Cara Mudah Setting Enable – Disable Firewall Windows 7

Dalam beberapa kasus ketika install software baru pada Windows 7 ada kalanya pengaturan firewall harus di nonaktifkan atau disable. Meskipun cara ini sedikit tidak aman karena harus mematikan salah satu sistem keamanan bawaan (built-in security tool) pada sistem operasi Windows 7.

Firewall adalah perangkat lunak yang ditanamkan oleh microsoft sejak Windows XP SP2, Windows 7 hingga operating sistem terbaru saat ini. Kegunaannya untuk melacak informasi yang masuk dan keluar dari komputer berdasarkan aturan yang diterapkan microsoft.

Mungkin masih ada diantara kalian yang masih bingung perbedaan firewall dengan antivirus atau antimalware itu apa?

Firewall bekerja melindungi perangkat komputer dari serangan worm dan hacker, sementara antivirus melindungi perangkat dari virus dan antimalware dari serangan malware.

Untuk menjaga keamanan baik data dan sistem perangkat komputer, maka ketiganya sangat dibutuhkan dan harus dipastikan selalu aktif.

Cara Disable – Enable Firewall Windows 7

Inilah cara mengaktifkan (enable) dan menonaktifkan (disable) Firewall pada Windows 7 terbaru yang mudah dilakukan.

Berikut caranya :

1. Klik tombol Windows di pojok kiri bawah, kemudian ketikkan “Windows Firewall” dibagian search programs and files seperti gambar dibawah.

Loading...
Cara Mudah Setting Enable - Disable Firewall Windows 7

2. Setelah itu, akan muncul daftar pencarian terkait, pilih saja Windows Firewall seperti gambar dibawah.

Cara Mudah Setting Enable - Disable Firewall Windows 7

3. Ketika jendela Windows Firewall terbuka, untuk menonaktifkan (disable) atau enable (aktif) silahkan klik Turn Windows Firewall on or off. Perhatikan gambar dibawah.

Cara Mudah Setting Enable - Disable Firewall Windows 7

4. Nonaktifkan semua tipe jaringan (private dan public) atau klik semua tombol berlabel Turn off Windows Firewall (not recommended). Dan jangan lupa klik OK.

Cara Mudah Setting Enable - Disable Firewall Windows 7

Dan jika suatu saat kalian ingin mengaktifkannya kembali, silahkan ulangi cara pertama sampai ketiga. Kemudian pada langkah keempat, klik semua tombol berlabel Turn on Firewall dan juga diakhiri dengan klik OK.

Semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Populer Pekan Ini

Loading...

Rekomendasi Widiynews

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More