Cara Konversi Gambar Ekstensi WebP ke JPG dan PNG Paling Mudah

Cara Konversi File Gambar WebP ke JPG dan PNG Paling Mudah – Mendengar namanya saja mungkin sudah sedikit asing aneh. Apakah ada tipe gambar dengan ekstensi WebP? Apakah jenis gambar ini dapat digunakan di Blogspot atau WordPress? Serta bagaimana cara mengkonversi gambar tersebut?

Sebenarnya, ada banyak jenis gambar yang dapat digunakan, terutama bagi kalian para internet marketing atau juga blogger yang sering berkecimpung di dunia internet setidaknya harus tahu beberapa tipe gambar, salah satunya .WebP.

Apa itu .WebP?

Ekstensi .WebP –dibaca weppi adalah “website picture” adalah format gambar digital jenis baru dimana Google sendiri sebagai perancangnya.

Weppi sendiri sudah dirancang dan mulai dikembangkan sejak 30 September 2010 lalu. Sayangnya, hingga saat ini belum banyak yang menggunakan ekstensi gambar ini meskipun Google sendiri mengklaim format WebP sudah dapat digunakan untuk beberapa jenis browser seperti :

  • Google Chrome
  • Microsoft Edge
  • Firefox
  • Opera
  • Peramban web asli, Android 4.0 ke atas

Selain itu, tak semua web mendukung format gambar ini. Sehingga, pengembang web yang ingin menggunakan format ini harus menyesuaikan dengan web browser dan jika digunakan di blog WordPress harus menambahkan plugin WebP khusus.

Google menciptakan format gambar jenis ini dengan tujuan untuk memperkecil ukuran gambar seminimal mungkin tanpa merusak kualitas gambar itu sendiri.

Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi penyimpanan data serta loading yang lebih cepat saat digunakan oleh sebuah website. Tak heran, jika kalian pernah membuka halaman PageSpeed Insights, Google akan menyarankan pemilik website untuk menggunakan format gambar modern ini karena jauh lebih cepat dan tidak mengurangi penyimpanan hosting.

So, bagaimana cara konversi gambar file WebP ke format gambar yang lebih umum, silahkan simak cara lengkapnya dibawah.

Cara Konversi Gambar WebP ke JPG dan PNG

Meski memiliki banyak kelebihan dan kekurangan, format gambar WebP saat ini sudah mulai banyak digunakan oleh beberapa situs-situs besar seperti Facebook, dan Telegram.

Bahkan, Google sendiri sekarang mulai perlahan gambar yang diunggah ke situs mereka akan di konversi atau di ubah secara otomatis dalam format WebP.

Maka tak heran, jika kemungkinan kalian akan menemukan format ini di beberapa situs lokal, salah satunya Viva.co.id.

Nah, sayangnya ketika gambar ini dibuka mentah-mentah tanpa software atau aplikasi khusus, maka baik itu Windows maupun perangkat Android tidak akan bisa sama sekali. Seperti contoh dibawah ini :

Cara Konversi Gambar WebP ke JPG dan PNG

Ketika selesai disimpan dan akan dibuka, formatnya berubah menjadi seperti ini :

Loading...
Cara Konversi Gambar WebP ke JPG dan PNG

Itu sebabnya salah satu cara terbaik untuk menggunakan atau ingin membuka gambar WebP ya harus di konversi atau merubah formatnya ke ekstensi lain seperti JPG atau PNG yang lebih familiar.

Berikut ini cara paling mudah konversi WebP ke format gambar PNG, JPG, BMP, EPS, PSD atau sesuai keinginan kalian.

1. Buka website Cloudconvert.com

2. Klik tombol select file, lalu masukkan gambar yang ingin di konversikan. Bisa bentuk link URL, atau dari drive lain seperti Google Drive, Drop Box dan OneDrive.

Cara Konversi Gambar WebP ke JPG dan PNG

3. Setelah berhasil diunggah, pilih format gambar untuk konversinya. Tersedia pilihan PNG, JPG, BMP, EPS, GIF, PSD, dan PS. Pilih saja salah satu yang kalian inginkan.

Cara Konversi Gambar WebP ke JPG dan PNG
Loading...
Cara Konversi Gambar WebP ke JPG dan PNG

4. Kalau sudah, klik tombol Start Conversion.

Cara Konversi Gambar WebP ke JPG dan PNG

5. Tunggu proses upload dan konversi selesai. Jika sudah, akan muncul tombol bertuliskan Download, dan klik saja tombol tersebut untuk mengunduh hasilnya.

Cara Konversi Gambar WebP ke JPG dan PNG

Selesai, kini kalian dapat membuka, mengedit gambar ekstensi WebP yang sudah dikonversi ke format JPG atau PNG melalui software editing seperti Photoshpo dan lain sebagainya.


Catatan: Sebaliknya, Cloudconvert.com juga dapat mengkonversi format PNG, JPG atau yang lainnya ke bentuk WebP. Cara yang digunakan sama seperti diatas.


Sekian ulasan tentang cara konversi gambar WeBp ke format gambar JPG dan PNG kali ini.

Jika menurut kalian bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini melalui akun sosial media kalian agar teman-teman yang lain juga mendapatkan manfaat yang sama.

Populer Pekan Ini

Loading...

Rekomendasi Widiynews

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More