Resep dan Cara Membuat Bubur Ayam

Resep Cara Membuat Bubur Ayam – Bubur ayam merupakan masakan paling banyak disajikan ketika sarapan pagi hari. Mungkin alasannya beragam kenapa harus bubur ayam. Salah satunya mungkin “waktu” kali ya. Ya, masakan yang satu ini memang tergolong praktis alias bisa cepat disajikan.

Sarapan pagi itu penting bagi kesehatan, terutama untuk menjaga daya konsentrasi dan berbagai masalah sistem pencernaan. Jadi usahakan kalian selalu sarapan dipagi hari ya.

Tapi jangan lupa, pilih menu sarapannya yang sehat dan gak cuma asal kenyang. Kenyang belum tentu baik buat kesehatan, tapi kalau sehat ya pasti aman buat kesehatan. Dan salah satu menu yang bisa kalian coba adalah bubur ayam.

Cara membuat bubur ayam sebenarnya sangat mudah. Kalian juga bisa membuat bubur ayam dengan magic com atau rice cooker sendiri dirumah. Tapi kalau kalian gak mau ribet, kalian bisa langsung beli di pedagang kaki lima yang rasanya juga gak kalah enaknya. Harganya sangat terjangkau. Untuk satu mangkuk bubur ayam biasanya dibanderol harga sekitar 10.000 – 12.000 di Ibu Kota Jakarta.

Tapi, kalau kalian mau coba sendiri membuat bubur ayam yang berbeda, unik dari segi rasa dan penyajian, so gak ada salahnya kalian ikuti beberapa langkah dan cara membuatnya dibawah ini.

Widiynews telah memilih beberapa resep cara membuat bubur ayam terbaik yang bisa kalian coba sendiri dirumah, dari yang praktis, tanpa santan, bubur ayam kuning dan masih banyak lainnya. Simak selengkapnya dibawah ini.

Cara Membuat Bubur Ayam Praktis

Cara Membuat Bubur Ayam Praktis

Jika kalian ingin membuat bubur ayam yang enak dan lezat tapi praktis, maka resep yang satu ini cocok buat kalian semua. Caranya sebenarnya sangat sederhana, tapi karena tak biasa atau bahkan belum pernah mencoba mungkin terasa sulit.

Tapi kalau tidak pernah dicoba, ya gak bakalan bisa. So, langsung saja dibawah ini cara membuat bubur ayam yang praktis untuk kalian coba.

Bahan-bahan bubur ayam praktis:

  • 200 gr beras yang sudah dicuci bersih
  • 1 buah dada ayam fillet
  • 4 siung bawang putih, cincang
  • 2 siung bawang merah, cincang
  • 1 sdt saus tiram
  • 1 batang daun bawang
  • 1 batang seledri
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • penyedap rasa secukupnya (optional)
  • air secukupnya

Cara membuat bubur ayam praktis:

  1. Blender sebentar beras dengan sedikit air hingga beras terpotong-potong, jangan terlalu halus. Masak dengan air secukupnya, tambahkan sedikit garam dan aduk-aduk hingga matang.
  2. Potong-potong kecil daging ayam. Tumis bawang putih dan bawang merah. Masukkan daging ayam dan tumis hingga daging berubah warna. Tuang sedikit air, masukkan saus tiram, garam, merica dan sedikit penyedap rasa. Masak hingga air habis.
  3. Siapkan bubur di mangkuk, siram dengan topping ayam, irisan daun bawang dan seledri. Bisa juga ditambahkan bawang goreng dan kecap manis.

Cara Membuat Bubur Ayam Kuning

Cara Membuat Bubur Ayam Kuning

Di beberapa kota Jakarta, melihat bubur ayam saat pagi hari sudah biasa. Banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual masakan khas Asia satu ini. Dan versi bubur ayam yang paling populer dan banyak dijual adalah bubur ayam kuah kuning.

Apalagi jika kalian punya keahlian memasak, bubur ayam kuning buatan kalian pun bisa dijadikan ide usaha yang cukup menjanjikan loh.

Tapi, sebelum terjun ke dunia bisnis. Tidak ada salahnya kan kalau hasil masakan kalian dicoba dulu disajikan untuk keluarga atau orang tercinta. Setelah mengetahui rasa, kelebihan dan kekurangan masakan kalian, baru terjun usaha bubur ayam.

Yuk langsung saja simak cara membuat bubur ayam kuning dibawah ini.

Bahan-bahan bubur ayam kuah kuning:

  • 500 gram daging ayam, rebus dengan 2 Liter air
  • 250 gram beras, cuci bersih
  • 2 lembar daun salam
  • garam secukupnya
Loading...

Bahan kuah:

  • 1 Liter kaldu ayam
  • 3 lembar daun salam
  • 1 batang serai
  • 1 ruas lengkuas

Bumbu halus :

  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 2 butir kemiri
  • 1 ruas kunyit

Bahan pelengkap :

  • Emping
  • Kacang
  • Daun seledri
  • Kerupuk
  • Bawang merah goreng
  • Kecap manis

Cara membuat bubur ayam kuning

  1. Rebus beras dengan air kaldu dan daun salam, beri garam, aduk-aduk terus sampai pecah dan menjadi bubur.
  2. Tumis bumbu halus, masukkan air kaldu dan ayam, rebus sampai air kaldu menyusut setengahnya. Ambil ayam, goreng sampai kering, suwir-suwir.
  3. Taruh bubur dalam mangkok, beri pelengkap, siram dengan kuahnya. Bubuhkan Kecap Manis sesuai selera.

Cara Membuat Bubur Ayam Khas Palembang

Cara Membuat Bubur Ayam Khas Palembang

Bagi kalian pecinta bubur, di Palembang juga ada loh menu bubur ayam yang spesial dan khas. Kalau dari segi tampilannya si mungkin biasa aja kali ya. Tapi rasa bubur ini yang bikin kuliner ini luar biasa dan banyak disukai orang Palembang.

Tapi, gak mungkin juga kan, buat makan satu mangkuk bubur ayam Palembang harus jauh-jauh kesana. So, gak ada salahnya kan kalau kita buat sendiri dirumah.

Yuk simak cara membuat bubur ayam khas Palembang yang enak dibawah ini.

Bahan-bahan bubur ayam khas Palembang

  • 750 ml air
  • 2 potong ayam
  • 1 lembar daun salam
  • 6 buah cengkeh
  • 5 cm kayu manis
  • 1/2 buah pala geprek
  • 1 sdt merica
  • 1/2 sdm kecap manis
  • 1 sdt kecap asin
  • secukupnya garam dan gula
  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdm minyak

Cara membuat bubur ayam khas Palembang

  1. Rebus ayam dan air diberi daun salam, masak hingga mendidih dan keluarkan ayam (kemudian ayam digoreng untuk toping bubur)
  2. Tumis bawang putih dan merah, kayu manis, cengkeh, pala dan merica hingga harum kemudian campur dengan kuah kaldu
  3. Masukan kecap manis, asin, garam dan gula. Masak hingga air gelodok, seimbangkan rasa dengan gula, garam dan merica
  4. Sajikan dengan bubur, ayam suwir dan kerupuk

Cara Membuat Bubur Ayam Bandung

Cara Membuat Bubur Ayam Bandung

Bandung emang rajanya wisata dan kuliner ya. Berbicara soal kuliner, disana juga banyak penjual bubur ayam yang sangat khas loh. Sampai-sampai, penikmat kuliner memberi nama sendiri untuk bubur ayam tersebut.

Teksturnya yang lembut, daging ayamnya yang empuk, gurih dan aroma daun bawang goreng bikin nambah laper kalau pagi hari. Oh ya, salah satu yang membedakan bubur ayam Bandung dengan yang lainnya adalah carai penyajian sambelnya. Sambel bubur yang satu ini direbus, jadi pedasnya lebih berasa.

Buat kalian yang suka masakan pedas, wajib coba nih resep bubur ayam Bandung. Yuk coba buat sendiri dirumah. Simak cara membuatnya dibawah ini.

Bahan-bahan bubur ayam Bandung:

  • 100 g beras
  • 1,5 liter (l) air
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sendok teh (sdt) garam halus

Bahan Kuah :

  • 1 bungkus santan Kara
  • 2 gelas air matang
  • 1 butir kemiri
  • 4 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 ruas kunyit
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang sereh (digeprek)
  • 1 ruas lengkuas (digeprek)

Bahan Pelengkap:

  • 200 gr ayam
  • Kacang kedelai
  • Daun bawang (iris tipis)
  • Daun seledri (iris tipis)
  • Bawang goreng
  • Sambal (rebus cabe, ulek sampai halus)

Cara membuat bubur ayam Bandung:

  1. Cuci dulu beras hingga bersih.
  2. Masak beras sampai kental dan air menyusut (± 1 jam) dan aduk sesekali agar tidak lengket.
  3. Masukkan daun salam dan garam secukupnya.
  4. Cuci bersih ayam dan rebus di dalam panci lain berisi air mendidih (± 30 menit). Sisihkan.
  5. Ulek semua bahan bumbu untuk kuah (kecuali santan) sampai halus. Sisihkan.
  6. Goreng kacang kedelai hingga coklat keemasan, tiriskan dan sisihkan.
  7. Goreng ayam yang sudah direbus sampai coklat keemasan, jangan terlalu kering.
  8. Sisakan sedikit minyak bekas menggoreng untuk menumis.
  9. Tumis bumbu kuah yang sudah diulek, aduk sampai tercium wangi.
  10. Masukkan air matang, aduk hingga mendidih.
  11. Tambahkan garam dan santan. Koreksi rasa.
  12. Sajikan bubur yang sudah matang, tambahkan daun bawang, kacang kedelai, ayam suwir goreng, dan bawang goreng. Gunakan sambal jika ingin.
  13. Tambahkan kuah ke campuran bubur.

Cara Membuat Bubur Ayam Cirebon

Cara Membuat Bubur Ayam Bandung
Sumber gambar : https://travelingyuk.com/bubur-mang-kapi-cirebon/69323/

Cirebon gak cuma dikenal dengan kuliner Nasi Jambang nya aja, deretan kuliner khas yang rasanya nendang sekaligus nikmat juga patut kalian coba saat berada disana. Sama halnya seperti Ibu Kota Jakarta, di Cirebon juga banyak kuliner malam yang sesekali patut kalian nikmati, seperti bubur ayamnya yang khas.

Bubur ayam Cirebon berbeda dengan yang lain. Sop atau kuahnya lebih banyak dari bubur biasa. Selain itu ada tambahan tauco, yang rasanya semakin bikin nagih sekali dicoba.

Berikut resep cara membuat bubur ayam Cirebon yang khas banget.

Bahan-bahan bubur ayam Cirebon:

  • ¼ kg beras
  • Air (± 1,5 liter)
  • ½ kg dada ayam
  • 30 gram tetelan sapi
  • ¼ kg kol
  • Kacang kedelai (sudah digoreng)
  • Seledri (secukupnya)
  • 1 bungkus mie soun
  • Garam
  • Lada bubuk
  • Penyedap rasa makanan

Bahan Pelengkap:

  • Kerupuk
  • Tauco
  • Kecap

Cara membuat bubur ayam Cirebon :

  1. Cuci beras sampai bersih.
  2. Masak beras sampai menjadi bubur (± 1 jam), aduk sesekali agar tidak gosong.
  3. Rebus tetelan (untuk menambah cita rasa kuah sop).
  4. Ungkep ayam, lalu goreng dan suwir tipis-tipis. Sisihkan.
  5. Rebus soun sampai setengah matang. Tiriskan.
  6. Iris halus kol dan daun seledri.
  7. Goreng kerupuk dan kacang kedelai yang sudah dibersihkan.
  8. Tumis tauco bersamaan dengan irisan bawang putih dan bawang merah.
  9. Sajikan bubur dengan bahan-bahan yang sudah diolah sebelumnya.
  10. Siram campuran bubur dengan kuah rebusan tetelan.
  11. Tambahkan kerupuk dan kacang kedelai sebagai topingnya.

