#100 Macam Tanaman Herbal, Manfaat, Khasiat, Obat Kesehatan Alami

#100 Macam Tanaman Herbal, Manfaat, Khasiat, Obat Kesehatan Alami

Anda mungkin sering mendengar nama tanaman obat herbal serta beberapa manfaat yang diperoleh jika mengonsumsinya. Meskipun tak sedikit diantara kita yang masih belum mengetahuinya.

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya, hal ini terbukti dari banyaknya temukan tanaman herbal yang sudah sejak jaman dulu kala digunakan sebagai ramuan obat. Jumlahnya tidak hanya puluhan, bahkan ada ratusan tanaman.

Read More

Walau teknologi dan dunia kesehatan semakin berkembang, ternyata masih banyak yang memilih pengobatan herbal dengan alasan lebih aman dibandingkan obat kimia. Seperti diketahui, obat-obat tradisional ini dapat mengobati berbagai macam penyakit dari yang biasa hingga yang kritis.

Namun, sebelum memilih jenis obat herbal yang tepat untuk mengobati penyakit yang Anda derita, tidak ada salahnya mengetahui terlebih dulu apa itu obat herbal, manfaat serta macam-macamnya dibawah ini.

Obat Herbal dan Manfaatnya

Herbal merupakan tanaman atau tumbuhan yang memiliki khasiat untuk pengobatan. Tidak semua tanaman berkhasiat sama, namun tanaman yang mengandung zat atau bahan aktif dapat digolongkan sebagai herbal.

Herbal juga sering kali disebut sebagai tanaman obat. Pengobatan jenis ini sering kali oleh masyarakat lokal dinamakan dengan istilah pengobatan alternatif.

Meski belum diteliti lebih lanjut menggunakan alat teknologi kesehatan yang ada saat ini, beberapa obat herbal masih menjadi pilihan primadona oleh masyarakat untuk mengobati penyakit dan luka.

Bagi kita yang sudah hidup dijaman serba teknologi saat ini, sudah sepantasnya bersyukur karena teknologi kedokteran pun sudah semakin pesat. Riset dan penelitian terkait obat-obatan pun semakin maju dan membuka mata bahwa alam telah menyediakan obat untuk berbagai jenis penyakit.

Indonesia sebagai negara terkaya di dunia yang memiliki kekayaan hayati terbukti memiliki ratusan hingga jutaan tanaman obat herbal sehingga tak sulit untuk mencarinya.

[hfe_template id=’28981′]

Banyak sekali tanaman herbal di Indonesia, sehingga tidak hanya sekedar untuk mengobati penyakit tetapi juga untuk perawatan kecantikan. Sehingga banyak sekali manfaat yang didapat jika mengonsumsi obat herbal, terutama untuk kesehatan tubuh.

37 Macam Tanaman Herbal, Obat Alami dan Khasiatnya

Berikut 100 macam tanaman obat herbal disertai khasiat dan manfaat alami untuk kesehatan dari tumbuhan obat keluarga (Toga) yang patut diketahui.

1. Temulawak (Curcuma Xanthorhiza Roxb)

Temulawak merupakan tanaman berasal dari keluarga jahe (zingiberaceae) dan sekaligus tanaman herbal yang banyak ditemui di Indonesia. Tanaman ini banyak ditemui di daerah atau pulau Jawa, Kalimantan, Maluku, dan Sumetara. Meski tak menutup kemungkinan temulawak juga banyak tumbuh didaerah pegunungan.

Khasiat temulawak sudah tidak diragukan lagi dalam duni pengobatan alternatif. Ciri-ciri tumbuhan ini tumbuh sebagai semak tanpa batang, mulai dari pangkal sudah berupa tangkau daun yang panjang dan berdiri tegak. Daunnya panjang bundar, tingginya mencapai 2-3 milimeter. Temulawak biasanya tumbuh subur didataran rendah dengan ketinggian 750 meter. Usia panen tanaman ini biasanya sekitar 8-12 bulan dengan ditandai daun-daunnya yang mulai menguning.

[hfe_template id=’28986′]

Temulawak biasanya di parut kemudian direbut dengan air. Air rebusan temulawak inilah yang dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman ini sudah lama digunakan, bahkan sudah turun temurun sejak jaman nenek moyang kita.

Beberapa penyakit yang dapat disembutkan oleh obat herbal temulawak antara lain mag, diare, masuk angin, perut kembung, sakit kuning, hepatitis, dan pegal linu.

2. Kunyit atau Kunir

Kunir atau kunyit merupakan tanaman herbal asli wilayah Asia Tenggara. Tanaman obat ini kemudian menyebar ke Malaysia, Indonesia, Australia, dan Afrika. Hampir seluruh masyarakat Indonesia pernah mengonsumsi kunyit baik sebagai pelengkap bumbu masakan, kue, jamu untuk kebugaran dan kecantikan.

Menurut informasi situs kesehatan, kunyik oleh orang jawa digunakan sebagai ramuan jamu karena kandungannya yang berkhasiat menyejukkan, membersihkan, mengeringkan, dan menghilangkan gatal dan penyakit lainnya. Namun, seiiring berkembangnya teknologi pengobatan, kunyit saat ini banyak digunakan sebagai produk kosmetik kecantikan dan kesehatan.

[hfe_template id=’28981′]

Manfaat kunyit:

  • Anti inflamasi
  • Antioksidan
  • Anti mikroba
  • Pencegah kanker
  • Anti tumor
  • Menurunkan kadar lemak darah
  • Menurunkan kolesterol
  • Pembersih darah

Cara membuat obat herbal dari kunyit hampir sama dengan temulawak, yakni sama-sama diambil air rebusannya.

  1. Cuci bersih kunyit yang masih segar, kemudian kupas kulitnya.
  2. Parut atau blender dengan sedikit air, kemudian peras airnya hingga benar-benar habis.
  3. Didihkan air, kemudian rebus air perasan kunyit, gula, dan asam jawa.
  4. Setelah jamu mendidih, angkat dari kompor dan tunggu sampai dingin. Saring ari rebusan kunyit ke dalam gelas atau botol.

