Cara Membedakan Burung Parkit Jantan dan Betina yang Mudah Dilakukan

Untuk mengetahui perbedaan mana burung parkit jantan dan betina memang tidak mudah, apalagi buat kalian para penangkar pemula. Untuk mengetahu perbedaan itu, kalian juga harus mengetahui usia parkit kalian sehingga dapat sukses usaha ternak burung berbulu warna-warni ini.

Burung berparuh bengkok yang termasuk spesies nuri kecil ini memang punya banyak keunikan, selain bulu warnanya yang indah karena warna-warni, parkit juga bisa menirukan segala macam jenis suara burung.

Untuk kalian pecinta burung kicau, baik Lovebird atau Parkit ada banyak sekali jenis burung parkit yang harus kalian ketahui. Mulai dari lokal, Australia, Lutino, Holland, Rosella, Taiwan, Albino dan masih banyak lagi spesiesnya.

Meski memiliki perbedaan, namun hampir semua jenis burung parkit memiliki cara perawatan yang hampir serupa. Terutama untuk kalian yang ingin memulai ternak burung paruh bengkok dengan kicau yang indah ini.

Namun, artikel kali ini tidak akan membahas hal tersebut melainkan berbagi sedikit bagaimana cara membedakan antara parkit jantan dan betina dengan mudah.

Cara Mengetahui Perbedaan Parkit Jantan dan Betina

Cara Mengetahui Perbedaan Parkit Jantan dan Betina

Sebenarnya, untuk mengetahui perbedaan jantan atau betina pada burung parkit sangatlah mudah. Tapi karena mungkin usia burung masih muda, atau si pemelihara tidak tahu sama sekali tentu saja sulit untuk membedakannya.

Dari beberapa informasi yang kami himpun di internet, ada beberapa ciri untuk mengetahui antara parkit jantan dan betina terutama untuk yang sudah dewasa.

Untuk yang sudah dewasa, dapat diamati antara lain pada bagian pangkal paruh. Dimana kedua lubang hidung (nostril) atau cere terlihat berbeda.

Loading...

Parkit jantan dewasa cere terlihat biru tua mengkilat. Sedangkan parkit wanita berwarna keputihan atau cokelat muda.

Biasanya cara ini hanya dapat diketahui ketika burung parkit sudah berusia 6 bulan keatas.

Sedangkan untuk parkit yang usianya masih 4 atau 5 bulan kebawah pangkal paruhnya hampir sama semua baik yang jantan atau betina, yaitu putih atau cokelat muda.

Tetapi, jika kalian mengamatinya lebih jeli lagi, sebenarnya ada perbedaan antara parkit jantan dan betina yang masih muda itu. Dimana biasanya yang jenis kelaminnya jantan warnanya sedikit lebih biru.

Warna ini akan nampak lebih jelas lagi saat usianya sudah 5 bulan keatas atau sudah siap di kembangbiakkan.

Jika usia burung parkit kalian masih anakan, atau bakalan (muda) memang selain hampir sama semua cere atau lubang pangkal paruhnya, parkiat jantan juga biasanya masih putih kemerah-merahan atau pink.

Karena biasanya diusia muda, pigmen pada cere tersebut belum terbentuk secara sempurna jadi masih samar berwarna merah muda.

Jadi gak heran, kalau kalian mungkin lebih banyak salah dalam menebak jenis kelamin burung parkit yang masih muda.

Selain itu, untuk membedakan parkit betina muda juga kalian dapat melihat cerenya yang biasanya berwarna putih gading atau berwarna kusam.

Jadi bagaimana menurut kalian para pecinta burung? Sudah tahukan sekarang perbedaan jenis kelamin burung parkit jantan dan betina?

Populer Pekan Ini

Loading...

Rekomendasi Widiynews

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More