Cara Membuat Bubur Ayam Cianjur

Cara Membuat Bubur Ayam Cianjur
Loading...

Saat kalian mencoba bubur ayam Cianjur, kalian akan merasakan sensasi rasa yang sedikit berbeda. Ya, itu semua karena kuah bubur yang satu ini berbeda dari yang lain.

Bubur ayam Cianjur menggunakan kuah pais, yakni bahan dan bumbu yang sering digunakan untuk membuat pepes.

Dibawah ini adalah resep cara membuat bubur ayam Cianjur sederhana yang patut kalian coba.

Bahan-bahan Bubur Ayam Cianjur:

  • 100 g beras
  • Air (± 1,5 liter)

Bahan Kaldu:

  • 2 buah paha ayam utuh
  • 1 buah serai
  • 5 cm jahe (digeprek)
  • 3 lembar daun salam
  • 2 liter air
  • 3 siung bawang putih

Bahan Tumisan:

  • 1 mangkok penuh bawang daun yang sudah di iris
  • 100 gram hati ayam potong dadu
  • 100 gram rempelo ayam potong dadu
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 5 cm lengkuas (geprek)
  • ½ sendok teh ketumbar bubuk
  • 2 sendok makan kecap manis
  • ½ sdm kunyit bubuk
  • 3 lembar daun salam
  • Minyak untuk menumis
  • Garam (secukupnya)
  • Merica (secukupnya)
  • Gula putih (secukupnya)

Bahan Pelengkap:

  • Kerupuk
  • Kacang kedelai goreng
  • Seledri
  • Ayam suwir

Cara membuat bubur ayam Cianjur:

  1. Siapkan semua bahan di atas.
  2. Rebus ayam dan bahan-bahan untuk kaldu.
  3. Ketika ayam sudah matang, sisihkan. Gunakan kuah untuk membuat bubur.
  4. Rebus beras menggunakan kuah kaldu sampai kental dan matang, aduk agar tidak gosong.
  5. Goreng ayam kaldu, lalu suwir untuk ditaburkan.
  6. Tumis semua bahan tumis sampai wangi.
  7. Tambahkan daun bawang dan aduk sampai layu.
  8. Masukkan hati dan rempelo ayam yang sudah dipotong kecil, masak sampai setengah matang.
  9. Tambahkan kecap manis, kunyit bubuk, garam, gula, merica bubuk, dan bubuk ketumbar.
  10. Tambahkan air, masak hingga tercampur rata dan matang.
  11. Susun bubur dengan semua bahan.
  12. Tambahkan kuah yang sudah disiapkan dan bahan pelengkap.

Cara Membuat Bubur Ayam Betawi

Cara Membuat Bubur Ayam Betawi

Bubur ayam Betawi memang sangat populer terutama di Jakarta. Salah satu yang membuatnya sedikit berbeda adalah kuahnya yang berwarna kuning. Ada juga yang memberi nama kuliner satu ini bubur ayam kunig.

Resepnya sangat sederhana dan pastinya bisa kalian coba sendiri dirumah. Kuliner ini cocok sekali buat sarapan serta memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, salah satunya mengatasi sembelit.

Yuk langsung saja pelajari cara membuat bubur ayam Betawi yang populer di Jakarta dibawah ini.

Bahan-bahan bubur ayam Betawi :

  • 200 gram beras
  • Air (secukupnya)
  • 50 ml santan kental instan
  • 3 lembar daun salam
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • Garam (secukupnya)

Bahan Kuah Kuning:

  • 1 L air
  • 500 gr daging ayam
  • 1 batang sereh (memarkan)
  • 3 lembar daun salam
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 ruas jahe memarkan
  • 2 sdm minyak
  • Garam, gula, dan kaldu bubuk (secukupnya)

Bumbu Halus:

  • ¼ buah pala
  • ¼ sdt jinten (sangrai)
  • ½ sdt ketumbar (sangrai)
  • 2 buah kemiri (sangrai)
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 ruas kunyit sangrai
  • ¼ sdt lada bubuk

Bahan Pelengkap:

  • Daun bawang dan seledri (iris halus)
  • Bawang goreng
  • Kerupuk

Cara membuat bubur ayam Betawi :

  1. Masak beras dan air dalam panci, masukkan daun sambal.
  2. Aduk sesekali agar tidak gosong. Tambahkan air jika perlu agar kental.
  3. Tambahkan garam, kaldu bubuk, dan santan.
  4. Tumis bumbu halus dan dedaunan, sereh, dan juga jahe sampai tercium wangi.
  5. Masukkan tumisan ke dalam panci berisi air, tunggu sampai mendidih.
  6. Masukkan ayam lalu rebus dengan api kecil sampai empuk.
  7. Tambahkan garam, gula, dan kaldu bubuk. Koreksi rasa.
  8. Angkat ayam dan goreng. Suwir lalu sisihkan.
  9. Sajikan bubur, tambahkan bahan pelengkap dan suwiran ayam.
  10. Siram dengan kuah kuning.

Cara Membuat Bubur Ayam Chinese Food

Cara Membuat Bubur Ayam Betawi

China, Jepang dan Korea memang punya banyak masakan kuliner dengan rasa yang sangat khas dan aromanya juga sangat kuat. Begitu juga dengan bubur ayam ala China yang pasti bakal bikin nafsu makan kalian makin menggelora.

Bubur ayam chinese food mempunya aroma dan rasa yang lezat. Ini karena paduan bahan dan rempah-rempah seperti wijen, bawang putih, kecap asin, dan jahe.

Daripada makin penasaran, yuk cobain resep dan cara membuatnya dibawah ini.

Bahan-bahan Bubur Ayam Chinese Food:

  • 3 gelas beras atau sekitar 385 gram (g)
  • Air putih (secukupnya)
  • Kaldu jamur totole (secukupnya)
  • Garam (secukupnya, sesuai selera)
  • Ayam suwir (secukupnya)
  • Bawang putih goreng
  • 2-3 sendok makan (sdm) minyak wijen

Bumbu Halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • Cabe
  • 1 ½ sdm kecap asin
  • Cabe rawit (iris)

Bahan Pelengkap:

  • Telur rebus atau telur pitan
  • Cakwe

Cara membuat bubur ayam Chinese Food:

  1. Cuci beras sampai bersih dengan air.
  2. Masak beras menggunakan air (air harus lebih banyak dari memasak nasi biasa, agar kental) selama ± 1 jam.
  3. Jika kekentalan sudah pas, tambahkan bumbu halus. Aduk sampai tercampur.
  4. Masukkan daging ayam yang sudah disuwir.
  5. Tambahkan kaldu jamur dan garam.
  6. Koreksi rasa, aduk sampai tercampur rata.
  7. Masukkan bawang putih goreng.
  8. Sajikan dengan cakwe dan telur, dan juga saos di samping.

Cara Membuat Bubur Ayam Barito

Cara Membuat Bubur Ayam Barito

Kalau kalian pergi ke Jakarta, banyak sekali kuliner bubur ayam yang bisa dicoba. Nah, salah satu rekomendasi bubur ayam yang unik dan sedikit berbeda adalah bubur ayam Barito yang ada di Jakarta.

Bubur yang satu ini tidak berkuah alias tanpa kuah. Yang lebih khas lagi, bubur ayam ini diberi kuning telur mentah dan topingnya memakai cheese stick. Jadi makin gurih deh pokoknya rasanya.

Bahan membuat bubur ayam barito :

  • 250 gram beras, cuci bersih dan rendam 1-2 jam
  • 50 gram beras ketan, cuci bersih dan rendam 1-2 jam
  • 1/2-1 ekor ayam kampung, tergantung ukurannya
  • 5 siung bawang putih, cacah halus
  • Seruas ibu jari Jahe, kupas dan memarkan
  • 2 sdt kaldu ayam atau jamur bubuk
  • Garam dan merica secukupnya

Bahan Pelengkap:

  • Cakwe
  • Dong cai (sawi asin yang biasa untuk bakso kuah)
  • Daun seledri dan bawang
  • Kuning telur
  • Bawang goreng
  • Sambal rebus
  • Kecap manis
  • Kecap asin
  • Extra merica bubuk
  • stick Cheese

Cara membuat bubur ayam Barito :

  1. Rebus ayam kampung dengan air secukupnya. Tambahkan sedikit garam. Rebus hingga ayam empuk dan kaldu kental. Tiriskan ayam dan potong dagingnya. Kuahnya untuk memasak bubur.
  2. Tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Tambahkan kedua jenis beras dan masak sebentar. Tuang kaldu.
  3. Didihkan, kecilkan api dan tutup. Sesekali diaduk supaya tidak hangus dasar panci nya.
  4. Setelah mulai mengental, bumbuhi dengan kaldu bubuk, garam dan merica.
  5. Masak hingga kental dan matang.
  6. Untuk pengajian: ambil mangkuk saji. Beri 1 butir kuning telur mentah. Tuang bubur di atas nya secukupnya. Beri topping potongan ayam, cakwe, cheese stick, dong cai, daun seledri atau bawang. Terakhir beri taburan bawang goreng.
  7. Sajikan selagi panas dengan sambal rebus, extra merica dan kecap manis dan kerupuk atau extra cheese stick. Selagi disantap, kuning telur nya nanti pecah dan bercampur dengan bubur. Enak bangetttttt.. Kalau enggak suka, boleh skip kuning telurnya.

Cara Membuat Bubur Merah Ayam ala Cap Tiger

Cara Membuat Bubur Merah Ayam ala Cap Tiger

Kalau resep yang satu ini sangat klasik dan beda dari yang lain.

Bubur ayam ini menggunakan beras merah. Maka jadilah bubur merah yang saat ini juga populer di Jakarta Selatan.

Soal rasa, kalian boleh coba apalagi jika kalian belum pernah sama sekali mencicipi kuliner klasik yang satu ini. Yuk langsung saja simak resepnya dibawah ini.

Bahan bubur merah ayam ala Cap Tiger

  • 2 piring nasi merah
  • 2 liter air
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang sereh
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 1/2 sdt kaldu bubuk ayam

Bahan Toping :

  • Ayam goreng (suir)
  • Bawang goreng
  • Emping
  • Telur rebus

Bahan Sambal:

  • 4 siung bawang merah
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 3 buah cabai merah keriting
  • Secukupnya garam, gula, kaldu bubuk

Cara membuat bubur merah ayam ala Cap Tiger

  1. Campurkan nasi merah, air, daun salam, sereh, garam, kaldu bubuk dan merica.
  2. Masak hingga menjadi bubur. Sering-sering diaduk ya.. atau kalau malas ngaduk bisa pakai magic com.
  3. Setelah menjadi bubur, sajikan di mangkuk. Beri kuah soto, dan beri toping ayam suir, bawang goreng, telur rebus, emping. Sajikan dengan sambal.
  4. Cara membuat sambal: rebus bawang, cabai, dan cabai rawit. Ulek dan tambahkan garam, gula, kaldu.

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat bubur ayamnya? Daftar diatas merupakan yang paling mudah dan cukup populer diantara bubur ayam yang ada. Meskipun sebenarnya masih banyak versi bubur yang bisa dicoba.

Bagi yang ingin berkreasi sendiri dirumah, kalian bisa menambahkan beberapa bahan lain seperti ati & ampela ayam, daging kambing atau sapi, sayuran hijau lainnya juga bisa ditambahkan sebagai pelengkap rasanya.

Tentunya, selain memiliki tekstur yang lebih dan mudah dimakan, bubur ayam ini juga punya manfaat untuk kesehatan badan kalian. Karena lebih lembut, makanan ini lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan. Dan pastinya, cocok buat kalian yang menjalani program diet. Selamat mencoba dna jangan lupa baca terus resep dari kami yang lainnya.

Populer Pekan Ini

Loading...

Rekomendasi Widiynews

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More