3. Keji Beling

Keji beling atau dalam bahasa Jawanya sering juga disebut dengan nama sambang geteh. Keji beling bermanfaat mengobati disentri, diare, obat batu ginjal serta dapat digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolestrol.

Daun tanaman obat ini dapat dimakan langsung sebagai lalapan saat makan atau juga dapat direbus dan diminum airnya untuk pengobatan. Khasiat keji beling akan lebih maksimal jika dikonsumsi secara rutin setiap hari.

[hfe_template id=’28981′]

Daun keji beling biasany digunakan sebagai obat untuk gatal-gatal. Cara menggunakannya mudah sekali yaitu mengoleskan daun keji beling pada bagian yang gatal tersebut.

Untuk mengobati penyakit lain seperti mencret, dan diare, rebuslah seluruh bagian tanaman ini selama 30 menit, lalu minum air rebusan tersebut.

Manfaat tanaman herbal keji beling juga dapat mengobati kencing manis, lever (sakit kuning), ambeien, dan maag. Caranya dengan mengonsumsi daunnya sebagai lalapan rutin setiap hari.

4. Sambiloto (Andrographis Paniculata)

Tanaman herbal satu ini sudah tidak asing lagi tentunya di telinga masyarakat Jawa. Sambiloto banyak digunakan untuk pengobatan alternatif terutama di negara India. Dan saat ini di Indonesia banyak sekali obat herbal yang dibuat dari bahan dasar Sambiloto.

Bagi yang mengetahuinya, mungkin sambiloto hanya dianggap sebagai tanaman atau rumput pengganggu saja. Namun tahukah Anda jika tanaman ini memiliki kandungan zat yang berkhasiat untuk kesehatan.

[hfe_template id=’28978′]

Sambiloto merupakan tanaman obat dari kelaurga Acanthaceae. Genus Andgrographis terdapat 28 spesies, tapi tak semua jenisnya memiliki khasiat medis, salah satunya adalah sambiloto. Sambiloto mengandung zat senyawa Androprapholide, terutama bagian daunnya. Senyawa ini merupakan lakton diterpenoid bisiklik.

44 Manfaat Sambiloto untuk kesehatan dan medis:

  1. Menurunkan demam
  2. Mencegah risiko kanker
  3. Menurunkan tekanan darah
  4. Mengobati tifus
  5. Melindungi sel hati
  6. Mengobati gatal-gatal
  7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  8. Mengobati malaria
  9. Memeperlancar air seni
  10. Menjaga stamina
  11. Mengobati kencing manis
  12. Mengobati sakit perut
  13. Mencegah terjadinya infeksi saluran empedu
  14. Mengobati gejala penyakit hepatitis
  15. Mengatasi disentri basiler
  16. Mengatasi diare
  17. Mengobati radang paru
  18. Mengobati tifoid
  19. Mengobati bronkhitis (radang saluran pernafasan)
  20. Mengobati OMA (radang telinga tengah)
  21. Mengobati pielonefritis akut (radang ginjal akut)
  22. Mengobati leptospirosis
  23. Membantu meredakan sakit gigi
  24. Mengobati radang usus buntu
  25. Efektif sebagai penawar racun
  26. Mengobati bisul
  27. Mengobati anoreksi
  28. Mengatasi liver
  29. Mengobati HIV/ AIDS
  30. Mengatasi hidung berlendir
  31. Mengobati radang sendi
  32. Mengatasi influenza
  33. Mengobati infeksi sinus
  34. Mengobati keracunan makanan laut
  35. Mengatasi radang mulut
  36. Mengobati keracunan tempe bongkrek
  37. Mengobati keracunan singkong
  38. Mengobati keracunan jamur
  39. Mengatasi kusta
  40. Mengobati abses paru
  41. Mengobati kencing nanah
  42. Mengobati radang tonsilitis
  43. Peluruh lemak tubuh
  44. Mengobati sakit kepala

5. Tempuyung (Sonchus Arvensis L)

Sonchus arvensis L atau yang sering dikenal dengan tempuyung dikenal sebagai tanaman herba yang berkhasiat mengatasi beragam penyakit. Ciri-ciri pohon tempuyung adalah daunnya sedikit ungun, tepinya berombak, bergerigi, dan daunnya berwarna hijau.

Tempuyung berguna untuk menghancurkan batu ginjal, karena didalam daun tempuyung terkandung kalium berkadar cukup tinggi. Kalium inilah yang membuat batu ginjal berupa kalsium karbonat hancur. Endapatn batu ginjal ini akan larut dan keluar melalui urine. Untuk membuat obat dari tempuyung sangatlah mudah karena yang dibutuhkan hanyalah daunnya.

[hfe_template id=’28981′]

Cara membuatnya, cucilah beberapa lembar daun tempuyung, lalu daun tersebut diasapkan sebentar. Makanlah daun tersebut sebagai lalapan bersama nasi, dalam sehari konsumsilah lalapan daun tersebut sebanyak tiga kali (pagi, siang, sore). Lakukan cara ini selama beberapa hari untuk hasil yang maksimal.

Manfaat daun tempuyung untuk kesehatan dan pengobatan

  1. Mengobati bisul
  2. Menurunkan tekanan darah
  3. Obat kencing batu (batu ginjal)
  4. Kurang pendengaran
  5. Luka bakar
  6. Mengobati memar
  7. Mengobati asam urat
  8. Batu empedu
  9. Wasir, Usus buntu, Disentri

6. Beluntas (Plucheacea Indica)

Tanaman herbal ini memiliki ciri-ciri rasa getir dan sedikit berbau. Hampir seluruh bagian tanaman beluntas dapat digunakan sebagai obat tradisional, mulai dari obat penambah nafsu makan hingga membantu melancarkan proses pencernaan.

Seperti tanaman berkhasiat obat lainnya, beluntas memiliki nama dearah seperti Luntas (Jawa Tengah), beluntas (Sunda), baluntas (Madura), lamutasa (Makassar) dan lenabou (Timor).

Kandungan Beluntas

  • Alkaloid
  • Tannin
  • Natrium
  • Minyak atsiri
  • Kalsium
  • Flafonoida
  • Magnesium
  • Fosfor

Khasiat dan Manfaat Beluntas

  1. Meningkatkan nafsu makan
  2. Melancarkan pencernaan
  3. Meluruhkan keringat
  4. Menghilangkan bau badan dan bau mulut
  5. Meredakan demam
  6. Mengobati nyeri tulang
  7. Obat sakit pinggang dan keputihan
  8. Sebagai lalapan untuk makan

[hfe_template id=’28981′]

7. Adas (Feoniculum Vulgare Mill)

Mendengar nama adas mungkin sebagian Anda tidak asing lagi. Sebab, dibeberapa daerah daun adas sering dijadikan masakan yang enak dan menyehatkan. Beberapa menu masakan sederhana bahkan dapat Anda temukan di internet seputar khasiat daun herbal ini.

Buah tanaman adas memiliki rasa manis, pedas, dan bau yang aromatik yang khas. Bagian ini memiliki sifat menghangatkan. Bagian tanaman yang sering dijadikan obat herbal adalah buah, akar dan daunnya. Manfaat daun adas dapat membantu menurunkan tekanan darah serta beberapa penyakit lain.

Kandungan daun adas:

  • Minyak asiri 0,3-6%
  • Anethol 50-60%
  • Fanchom
  • Metilchavicol
  • Anis keton
  • Kamfena
  • Limonena
  • 1,8 sineol
  • Arginin
  • P-sitosterol
  • Dianethole
  • Rutin
  • Stigmasterol

[hfe_template id=’28986′]

Beberapa manfaat daun adas

  • Menambah daya tahan tubuh
  • Obat influenza
  • Anti-kholinesterase
  • Mengatasi ejakulasi dini
  • Merangsang ereksi
  • Anastesi
  • Merangsang keringat
  • Penguat hepar
  • Perangsang syaraf pusat
  • Mencegah kemandulan
  • Memperkuat daya hidup sperma
  • Pemicu pengeluaran hormon androgen
  • Melemahkan potensi sperma
  • Merangsang pengeluaran hormon estrogen dan menambah vitalitas

[hfe_template id=’28981′]

8. Ajeran (Bidens pilosa L., Bidens leuchantha Willd., Bidens sundaica BI.)

Dalam kehidupan sehari-hari, tanaman ajeran dapat dimanfaatkan sebagai obat penurun panas, antiradang, menghentikan pendarahan, melancarkan pendarahan, serta astringen.

Kandungan ajeran juga berkhasiat mengobati radang, luka karena gigitan ular berbisa, memar, wasir, demam, flu, sakit tenggorokan, infeksi hepatitis, diare, sakit gigi, radang usus buntu, serta obat gatal-gatal.

Bagian tanaman yang sering digunakan sebagai obat adalah bagian akar, daun, serta beberapa bagian lainnya.

9. Ilalang atau Alang-Alang ( Imperata cylindrica (L) )

Tanaman obat herbal ini banyak tumbuh dipekarangan, dan merupakan tumbuhan liar. Sayang, ilalang atau alang-alang sampai saat ini masih belum maksimal digunakan sebagai obat herbal. Beberapa orang masih menganggap ilalang sebagai rumput biasa.

Padahal, kandungan dalam ilalang seperti glukosa, sukrosa, molic acid, citric acid, coixoi, orundoin, cylindrin, fernenol, simiarenol, anemonin, asam kersik, damar, logam alkali, saponin, tanin, dan polifenol memiliki manfaat untuk menurunkan panas, menghentikan pendarahan, menghilangkan rasa haus, sariawan, panas dalam, muntah darah, mimisan, kencing nanah, dan radang ginjal.

[hfe_template id=’28986′]

Bagian alang-alang yang sering dijadikan obat adalah akar, atau rimpang. Akar alang-alang memiki rasa sedikit manis.

10. Asam Jawa (Tamarindus Indica L)

Beberapa kandungan asam jawa yang berkhasiat obat diantaranya gula invert, tartaric acid, citric acid, serine, beta alanin, vitamin B3, geranial, linomene, peptin, proline, leusin, phenylalanine, dan pipecolic acid.

Asam jawa memiliki manfaat mengobati batuk, bisul, borok, masalah pencernaan, karang gigi, sariawan, menurunkan berat badan, rematik, luka memar, radang payudara, dan mengatasi masalah rambut rontok.

Bagi yang belum tahu saja, bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal adalah daging buah, daun, serta kulit (cangkang) biji. Buah ini punya rasa yang unik, yakni asam sedikit manis. Buah ini dapat dimakan langsung atau dijadikan wedang (rebusan).

[hfe_template id=’28981′]

12. Bengle atau Bangle (Zingiber purpureum Roxb)

Bagi orang jawa, tanaman bengle atau bangle merupakan tanaman yang wajib ada terutama bagi yang memiliki bayi atau anak kecil. Tanaman herbal ini dipercaya dapat menangkal gangguan setan atau jin. Dalam dunia medis, tanaman ini memiliki banyak manfaat karena kandungan zat didalamnya.

Bagi yang belum tahu, bagian tanaman ini yang sering dijadikan bahan obat tradisional adalah daun adan rimpangnya. Kandungan bengle diantaranya damar, pati, tanin, dan minyak atsiri (sineol dan pinen).

Manfaat Bengle atau Bangle untuk Pengobatan

  • Obat cacingan
  • Masuk angin
  • Demam
  • Obesitas
  • Gangguan penglihatan
  • Nyeri sendi
  • Demam yang disertai pusing
  • Mengecilkan perut setelah melahirkan
  • Perut mules
  • Obat sakit kuning

13. Buah Alpukat

Manfaat alpukat tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan jus saja, tingginya kandungan nutrisi alpukat berguna untuk mencegah katarak, depresi, serta menjaga kesehatan kulit.

Simak: Selain Dijadikan Jus, Ini 4 Manfaat Mengejutkan Buah Alpukat untuk Kesehatan!

Alpukat memiliki nama ilmiah Parsea americana Mill. Khasiat alpukat sebagai tanaman dan buah herbal merupakan hasil dari kandungan dan nutrisi didalamnya.

