Cara Mudah Mengatasi Lidah Putih dengan 4 Bahan Alami

Cara Mudah Mengatasi Lidah Putih dengan 4 Bahan Alami

Cara mengatasi lidah putih penting Anda ketahui apalagi menggunakan bahan alami dari herbal alam yang tidak memiliki efek samping. Pada umumnya, penyebab lidah putih adalah buruknya menjaga kesehatan mulut. Beberapa faktor lain seperti dehidrasi, infeksi atau adanya penyakit, demam, reaksi terhadap obat, merokok, mengonsumsi alkohol, makan pedas dapat mengakibatkan perumukaan lidah menjadi putih.

Meski tidak terlalu berbahaya, namun jika dibiarkan tanpa mengetahui cara mengatasinya justru kondisi ini bisa menjadi pertanda kesehatan Anda sedang terganggu atau buruk.

Meski demikian, mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Selain dapat merusak penampilan Anda saat berbicara dengan orang lain, kondisi lidah putih yang tidak normal juga dapat menjadi sinyal kesehatanmu terganggu.

Penyebab Lidah Putih

Berikut ini beberapa faktor hal yang dapat menyebabkan kondisi lidah menjadi putih dari sepele hingga yang perlu Anda waspadai.

  1. Kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut
  2. Mulut kering
  3. Dehidrasi
  4. Iritasi karena kawat gigi
  5. Demam
  6. Suka merokok
  7. Mengonsumsi alkohol
  8. Sering mengonsumsi makanan lunak
  9. Infeksi jamur
  10. Alergi obat-obatan
  11. Leukoplakia
  12. Lichen Planus
  13. Oral Thrush
  14. Sipilis

Leukoplakia

Ini adalah kondisi dimana terjadi pembentukan bercak-bercak putih di dalam mulut, termasuk lidah. Bercak putih ini kemungkinan terjadi karena terlalu banyak sela dan protein keratin di mulut.

Cara Mudah Mengatasi Lidah Putih dengan 4 Bahan Alami

Meski tak sakit, bercak putih ini dapat dihilangkan dengan disikat atau dikorek dengan benda yang lembut. Leukoplakia bisa juga terjadi karena iritasi, dan lebih sering ditemui pada seseorang yang merokok dan suka mengonsumsi minuman alkohol.

Meski leukoplakia tidak berbahaya, tapi jika dibiarkan bertahun-tahun tanpa penanganan yang tepat, kondisi ini juga dapat berbahaya karena berubah menjadi kanker.

Oral Thrush

Oral thrush atau sering juga disebut dengan kondidiasis oral. Penyebabnya karena adanya penumpukan atau tumbuhnya jamur Candida albicans yang terlalu cepat.

Jamur ini adalah orgnisme yang normat ada didalam mulut setiap orang. Yang perlu Anda ketahui, oral thrush dapat menyebabkan sensari terbakar atau perih dilidah, serta plak putih yang terasa nyeri dan dapat dikorek.

Oral Lichen Planus

Oral lichen planus adalah penyebab mengapa lidah menjadi putih. Ini adalah gangguan dimana sistem kekebalan tubuh jangka panjang yang menimbulkan garis-garis putih berenda serta bercak putih didalam mulut dan lidah.

Kondisi ini dapat mengakibatkan sensasi seperti terbakar di bagian lidah, mulut pun terasa tidak nyaman, gusi merah dan sakit, serta plak yang terasa sangat nyeri.

Geographic Tongue

Penyebab lain lidah putih adalah geographic tongue, yakni dimana papila pada permukaan lidah hilang dan seperti pulau merah halus dengan pinggiran berwarna putih.

Saat ini penyebabnya tidak diketahui, namun kondisi ini umumnya dijumpai pada orang dewasan dan lansia. Mungkin ini disebabkan karena faktor genetik atau kondisi suatu wilayah.

Lidah putih pada umumnya memang tidak berbahaya, namun Anda patut tetap peduli terhadap kesehatan terutama bagian mulut. Segera konsultasikan ke dokter spesialis gigi atau lakukan cara mudah mengatasi lidah putih menggunakan 4 bahan herbal alami berikut ini.

