√ 15+ Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Tak Banyak Diketahui

Ragam Manfaat Bunga Saffron untuk Kesehatan dan Kecantikan. Bunga Saffron adalah salah satu rempah yang cukup populer belakangan ini. Rempah yang harganya sangat mahal ini berasal dari bungai Crocus Sativus. Ciri-ciri bentuk rempah saffron seperti benang halus dan tipis serta identik dengan warna merah.

Bagi Anda yang belum mengetahui manfaat bunga saffron, silahkan luangkan waktu Anda sejenak untuk membaca artikel ini.

Sedikit perlu diketahui, saffron menjadi bumbu atau rempah yang paling mahal di dunia, 1 pon (450 gram) dijual seharga 500 sampai 5.000 dolar AS.

Salah satu yang membuatnya istimewa adalah proses penanaman serta panennya yang rumit dan membutuhkan teknik khusus. Konon bunga ini berasal dari bangsa Yunani dan diketahui memiliki sifat obat. Jaman dulu, mereka mengonsumsi bunga saffron untuk meningkatkan libido, mood booster, dan meningkatkan fungsi otak (daya ingat)

Ragam Manfaat Bunga Saffron

Berikut 15 manfaat bunga saffron untuk kesehatan serta kecantikan yang tak banyak diketahui dilansir dari berbagai sumber.

Ragam Manfaat Bunga Saffron

1. Mengandung Antioksidan Tinggi

Saffron mengandung beragam senyawa yang bermanfaat sebagai antioksidan, yakni molekul yang melindungi sel tubuh Anda dari radikal bebas serta dampak stres oksidatif.

Antioksidan yang terdapat didalamnya yakni crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol.

Crocin dan crocetin adalah pigmen karotenoid dan membuat warna merah pada kunyit. Kedua senyawa ini memiliki sifat antidepresan, melindungi sel-sel otak terhadap kerusakan progresif, meningkatkan peradangan, mengurangi nafsu makan, dan membantu penurunan berat badan.

Safranal memberi rasa dan aroma yang berbeda pada saffron. Penelitian menunjukkan bahwa itu dapat membantu meningkatkan suasana hati, daya ingat, dan kemampuan belajar, serta melindungi sel-sel otak Anda dari stres oksidatif.

Terakhir, kaempferol ditemukan di kelopak bunga kunyit. Senyawa ini telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan, seperti mengurangi peradangan, sifat antikanker, dan aktivitas antidepresan.

Bahaya radikal bebas: dapat menyebabkan penyakit kronis, termasuk jantung dan kanker.

2. Mengurangi Rasa Sakit saat Haid atau Gejala PMS

Ragam Manfaat Bunga Saffron

Meski namanya baru saja populer di Tanah Air, namun tahukah Anda bahwa bunga saffron memiliki khasit untuk meringankan rasa nyeri saat haid atau ketika gejala PMS pada wanita.

Hal ini dilakukan melalui sebuah penelitian yang melibatkan bebera kalompok wanita yang mengonsumsi kapsul berisi 15 mg saffron dua kali sehari. Mereka mengalami gejala fisik dan emosional pramenstrual syndrome (PMS) yang lebih ringan dibandingkan wanita yang sama sekali tidak mengonsumsinya.

Nah, untuk Anda yang sering mengalami nyeri atau sakit saat datang bulan, cobalah untuk mengonsumsi ekstrak atau pil saffron.

3. Menurunkan Berat Badan

Ragam Manfaat Bunga Saffron

Berbicara tentang berat badan, wanita biasa jauh lebih peduli daripada laki-laki. Salah satu manfaat saffron yang paling mengejutkan dalam dunia diet adalah dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif.

Hal ini ditemukan berdasarkan penelitian yang melibatkan beberapa wanita yang mengonsumsi suplemen saffron selama 8 minggu, dan hasilnya mereka mengalami penurunan nasfsu makan dan berat badan yang lebih signifikan.

Tak hanya itu saja, dari penelitian tingkat lanjut, rutin mengonsumsi suplemen atau ekstrak saffron juga dapat membantu menurunkan lingkar perut dan massa lemak total pada pasien yang menderita jantung koroner.

Loading...

4. Mood Booster dan Mengobati Gejala Depresi

Loading...

Saffron sering kali di sebut dengan istilah “sunshine spice”. Bukan soal warnanya saja yang unik dan berbeda, tapi karena rempah-rempah ini dapat membantu mencerahkan suasana hati (mood booster).

Dalam beberapa studi, suplemen saffron berhasil secara signifikan lebih efektid daripada plasebo dalam mengobati gejala depresi ringan hingga sedang.

Sedangkan dalam studi lain ditemukan pula dengan mengonsumsi 30 mg saffrin setiap hari sama seperti mengonsumsi Fluoxetine, Imipramine, dan Citalopram, (pengobatan untuk gejala depresi). Selain itu, lebih sedikit juga orang yang mengalami efek samping dari saffron dibandingkan perawatan lain.


