19 Tips Merawat Kulit Wajah Khusus Remaja yang Mudah dan Tepat

Merawat kulit wajah penting sekali dilakukan terutama untuk para remaja agar tidak salah menggunakan produk kecantikan yang dapat merusak kesehatan kulit wajah remaja. Seperti diketahui, perubahan hormon pada remaja sering kali menimbulkan permasalahan. Yang paling sering adalah munculnya jerawat. Apalagi, kulit diusia remaja cenderung lebih sensitif dan rentan.

Jika masalah ini terus menerus dibiarkan dan selalu salah dalam melakukan perawatan, kulit wajah yang seharusnya sehat dan cerah alami dapat rusak. Itulah sebabnya sering muncul masalah lain seperti jerawat batu hingga bopeng bekas jerawat yang sulit hilang.

Loading...

Karena setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda, maka penting melakukan perawatan khusus agar kulit tetap sehat, cantik dan tidak terlihat tua dari usianya.

Untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan kulit wajah seperti jerawat, komedo, bopeng bekas jerawat dan masalah kulit lainnya silahkan simak tips perawatan wajah khusus remaja dibawah ini.

Tips Khusus Merawat Kulit Wajah Bagi Remaja

Langsung simak 19 tips merawat kulit wajah khusus untuk remaja dari perawatan yang mudah dan benar agar wajah tetap sehat dan cantik berikut.

1. Rajin Mencuci Muka

19 Tips Merawat Kulit Wajah Khusus Remaja yang Mudah dan Tepat

Jangan malas mencuci muka ya, terutama untuk Anda masih muda dan tergolong remaja. Wajah yang bersih adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan kecantikan alami kulit.

Untuk menjaga kebersihan kulit, cucilah muka setidaknya dua kali dalam sehari. Jika memang Anda menggunakan produk sabun pencuci muka, pastikan sabun khusus yang lembut dan menggunakan air hangat untuk mengatasi masalah kulit kusam.

Sebaiknya, hindari pula menggunakan produk kecantikan yang mengandung bahan kimia serta memiliki tekstur yang kasar karena sebenarnya produk tersebut dapat menjadikan kulit mengelupas dan lama-lama kelamaan bisa menimbulkan masalah.

2. Cukup Minum Air Putih

19 Tips Merawat Kulit Wajah Khusus Remaja yang Mudah dan Tepat

Merawat wajah dengan produk kecantikan memang penting. Namun ada yang lebih penting dan sering orang lupakan, yaitu merawat kulit wajah secara alami dari dalam. Untuk apa sehat dari luar namun rusak didalamnya? Jika Anda ingin kulit yang indah, sehat dan cantik alami maka tak cukup dengan merawat luarnya saja.

Perawatan dari dalam itu sangat penting walau sering dilupakan banyak orang, terutama para remaja.

Pastikan kulit tetap lembab dan terhindar dari dehidrasi. Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat membuat kulit menjadi kering, kusam, bersisik dan membosankan.

Itu sebabnya, cukupilah kebutuhan cairan dengan cara memperbanyak minum air putih, setidaknya 8 gelas sehari untuk menjaga kesehatan kulit dan tidak cepat tua dari usia sebenarnya.

3. Bijak dalam Memilih Produk Perawatan

19 Tips Merawat Kulit Wajah Khusus Remaja yang Mudah dan Tepat

Jangan hanya tertipu merek, hasil dan luarnya saja. Sekali lagi, kulit diusia Anda para remaja masih sangat sensitif dan rentan. Maka bijaksanalah dalam memilih produk perawatan.

Jika memang ingin menggunakan produk seperti foundation, atau pelembap, pastikan tidak mengandung minyak dan alkohol. Pastikan juga produk yang digunakan tidak menyumbat pori-pori atau membentuk noda hitam. Jika memang perlu, berkonsultasilah terlebih dulu supaya tidak salah menggunakan produk perawatan wajah. Sehingga Anda tidak menyesal dikemudian hari karena wajah cantik alami Anda rusak karena salah perawawan.

4. Pastikan Tangan Tetap Bersih saat Menyentuh Wajah

19 Tips Merawat Kulit Wajah Khusus Remaja yang Mudah dan Tepat

Selanjutnya, cara perawatan wajah khusus remaja yang paling mudah dilakukan adalah memastikan kedua tanganmu selalu dalam keadaan bersih terutama saat menyentuh area wajah. Tangan yang kotor membawa bakteri, kotoran dan kuman.

Cuci telapak tangan usai melakukan aktivitas sebelum menyentuh kulit wajah atau perlengkapan makeup.

Selain itu, bersihkan juga perangkat atau gadget sering Anda gunakan terutama yang sering menyentuh kulit wajah.

