Daftar Kandungan Nutrisi Gizi Wortel | Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Manfaat wortel untuk kesehatan sudah tidak asing lagi karena sudah teruji dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Tumbuhan dengan nama ilmiah Daucus carota L ini sudah sering dijadikan barenaka ragam masakan yang lezat serta lazim dikonsumsi oleh masyarakat. Sayangnya, tak sedikit yang belum mengetahui kandungan gizi serta khasiat wortel.

Khasiat wortel dapat diperoleh melalui dua cara, yakni dikonsumsi secara langsung atau diolah lebih dulu dalam bentuk sayuran, atau jus segar. Kandungan vitamin A yang tinggi didalamnya, sering kali membuat sayuran ini direkomendasikan terutama untuk keluhan kesehatan mata.

Loading...

Kandungan Nutrisi dan Gizi Wortel

Daftar Kandungan Nutrisi Gizi Wortel | Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Sebelum membaca lebih jauh tentang manfaat wortel, sebaiknya Anda ketahui terlebih dulu kandungan nutrisi dan gizi wortel yang baik untuk kesehatan berikut ini.

Makronutrien

  • Air (Water) : 89.9 g
  • Energi (Energy) : 36 Kal
  • Protein (Protein) : 1.0 g
  • Lemak (Fat) : 0.6 g
  • Karbohidrat (CHO) : 7.9 g
  • Serat (Fibre) : 1.0 g

Mineral

  • Kalsium (Ca): 45 mg
  • Fosfor (P): 74 mg
  • Zat Besi (Fe): 1,0 mg
  • Sodium (Na): 70 mg
  • Kalium (K): 245,0 mg
  • Tembaga (Cu): 0,06 mg
  • Seng (Zn): 0,3 mg

Vitamin dan antioksidan

  • Beta-Karoten (Carotenes): 3,784 mcg
  • Total Karoten (Re): 7.125 mcg
  • Thiamin (Vit. B1): 0,04 mg
  • Riboflavin (Vit. B2): 0,04 mg
  • Niasin (Niasin): 1,0 mg
  • Vitamin C (Vit. C): 18 mg
  • Beta karoten
  • Alpha karoten
  • Lutein
  • Lycopene dan antosiani
  • Polyacetylenes

Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Tingginya kandungan nutrisi gizi wortel, sudah pasti sayuran wortel ini memiliki segudang khasiat, manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kira-kira apa saja ya? Simak selengkapnya melalui pembahasan dibawah ini untuk informasinya.

1. Sayuran yang Tinggi Vitamin dan Mineral

Daftar Kandungan Nutrisi Gizi Wortel | Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Salah satu manfaat wortel yang paling utama adalah kandungan gizinya dimana sayuran berwarna orange ini dikenal sebagai sumber vitamin A yang baik tepat untuk menjaga kesehatan mata.

Menurut data, wortel mengandung vitamin A sebesar 12.000 SL. Tak heran, jika dokter dan guru sering merekomendasikan untuk rutin mengonsumsi sayuran sehat ini.

Tak hanya vitamin A, kandungan zat lain seperti kalori, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, beta karoten, zat besi, vitamin B1 dan juga C terdapat didalamnya seperti data diatas.

Belajar mengetahui kandungan wortel penting bagi Anda, terutama untuk menambah wawasan terkait manfaat wortel untuk kesehatan.

2. Memperkuat Daya Ingat

Kesulitan dan berkurangnya daya ingat pasti pernah dialami sebagian orang. Dan selanjutnya, manfaat wortel bagi kesehatan adalah dapat membantu mempertajam memori daya ingat. Hal ini karena kandungan vitamin B didalam sayuran ini.

3. Mengandung Antioksidan

Saat ini polusi udara ada dimana-mana. Seperti diketahui saat ini kendaraan riuh ramai tidak hanya di ibukota saja. Sulitnya mencari udara segar seperti dipedesaan hampir dirasakan banyak orang. Bahaya polusi udara bisa menjadi penyebab tubuh mudah terserang penyakit.

Belum lagi konsumsi makanan tidak sehat dapat menjadikan kesehatan tubuh semakin terganggu karena radikal bebas semakin mudah masuk ke tubuh.

Untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan salah satunya wortel. Manfaat wortel untuk kesehatan jangka panjang mencegah kanker karena efek negatif radikal bebas tidak menyerang tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Khasiat wortel selanjutnya tidak sekedar untuk jangka panjang mencegah serangan kanker, wortel juga sangat baik untuk kesehatan kedua mata. Kandungan karoten dan vitamin A dalam wortel berfungsi membantu mencegah terjadinya rabun senja serta memperbaiki penglihatan.

