Widiynews

95 Manfaat Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Harus Anda Ketahui

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Pada artikel kali ini kita akan mengupas manfaat tomat serta kandungan nutrisi didalam tomat untuk kesehatan dan kecantikan.

Widiynews.com95 Manfaat Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Harus Anda Ketahui. Mendengar nama tomat, mungkin sayuran buah ini sudah tidak asing lagi. Manfaat tomat sudah banyak dirasakan olah semua orang. Meskipun secara tidak langsung mereka tidak semua tahu karena sekedar mengonsumsi saja. Tomat merupakan buah yang cukup familiar karena hampir setiap hari digunakan sebagai pelengkap masakan.

Sedikit perlu diketahui, tomat (Solanum lycopersicum) merupakan buah dari keluarga nightshade/solanacea, tumbuhan asli Amerika Selatan dan Tengah. Meskipun secara botani menjadi buah, namum pada umumnya dapat dimakan langsung dan disajikan dalam bentuk minuman dan sayur.

Tomat adalah sumber makanan yang tinggi kandungan antioksidan jenis likopen yang telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi risiko sakit jantung dan kanker. Tomat juga salah satu buah yang dikenal sebagai sumber vitamin C, kalium, folat, dan vitamin K.

Meski pada umumnya berwarna merah ketika matang, tomat juga memiliki banyak varian warna seperti kuning, orange, hijau, dan juga ungu. Banyak pula subspesies tomat dengan berbagai macam bentuk dan rasa berbeda saat ini.

Pada artikel kali ini Widiynews akan berbagi manfaat tomat serta kandungan nutrisi didalam tomat untuk kesehatan dan kecantikan. Simak selengkapnya dibawah ini.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Tomat

Kandungan Nutrisi dan Gizi Tomat

Dilansir dari berbagai sumber, tomat mengandung kadar air sekitar 95,5% dan sisanya terdiri dari karbohidrat dan serat. Berikut kandungan nutrisi tomat mentah per 100 gram:

  • Kalori: 18
  • Air: 95%
  • Protein: 0,9 gram
  • Karbohidrat: 3,9 gram
  • Gula: 2,6 gram
  • Serat: 1,2 gram
  • Lemak: 0,2 gram

Karbohidrat

Tomat berukuran sedang (123 gram), mengandung sekitar 4% karbohidrat atau jumlahnya sekitar 5 gram. Gula, seperti glukosa dan fruktosa membentuk hampir 70% karbohidrat.

Serat

Tomat merupakan sumber serat yang cukup baik, ia menyediakan 1,5 gram untuk ukuran sedang. Sebagian besar serat tomat merupakan serat tidak larut dalam bentuk hemiselulosa, selulosa, dan lignin.


Tomat mentah yang masih segar mengandung karbohidrat rendah. Kandungan karbohidrat tomat terdiri dari gula dan serta tak larut. Buah-buahan ini sebagian besar mengandung air.


Vitamin dan Mineral pada Tomat

Vitamin dan Mineral pada Tomat

Tak heran, jika banyak pakar kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi tomat baik dalam bentuk jus maupun sayur. Tomat adalah buah yang dikenal sebagai sumber vitamin dan mineral yang baik. Berikut kandungannya :

  1. Vitamin C. Vitamin ini sangat penting sebagai nutrisi dan antioksidan.
  2. Kalium. Mineral penting, kalium bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah penyakit jantung.
  3. Vitamin K1. Vitamin ini penting untuk membantu pembekuan darah dan kesehatan tulang.
  4. Folat (Vitamin B9). Salah satu vitamin B, folat berguna untuk membantu pertumbungan jaringan dan fungsi sel.

Tomat adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik karena didalamnya terdapat vitamin C, kalium, vitamin K dan folat atau vitamin B9 yang dibutuhkan untuk ibu hamil.


Kandungan Senyawa dalam Tomat

95 Manfaat Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Harus Anda Ketahui

Ada banyak jenis buah tomat. Selain bentuk, ukuran, kandungan senyawa dalam tomat juga sangat bervariasi. Pada umumnya, tomat mengandung berbagai macam jenis senyawa diantaranya :

  1. Likopen. Pigmen merah dan antioksidan. Manfaat likopen untuk kesehatan sudah diketahui oleh banyak pakar kesehatan.
  2. Beta Karoten. Antioksidan ini yang dapat memberikan warna kuning atau orange pada makanan. Jika dikonsumsi, tubuh akan merubah beta karoten menjadi vitamin A.
  3. Naringenin. Flavanoid ini telah tebukti berkhasiat untuk mengurangi peradangan dan melindungi tubuh dari penyakit tifus.
  4. Asam Klorogenik. Senyawa antioksidan yang sangat kuat. Asam klorogenik dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mengonsumsi tomat atau produk olahan tomat alami telah dikaitkan dengan adanya peningkatakan kesehatan kulit serta manfaat lain untuk organ tubuh seperti terhindar dari risiko penyakit jantung dan serangan kanker yang mematikan.

Berikut beragam manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan yang faktanya masih belum diketahui banyak orang.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung, termasuk stroke adalah penyakit mematikan yang paling umum terjadi diberbagai belahan dunia. Dalam sebuah studi, pria yang rutin mengonsumsi tomat atau likopen (kandungan tomat) dan beta karoten dikaitkan dengan adanya penurunan terhadap serangan jantung dan stroke.

Semakin banyak uji klinis dan bukti yang menunjukkan bahwa suplemen dan likopen dapat membantu menurunkan kadar lemak LDL. Studi lain juga menunjukkan bahwa kandungan tomat memiliki manfaat melawan peradangan dan stres oksidatif.

2. Mencegah Kanker

Selain jantung, kanker merupakan penyakit mematikan yang paling ditakui orang diseluruh belahan dunia. Kanker dapat tumbuh di berbagai bagian tubuh, seperti payudara, rahim, usus, dan bagian tubuh lainnya.

Studi menunjukkan bahwa ditemukan adanya hubungan antara tomat dan kanker prostat, paru-paru serta perut. Kandungan likopen pada tomat diyakini dapat melindungi seseorang dari kanker payudara.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Tomat diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Tomat, serta makanan olahan dari buah ini yang mengandung likopen serta kandungan senyawa lainnya dapat membantu melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari.

Menurut sebuah penelitian, seseorang yang rutin mengonsumsi tomat lebih sehat kulitnya dibanding yang tidak mengonsumsi sama sekali.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Khasiat lain dari tomat lainnya adalah dari kandungan kaliumnya. Semakin tinggi asupan kalium dan kurangnya asupan natrium (garam) dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Jika Anda sedang menderita tekanan darah tinggi, cobalah untuk mengurangi asupan garam dan menggantinya dengan cara memperbanyak asupan kalium. Dan salah satu buah yang tinggi kandungan senyawa ini adalah tomat.

5. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Kandungan nutrisi pada tomat terbukti dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait risiko jantung, serangan jantung, dan juga stroke. Kandungan likopen yang tinggi didalam buah ini juga dapat membantu kesehatan jantung serta pembuluh darah.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat kandungan didalam tomat dipercaya baik untuk kesehatan mata. Beberapa nutrisi seperti antioksidan lutein, zeaxanthin, dan karotenoid dapat membantu mengurangi gejala mata lelah dan degenerasi makula.

7. Baik untuk Penderita Diabetes

Salah satu buah yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes adalah tomat. Tomat merupakan sumber serat yang baik, rendah lemak dan juga gula. Buah yang satu ini juga rendah indeks glikemik sehingga baik untuk penderita diabet.

8. Mengurangi Gejala Depresi

Efek dari gejala depresi dapat lebih ringan berkat kandungan nutrisi tomat. Jika Anda sering merasa cemas atau terjadi gejala depresi lainnya, cobalah untuk rutin mengonsumsi tomat.

Menurut sebuah penelitian, lansia yang mengonsumsi tomat setiap minggu lebih rendah terhadap risiko depresi. Meski demikian, efek dari manfaat tomat ini masih harus dikaji lebih lanjut.

9. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Buah tomat baik untuk mereka yang sedang melakukan diet. Buah yang tinggi kandungan airnya ini rendah kalori, karbohidrat, dan lemak. Namun tinggi kandungan nutrisinya. Ini semua penting untuk menjaga berat badan.

10. Mencegah Terjadinya Sembelit

Mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi serat dapat membantu melancarkan buang air besar, menurunkan sembelit dan mencegah tubuh dari dehidrasi. Dan salah satu buah yang tinggi kandungan seratya adalah tomat.

11. Memperbaiki Bagian Tubuh yang Rusak

Buah sayur ini sangat baik bagi mereka yang merokok. Manfaat dari kandungan tomat dapat mengurangi jumlah kerusakan yang terjadi akibat racun dari rokok yang masuk ke dalam tubuh. Tomat mengandung asam coumaric dan klorogenik yang dapat melindungi tubuh dari karsinogen yang dihasilkan oleh asap rokok.

12. Mencegah Kanker Lambung

Tak hanya kanker prostat, salah satu jenis kanker yang berbahaya adalah kanker lambung. Dan kandungan likopen pada tomat ini bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker terutama di bagian lambung.

13. Manfaat Tomat untuk Kesehatan Rambut

Vitamin A pada tomat berkhasiat untuk menjaga rambut tetap sehat dan berkilau. Tomat juga dapat menjadikan rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok. Selain itu, kandungan tomat juga dapat memberikan nutrisi bagi rambut dan kepala sehingga terhindari dari ketombe, rambut lepek dan bau tak sedap.

14. Mencegah Batu Ginjal

Menurut sejumlah penelitian, mengonsumsi tomat tanpa bijinya dapat membantu menurunkan risiko batu ginjal. Meski demikian, hasil ini masih tetap membutuhkan penelitian tingkat lanjut untuk mengetahui manfaat tomat lebih lengkap untuk mengobati batu ginjal.

15. Memperkuat Tulang dan Gigi

Tingginya Vitamin K dan kalsium pada buah manis ini dapat memberikan kekuatan pada tulang. Jadi, selain sebagai suplemen, jangan lupa konsumsi tomat secara rutin untuk memperkuat tulang dan gigi Anda.

16-95 Kandungan Nutrisi Tomat yang Bermanfaat untuk Tubuh

1. Vitamin B3

Manfaat Vitamin B3 untuk tubuh diantaranya :

  1. Mencegah penyakit jantung
  2. Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)
  3. Mencegah penyakit alzheimer
  4. Mencegah diabetes
  5. Mencegah katarak dan kebutaan
  6. Menurunkan kolesterol jahat (LDL)

2. Vitamin B6

Khasiat Vitamin B6 untuk kesehatan diantaranya :

  1. Memecah protein
  2. Mencegah anemia
  3. Menjaga kesehatan otak
  4. Membantu pembentukan sel darah merah
  5. Meningkatkan produksi antibodi

3. Vitamin C

Khasiat Vitamin C bagi ksehatan tubuh antara lain :

  1. Memperbarui sel kulit yang mati
  2. Menjaga kesehatan mata
  3. Meningkatkan stamina tubuh
  4. Mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi)
  5. Melawan sel kanker
  6. Meningkatkan mood (mood booster)
  7. Menjaga kesehatan dan menghaluskan kulit
  8. Mencegah penyakit jantung

4. Vitamin K

Kegunaan Vitamin K bagi tubuh diantaranya :

  1. Mencegah terjadinya osteoporosis
  2. Mencegah kanker
  3. Mencegah diabetes
  4. Memperkuat tulang
  5. Menjaga kesehatan jantung

5. Asam Folat

Fungsi asam folat bagi kesehatan yakni :

  1. Meningkatkan kesehatan jantung
  2. Mencegah terjadinya stroke
  3. Mencegaha penuaan dini
  4. Sebagai antioksidan
  5. Menjaga kesehatan janin bagi hamil
  6. Menurunkan kadar kolesterol
  7. Meningkatkan produksi sperma
  8. Menjaga kesehatan saraf
  9. Menjaga kesehatan usus
  10. Meningkatkan produksi sel darah merah
  11. Menurunkan risiko serangan alzheimer

6. Potasium

Gunanya potasium bagi tubuh yakni :

  1. Menjaga kesehatan jantung
  2. Merawat kulit
  3. Mencegah penyakit diabetes
  4. Membentuk otot
  5. Meningkatkan fungsi otak
  6. Mengontrol tekanan darah
  7. Meningkatkan sistem metabolisme

7. Zat Besi

Kandungan lain dari tomat adalah zat besi. Dan beberapa manfaat zat besi bagi kesehatan antara lain :

  1. Meningkatkan kekuatan otot
  2. Meningkatkan hemoglobin
  3. Membawa dan menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh
  4. Mencegah anemia
  5. Mebantu meningkatkan pembentukan sel darah merah
  6. Meningkatkan daya tahan tubuh
  7. Mencegah insomnia
  8. Meningkatkan fungsi otak
  9. Meningkatkan daya fokus dan konsentrasi

Itulah fakta manfaat tomat untuk kesehatan dan kecantikan yang harus Anda ketahui. Mengonsumsi buah dapat membantu memenuhi kebutuhan asupan nutrisi dan gizi bagi tubuh. Mari membudayakan hidup sehat dan rutin mengonsumsi buah dan sayuran, salah satunya tomat.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda? Melihat begitu banyaknya manfaat dari buah tomat untuk kesehatan dan kecantikan diatas. Rasanya, sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja bukan?


Dapatkan artikel terbaru seputar Tomat dan Kesehatan lainnya. Simak juga artikel : 12 Manfaat Jus Wortel untuk Kecantikan dan Ksehatan untuk hidup yang lebih sehat.

Sumber: https://www.healthline.com/nutrition/foods/tomatoes#vitamins-and-minerals (Diakses 19 Januari 2020)

Bagikan jika suka:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang

ARTIKEL YANG KAMI PILIH KHUSUS UNTUKMU

Baca Juga

Kebijakan Berkomentar:

Mohon untuk berkomentar relevan sesuai topik bahasan! Komentar tidak relevan, SPAM atau memiliki link aktif akan kami hapus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *