Widiynews

9 Manfaat Kesehatan Mengejutkan Kimchi yang Jarang Diketahui!

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Manfaat Kimchi untuk Kesehatan – Kimchi adalah makanan fermentasi dan sekaligus manakan tradisional Korea yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Makanan jenis banchan ini memiliki rasa dan aroma yang sangat khas. Bagi orang Korea, kimchi makanan wajib yang harus selalu ada di meja saat makan.

Makanan fermentasi ini terbuat dari sawi putih atau lobak yang diberi bumbu pedas. Sayuran yang dibuat akan dibumbui dengan udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe, dan bubuk cabai.

Kimchi tidak sekedar bisa dikonsumsi secara langsung. Di Korea, makanan ini juga banyak diolah menjadi beragam masakan enak yang membuatnya masuk sebagai masakan favorit seperti nasi goreng (bokkeumbap), sup (kimchi jjigae) dan berbagai masakan lain.

Baca: Menu Wajib Orang Korea, 7 Manfaat Rahasia Kimchi Ini Harus Kamu Ketahui

Menariknya lagi, saat ini membaut kimchi tidak hanya menggunakan sawi putih atau lobak saja. Seledri, wortel, mentimun, terong, bayam, daun bawang, bit, dan rebung pun kini dapat dibuat serupa.

Meski pada umumnya dikonsumsi setelah difermentasi beberapa hari atau minggu, makanan ini tetap enak dimakan saat masih segar, atau tidak difermentasi.

Makanan tradisional Korea ini tidak hanya lezat, tapi juga menawarkan banyak manfaat kesehatan. Berikut 9 Manfaat unik kimchi yang jarang diketahui.

#1. Kimchi Mengandung Nutrisi Tinggi

9 Manfaat Kesehatan Mengejutkan Kimchi yang Jarang Diketahui!

Salah satu khasiat yang patut diketahui dari masakan fermentasi ini adalah kandungan nutrisinya. Tak heran, jika sebenarnya fakta ini telah diketahui orang Korea jaman dulu sehingga menjadikannya hidangan yang selalu ada di meja makan.

Kimchi diolah menggunakan bahan dasar rendah kalori. Kol, merupakan bahan utama masakan ini. Ia mengandung vitamin A, C, 10 jenis mineral dan lebih dari 34 jenis asam amino.

Berikut beberapa kandungan nutrisi Kimchi (per 150 gram) yang harus diketahui :

  • Kalori: 23
  • Karbohidrat: 4 gram
  • Protein: 2 gram
  • Lemak: kurang dari 1 gram
  • Serat: 2 gram
  • Sodium: 747 mg
  • Vitamin B6: 19% dari Nilai Harian (Daily Value)
  • Vitamin C: 22%
  • Vitamin K: 55%
  • Folat: 20%
  • Besi: 21%
  • Niasin: 10%
  • Riboflavin: 24%

Banyaksayuran hijau adalah sumber nutrisi yang baik seperti vitamin K dan riboflavin. Karena kimchi sering terdiri dari beberapa sayuran hijau, seperti kol, seledri, dan bayam, kimchi merupakan sumber nutrisi yang baik.

Vitamin K berperan penting dalam banyak fungsi tubuh, termasuk metabolisme tulang dan pembekuan darah, sementara riboflavin membantu mengatur produksi energi, dan pertumbuhan sel.

Terlebih lagi, proses fermentasi dapat mengembangkan nutrisi tambahan yang lebih mudah diserap oleh tubuh Anda.

#2. Mengandung Probiotik

9 Manfaat Kesehatan Mengejutkan Kimchi yang Jarang Diketahui!

Proses fermentasi lakto yang dialami kimchi membuatnya sangat unik. Makanan fermentasi tidak hanya memiliki dapat digunakan jangka panjang, tapi juga memiliki aroma yang kuat.

Fermentasi terjadi ketika pati atau gula diubah menjadi alkohol atau asam oleh organisme seperti ragi, jamur, atau bakteri.

Fermentasi lakto menggunakan bakteri Lactobacillus untuk memecah gula menjadi asam laktat, yang memberi kimchi asam khasnya.

