7 Resep Kimchi Paling Populer, Halal dan Cara Membuatnya Sendiri Dirumah

Kimchi adalah banchan yang selalu dihidangkan di meja makan ketika orang-orang korea makan. Pernah gak sih kalian tertarik bagaimana cara membuat kimchi yang enak dan halal?

Kimchi adalah makanan tradisional Korea yang terbuat dari beberapa jenis sayuran dengan cara dibumbui pedas serta difermentasi.  Kimchi mengandung serat tinggi tapi tetap rendah kalori.

Simak : Manfaat Kimchi

Buat kalian pecinta masakan fermentasi, kalian wajib coba nih cara bikin beberapa resep kimchi dari timun, sawi putih, sup jjigae atau masakan lain yang diolah dengan tambahan kimchi seperti nasi goreng, mie goreng, mi rebus dan serta banyak lagi lainnya.

Yang pastinya ada banyak sekali resep kimchi yang bisa kalian pelajari dari artikel kali ini.

Kalian bisa mencobanya satu persatu atau mencoba beberapa resep secara bersamaan jika kalian sudah mempunyai bahan utamanya.

Daripada penasaran, langsung saja simak cara membuat kimchi yang enak dan halal dibawah ini yuk.

Cara Membuat Kimchi Halal

9 Manfaat Kesehatan Mengejutkan Kimchi yang Jarang Diketahui!

Banyak bahan yang bisa diolah menjadi kimchi ala Korea, salah satunya lobak sawi putih dan tentunya halal loh. Meskipun saat ini ada banyak varian kimchi yang bisa dicoba. Namun Anda dapat memulainya dengan membuat yang paling sederhana dan praktis dulu kemudian mencoba varian lain untuk dihidangkan.

Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit, kalian tinggal siapkan bahan-bahan dan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Bahan-Bahan Kimchi

  • 1 buah sawi putih segar, potong – potong
  • Garam halus secukupnya

Bahan – bahan untuk pasta :

  • 65 gr tepung beras
  • 750 ml air bersih
  • 300 gr bubuk cabai
  • 250 ml kecap ikan atau sesuai selera. Bisa dihilangkan jika tidak suka
  • 125 gr gula pasir
  • 2 siung bawang putih ukuran besar, geprek dan cincang halus
  • ½ buah bawang bombai, iris tipis – tipis
  • 1 sendok makan jahe parut
  • 3 buah wortel ukuran sedang, potong korek api
  • 1 buah lobak segar, potong korek api
  • 4 batang daun bawang, iris tipis – tipis

Cara Membuat Pasta Kimchi :

  1. Masukkan tepung beras dan air pada panci, aduk – aduk hingga rata kemudian panaskan pada kompor dan aduk – aduk kembali hingga mengental. Tunggu hingga muncul letupan – letupan lalu matikan kompor. Tambahkan gula pasir dan aduk hingga merata. Diamkan hingga dingin
  2. Masukkan bubur tepung yang telah dingin ke dalam baskom atau wadah.
  3. Tambahkan bubuk cabai, jahe parut, kecap ikan, bawang putih, dan bawang bombay. Aduk hingga merata.
  4. Tambahkan daun bawang, lobak, dan wortel yang telah di iris – iris lalu aduk sampai rata. Sisihkan.

Cara Membuat Kimchi Sawi Putih Halal

  1. Pertama, cuci sawi dengan air yang mengalir hingga bersih, kemudian lumuri sawi dengan garam setiap helai. Pastikan semua bagian terkena garam. Lalu masukkan ke dalam wadah atau baskom.
  2. Cuci kembali sawi yang telah dilumuri garam tadi hingga tidak ada garam yang menempel sebanyak 3 kali. Tiriskan.
  3. Bumbui sawi dengan pasta yang telah dibuat tadi hingga rata.
  4. Masukkan sawi ke dalam toples atau tempat kedap udara, jangan di isi sampai penuh.
  5. Diamkan sawi selama 2 hari pada suhu ruangan.
  6. Kimchi halam pun siap dihidangkan.

Itulah salah satu resep membuat kimchi yang hahal praktis dan sederhana yang dapat kalian aplikasikan sendiri dirumah.

Kalau sudah punya kimchi sendiri, kalian bisa mencoba beberapa resep masakan lezat ala Korea lainya yang sedang famous dibawah ini.

Cara Membuat Pancake Kimchi Buchimgae, Penekuk ala Korea

Cara Membuat Pancake Kimchi Buchimgae, Penekuk ala Korea

Kimchi buchimgae atau kimchijeon adalah satu makanan penekuk yang belakangan famous terutama di Indonesia.

Pancake ini terbuat dari bahan kimchi yang dipotong-potong, sayuran dan tambahan adonan tepung.

Loading...

Untuk membuatnya terasa lebih lezat, ada pula tambahan bahan daging ayam atau sapi. Penekuk ini biasanya dicocol kuah cuka yang pedas.

Biar gak makin penasaran, yuk simak cara membuat kimchi buchimgae pancake ala Korea dibawah ini.

Bahan-bahan kimchi buchimgae

  • 1 cup kimchi, yang dikeringkan dan dicincang
  • 1/2 cup jus kimchi
  • 1 cup tepung serbaguna
  • 2 butir telur
  • 1 daun bawang, dicincang
  • 1 sendok makan minyak sayur
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok makan cuka
  • 1 sendok makan kecap
  • 1/2 sendok teh minyak wijen
  • 1/2 sendok teh bubuk cabe korea (opsional)
  • 1/2 sendok teh biji wijen panggang (opsional)

Cara membuat kimchi buchimgae :

  1. Pertama yang harus dilakukan adalah, aduk Kimchi, jus Kimchi, tepung, telur, dan daun bawang dalam mangkuk.
  2. Panaskan minyak sayur di atas api sedang dalam wajan besar. Kemudian gunakan sekitar 1/4 cup adonan untuk setiap pancake, lalu tuang adonan ke wajan, sebarkan setipis mungkin.
  3. Selanjutnya, masak panekuk hingga matang dan agak kecokelatan, putar sekali, 3 hingga 5 menit per sisi. Bumbui dengan garam.
  4. Terakhir, kocok cuka beras, kecap asin, minyak wijen, serpihan cabai, dan biji wijen panggang.

Jika inign lebih terasa rempah-rempahnya, sajikan pancake Korea ini selagi masih panas. Sajikan bersama kuah cuka yang sudah dibuat sebagai pelengkapnya.

Cara Membuat Sup Soondubu Jjigae Kimchi Halal

Cara Membuat Sup Soondubu Jjigae Kimchi Halal

Sondubu jjigae adalah sup tahu khas asal korea yang sangat mmeiliki rasa pedas dan gurih.

Hidangan ini sangat pas kalian sajikan saat cuaca dingin atau pas lagi hujan. Selain sehat, kuah sup bisa membuat tenggorokan menjadi lebih banyak.

Selain itu, sondubu jjigae juga menjadikan tubuh terasa lebih hangat dan cocok buat kalian yang sedang sakit demam.

Bahan-bahan sup soondubu jjigae :

  • 1 bungkus tahu sutra
  • 100 gr kimchi, potong-potong
  • 100 gr daging sapi, iris tipis
  • 1 batang daun prei, potong-potong
  • 1 sdm bubuk cabai
  • 1 sdt terasi bakar
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 2 sdm air kimchi
  • 1 sdm minyak wijen
  • garam dan lada hitam secukupnya

Cara membuat sup soondubu jjigae kimchi :

  1. Panaskan panci, masukkan daging dan oseng sebentar hingga keluar minyaknya dan berubah warna. Masukkan kimchi dan bawang putih. Aduk rata hingga tercampur rata.
  2. Masukkan bubuk cabai dan terasi bakar, tumis hingga sedap.
  3. Tuang air dan masak hingga mendidih. Masukkan garam dan lada hitam secukupnya.
  4. Masukkan tahu sutra dan yang sudah dipotong-potong dan masak hingga mendidih lagi. Masukkan potongan daun prei dan siap sajikan.