[hfe_template id=’28986′]

Pada bagian kulit ranting alpukat mengandung zat kimia seperti minyak terbang (atsiri) seperti methyl chavicol, alphapinene, tanin, dan flavanoid.

Sedangkan bagian dagingnya terkandung lemak jenuh, protein, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin B2.

Meski tergolong dalam kategori buah-buahan, namun buah ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan diantaranya obat darah tinggi, sakit kepala, gigi berlubang, kencing batu, mencerahkan kulit, nyeri lambung, sariawan serta kencing manis. Khasiat pengobatan melalui buah alpukat sudah diketahui dan banyak dirasakan oleh banyak orang. Bagaimana dengan Anda?

14. Bandotan

Obat herbal satu ini sering kali digunakan sebagai obat sakit tenggorokan, bisul, atau luka. Sayangnya, nama tanaman bandotan masih belum banyak diketahui orang pada umumnya.

Bahkan, tak sedikit tanaman ini dianggap sepele karena ketidaktahuan tersebut. Bandotan merupakan jenis tanaman herbal yang tumbuh di perkebunan liar. Tanaman ini jarang sekali dibudidayakan seperti tanaman herbal lainnya.

[hfe_template id=’28981′]

Bandotan mengandung asam amino, beta sitosterol, ageratochromene, firedelin, potasium klorida, stigmasterol, dan organacid. Tanaman obat ini dapat digunakan untuk mengobati bengkak, bisul, borok, eksim, luka, radang telinga, sakit tenggorokan, stimulan, tonik, peluruh kencing, dan haid, menurunkan panas, serta radang selaput lendir.

Bagian yang sering kali dimanfaatkan adalah daun serta batang yang masih muda. Tanaman ini memiliki sifat asam dan pahit terutama dibagian daunnya.

15. Andong

Andong adalah salah satu obat herbal yang tumbuh di sekitar kita. Tanaman ini sering kali ditanam dipekarangan dan saat ini sudah mulai dibudidayakan karena manfaatnya sudah mulai dirasakan.

Di beberapa daerah di Indonesia, Andong memiliki nama lain, seperti Hanjuang (Sunda), Penjuang (Dayak), Kayu Urip (Madura), Endong (Bali) serta masih banyak lagi lainnya.

[hfe_template id=’28986′]

Berikut ini beberapa manfaat dari tanaman andong:

  1. Menghentikan pendarahan
  2. Mengobati bengkak atau memar
  3. Mengobati kencing darah
  4. Mencegah keguguran
  5. Mengobati wasir
  6. Obat nyeri lambung
  7. Mengatasi nyeri ulu hati
  8. Mengobati nyeri karena haid
  9. TBC
  10. Dan masih banyak lagi lainnya…

Sifat tanaman Andong memiliki rasa manis, hambar dan menyejukkan. Bagian yang sering digunakan sebagai obat herbal adalah daun, bunga, dan akar.

16. Jarong ( Achyranthes aspera Linn )

Tanaman herba jarong sering kali dianggap sebagai tanaman gulma yang mengganggu di perkebunan. Namun siapa sangka setelah dilakukan penelitian, tanaman hias ini mengandung sejumlah zat yang dapat berguna untuk pengobatan.

Tumbuhan ini memiliki nama lokal yang berbeda-beda di daerah Indonesia, seperti Jarongan, Jarong Lelaki, Daung Sangketan, Nyarang (Jawa), Sui in sui, Sangko Hidung (Sulawesi), Rai rai, Dodinga (Maluku), dan masih banyak lagi lainnya.

Khasiat tanaman hias Jarong ini karena kandungan senyawa kimianya, diantaranya akirantin, glokosa, galaktosa, reilosa, ramnosa, alkaloid, hentriakontan, sapogenin, betain, ecdysterone, dan triterpenoid saponins.

Manfaat Tanaman Herba Jarong:

  1. Melancarkan darah
  2. Peluruh haid,
  3. Memperkuat hati dan ginjal
  4. Memperkuat otot
  5. Memperkuat tulang
  6. Antiinflamasi
  7. Anti toxin
  8. Peluruh air seni
  9. Menormalkan haid
  10. Hemostatik
  11. Mempermudah proses persalinan ibu hamil
  12. Mengatasi demam dan panas
  13. Mengobati malaria
  14. Obat amandel
  15. Mengatasi muntah darah
  16. Mengobati kencing darah dan kencing batu
  17. Obat reumatik

Bagian tumbuhan yang digunakan sebagai obat adalah akar dan seluruh bagian tanaman.

17. Tanaman Anggrung (Trema Orientalis BI)

Tanaman anggrung adalah obat herbal diare. Tanaman ini memiliki banyak sekali nama lokal seperti bengkire (Aceh), bongoreyon (Medan), Kuray (Sunda & Sumatera).

Meski memiliki perbedaan nama panggilan, namun khasiat yang dapat dirasakan oleh tanaman ini hampir serupa dimana telah banyak digunakan sebagai obat herbal yang minim efek samping. Bagian tanaman ini yang sering digunakan sebagai obat adalah daunnya.

[hfe_template id=’28981′]

Berikut ini beberapa manfaat herbal anggrung :

  • Mengobati batuk
  • Diare
  • Masuk angin
  • Nyeri perut
  • Disentri

18. Anting-Anting (Acalypha Australis L)

Anting-anting merupakan jenis tanaman herbal yang dapat mengobati diare serta beragam masalah pencernaan. Nama lain dari tanaman toga ini adalah pohon kucing-kucingan.

Rasa dari obat herbal ini adalah pahit namun memiliki sifat menyejukkan.

Bagian yang sering digunakan sebagai obat adalah bagian daun, batang dan hampir seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan baik masih segar atau sudah dikeringkan.

Manfaat obat herbal anting-anting atau pohon kucing-kucingan :

  1. Antibiotik
  2. Anti radang
  3. Peluruh kencing
  4. Astrigen
  5. Menghentikan pendarahan
  6. Obat diare
  7. Mengatasi muntah darah
  8. Obat disentri
  9. Mengobati buang air besar darah
  10. Mengobati mimisan, dan
  11. Obat batuk alami

19. Anyang-Anyang

Tanaman herbal ini memiliki bentuk yang sangat unik dimana bunganya sangat indah dipandang mata. Sesuai namanya, tanaman ini merupakan obat herbal anyang-anyangan atau sakit kencing.