Ketika diambil sebagai suplemen, bakteri ini sendiri mungkin memiliki beberapa manfaat, termasuk mengobati kondisi seperti hayfever dan beberapa jenis diare.

Fermentasi juga menciptakan lingkungan yang memungkinkan bakteri ramah lainnya tumbuh dan berkembang biak. Ini termasuk probiotik, yang merupakan mikroorganisme hidup yang menawarkan manfaat kesehatan ketika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Berikut beberapa manfaat bakteri dan mikoorganisme bagi kesehatan:

  • Mengobati kanker
  • Mengobati flu
  • Mengatasi Sembelit
  • Menjaga kesehatan saluran pencernaan
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menjaga kesehatan mental
  • Menjaga kesehatan kulit

Probiotik dalam kimchi diyakini mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan. Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan tentang efek spesifik probiotik dari makanan fermentasi.

#3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

9 Manfaat Kesehatan Mengejutkan Kimchi yang Jarang Diketahui!

Bakteri Lactobacillus dalam kimchi dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh.

Menurut sebuah studi yang menggunakan tikus sebagai objek penelitian yang disuntik dengan Lactobacillus plantarum – jenis bakteri yang umum terdapat pada kimchi dan makanan fermentasi lainnya – memiliki kadar TNF alpha yang lebih rendah, dan terdapat inflamasi.

Karena kadar alpha TNF sering meningkat selama infeksi dan penyakit, penurunan menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh bekerja secara efisien.

Penelitian tabung reaksi yang mengisolasi Lactobacillus plantarum dari kimchi juga menunjukkan bahwa bakteri ini memiliki efek penambah kekebalan.

Strain spesifik Lactobacillus yang ditemukan dalam kimchi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meski demikian hasil ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

#4. Mengurangi Peradangan

9 Manfaat Kesehatan Mengejutkan Kimchi yang Jarang Diketahui!

Probiotik dan senyawa aktif dalam kimchi serta sejumlah makanan fermentasi lainnya dapat membantu melawan peradangan.

Sebagai contoh, sebuah studi tikus mengungkapkan bahwa HDMPPA, salah satu senyawa utama dalam kimchi, meningkatkan kesehatan pembuluh darah dengan menekan peradangan.

Dalam penelitian lain pada tikus, ekstrak kimchi sebesar 91 mg per pon berat badan (200 mg per kg) yang diberikan setiap hari selama 2 minggu menurunkan kadar enzim terkait peradangan.

Dalam penelitian tabung reaksi, HDMPPA memperlihatkan sifat anti-inflamasi dengan menghalangi dan menekan pelepasan senyawa inflamasi. Meski demikian, tetap dibutuhkan penelitian tingkat lanjut, terutama pada tubuh manusia.

#5. Menghambat Terjadinya Penuaan Dini

9 Manfaat Kesehatan Mengejutkan Kimchi yang Jarang Diketahui!

Peradangan kronis tidak hanya menimbulkan beragam jenis penyakit, tetapi juga mempercepat proses penuaan. Dengan mengonsumsi kimchi secara rutin, maka usia sel penuaan dini dalam tubuh akan diperlambat.

Dalam sebuah penelitian, sel manusia yang diobati dengan kimchi menunjukkan adanya peningkatakan viabilitas, yang mengukur sel secara keseluruhan – dan menunjukkan adanya umur yang panjang meskipun usia mereka sudah 44 tahun.

Sayangnya, penelitian ini masih belum cukup. Dibutuhkan banyak penelitian tingkat lanjut untuk melihat manfaat kimchi sebagai rekomendasi pengobatan anti penuaan dini.

#6. Mencegah Infeksi pada Wanita

9 Manfaat Kesehatan Mengejutkan Kimchi yang Jarang Diketahui!

Manfaat kimchi lainnya bagi kesehatan adalah mencegah terjadinya infeksi dan jamur pada organ intim wanita.

Probiotik didalam kimchi dan bakteri sehat didalamnya dapat membantu mencegah infeksi jamur.

Infeksi jamur vagina terjadi ketika jamur Candida, yang biasanya tidak berbahaya, berkembang biak dengan cepat di dalam vagina. Lebih dari 1,4 juta wanita di Amerika Serikat dirawat untuk kondisi ini setiap tahun (45Trust Source).