5. Memperkuat Tulang dan Gigi

Daftar Kandungan Nutrisi Gizi Wortel | Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Tulang dan gigi adalah anggota tubuh yang amat penting untuk dijaga kesehatannya. Untuk menjaganya, Anda membutuhkan asupan vitamin yang bisa merawatnya dari dalam. Bahan alami dari alam tentu lebih efektif untuk menjaganya.

Manfaatnya selanjutnya dari wortel adalah memperkuat tulang dan gigi. Sebab, sayuran ini mengandung vitamin K yang cukup tinggi sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan tubuh. Rutin mengonsumsi wortel baik dalam bentuk jus atau dikonsumsi langsung juga dapat membantu manula terhindari dari osteoporosis (pengroposan tulang).

6. Bermanfaat Menjaga Daya Tahan Tubuh Setelah Sakit

Vitamin C pada wortel dapat memperbaiki daya tahan tubuh seseorang setelah mengalami sakit. Jika Anda baru saja sembuh dari sakit, cobalah untuk segera mengonsumsi vitamin C atau bisa juga mengonsumsi sayuran wortel sebagai bahan alami untuk mencukupi kebutuhan vitamin C tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Daftar Kandungan Nutrisi Gizi Wortel | Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Serangan jantung bisa muncul secara tiba-tiba dan sangat mematikan. Jika mendengar penyakit ini, sangat menakutkan rasanya. Untuk menjaganya, tubuh harus memiliki jantung yang sehat dan kuat.

Menurut penelitian, rutin mengonsumsi wortel selama dua bulan dapat memberikan hasil yang cukup signifikan. Kandungan zat antioksidan didalam wortel tidak sekedar menangkal radikal bebas, tapi juga memberikan khasiat posifit untuk jantung.

8. Meningkatkan Sistem Penyembuhan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh itu perlu dijaga dan ditingkatkan. Tubuh yang memiliki sistem kekebalan yang baik tidak mudah sakit dan terserang penyakit. Wortel yang masih mentah atau diparut ternyata dapat membantu proses penyembuhan lebih cepat dan mengatasi peradangan.

Hal ini disebabkan Daucus carota L memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menyamarkan kulit.

Loading...

9. Mencegah Serangan Stroke

Daftar Kandungan Nutrisi Gizi Wortel | Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Jangan sampai deh kita terkena struk. Orang yang terkena struk sulit sekali untuk normal. Meski tidak menutup kemungkinan bisa sembuh total kembali.

Nah menurut penelitian, ditemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi lebih dari enam wortel selama satu minggu cenderung tidak menderita stroke dibandingkan dengan yang tidak atau hanya satu wortel dalam satu bulan.

Ya, meskipun ini hanya sekedar penelitian ilmiah. Sebab ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang terserang stroke. Tapi tidak ada salahnya mencegah sebelum terjadi.

10. Mencegah Tubuh Terserang Kanker

Kanker, bukan kantong kering. Penyakit kanker adalah salah penyakit yang amat mematikan dan menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Dan tahukah Anda jika manfaat wortel juga dapat melindungi tubuh dari serangan kanker.

Pengobatan alami untuk penyakit ini dapat Anda lakukan dengan cara rutin mengonsumsi wortel, baik dalam bentuk jus atau sayur setiap hari.

11. Bermanfaat Menjaga Sistem Pencernaan

Daftar Kandungan Nutrisi Gizi Wortel | Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Sistem pencernaan yang sehat akan menjadikan tubuh lebih sehat. Manfaat Daucus carota L selanjutnya adalah membantu mengatur gerakan usus dan pencernaan.

Selain itu, wortel juga berfungsi mengatasi masalah sembelit dan refluks asam. Serat dari kandungan wortel juga dapat membantu Anda yang sedang menjalani penurunan berat badan.

12. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol selalu naik? Atau Anda sedang mencari bahan alami untuk menurunkan kadar kolesterol darah? Cobalah konsumsi wortel setiap hari.

Sayuran yang jug disukai oleh kelinci ini mengandung banyak sekali nutrisi yang menyehatkan, dari vitamin A, serat, vitamin K dan kalium. Semua kandungan ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

13. Wortel Bermanfaat Meningkatkan Sitem Metabolisme Tubuh

Khasiat yang bisa Anda dapatkan ketika rajin makan wortel sistem metabolisme tubuh Anda akan semakin baik. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus tanpa gula, atau dijadikan sayur sebagai lauk pauk.

Jus atau sayuran wortel merupakan salah satu menu sehat yang kandungan kalorinya sangat rendah. Mengonsumsi jus ini juga baik untuk meningkatkan sekresi empedu.

Manfaat Wortel untuk Ibu Hamil

Manfaat Wortel untuk Ibu Hamil

Selain untuk kesehatan, rajin mengonsumsi wortel untuk hamil juga amat penting. Sebab wortel juga memiliki kandungan yang dibutuhkan untuk ibu hamil terutama janin yang ada didalam kandungan. Berikut manfaatnya.

1. Membantu Menguatkan Janin

Tahukah Anda jika wortel sangat bagus dan salah satu sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini karena kandungan vitamin A yang ada didalamnya. Nutrisi vitamin ini sangat baik untuk membantu memperkuat janin.

Jika Anda sedang hamil, sebaiknya Anda rajin mengonsumsi makanan dan minuman sehat untuk memperkuat dan membantu pertumbuhan janin salah satunya adalah wortel. Selain itu, tubuh Anda juga akan terasa lebih sehat.

Bahkan saat menyusui sekalipun, sebaiknya Anda mengonsumsi wortel sebagai sayuran penunjang kesehatan. Sebab, ibu menyusui membutuhkan kalsium sebanyak 1.000 miligram setiap hari. Wortel diketahui juga mengandung kalsium, folat, potasium, dan magnesium yang dapat membantu mencukupi asupan nutrisi ibu menyusui.

2. Memperbaiki Kualitas Sperma

Menurut penelitian, sayuran ini tidak hanya dapat menguatkan janin saja. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan pria yang mengonsumsi wortel adalah dapat meningkatkan kualitas fungsi reproduksi.

Tingginya kandungan vitamin A dalam wortel gapat membuat kualitas sperma semakin bagus. Untuk Anda yang sedang fokus pada keturunan atau mungkin lama tidak memiliki keturunan cobalah untuk mengonsumsi makanan ini.

Manfaat Wortel untuk Kecantikan

Manfaat Wortel untuk Kecantikan

Khasiat serta manfaat wortel tidak hanya untuk kesehatan tapi juga bermanfaat untuk kecantikan. Beberapa penelitian mengungkapkan kandungan wortel amat baik untuk menjaga kecantikan terutama kulit. Berikut selengkapnya.

1. Mencerahkan Kulit

Sebuah penelitian dalam bidang kecantikan baru-baru ini mengungkap bahwa khasiat wortel tidak hanya untuk mata saja. Kandungan nutrisi didalam wortel ternyata dapat membuat kulit menjadi lebih cerah. Hal ini karena kandungan karotenoid. Karotenoid merupakan pigmen kuning yang fungsinya membuat kulit terlihat lebih cerah dan sehat.

2. Merawat Kesehatan Rambut

Manfaat wortel ternyata baik untuk membantu kesehatan rambut kepala. Hal ini disebabkan karena wortel mengandung vitamin vital bagi rambut, sehingga menjadikannya lebih kuat, tebal dan lebih bersinar.

Mengonsumsi jus wortel secara rutin dapat menjadikan rambut Anda lebih sehat alami dan tidak mudah rontok.

3. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Selain mencegah kerontokan pada rambut, manfaat wortel juga dapat membantu mersangsang kembali pertumbuhan rambut kepala. Ini dapat terjadi jika Anda rajin mengonsumsi setidaknya 3 hingga sampai 4 ons jus wortel setiap hari.

Kandungan vitamin C dan E didalam wortel inilah yang nantinya mensirkulasi kulit kepala, sehingga pertumbuhan rambut di kepala akan meningkat.

Melihat begitu banyak kandungan dan manfaatnya, rasanya sayang sekali jika Anda harus melewatkan dan menganggap sayuran ini biasa-biasa saja. Untuk bisa mendapatkan khasiat wortel secara maksimal, konsumsilah sayuran ini rutin setiap hari. Jika bosan disayur, Anda bisa menjadikannya sebagai jus buah segar yang nikmat diminum saat panas atau disiang hari.


Dapatkan artikel dan informasi menarik seputar Manfaat Wortel dan Lifestyle untuk menjaga Kesehatan tubuh serta baca juga artikel Daftar Lengkap Kandungan Gizi untuk Kesehatan

Artikel Terkait

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More