5. Menggunakan Tabir Surya

Untuk Anda yang sering melakukan kegiatan di luar ruangan pastinya kulit Anda sering terpapar sinar matahari. Untuk menjaga kesehatan kulit terutama area wajah, pastikan Anda menggunakan tabir surya. Namun, gunakanlah produk tabir surya yang tidak mengandung parfum atau alkohol untuk melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari.

Cara mudah ini dapat Anda terapkan setiap kali keluar ruangan atau saat melakukan aktivitas diluar ruangan untuk merawat wajah Anda tetap sehat dan bersih alami.

6. Memakai Pelembab Wajah

19 Tips Merawat Kulit Wajah Khusus Remaja yang Mudah dan Tepat

Merawat wajah untuk para remaja itu penting sekali. Terutama Anda yang selalu perduli terhadap penampilan. Selain rutin membersihkan wajah, pastikan juga gunakan produk pelembab agar kulit wajah tidak kehilangan kelembapan alami akibat terkikir oleh air.

Pelembab wajah yang tepat untuk usia remaja adalah produk yang mengandung benzoyl peroxide, dimana kandungan ini dapat membantu melawan bakteri dan minyak berlebih.

Selain itu, pastikan sebelum memilik produk pelembab wajah untuk berkonsultasi ke dokter atau pakar perawatan wajah untuk disesuikan dengan jenis kulit Anda.

7. Hindari Kebiasaan Memencet Jerawat

19 Tips Merawat Kulit Wajah Khusus Remaja yang Mudah dan Tepat

Yang namanya jerawat itu sering kali bikin jengkel dan gemes lihatnya karena tumbuh diarea yang bikin kurang pede. Namun, pastikan tidak memencetnya. Jika sering melakukan kebiasan buruk ini pastikan menghentikan kebiasaan tersebut.

Sebab, tangan yang kotor saat memencet jerawat dapat membuat kulit menjadi merah dan bisa menimbulkan lebih banyak jerawat.

Selain itu, kebiasaan ini juga dapat menimbulkan rasa sakit dan bekas luka berupa noda hitam yang sulit untuk dihilangkan.

8. Hindari Menggosok Wajah Terlalu Keras

Jika Anda ingin memiliki wajah yang sehat, cerah dan bersih alami, pastikan untuk rajin mencuci muka dengan cara yang lembut dan perlahan. Jangan terlalu keras menggosoknya.

Loading...

Kebiasaan menggosok terlalu keras saat mencuci muka bukan membuat wajah semakin bersih, tetapi justru dapat membuat kulit wajah lecet dan luka. Lebih parahnya lagi, kelembapan kulit wajah juga bisa semakin terkikis karena gosokan yang terlalu keras tersebut.

9. Jangan Menggunakan Sabun Scrub

19 Tips Merawat Kulit Wajah Khusus Remaja yang Mudah dan Tepat

Perawatan selanjutnya, hindari menggunakan sabun muka yang memiliki scrub. Terutama jika Anda memiliki kulit wajah yang sensitif. Butiran scrub ini dapat merusak kulit wajah dan membuatnya semakin kering bahkan luka karena goresannya.

Kulit remaja masih sangat rentan terhadap gesekan dan produk perawatan. Itu sebanya penting sekali untuk cermat dalam melakukan perawatan. Meskipun dalam dunia kecantikan banyak sekali produk yang menjanjikan, namun sebaiknya para remaja tidak tergoda menggunakannya. Jika perlu, cobalah untuk konsultasi kepada dokter atau spesialis kulit wajah untuk mendapatkan produk yang tepat seperti sabun pencuci muka.

10. Menggunakan Tabir Surya SPF 30

Pakailah tabir surya yang mengandung SPF 30 secara rutin untuk melindungi kulit terutama bagian wajah. Sebab, paparan sinar matahari secara langsung dapat merusak dan meningkatkan efek penuaan dini.

Apalagi jika wajah Anda memiliki jerawat, komedo atau flek hitam yang membandel. Penggunaan obat jerawat dan lainnya datp membuat kulit wajah lebih rentan terhadap sengatan sinar matahari. Sehingga penting menggunakan tabir surya yang mendangun SPF 30 untuk menjaga kesehatannya.

11. Mencuci Muka dengan Air Hangat

19 Tips Merawat Kulit Wajah Khusus Remaja yang Mudah dan Tepat

Langkah selanjutnya, cobalah mengganti kebiasaan mencuci muka dengan air biasa dengan air hangat. Air hangat dipercaya lebih maksimal membersihkan kotoran pada wajah.

Caranya sangat sederhana, usaplah wajah dengan air hangat dengan gerakan halus. Lakukan cara ini pada pagi dan malam hari atau ketika akan tidur.

Pastikan air tidak terlalu panas, sebab suhu air yang terlalu panas justru dapat merusak kesehatan kulit.

12. Bersihkan Sisa–Sisa Foundation Hingga Benar-Benar Bersih

Pastikan sisa-sisa foundation atau makeup sudah benar-benar bersih. Sisa-sisa ini jika dibiarkan akan menjadi kotoran dan menyebabkan berbagai masalah kecantikan seperti jerawat, komedo dan noda seperti flek hitam. Sebab, pori-pori pada kulit akan tersumbat.

13. Memakai Masker Wajah Buah Alami

19 Tips Merawat Kulit Wajah Khusus Remaja yang Mudah dan Tepat

Jika Anda memiliki kulit wajah yang sensitif, cobalah rutin memakai masker wajah dari buah atau bahan alami.

Kandungan bahan alami untuk masker dinilai lebih efektif dan aman untuk merawat wajah yang sensitif. Seperti masker buah jeruk yang memiliki 5 manfaat diantaranya menyamarkan noda hitam, mengecilkan pori-pori, menyamarkan tanda-tanda penuaan dini, mencerahkan, dan menghidrasi kulit wajah.

Beberapa masker wajah alami juga memiliki khasiat yang serupa. Seperti masker bengkoang dan kopi yang dapat Anda buat sendiri dirumah. Selain lebih aman, cara membuatnya sangatlah mudah.

14. Jangan Lupa Bersihkan Alat-Alat Makeup

19 Tips Merawat Kulit Wajah Khusus Remaja yang Mudah dan Tepat

Remaja memang suka berdandan. Proses peremajaan ini memang hampir dialami setiap wanita. Mulai dari memilih dan gonta-ganti makeup pun pasti pernah dilalui para wanita.

Namun, untuk tetap menjaga kesehatan terutama kulit wajah. Pastikan Anda tidak lupa untuk membersihkan alat-alat makeup setelah digunakan.

Alat-alat yang kotor dapat menyebabkan iritasi, infeksi, dan membuat pori-pori menjadi tersumbat. Jika pori-pori kulit wajah tersumbat, tentu bisa menimbulkan beragam masalah seperti jerawat dan lain sebagainya.

15. Mengurangi Konsumsi Junk Food

Junk food tidak sekedar kurang sehat, tapi juga tidak baik untuk Anda masih remaja yang memiliki kulit wajah berminyak. Lebih baik sebisa mungkin untuk menghindari junk food. Jika sulit untuk dihindari, minimal dikurangi saja konsumsinya.

16. Jangan Menggunakan Produk Perawatan Kedaluwarsa

Gak hanya makanan, produk perawatan, dan makeup yang sudah kedaluwarna sebaiknya jangan digunakan. Alasannya sederhana, seperti makanan saja, bagaimana jika tubuh mengonsumsi makanan kedaluwarsa, apa yang akan terjadi? Begitu juga dengan kulit wajah Anda yang ditutupi dengan produk kedaluwarsa.

Perhatikan dengan detail produk perawatan wajah yang Anda gunakan. Catat kapan tanggal masa akhir pakainya. Jangan sampai Anda mengoleksi produk yang sudah tidak layak pakai.

17. Istirahat dengan Cukup

Selanjutnya, cara merawat wajah khusus remaja adalah dengan memberikan istirahat yang cukup untuk tubuh. Jangan memaksakan tubuh, terutama kulit untuk bekerja sepanjang hari.

Tidurlah dengan cukup dimalam hari. Efek kurang tidur tidak hanya membuatmu gampang terserang penyakit, tapi kulit juga terlihat kusam dan kering.

18. Hindari Terlalu Sering Menggunakan Makeup

Usia remaja tidak seharusnya berlebihan menggunakan makeup. Cantik tidak selamanya karena alat kecantikan. Cantik alami jauh lebih menarik loh.

Hindari keseringan menggunakan makeup, berikan waktu untuk kulit wajah istirahat. Jika dipaksakan terus menerus menggunakan makeup, kulit bisa menjadi sensitif. Saran saja, gunakan makeup untuk acara-acara khusus saja.

19. Hindari Stres Berlebihan

Urusan sekolah dan ekstra kulikuler di luar jam belajar jangan sampai menjadikanmu mudah stres. Coba luangkan waktu untuk bersantai, seperti olahraga, atau jalan-jalan.

Tak salah jika pepatah mengatakan, jangan suka marah dan stres nanti cepet tua. Sebab, stres bisa membuat kulit menjadi keriput serta muncul tanda-tanda penuaan dini.

Baca juga artikel menarik lain seputar Perawatan Wajah dan Lifestyle atau artikel terbaru 5 Penyebab Wanita Terlihat Lebih Tua dari Usianya.

Dilansir : dari berbagai sumber.

Artikel Terkait

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More