Jamur ini dapat menyebabkan terjadinya resistensi terhadap antibiotik. Hingga kini banyak pakar kesehatan mencari perawatan yang tepat dan alami untuk mengatasi terjadinya infeksi jamur.

Dalam sebuah penelitian tabung pada hewan terjadi perlawanan strain lactobacillus melawan candida. Beberapa galur yang diisolasi dari kimchi memperlihatkan aktivitas antimikroba terhadap jamur candida. Sayangnya, hal ini masih tetap dibutuhkan penelitian tingkat lanjut lagi.

#7. Membantu Menurunkan Berat Badan

9 Manfaat Kesehatan Mengejutkan Kimchi yang Jarang Diketahui!

Baik kimchi yang masih segar atau sudah difermentasi sama-sama mengandung kalori yang rendah serta bermanfaat mengatasi masalah berat badan.

Sebuah studi dalam jangka waktu 4 minggu dengan melibatkan 22 orang yang memiliki kelebihan berat badan menemukan bahwa makan kimchi segar atau yang sudah di fermentasi membantu mengurangi berat badan, indeks massa tubuh (BMI), dan lemak tubuh. Selain itu, varietas fermentasi juga berhasil menurunkan kadar gula darah.

Perlu diingat bahwa mereka yang makan kimchi yang difermentasi menunjukkan peningkatan tekanan darah dan lemak tubuh yang secara signifikan lebih besar daripada mereka yang makan hidangan segar

Tidak jelas sifat kimchi mana yang memberikan efek penurunan berat badannya – meskipun jumlah kalorinya rendah, kandungan seratnya yang tinggi, dan probiotik semuanya dapat memainkan peran terkait berat badan.

Baca juga: Cegah Kanker hingga Bantu Turunkan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Buah Jeruk Bali

#8. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

9 Manfaat Kesehatan Mengejutkan Kimchi yang Jarang Diketahui!

Jantung adalah organ tubuh paling penting yang harus senantiasa dijaga kesehatannya. Pola hidup, dan makanan serta minuman yang kita konsumsi dapat mempengaruhi kesehatan jantung.

Salah satu manfaat kimchi bagi kesehatan adalah menjaga jantung kita tetap prima.

Penelitian menunjukkan bahwa kimchi dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Ini mungkin karena sifat anti-inflamasinya, karena bukti terbaru menunjukkan bahwa peradangan mungkin merupakan penyebab penyakit jantung.

Dalam studi 8 minggu pada tikus yang diberi diet kolesterol tinggi, kadar lemak dalam darah lebih rendah pada mereka yang diberi ekstrak kimchi daripada yang tidak sama sekali.

Selain itu, ekstrak kimchi juga dapat menekan pertumbuhan lemak. Ini penting karena penumpukan lemak diyakini sebagai penyebab timbulnya masalah kesehatan pada jantung.

Sementara itu, penelitian selama seminggu di 100 orang menemukan bahwa makan 0,5-7,5 ons (15-210 gram) kimchi setiap hari secara signifikan menurunkan gula darah, kolesterol total, dan kadar kolesterol LDL (buruk) – yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.

#9. Makanan Sehat yang Dapat Dibuat Sendiri di Rumah

9 Manfaat Kesehatan Mengejutkan Kimchi yang Jarang Diketahui!

Membuat makanan sehat tidak selamanya sulit alias ribet. Banyak sekali jenis makanan sehat yang dapat dibuat sendiri dirumah bahkan bahannya juga mudah didapatkan. Salah satunya seperti kimchi.

Aroma dan rasanya yang khas, menjadi makanan yang patut Anda coba ketika traveling ke Korea. Namun, untuk bisa menikmatinya Anda tidak harus jauh-jauh pergi kesana. Karena sebenarnya Anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan mudah. Berikut cara membuat kimchi yang mudah.

Cara Membuat Kimchi

Untuk membuat kimchi yang enak seperti di Korea, silahkan siapkan bahan-bahan seperti kol dan sayuran segar lainnya seperti wortel, lobak, bawang, jahe, bawang putih, gula, garam, tepung beras, minyak cabai, bubuk cabai, atau lada lembut, saus ikan, dan saeujeot (udang fermentasi).

