90% per buah. Sehingga, dengan mengonsumsi kentang tubuh sudah mendapat asupan karbohidrat yang cukup.

Para ahli menyarankan jika tubuh membutuhkan 2.00 kalori perhati, 900-1300 kalori disarankan berasal dari karbohidrat. Seperti diketahui, karbohidrat merupakan sumber utama tenaga bagi tubuh. Meskipun karbohidrat sering dianggap sebagai salah satu penyebab naik berat badan. Walau tak selamanya salah, tapi jika dikonsumsi dengan baik berat badan tidak akan mengalami kenaikan karena tubuh tetap membutuhkan karbohidrat, salah satunya yang berasal dari kentang.

2. Serat

Serat adalah bagian dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat yang memiliki sifat resistan terhadap proses pencernaan. Kentang mengandung serat dan pati dimana keduanya adalah makanan bagi bakteri baik di usus besar. Keduanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Pada bagian kulitnya, kentang memiliki kandungan serat yang bermanfaat mengontrol gula darah.

Untuk anda yang ingin mengonsumsi kentang, disarankan untuk ditiriskan dulu kentang yang baru saja dimasak. Sebab, kentang yang sudah dingin mengandung kadar pati yang lebih tinggi daripada yang masih panas.

3. Protein Tinggi

Kandungan pada kentang selanjutnya adalah protein. Protein ini berguna untuk memproduksi zat kimia pada tubuh seperti hormon dan enzim. Protein utama pada kentang dinamakan patatin. Beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap kandungan protein kentang.

Protein juga dibutuhkan untuk membentuk otot, tulang, sel darah, rambut dan juga kulit. Meski tidak terlalu banyak, kandungan protein pada kentang kira-kira 1-1,5% dalam kondisi segar dan 8-9% saat kering.

Jika dibandingkan jagung dan gandung, kandungan protein kentang jauh lebih rendah. Tapi perlu anda ketahui, kandungan proteinnya berkualitas tinggi.

4. Antioksidan

Antioksidan dikenal dalam mencegah radikal bebas. Studi membuktikan bahwa antioksidan dapat mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung koroner, kanker, dan diabetes.

Studi lain di laboratorium juga menemukan jika antioksidan dalam kentang dapat menekan pertumbuhan kanker hati dan kanker usus besar. Meski demikian, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan keefektifan antioksidan dalam kentang untuk mengurangi risiko penyakit kronis pada manusia.

5. Kalium

Loading...

Kalium (potasium) merupakan mineral yang mendominasi kandungan gizi kentang. Mineral ini dapat menekan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Kadar kalium terbanyak terdapat pada kulit kentang.

6. Asam Folat

Wanita hamil atau sedang menjalani program hamil dianjurkan mengonsumsi banyak asam folat. Asam folat merupakan bentuk sintetik dari folat. Keduanya memiliki fungsi yang sama untuk kesehatan. Folat atau asam folat dapat mencegah risiko keguguran dan cacat pada bayi.

Loading...

7. Vitamin B6

Salah satu kandungan gizi kentang adalah vitamin B6, vitamin ini berperan dalam pembentukan sel darah, memelihara kesehatan saraf, membantu produksi antibodi atau zat kekebalan tubuh dan menunjang pencernaan protein.

8. Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang dapat menurunkan berbagai risiko penyakit. Fungsi vitamin C yang paling penting di antaranya memperbaiki jaringan tubuh, membantu penyerapan zat besi, memelihara kesehatan tulang dan gigi, serta berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Kadar vitamin C terbanyak pada kentang terletak di bagian kulitnya.

9. Mineral

Kentang mengandung mineral yang tinggi seperti potassium, magnesium, copper, kalsium, fosfor, zinc dan zat bersi. Kelompok mineral ini amat penting bagi tubuh supaya fungsti organ berjalan dengan baik.

Kentang juga mengandung sedikit phytic acid yang memungkinkan mineral ini terserap secara maksimal oleh tubuh. Itu sebabnya, kentang adalah karbohidrat yang lebih bernutrisi ketimbang nasi putih, pasta atau roti putih.

10. Enzim

Kentang yang sudah dimasak lalu didinginkan akan membentuk amylose, enzim yang sulit dicerna oleh lambung dan usus halus tapi justru menjadi makanan yang sangat baik untuk bakteri didalam usus besar.

Bakteri ini akan mencerna amylose dan memproduksi butyrate, atau jenis asam lemak yang menutrisi sel-sel pelapis usus besar, bermanfaat melindungi usus dari racun.

Butyrate juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan, membantu diet, meningkatkan sensitivitas insulin serta menjaga metabolisme tubuh.

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh

Kentang merupakan makanan yang mengandung nutrisi dan karhobidrat tinggi, vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ini daftar manfaat kentang untuk kesehatan:

  1. Menjaga kesehatan jantung
  2. Meningkatkan fungsi otak
  3. Mencegah kekurangan vitamin C (Scurvy)
  4. Membantu merawat kesehatan kulit
  5. Mencegah penyakit kanker
  6. Membantu mengendalikan gula darah
  7. Baik untuk pencernaan
  8. Menjaga tekanan darah normal
  9. Memecah nutrisi menjadi energi
  10. Mengatasi kulit kering
  11. Menghilangkan mata panda
  12. Membantu menurunkan berat badan

Demikian kandungan gizi kentang disertai manfaat kentang bagi kesehatan yang dapat saya bagikan untuk anda. Semoga informasi ini dapat berguna bagi anda yang membacanya.

Simak artikel menarik lain seputar kentang dan lifestyle untuk menjaga kesehatan tubuh secara maksimal.

Sumber dan referensi:

1. https://www.alodokter.com/ketahui-kandungan-gizi-kentang (diakses 26 Desember 2016)

2. https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-3284515/7-nutrisi-penting-di-dalam-kentang-yang-belum-banyak-diketahui (diakses 25 Desember 2019)

Populer Pekan Ini

Loading...

Rekomendasi Widiynews

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More