Nama lokal tanaman ini antara lain rejasa, ambit, raja sor atau kematian, dan kayu ayang.

[hfe_template id=’28986′]

Semua bagian dari tanaman ini dapat berguna sebagai obat baik biji, daun, buah, batang, dan getahnya. Berikut ini beberapa manfaat dari tanaman ini:

  1. Mengobati sakit kencing atau anyang-anyangan
  2. Obat bisul
  3. Obat sariawan
  4. Obat migrain / sakit kepala sebelah
  5. Obat diare atau mencret

20. Tanaman Bakung

Bakung sering kali dijadikan tanaman hias didepan rumah oleh sebagian orang. Keindahan bunganya saat mulai memekar sering kali membuat tanaman ini banyak dibudidayakan. Namun siapa sangka jika tanaman hias ini memiliki khasiat obat.

Pengobatan yang sering menggunakan bahan tanaman bakung adalah untuk mengatasi masalah memar bekas luka. Selain itu, terdapat beberapa jenis masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan tanaman ini, diantaranya :

  1. Mengobati bengkak
  2. Obat borok
  3. Obat luka
  4. Peluruh keringat
  5. Peluruh muntah
  6. Mengatasi pembengkakan kelenjar limpa pada selangkangan dan ketiak
  7. Peluruh kencing
  8. Patek (frambusia)
  9. Reumatik.

Selain khasiat diatas, tanaman juga dikenal karena kandungan zat kimia didalamnya, diantaranya flavanoid, saponin, dan tanin. Sedangkan didalam umbinya terdapat kandungan alkaloid likorin, krinin, dan asetilkorin.

21. Balsem

Tanaman balsem mengandung efek farmakologis sebagai antiseptik, expectorant, anti-catarrhal remmedy untuk episema, bronkitis, dan astha bronchial.

Bagian yang paling sering digunakan sebagai obat herbal adalah getahnya. Khasiat tanaman ini sudah dikenal sejak jaman dulu dan hingga kini masih banyak dimanfaatkan.

[hfe_template id=’28981′]

Khasiat tanaman herbal balsem untuk kesehatan:

  1. Mengobati luka agar cepat kering
  2. Obat diare
  3. Mengatasi tenggorokan kering atau serak

Kandungan tanaman balsem antara lain, saponin, flavanoid, dan polifenol. Pada bagian getahnya terhadap minyak atsiri hingga 65%. Getah tanaman ini juga dapat mengakibatkan alergi pada jenis kulit tertentu.

22. Bambu Tali

Bambu tali atau dalam nama latinnya Asparagus Cochinchinenesis (Lour) Merr merupakan jenis tumbuhan yang sudah dikenal masyarakat, tak hanya di Indonesia, sejumlah negara Asia lain seperti Jepang, Thailand, Vietnam, dan China juga punya banyak tumbuh bambu tali.

Asparagus atau bambu tali juga dikenal sebagai tanaman herbal paru-paru.

Sayangnya, masyarakat hanya mengetahui jika tanaman ini digunakan sebagai bahan untuk membuat peralatan rumah tangga, padahal tanaman ini dapat digunakan sebagai obat.

Bagian yang sering digunakan adalah bagian umbinya yang dikeringkan dulu. Bambu tali memiliki sifat antioksidan, antineoplastik, serta berguna menurunkan panas dan imunitas.

Kandungan dan Manfaat Tanaman Herbal Bambu Tali

  • Mengandung saponin (Aglycone dan Protosarsapogenin)
  • Osparagine
  • Glukosa
  • Fruktosa
  • 5-methoxymethylfurfural
  • Beta Sitosterol
  • Bermanfaat Membersihkan Paru-Paru
  • Menyuburkan Yin
  • Merangsang produksi cairan tubuh
  • Mengobati batuk darah
  • Mengobati TBC
  • Mengobati sakit tenggorokan
  • Mengobati kanker payudara
  • Carcinoma
  • Fibroadenoma
  • Hyperplasia kelenjar payudara
  • Mengatasi kencing manis

23. Bengkuang (Pachyrrhizus Erosus URB)

Bengkuang / bengkoang bermanfaat untuk perawatan kulit dan kecantikan. Bagi wanita, tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu buah, atau tanaman herbal alami ini.

Di Indonesia, penyebutan nama bengkuang sendiri ada banyak sekali dan tergantung dari daerah atau wilayah. Berikut nama-nama lain dari bengkuang di Indonesia.

[hfe_template id=’28986′]

  • Bangkuang (Batak dan Sunda)
  • Bengkuang (Jawa)
  • Singkuwang (Aceh)
  • Jempingan (Bali)
  • Uwi Pisak (Lombok)
  • Buri (Bima)
  • dan lain sebagainya.

Bengkuang memiliki rasa manis, berair dan bersifat menyejukkan atau dingin. Bagian yang sering dikonsumsi atau dijadikan obat herbal adalah bagian daun serta biji (buah).

Baca juga: Cara Membuat Masker Bengkoang untuk Menghaluskan Kulit Wajah

Kandungan dan Manfaat Bengkuang

  • Pachyrhizon
  • Rotenon
  • Vitamin B1
  • Vitamin C
  • Saponin
  • Flavonoid
  • Protein
  • Fosfor
  • Zat Besi
  • Vitamin A

Tumbuhan ini memiliki manfaat untuk mengobati beberapa jenis penyakit yang sering digunakan oleh masyarakat, baik zaman dulu maupun di era modern dengan kecanggihan teknologi.

Beberapa penyakit yang dapat diobat dengan bahan bengkuang atau ekstrak bengkuang antara lain beri-beri, nyeri perut, demam, diabetes mellitus, sariawan, eksim, wasir, serta menghaluskan kulit dalam bentuk masker atau produk kecantikan berbahan bengkuang.

24. Baru Cina (Artemisia vulgaris)

Baru cina atau Artemisia vulgaris merupakan tumbuhan yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Sunda. Tumbuhan obat ini lebih familiar dengan nama beungkar kucing atau suket gajahan, orang Jawa menyebutnya.

Tanaman obat tradisional ini mempunyai rasa yang has, yakni sedikit pahit, pedas, dan mempunyai aroma yang cukup berbeda dari tanaman herbal lainnya.

[hfe_template id=’28981′]

Farmakologi yang ditemukan dari tanaman beungkar kucing adalah melancarkan meridian ginjal, paru-paru, limpa, dan melancarkan peredaran darah, mencegah keguguran, serta melancarkan menstruasi pada wanita.

Seluruh bagian beungkar kucing atau suket gajahan memiliki khisiat obat, baik yang masih kering maupun sudah dikeringkan.

Kandungan dan Manfaat Tanaman Baru Cina

  • Amirin
  • Fernenol
  • Cincole
  • Inulin
  • Oxytocin
  • Yomogi
  • Alkohol
  • Ridentin

Baru cina dapat digunakan untuk mengatasi :

  • Lemah syahwat
  • Menghilangkan rasa lemas setelah melahirkan
  • Mencegah keguguran
  • Melancarkan persalinan
  • Mengatasi nyeri saat haid atau menstruasi

25. Bayam Duri (Amaranthus Spinosus)

Selain tumbuh subur dipekarangan rumah, bayam duri (Amaranthus spinosus) banyak dimanfaatkan sebagai sayur oleh masyarakat Indonesia.

Masih banyak diantara kita yang menganggap tanaman ini hanya sebatas sayur saja. Padahal, tanamal obat ini dapat digunakan untuk mengatasi beragam masalah kesehatan.

Kandungan Bayam Duri

  • Amarantin
  • Rutin
  • Kalium nitrat
  • Kalium oksalat
  • Tanin
  • Piridoksin
  • Garam-garam fosfat
  • Zat besi
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin K

[hfe_template id=’28986′]

Manfaat Bayam Duri :

  • Mengobati bisul
  • Obat disentri
  • Mengobati keputihan
  • Meningkatkan produksi ASI pada wanita melahirkan
  • Obat wasir
  • Radang
  • Saluran pernafasan
  • obat alami TBC

26. Belimbing (Averrhoa Carambola)

Buah belimbing menjadi salah satu buah yang berasal dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Bahkan, buah ini menjadi ikon untuk Kota Depo, Jawa Barat.

Saat ini, tanaman ini banyak dibudidayakan karena meningkatnya permintaan masyarakat mengingat manfaatnya yang cukup komplit untuk kesehatan serta kecantikan. Salah satu negara yang dikenal sukses dengan sektor penanaman belimbing adalah Amerika Serikat, tepatnya di Florida.

Di Indonesia sendiri, buah belimbing / belimbing manis mempunyai banyak nama, diantaranya :

  • Bainang sulapa (Makasar)
  • Blimbing amis (Sunda)
  • Belimbing legi (Jawa)
  • Balireng (Bugis)
  • dan lain sebagainya.

[hfe_template id=’28981′]

Belimbing memiliki rasa yang segar, itu semua karena kandungan vitamin yang ada didalamnya. Selain dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C nya, buah ini memiliki beragam manfaat.

Kandungan Belimbing

  • Protein
  • Lemak
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Vitamin A, B dan C

Manfaat Belimbing

  • Mengobati diabetes mellitus
  • Darah tinggi
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Sakit tenggorokan
  • Influensa (Flu)
  • Kencing batu
  • Lever
  • Malaria
  • Mencegah kanker
  • Sakit kepala kronis

27. Bidara Upas (Mirreamia Mammosa)

Tanaman obat ini juga banyak dikenal dengan nama daerah widara upas (Jawa) atau juga Hailale (Ambon). Tanaman ini termasuk kategori umbi-umbian dengan ciri-ciri tanamannya merambat hingga mencapai 3-6 meter.

Ciri-ciri dari tanaman ini adalah rasanya yang sangat pahit, namun memiliki rasa menyejukkan karena memiliki efek menyegarkan dan dingin.

[hfe_template id=’28986′]

Orang jaman dulu sering menggunakan bidara upas untuk mengobati bengkak serta menetralkan racun.

Sama seperti umbi-umbian, bagian yang dikonsumsi dari tanaman obat ini adalah bagian umbi atau buahnya.

Kandungan Bidara Upas

  • Damar
  • Resin
  • Pati
  • Zat Pahit
  • Polifenol
  • Triterpenoid
  • Falavonoid
  • Zat antioksidae

Manfaat Bidara Upas

  1. Mengobati batuk
  2. Rejan
  3. Difteri
  4. Berak darah dan berlendir
  5. Mengobati luka gigitan ular
  6. Kencing manis
  7. Kusta
  8. Luka pada kulit
  9. Tifus
  10. Muntah darah
  11. Radang usus buntu dan sifilis

28. Binahong (Anredera cordifolia)

Binahong atau piahong adalah termasuk tanaman herbal yang memiliki khasiat obat. Sudah sejak jaman dulu tanaman ini mulai digunakan, bahkan hingga saat ini pun masyarakat modern masih memanfaatkan tanaman obat ini untuk mengatasi segala macam penyakit.

Tanaman obat ini juga sudah mulai banyak dibudidayakan, terutama di komplek perumahan biasanya dijadikan tanaman pagar.

Selain mempermudah mencari dan menggunakannya, tanamanan ini juga sudah mulai dikenal luas dikalangan masyarakat. Itu semua karena manfaat binahong dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit kronis, diantara kanker dan tumor.

[hfe_template id=’28981′]

Binahong juga memiliki nama daerah, yaitu gondola (Sunda); gendola (Bali); lembayung (Minangkabau); genjerot, gedrek, uci-uci (Jawa); kandula (Madura); tatabuwe (Sulawesi Utara), poiloo (Gorontalo), dan kandola (Timor).