Simak cara membuat dan bahan kimchi dibawah ini:

Bahan:

  • 3 batang bawang perai
  • 2 kg sawi putih
  • 1 buah bawang bombay ukuran besar

Bahan perendam:

  • 3 sendok makan garam

Bumbu halus:

  • 200 gram gochugaru (bisa diganti cabai bubuk lokal)
  • 100 ml kecap ikan
  • 10 siung bawang putih
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 1/2 ruas jahe

Taburan:

  • Wijen secukupnya

Cara membuat kimchi sawi putih:

  1. Cuci bersih sawi putih, kemudian iris-iris seukuran satu suapan. Taburi dengan garam, kemudian remas-remas hingga seluruh bagian sawi terbumbui dengan baik.
  2. Diamkan sawi selama 1 jam agar layu. Aduk kembali setiap 30 menit.
  3. Setelah 1 jam, buang air yang keluar dari sawi dan cuci bersih. Tiriskan airnya sampai benar-benar kering.
  4. Campur semua bumbu dan aduk rata. Iris tipis-tipis daun bawang dan bawang bombay. Kemudian campur dengan sawi putih dan semua bumbu yang ada.
  5. Koreksi rasa. Jika masih kurang pas, tambahkan garam, kecap ikan, atau gula sesuai selera. Jika rasa sudah pas, taburi kimchi dengan wijen.

Gochugaru adalah sejenis bubuk cabai dari Korea. Jika Anda menggunakan bubuk cabai lokal, sesuaikan sendiri takarannya.

Kemas campuran ke dalam wadah besar atau toples untuk penyimpanan, pastikan untuk menutupnya dengan benar.

Biarkan fermentasi kimchi setidaknya selama 3 hari pada suhu kamar atau hingga 3 minggu pada suhu 39 ° F (4 ° C).

Anda akan tahu bahwa kimchi siap untuk dikonsumsi ketika mulai berbau dan terasa asam – atau ketika gelembung kecil mulai bergerak melalui toples.

Setelah fermentasi, Anda dapat mendinginkan kimchi hingga 1 tahun. Ini akan terus berfermentasi tetapi pada tingkat yang lebih lambat karena suhu dingin.

Efek Mengonsumsi Kimchi

Selain manfaat kimchi diatas, efek mengonsumsi makanan fermentasi baik kimchi maupun jenis makanan fermentasi lainnya juga patut diketahui.

Secara umum, masalah kesheatan terbesar yang datimbulkan karena konsumsi kimchi adalah keracunan makanan (Sumber).

Baru-baru ini, hidangan ini telah dikaitkan dengan wabah E. coli dan norovirus. Meskipun makanan yang difermentasi biasanya tidak membawa patogen bawaan makanan, bahan kimchi dan kemampuan beradaptasi patogen berarti masih rentan terhadap penyakit bawaan makanan.

Itu sebabnya, bagi Anda yang memiliki masalah pada sistem kekebalan tubuh, sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan fermentasi termasuk kimchi. Dan, tidak ada salahnya Anda berkonsultasi terlebih dahulu terkait kesehatan Anda dan kaitannya dengan kimchi.

Demikian manfaat kimchi bagi kesehatan yang dapat dipelajari. Dan tentunya, masih banyak lagi khasiat dari makanan khas Korea satu ini. Sebab, makanan ini sudah menjadi tradisional yang sudah ada sejak jaman dulu. Bagaimana menurut Anda, sudah pernah coba kimchi?

Sumber:

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Patogen (Diakses 22 Januari 2020)

2. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-kimchi#Does-kimchi-have-any-downsides? (Diakses 22 Januari 2020)

3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8011144


Dapatkan artikel terbaru lainnya seputar Kimchi atau Info Kesehatan dari Widiynews.com. Simak juga artikel : √ 15+ Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Tak Banyak Diketahui

Bagikan jika suka:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang

ARTIKEL YANG KAMI PILIH KHUSUS UNTUKMU

Baca Lainnya

Kebijakan Berkomentar:

Mohon untuk berkomentar relevan sesuai topik bahasan! Komentar tidak relevan, SPAM atau memiliki link aktif akan kami hapus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *