3 Cara Reset Firewall Windows 7, 8 dan 10 ke Pengaturan Default

Cara reset firewall Windows, baik Windows 7, 8 dan 10 ke pengaturan default atau bawaan ternyata sangatlah mudah sekali. Terutama jika kalian mengetaui cara yang instan untuk mengembalikannya. Meskipun tak sedikit pengguna pc dan laptop yang masih belum tahu caranya.

Banyak alasan kenapa seseorang memilih untuk mengembalikan rules firewall kembali seperti semula atau default.

Seperti kalian ketahui, ada beberapa program yang meminta izin untuk tidak diblokir firewallnya. Jika tidak mendapatkan izin akses, biasanya program tersebut tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Selain itu masih ada banyak sekali penyebabnya yang tentunya bisa saja mengakibatkan windows firewall tidak bekerja atau program terblokir karena kalian terlalu banyak melakukan pengaturan lanjutan (Advanced settings).

Apapun masalah tersebut, berikut 3 cara reset Windows Firewall kembali ke pengaturan semula / default yang mudah dilakukan.

Tutorial kali ini, penulis menggunakan sistem operasi Windows 7. Sedangkan untuk Windows 8 dan Windows 10 penulis kira caranya hampir sama.

1. Reset Firewall Melalui Control Panel

Ini adalah langkah yang paling mudah dilakukan untuk mengembalikan settingan Windows Firewall.

Pertama, klik tombol Start berlogo Windows di pojok kiri bawah, kemudin klik lagi Control Panel. Perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Reset Pengaturan Defaults Firewall Windows 7, 8 dan 10

Dijendela windows 7 control panel yang terbuka, silahkan kalian klik atau pilih System and Security.

Cara Reset Pengaturan Defaults Firewall Windows 7, 8 dan 10

Pada bagian jendela Windows System and Security, silahkan kalian klik lagi Windows Firewall.

Cara Reset Pengaturan Defaults Firewall Windows 7, 8 dan 10

Terakhir, pada pengaturan Windows Firewall, silahkan klik pengaturan Restore default seperti gambar dibawah ini.

Cara Reset Pengaturan Defaults Firewall Windows 7, 8 dan 10

Jika muncul kotak dialog Restore Default Confirmation, silahkan kalian klik saja tombol Yes untuk me restore atau reset ke pengaturan default windows firewallnya.

2. Reset Firewall Melalui Windows Defender

Selanjutnya, kalian juga mereset Windows Firewall ke pengaturan default melalui Windows Defender.

Pertama, buka kotak dialog RUN dengan kombinasi tombol Windows + R. Kemudian ketikkan perintah wf.msc di kotak tersebut, lalu tekan Enter atau Yes.

Cara Reset Pengaturan Defaults Firewall Windows 7, 8 dan 10

Pada jendela Windows defender yang sudah terbuka, klik kanan pada bagian Windows Firewall with Advanced Security on Locak Computer kemudian pilih Restore Default Policy.

Cara Reset Pengaturan Defaults Firewall Windows 7, 8 dan 10

Atau, kalian juga bisa langsung menuju bagian Action pada Windows Defender. Kemudian pilih Restore Default Policy. Silahkan pilih salah satu saja.

Terakhir, pada kotak dialog Restore Default Confirmation silahkan pilih Yes atau langsung tekan saja Enter.

3. Reset Firewall Via Command Prompt.

Ini cukup simpel dan cepat dilakukan.

Jika Anda ingin mengembalikan pengaturan default Windows Firewall melalui command prompt, silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah.

Pertama, buka kotak dialog RUN dengan cara menekan tombol Windows + R, kemudian ketikkan perintah cmd diakhiri dengan Enter atau Yes.

Cara Reset Pengaturan Defaults Firewall Windows 7, 8 dan 10

Pada jendela command compt yang terbuka, silahkan ketikkan perintah ntsh advfirewall reset kemudian diakhiri dengan Enter. Tunggu beberapa detik hingga muncul pesan OK.

Cara Reset Pengaturan Defaults Firewall Windows 7, 8 dan 10

Kesimpulan

Itulah ulasan tentang cara reset firewall windows yang ternyata cukup mudah dilakukan.

Tidak perlu dilakukan ketiga cara diatas, kalian cukup memilih salah satu saja mana yang menurut kalian mudah diterapkan.

Diatas adalah contoh penerapan cara reset firewall di Windows 7. Untuk pengguna Windows 8 dan Windows 10 tinggal disesuaikan saja karena mungkin ada sedikit tampilan yang berbeda, tapi sebenarnya caranya hampir sama seperti diatas.

Bagaimana menurut kalian? Oh ya, jika tutorial ini menurut kalian bermanfaat, jangan sungkan untuk berbagi di sosial media kalian supaya teman-teman kalian mendapatkan manfaat yang sama.

Artikel Terbaru

Bagikan jika suka:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Anda juga bisa menjadi bagian kami untuk menginspirasi banyak orang melalui karya tulisan. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang!

Rekomendasi Lainnya

Artikel Terkait

Kebijakan Berkomentar:

Mohon untuk berkomentar relevan sesuai topik bahasan! Komentar tidak relevan, SPAM atau memiliki link aktif akan kami hapus.

Leave a Comment

Follow Fanspage Widiynews