Kandungan Binahong

  • Flavanoid
  • Asam oleanolik
  • Protein
  • Asam askorbat
  • Saponin

Manfaat Binahong untuk Kesehatan

  1. Mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, melahirkan, khitan, segala luka-luka dalam, radang usus.
  2. Melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah.
  3. Mencegah stroke.
  4. Mencegah tumor dan kanker.
  5. Mencegah Rheumatik, flu tulang dan sakit persendian.
  6. Menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh.
  7. Wasir (ambeien)
  8. Melancarkan buang air kecil, buang air besar.
  9. Diabetes.
  10. Sariawan berat.
  11. Pusing-pusing.
  12. Sakit perut.
  13. Mimisan.
  14. Gatal-gatal.
  15. Penghangat badan.
  16. Pegal pegal.
  17. Kolestrol.
  18. Maag dan asam urat.
  19. Menghilangkan jerawat pada wajah dengan pemakaian seperti masker.
  20. Antioksidan bagi tubuh

29. Brotowali / Bratawali (Tinospora cordifolia)

Tanaman herbal selanjutnya yang perlu kalian ketahui adalah brotowali, akar ali-ali atau bratawali. Tanaman obat ini sudah pasti sering Anda dengar bukan namanya.

Bahkan, obat atau air rebusan brotowali juga sudah banyak dijual oleh penjaja keliling atau jamu gendong. Jadi, untuk bisa menikmati khasiat brotowali saat ini sudah sangat mudah. Selain itu, obat yang berasal dari ekstrak brotowali juga sudah banyak tersedia dengan harga bervariatif.

[hfe_template id=’28981′]

Kandungan Brotowali

  • Alkaloid
  • Damar lunak
  • Pati
  • Glikosida
  • Pikroretosid
  • Zat pahit pikroretin
  • Palmatin
  • Kolurnbin (akar)
  • Kokulin (Pikrotoksin)

Khasiat dan Manfaat Brotowali

  • Mengobati demam
  • Obat gatal-gatal
  • Mengobati demam karena penyakit kuning
  • Obat kencing manis
  • Obat luka
  • Kudis
  • Reumatik

30. Blustru (Luffa Aegypriaca)

Blustru atau belustru / petola / ketola merupakan tumbuhan yang merambat sejenis mentimun (timun). Oleh masyarakat Indonesia, tanaman ini saat masih muda sering kali dijadikan sayur yang segar dan enak. Sedangkan buah yang sudah tua, kulitnya dapat dimanfaatkan sebagai spons.

[hfe_template id=’28986′]

Blustru memiliki rasa manis dan menyejukkan. Sayangnya, akar tanaman ini mengandung racun dan rasanya juga pahit.

Tanaman ini berkhasiat obat, diantaranya untuk mengatasi susah buang air besar, antibatuk dan antiradang.

Kandungan Blustru

  • Saponin
  • Lufein
  • Citrulline
  • Cucurbitaen
  • Lemak
  • Protein
  • Xylan
  • Vitamin B dan C
  • Minyak lemak squalena
  • A-spinasterol
  • Arginin
  • Lisin
  • Alanin
  • Galaktosa
  • Manitosa

Khasiat dan Manfaat Blustru

  1. Mengobati batuk
  2. Sesak nafas
  3. Mengatasi haid tidak teratur
  4. Sakit pinggang
  5. Asma

31. Boroco (Celosia Argentea)

Tumbuhan herba boroco dapat tumbuh subur di iklim tropis. Ciri khas tanaman obat ini yaitu memiliki warna yang cukup cerah dengan bunga berwarna putih.

Tanaman ini biasanya digunakan untuk mengobati beragam penyakit seperti disentri dan infeksi saluran kencing. Beberapa penyakit juga dapat sembuh dengan tanaman obat ini.

[hfe_template id=’28981′]

Seperti tumbuhan herbal lainnya, boroco juga memiliki nama daerah, yaitu bayam bludu (Sumatera Barat), jawer hayam (Sunda),
jengger ayam (Jawa Tengah), dan janggar siap (Bali)

Khasiat dan manfaat tanaman herbal boroco

  • Mengobati disentri
  • Hipertensi
  • Infeksi saluran kencing
  • Infeksi mata
  • Keputihan
  • Muntah darah
  • Radang kornea (keratitis)

32. Buah Makassar (Brucea Javanica)

Selanjutnya, yang termasuk dalam kategori tanaman herbal berkhasiat obat adalah buah makassar. Masyarakat sering kali juga menyebutnya amber merica, merupakan perdu tegak menahun yang tumbuh meliar di hutan.

Buah makassar ini memiliki rasa yang pahit dan mengandung racun. Hampir seluruh bagian tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat, diantaranya untuk mencegah disentri, diarea dan juga malaria. Tapi, bagian yang sering digunakan sebagai obat herbal adalah biji, akar dan daunnya.

Kandungan buah makassar:

  • Alkaloid (Brucamarine dan yatanine)
  • Phenol (Bruceno dan bruceolic acid)
  • Biji buah makassar mengandung brusatol dan bruceine, seperti bruceine A, B, C, D, E, F, G dan H
  • Daging buahnya mengandung minyak lemak, oleic acid, linoleic acid, tearic acid dan palmitoleic acid.

[hfe_template id=’28986′]

Khasiat dan manfaat buah makassar:

  • Mengobati disentri amuba
  • Keputihan
  • Kanker
  • Malaria

Nama lain atau sebutan berdasarkan daerah di Indonesia:

  1. Walot (Sunda)
  2. Kkwalot (Jawa)
  3. Malur (Batak)
  4. Nagas (Ambon)
  5. Tambara merica (Makassar)

33. Bunga Matahari (Helianthus Annuus L.)

Bunga matahari juga dapat dikelompokkan kedalam tanaman obat meskipun pada umumnya, tanaman ini hanya dimanfaatkan buah atau bijinya saja.

Tanaman obat ini mengandung quercimeritrin, asam oleanolat, helianrhoside A, B, dan C, asam echinocystat terutama bagian bunganya.

Sedangkan untuk bagian bijinya mengandung p-sitosterol, prostaglandin E, asam klorogenik, asam quinat, phytin, dan 3,4-benzopyrene

[hfe_template id=’28981′]

Kandungan lain didalam bunga dan biji matahari adalah lemak jenuh 9,8 %, oleat 11,7% dan linoleat 72,9%. Buah ini tidak mengandung kolesterol jadi aman dikonsumsi untuk Anda ingin mengindarinya.