Cara Membuat Kimchi Bokkeumbap, Nasi Goreng Kimchi

Cara Membuat Kimchi Bokkeumbap, Nasi Goreng Kimchi

Bosan dengan nasi goreng biasa? Kalian bisa coba membuat resep nasi goreng yang spesial ini. Bahan-bahannya juga gak ribet dan gampang banget buatnya.

Buat kalian yang belum membuat kimchi, silahkan ikuti langkah pertama diatas. Kemudian ikuti cara membuat nasi goreng kimchi ala Korea yang halal dibawah ini.

Bahan Kimchi Bokkeumbap, Nasi Goreng Kimchi

  • 2 cup nasi
  • 1/2 cup kimchi
  • 1/2 cup daging (opsional)
  • 2 batang daun bawang
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/4 bawang bombai
  • 1 butir telur
  • Bawang putih
  • Minyak sayur
  • Minyak wijen
  • Garam
  • Merica

Cara Membuat Nasi Goreng Kimchi

  1. Pertama potong kimchi dengan ukuran yang lebih kecil.
  2. Selanjutnya potong dadu,daun bawang, bawang bombay dan cincang juga bawang putih.
  3. Lalu bumbui daging dengan menggunakan bawang putih cincang, kecap manis dengan merica bubuk.
  4. Tumis daging dengan minyak sayur di wajan.
  5. Setelah matang, kemudian tambahkan kimchi dan bawang bombay dan masak selama 5 menit.
  6. Kemudian tambahkan bawang putih cincang dan daun bawang lalu masak sebentar dan matikan api.
  7. Kemudian masukan nasi, campurkan dan aduk hingga merata.
  8. Selanjutnya tambahkan 2 sendok makan minyak wijen , lalu nyalakan api.
  9. Kemudian merica dan garam sesuai selera.
  10. Di wajan terpisah ,masak telur dan letakan nasi goreng di priing.
  11. Sajikan selagi hangat bersama dengan telur setengah matang.
Loading...

Cara Membuat Kimchi Timun (Oisobagi) dari Bahan Lokal

Cara Membuat Kimchi Timun (Oisobagi) dari Bahan Lokal

Buat kalian yang pingin banget nyicipin kimchi atau acar Korea gak harus jauh-jauh atau mahal baru bisa yang namanya nyobain gimana rasanya.

Meski kimchi lebih dominan dengan lobak atau sawi putih, sekarang kimchi juga bisa dibuat dengan bahan timun atau biasanya dikenal dengan nama oisobagi kimchi.

Bahannya juga gampang banget didapat, plus cara membuatnya juga gak ribet.

Langsung saja, siapin bahan-bahannya dibawah ini. Janga lupa catat juga cara membuatnya ya.

Bahan Kimchi Timun

  • 4 buah timun ukuran kecil
  • 1 siung bawang putih, digeprek lalu dicincang halus
  • 1 butir bawang bombay, diiris halus
  • 2 sdm kecap ikan
  • 2 sdm bubuk cabai
  • 2 batang kucai, diiris
  • gula dan garam sesuai selera
  • biji wijen sangrai secukupnya

Cara Membuat Kimchi Timun

  1. Potong timun jadi empat bagian, baluri dengan garam, diamkan selama 2 jam.
  2. Timun dicuci bersih.
  3. Campur semua bahan bumbu jadi satu. Aduk rata.
  4. Masukkan timun ke dalam bumbu. Aduk rata. Kimchi timun bisa langsung dinikmati atau difermentasikan dengan disimpan di dalam kulkas lebih dahulu.

Bagaimana menurut kalian? Mudah dan pastinya semoga kalian suka resepnya ya sahabat Widiynews.com

Cara Membuat Kimchi Lobak (Kkakdugi Kimchi)

7 Resep Kimchi Paling Populer, Halal dan Cara Membuatnya Sendiri Dirumah

Kimchi memang lebih banyak dibuat dengan bahan sawi putih dan lobak. Tapi lobak pun tak kalah populernya loh di negara asalnya.