Saffron dapat membantu mengobati gejala depresi ringan hingga sedang, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian sebelum rekomendasi pasti dapat dibuat.


5. Bermanfaat Mengobati Kanker

Bunga saffron mengandung antioksidan yang sangat tinggi, ia membantu menatralisir radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan beragam penyakit kronis dan berbahaya, diantaranya kanker.

Dalam penelitian reaksi, saffron dan senyawa kandungan didalamnya terbukti membunuh sel-sel kanker usus besar secara selektif dan menekan pertumbuhannya.

Efek ini juga dapat bekerja kanker pada kulit, sumsum tulang, prostat, paru-paru, payudara, leher rahim, dan beberapa sel kanker lainnya. Lebih lanjut, kandungan senyawa saffron juga dapat menjadikan sel kanker lebih sensitif terhadap obat kemoterapi.

6. Bermanfaat Menurunkan Lemak

Kadar lemak darah bisa diturunkan tanpa harus mengonsumsi obat-obatan kimia atau lebih tepatnya menggunakan bahan herbal. Beberapa penelitian menunjukan bahwa proses penurunan kadar lemak lebih efektif menggunakan obat herbal alami.

Dan itulah yang terjadi ketika Anda memiliki kadar lemak tinggi dan rutin mengonsumsi saffron. Meskipun hal ini masih dibutuhkan studi lebih lanjut serta durasi yang cukup lama.

Dalam beberapa penelitian, mengonsumsi saffron secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, serta membantu meningkatkan konsentrasi kolesterol baik (HDL).

7. Meringankan Sakit Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit lupa yang diderita oleh mereka yang sudah lanjut usia (lansia). Mengonsumsi saffron secara rutin dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif secara signifikan. Untuk membantu meringankan sakit alzheimer, konsumsilah sebanyak 15 mg dua kali sehari.

8. Membantu Mengobati Diabetes

Penelitian tingkat awal yang menggunakan sampel tikus uji coba, hasilnya cukup mengejutkan. Saffron dapat meningkatkan sensitivitas hormon insulin. Meski demikian, hal ini semua masih membutuhkan penelitian tingkat lanjut dan lebih detail untuk membuktikan manfaat saffron dalam mengobati pasien diabetes.

9-15 Manfaat Bunga Saffron untuk Kesehatan Lainnya

Manfaat bunga saffron tidak sekedar itu saja, saffron telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan lain yang meskipun belum diteliti lebih luas lagi. Berikut diantaranya:

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung. Penelitian awal yang menggunakan hewan sampel uji coba menunjukkan bahwa kandungan antioksidan saffron dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah pembuluh darah dari arteri tersumbat.
  2. Menjaga Kesehatan Mata. Saffron dapat membantu meningkatkan penglihatan pada orang dewasa dengan degenerasi makula terkait usia dan melindungi terhadap kerusakan radikal bebas.
  3. Meningkatkan Daya Ingat Penderita Alzheimer. Sifat antioksidan bunga saffron dapat meningkatkan kognisi pada orang dewasa yang menderita Alzheimer.

Risiko dan Dosis Penggunaan Saffron

Saffron pada umumnya aman dikonsumsi dan sedikit efek samping. Dalam penggunaan ukuran standar, saffron belum pernah menimbulkan efek samping buruk terhadap mereka yang mengonsumsinya.

Sebagai suplemen makanan, orang dapat dengan aman mengonsumsi 1,5 gram safron per hari. Namun, hanya 30 mg safron per hari telah terbukti cukup untuk menuai manfaat kesehatannya.

Di sisi lain, dosis tinggi 5 gram atau lebih dapat memiliki efek toksik. Wanita hamil harus menghindari dosis tinggi, karena dapat menyebabkan keguguran.

Seperti halnya suplemen apa pun, jangan lupa untuk berkonsultasi kepada dokter untuk meminimalisir serta terjadinya efek samping yang berdampak pada kesehatan.

Masalah lain dengan saffron, terutam yang dalam kemasan serbuk (bubuk), saat ini banyak produk palsu. Produk saffron palsu biasanya dibuat menggunakan bahan seperti bit, serat sutera merah, kunyit, dan paprika. Mengingat harga rempah-rempah saffron sangat mahal dan tingginya permintaan konsumen, banyak produsen yang secara sengaja menggunakan produk atau bahan lain untuk membuat saffron palsu dan dijual dengan harga yang lebih murah.

Karena itu, penting untuk membeli saffron dari merek terkemuka untuk memastikan Anda mendapatkan produk asli. Jika safron terlihat terlalu murah dari harga umum, alangkah baiknya untuk tidak membelinya.


Dapatkan artikel menarik lain seputar Herbal dan Kesehatan terbaru dari kami. Silahkan baca juga: Manfaat 5 Bumbu Dapur Ini Bisa Cegah Diabetes dan Turunkan Kadar Gula Darah!

Populer Pekan Ini

Loading...

Rekomendasi Widiynews

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More