Cara Mengobati Lidah Putih dengan Bahan Alami

Segera terapkan cara mudah mengobati lidah putih menggunakan bahan alami berikut ini untuk meminimalkan rasa sakit dan efek samping dari lidah putih.

Cara Mudah Mengatasi Lidah Putih dengan 4 Bahan Alami

1. Bawang Putih

Siapa yang tidak kenal bawang putih? Bumbu dapur ini tidak hanya digunakan memasak saja didapur tetapi sudah diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan, terutama mencegah kanker.

Tak hanya itu, bawang putih juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi lidah putih. Alasannya, bawang putih memiliki kandungan senyawa aktif yang disebut allicin. Senyawa ini dapat memerangi jamur penyebab infeksi seperti Candida Albicans.

Caranya, potong sedikit bagian atas dan bawang putih lalu makanlah secara langsung atau dalam kondisi mentah. Pastikan Anda mengonsumsi satu siung bawang putih perhati untuk membantu mengobati lidah putih secara maksimal.

2. Baking Soda

Menurut Quintessence International, backing soda dapat membantu membunuh mikroorganisme penyebab infeksi pada mulut, seperti Candida dan Streptococcus.

Menariknya, baking soda juga dapat mengatasi residu yang menyebabkan kondisi lidah menjadi putih.

Tak perlu bingung, cara mengaplikasikannya juga sangat mudah. Anda cukup menaburkan sedikit baking soda pada sikat gigi atau langsung pada lidah, kemudian gosok secara perlahan dengan sikat gigi atau alat pembersih lidah lainnya yang lembut.

3. Probiotik

Didalam tubuh manusia terutama pada sistem pencernaan terdapat bakteri baik yang dinamakan probiotik. Kekurangan bakteri probiotik dapat menyebabkan sariawan, infeksi mulut dan lidah menjadi putih.

Menurut beberapa informasi, probiotik dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri didalam sistem pencernaan, sehingga sekaligus mengobati lidah putih.

Anda dapat berkonsultasi atau memilih suplemen probiotik atau makanan khusus yang telah diperkaya dengan probiotik seperti susu dan yogurt.

4. Garam Laut

Garam adalah bahan sekaligus bumbu dapur yang tidak pernah bisa lepas di rumah. Entah apa rasanya jika masakan tanpa dibumbui garam. Namun siapa sangka jika garam tidak hanya dapati membuat sebuah masakan menjadi lebih gurih dan nikmat namun juga dapat mengobati lidah putih secara alami.

Tapi tunggu dulu, karena tidak semua jenis garam dapat Anda gunakan. Dari sekian banyak jenis, garam laut adalah salah satu yang berguna untuk mengatasi munculnya warna putih dibagian lidah.

Menurut informasi dari beberapa sumber, garam laut mengandung antibakteri alami yang menghilangkan bakteri penyebab lidah putih.

Perbedaan antara garam laut dan garam biasanya terksturnya, dimana garam laut memiliki tekstur yang lebih kasar. Cara pemakaiannya juga sangat mudah, cukup campurkan garam laut dan segelas air seperti membuat obat kumur. Setelah itu, berkumur dan gosoklah lidah dengan garam secara perlahan.

Itulah penyebab dan cara mudah mengobati lidah putih menggunakan bahan herbal alami yang minim efek samping. Kondisi ini memang umumnya tidak terlalu berbahaya, tapi untuk berjaga-jaga terhadap kesehatan tubuh jangka panjang alangkah baiknya untuk konsultasi pada dokter spesialis gigi.

Apalagi jika terdapat perubahan pada bagian lidah seperti terasa nyeri dan sakit, mati rasa, atau lidah berwarna putih selama lebih dari satu minggu. Mungkin ini bisa menjadi sinyal yang patut Anda ketahui yang diberikan oleh tubuh yang sedang mengalami infeksi atau sakit tertentu.

Simak artikel menarik lain seputar Kesehatan Mulut atau Kesehatan dan baca juga Bau Mulut Tak Sedap? Atasi dengan 7 Cara Manjur Berikut Ini.

Sumber: winnetnews.com – alodokter.com

ARTIKEL PILIHAN
Mari Bagikan :
Didiklah anak-anakmu itu berlainan dengan keadaan kamu sekarang kerana mereka telah dijadikan Tuhan untuk zaman yang bukan zaman engkau. (Umar bin Khattab)