8 Mesin Pencari Internet (Search Engine) Alternatif Terbaik Selain Google

Ada gak sih mesin pencari (search engine) di internet selain Google? Kalau kalian bertanya tentang hal ini, maka jawabannya ada. Mana saja yang paling favorit dan terbaik selain Google? Silahkan temukan jawabannya melalui artikel dibawah ini.

Yup, berbicara tentang Google, pengguna baik versi dekstop maupun smartphone Android tentu sudah tidak asing lagi mendengar nama search engine atau mesin pencari raksasa ini. Bahkan, Anda mungkin sering mendengar ketika seseorang menyarankan untuk mencari informasi di Google.

Bukan karena smartphone Android yang notabene menggunakan sistem operasi besutan Google saja, tapi Google memang lebih dominan dan berhasil menguasai pangsa pasar internet saat ini.

Apa saja search engine mesin pencari internet alternatif terbaik versi Widiynews selain Google? Simak selengkapnya dibawah ini.

#1. Bing

8 Mesin Pencari Internet Terbaik Selain Google

Selain Google, ada Bing yang bisa kalian Andalkan untuk berselancar dan mencari informasi yang kalian butuhkan di internet.

Bing menghadirkan hasil pencarian konten secara visual yang lebih menarik, unik, dan beragam. Kalau di Google, perusahaan internet ini meluncurkan fitur My Business, Bing juga punya loh namanya Place for Business buat kalian yang ingin mengembangkan bisnisnya secara online.

Baca juga: 10 Pertanyaan Aneh dan Unik Tentang “Jantan” dari Netizen Indonesia di Google

#2. Yahoo!

8 Mesin Pencari Internet Terbaik Selain Google

Mendengar nama Yahoo, kalian pasti ingat aplikasi pesan instan Yahoo Messenger yang pernah populer dijamannya. Sayangnya, aplikasi ini harus gulung tikar. Mungkin salah satu penyebabnya karena tak bisa mengikuti perkembangan alias kalah pasar.

Serupa dengan Google, Yahoo juga meluncurkan beragam fitur pendukung untuk penggunanya, seperti mail, news, dan finance yang juga sama seperti milik search engine Google.

Sebagai mesin pencari alternatif, Yahoo juga pernah berhasil menguasai pasar dan berjaya sebelum akhirnya diakuisisi oleh Verizon pada 2017 lalu. Saat ini, Yahoo masih menduduki peringkat ketiga pasar pencarian global setelah Google dan Bing diurutan kedua.

#3. Baidu

8 Mesin Pencari Internet Terbaik Selain Google

Google diblokir oleh pemerintah China. Kabar ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kalian penggemar berita teknologi. Mungkin ini jadi salah satu asalan kenapa pemerintah meluncurkan mesin pencari buatannya sendiri untuk masyarakatnya, khususnya yang tinggal di negaranya.

Mesin pencari tersebut tidak lain adalah Baidu ( http://www.baidu.com/ ). Meski disediakan khusus untuk negaranya sendiri, namun perkembangan Baidu sebagai mesin pencari kian pesat loh.

Dari beberapa data di internet, Baidu sukses menggaet 80 persen pangsa pasar pencarian di negara asalnya pada tahun lalu. Tentunya hal ini akan terus berkembang seiring perkembangan teknologi dan masyarakatnya.

Sayangnya, satu kelemahan Baidu, yaitu menggunakan bahasa China. Jadi, buat kalian yang gak ngerti sama sekali bahasa China, silahkan pilih search engine alternatif lain. Tapi kalau kalian mau coba si boleh-boleh aja.

#4. Yandex

8 Mesin Pencari Internet Terbaik Selain Google

Gak cuma China yang punya search engine buatan sendiri untuk penduduk di negaranya, Rusia juga mengembangkan mesin pencari lokal untuk bersaing dengan Google. Mesin pencari tersebut memiliki nama Yandex ( https://yandex.com/ ).

Menurut data stastik, Yandex berhasil mengantongi angka 50 persen sementara Google hanya 45 persen sebagai penyumbang pencarian lokal atau khusus di Rusia.

Loading...
Loading...

Tak hanya di Rusia, Yandex juga berhasil menggaet pasar di beberapa negara lain, seperti Turki, Belarusia, Ukraina, dan Kazakhstan. Meski demikian, Google masih tetap saja sebagai rajanya mesin pencari karena hampir seluruh belahan dunia orang lebih memilih Google sebagai mesin pencari.

#5. Naver

Negara lain yang mengembangkan mesin pencarian internet sendiri selain China dan Rusia, adalah Korea Selatan. Disana, hampir seluruh pengguna internet browsing menggunakan Naver ( https://www.naver.com/ ).

Sama halnya seperti Google, Naver juga mengembangkan berbagai fitur seperti blog, news, mail dan sejumlah fitur yang menunjang browsing penduduknya sendiri.

Meski kalah secara global, tapi Naver punya basis besar di dalam pasar negerinya sendiri, Korea Selatan. Mesin pencari alternatif ini terus mengembangkan sistem algoritmanya. Bahkan, menurut data, pasalnya hasil yang ditampilkan Naver jauh lebih relevan dibandingkan Google.

#6. Ask

8 Mesin Pencari Internet Terbaik Selain Google

Ask memiliki arti meminta dalam kamus bahasa Indonesia. Maksudnya, pengguna internet meminta maka mesin pencari Ask ( https://www.search.ask.com/ ) akan memberikan jawaban yang relevan berdasarkan kata kunci yang diketikkan.

Halaman beranda Ask mempunyai tampilan yang sederhana dan simpel. Mesin pencari ini dapat menampilkan data berdasarkan pertanyaan, frasa, atau juga sepatah kata.

Ask yang juga disebut Ask Jeeves ini memiliki fitur Smart Answers yang akan membantu kalian menemukan hasil instan diantara banyak temuan yang ada.

Bagaimana menurut kalian? Sudah pernah coba — atau justru baru kali ini mendengar namanya?

#7. DuckDuck Go

8 Mesin Pencari Internet Terbaik Selain Google

Halaman beranda mesin pencari ini cukup unik, yakni memiliki logo binatang bebek. Ya, ini sesuai dengan nama yang digunakan oleh mesin pencari satu ini.

Salah satu keunikan yang diberikan oleh DuckDuck Go (https://duckduckgo.com/) adalah perlindungan privasi bagi para penggunanya.

DuckDuck Go nampaknya bisa kalian jadikan mesin pencari alternatif selain Google. Tak hanya memberikan jaminan privasi, DDG juga mengurangi advertiser tracking, menghindari filter bubbles, dan membatasi data profiling.

Ya, ini semua dilakukan demi kenyamanan para penggunanya di internet.

#8. AOL

8 Mesin Pencari Internet Terbaik Selain Google

America Online atau AOL ( https://search.aol.com/ ) adalah salah satu dari beberapa mesin pencari yang juga populer loh. Mesin pencari internet ini mendapat dukungan penuh dari Bing.

Hampir selama 10 tahun lebih AOL memiliki hubungan strategis dengan Microsoft hingga kemudian melebarkan bisnis internet melalui fitur AOL Advertising.

# Search Engine Alternatif Selain Google

Yups, itulah deretan nama search engine alias mesin pencari internet yang cukup populer dan tentunya bisa kalian jadikan alternatif jika suatu saat tidak dapat mengakses Google.

Selain karena persaingan pasar dan juga keamanan data pengguna di internet, ada faktor lain sebuah negara memutuskan untuk tidak menggunakan Google atau justru membuat layanan search engine sendiri, salah satunya seperti negara China dan Korea Selatan.

Selain itu, deretan nama search engine diatas pasti ada beberapa kelebihan dan serta kekurangannya masing-masing. Dan tergantung kalian akan mencari informasi apa di internet. Semoga bermanfaat.

Populer Pekan Ini

Loading...

Rekomendasi Widiynews

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More