Manfaat bunga matahari

  • Obat disentri
  • Radang payudara
  • Rematik
  • Kencing batu
  • Sakit kepala
  • Susah buang air besar

34. Cempaka Kuning (Michelia Champaca)

Cempaka kuning mempunyai manfaat untuk kesehatan. Ya, meskipun tak sedikit diantara kita kurang mengetahui khasiat dari tanaman bunga ini.

Mungkin kebanyakan dari kita justru memanfaatkan bunga ini sebagai hiasan taman atau ruangan. Sebagian lagi mungkin menjadikannya sebagai dekorasi.

Padahal, dibalik warna kuningnya yang cerah, bunga cempaka memiliki manfaat untuk kesehatan salah satunya untuk mengobati batu ginjal.

Bagian bunga cempaka yang berkhasiat sebagai obat adalah bunga, daun, kulit batang.

Kandungan bunga cempaka kuning

  1. Fenol
  2. Isoeugenol
  3. Sineo
  4. Bensilaldehida
  5. Feniletilalkohol
  6. Alkaloid
  7. Zat samak
  8. Minyak atsiri

Manfaat cempaka kuning

  1. Batu ginjal
  2. Mulas
  3. Bau nafas atau mulut
  4. Haid tidak teratur
  5. Demam

Nama dearah dari cempaka kuning antara lain:

  • Jeumpa (Aceh)
  • Jempa, cempa (Gayo)
  • Campaga (Minangkabau)
  • Cempaka, cempaka koneng (Sunda)
  • Kantil, locari, pecari, cempaka, cepaka, cepaka kuning (Jawa Timur)
  • Kembhang koneng, campaka, compaka, compaka mera (Madura)
  • Campaka, campaka barak, campaka kuning, campaka warangan (Batak)
  • Hepaka, kepaka (Sawu)
  • Sampakang (Sangir)
  • Campaka mariri (Sulawesi Utara)

35. Cempaka Putih (Magnolia Alba)

Bunga cempaka memiliki banyak warna bunga yang begitu indah dan wangi aromanya. Hampir semua jenis bunga ini memiliki khasiat untuk kesehatan. Dari yang kuning sampai yang putih juga sama-sama punya khasiat obat.

Salah satu jenis cempaka yang tak boleh terlewatkan adalah cempaka putih. Bunga cempaka memang kerap kali dijadikan salah satu bunga untuk upacara-upacara tradisional atau adat. Seperti ritual-ritual yang ada diaderah jawa.

[hfe_template id=’28978′]

Tapi, dibalik itu semua tersimpan khasiat obat yang patut Anda ketahui juga. Sebab, dibalik kandungannya bunga berwau wangi ini punya khasiat. Bagian yang sering digunakan sebagai obat yaitu bunga, daun, dan akar.

Kandungan cempaka putih

  • Alkaloid mikelarbina
  • Liriodenina

Manfaat cempaka putih

  • Mengobati bronkitis
  • Batuk
  • Demam
  • Keputihan
  • Radang
  • Prostat
  • Infeksi saluran kemih
  • Masalah saluran kencing

36. Ciplukan (Physalis peruviana)

Ciplukan atau ceplukan merupakan tumbuhan herbal yang dikenal memiliki khasiat obat. Ciri-ciri buah ini ditutupi oleh kelopak bunga, bahkan hingga matang.

Buah ciplukan juga dikenal dengan nama daerah seperti cecenet atau cecendet, nyurnyuran, dan kopok-kopokan serta masih banyak lagi nama daerah lainnya untuk tumbuhan herba ini.

Sayangnya, tanaman ini sering kali dianggap sebagai gulma karena memang banyaknya tumbuh di lahan perkebunan atau pertanian.

[hfe_template id=’28981′]

Namun, berkat khasiat obat yang terkandung didalamnya saat ini sudah banyak yang mulai membudidayakan dan bahkan buahnya juga sudah banyak yang menjualnya secara online.

Hampir seluruh bagian tumbuhan ciplukan dapat digunakan sebagai bahan ramuan serta obat tradisional.

Kandungan buah ciplukan

  • Senyawa kimia asam sitrun dan fisalin
  • Asam malat
  • Alkaloid
  • Tanin
  • Kriptoxantin
  • Vitamin c
  • Gula

Khasiat dan manfaat buah ciplukan

  • Diabetes melitus
  • Sakit paru-paru
  • Ayan
  • Borok
  • Bisul
  • Penyakit kulit
  • Reumatik
  • Hipertensi

37. Cengkeh (Syzygium aromaticum)

Cengkeh atau cengkih atau salah satu dari beberapa herba yang sering kali ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Cengkih merupakan kuncup bunga yang dikeringkan dari keluarga pohon Myrtaceae. Tanaman ini menjadi salah tanaman yang khas di Indonesia, terutama di daerah pegunungan. Aroma bunganya sangat wangi.

[hfe_template id=’28981′]

Sebagian orang mungkin sekedar tahu jika cengkih hanya digunakan sebagai bahan minuman atau rokok saja, padahal di negara Eropa bunga ini digunakan juga sebagai bahan masakan pedas yang lezat.

Berikut beberapa kandungan yang terdapat didalam bunga cengkeh

  • Minyak atsiri
  • Eugenol
  • Asam oleanolat
  • Asam galotanat
  • Fenilin
  • Karyofilin
  • Resin dan gom

Khasiat dari cengkeh untuk kesehatan

  1. Kolera
  2. Campak
  3. Perut mules
  4. Mual-mual dan muntah
  5. Menghitamkan alis mata
  6. Meningkatkan denyut jantung

Diatas adalah beberapa tanaman obat yang sudah cukup familiar dan banyak dipakai dalam dunia pengobatan tradisional.

[hfe_template id=’28978′]

Meski memiliki banyak manfaat, namun sebaiknya dan tetap dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsinya.

Penulis membagi artikel ini menjadi dua untuk memudahkan Anda dalam membacanya. Ini merupakan artikel part 1, sementara untuk artikel tanaman herbal part 2 akan segera dipublikasikan dalam waktu dekat atau klik Link Berikut (Belum tersedia).

Related posts