Lobak yang dipotong berbentuk dadu kemudian dilumuri rempah-rempah dan bumbu lainnya. Sama seperti masakan olahan kimchi lainnya, Kkakdugi atau lobak kimchi juga bisa makan langsung setelah dibumbui atau setelah di fermentasi.

Biar gak makin penasaran bagaimana cara membuatnya yang enak dan bahan-bahan rumahan yang sederhana, yuk langsung saja simak ulasannya dibawah.

Bahan Membuat Kimchi Lobak

  • 2 buah lobak ukuran sedang
  • 70 gram garam laut kasar
  • 2 sdm gula
  • 5 sdm bubuk cabai Korea (Korean chili flakes)
  • 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
  • 3 siung bawang putih
  • satu ruas jahe
  • 2 sdm udang kering
  • 5 sdm susu
  • 1-2 sdm saus ikan teri atau ikan hering (anchovy sauce)
  • 2 sdm sirup jagung
  • 2 batang daun bawang

Cara Membuat Kimchi Lobak

7 Resep Kimchi Paling Populer, Halal dan Cara Membuatnya Sendiri Dirumah
  1. Cuci bersih lobak, potong berbentuk dadu.
  2. Masukkan potongan lobak ke dalam mangkuk, taburi dengan garam dan gula, campur rata. Diamkan selama 45-60 menit, tiriskan. Tambahkan bubuk cabai, sisihkan.
  3. Siapkan blender, masukkan bawang bombay, bawang putih, jahe, udang kering.
  4. Masukkan susu ke dalam blender, campur hingga rata.
  5. Pindahkan isi blender ke dalam mangkuk, tambahkan 4 sdm bubuk cabai, saus ikan teri atau ikan hering, dan sirup jagung, campur rata, diamkan selama 5 menit.
  6. Campurkan saus dan potongan lobak hingga merata. Tambahkan saus jagung atau saus ikan sesuai selera Anda. Pindahkan kimchi ke dalam wadah tertutup dan simpan di suhu ruangan selama 1-2 hari, baru setelah itu bisa disimpan di dalam kulkas selama 7 hari untuk mendapatkan hasil fermentasi yang baik.

Cara Membuat Kimchi Lobak Ekor Kuda (Chonggak Kimchi)

7 Resep Kimchi Paling Populer, Halal dan Cara Membuatnya Sendiri Dirumah

Resep populer kimchi lainnya adalah chonggak. Chonggak artinya ekor kuda.

Disebut chonggak kimchi karena lobak yang dimasak langsung bersama daun dan batangnya serta mirip ekor kuda.

Lobak yang digunakan berbeda dengan kkakdugi kimchi. Kimchi ini menggunakan lobak yang berukuran kecil atau disebut chonggakmu.

Baik setelah dibumbui ataupun setelah proses fermentasi, rasanya sama-sama enak kok.

Biar sahabat tidak penasaran, langsung saja simak ulasan cara membuat kimchi lobak ekor kuda (Chonggak Kimchi) dibawah.

Bahan membuat kimchi ekor kuda (chonggak kimchi)

  • Altarimu (lobak kecil) 2 ikat (3kg)
  • Kulgen sogum (garam kasar) 1 gelas
  • Mul (air) 5 gelas
  • Chokpha (daun bawang kecil) 200g
  • Minari (seladren) 50g
  • Senggang (jahe) 1 ruas jari
  • Manel (bawang putih) 2 bongkah
  • Gochukaru (cabe merah bubuk) 2 gelas
  • Tattethan mul (air hangat) 1 gelas
  • Soltang (gula putih) 3 sdk besar
  • Seujeot (terasi udang ala Korea) 1/3 gelas
  • Myolchijeot (terasi teri asin ala Korea) 1/3 gelas

Chapssalpul (bubur beras ketan)

Mul (air) 2 gelas
Chapssalkaru (beras ketan bubuk) 1/2 gelas

Cara membuat kimchi lobak ekor kuda (chonggak)

  1. Setelah lobak kecil dikupas dan dicuci bersih, rendam dengan air garam sekitar 3~4 jam.
  2. Daun bawang kecil, daun mustard setelah dibersihkan, lobak kecil belah menjadi dua bagian lalu dicampur menjadi satu dan diasinkan secara berbarengan.
  3. Jahe, bawang putih, terasi udang ala Korea dihaluskan.
  4. Cabe merah bubuk dicampur dengan air hangat lalu beri sedikit gula.
  5. Tepung beras ketan dicampur dengan air, kemudian masak diatas api kecil hingga menjadi bubur.
  6. Cabe merah bubuk yang sudah dicampurkan dengan air tambahkan terasi teri asin ala Korea, bubur beras ketan, jahe halus, bawang putih halus, dan terasi udang ala Korea lalu aduk rata untuk membuat bumbu.
  7. Belahan lobak kecil, daun bawang kecil, daun mustard yang telah direndam dengan garam cuci hingga bersih dan tiriskan.
  8. Setelah tidak ada air yang menetes masukan bumbu yang telah tercampur pada potongan lobak kecil dan daun bawang kecil.
  9. Lalu simpan kimchi yang sudah dibuat kedalam kendi tanah dan tutup rapat agar tidak ada udara yang masuk.

Cara Membuat Kimchi Daun Bawang

7 Resep Kimchi Paling Populer, Halal dan Cara Membuatnya Sendiri Dirumah

Buat kalian masih bingung dengan kuliner Korea yang satu ini, tidak perlu bingung. Karena ada banyak varian kimchi yang bisa kalian coba.

Baik dari rasa dan proses pembuatannya juga bisa di sesuaikan. Sehingga lebih halal dan dapat dikonsumsi, terutama untuk kalian yang beragama Islam.

Seperti kimchi daun bawang dibawah ini. Yuk langsung aja simak ulasannya dibawah.

Bahan Membuat Kimchi Daun Bawang Sederhana

  • 1 genggam daun bawang
  • Bahan saos:
  • 5 bh cabe merah besar
  • 7 bh cabe rawit
  • 2 bh bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1,5 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1-2 sdm cuka
  • 1/2 bh bawang bombay
  • 2 sdm cabe bubuk/boncabe
  • 1 helai bawang prei
  • Wijen untuk taburan

Cara Membuat Kimchi Daun Bawang Sederhana

  1. Rebus cabe merah, cabe rawit & bawang putih hingga layu. Lalu blender bersama gula pasir & jahe hingga halus
  2. Selanjutnya campur bumbu blender tadi dgn cabe bubuk, cuka, garam, irisan bawang Bombay & prei hingga rata. Cicip rasa
  3. Jika rasa sudah pas lalu balurkan saos ke seluruh batang daun bawang, masukkan ke wadah kedap udara dan taburi wijen. Siap di sajikan, sisanya bisa disimpan di kulkas agar sewaktu-waktu bisa di makan kembali

*****

Itulah ulasan seputar 7 resep kimchi populer yang halal dan cara membuatnya sendiri dirumah.

Buat kalian pecinta kuliner, mendengar kuliner khas Korea tentu sudah tidak asing lagi. Apalagi buat kalian pecinta drama Korea, pasti tahu dong beberapa adegan makan para artis saat makan asinan.

Nah, sekarang kalian bisa membuat dan mencobanya sendiri dirumah apalagi kuliner ini dalam kondisi halal, jadi bagi kalian yang beragama Islam bisa menyantapnya juga.

Kalian juga bisa berkreasi sendiri dengan bahan dapur lainnya melalui resep diatas. Semoga bermanfaat untuk kalian semua dan selamat mencoba.

Jangan lupa nantikan artikel menarik lainnya dari Widiynews.com setiap hari.

Populer Pekan Ini

Loading...

Rekomendasi Widiynews

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More