√ Cara Atasi Smartphone Sering Restart Sendiri Paling Mudah, 100% Fix!

Cara mengatasi smartphone yang sering restart sendiri sebenarnya mudah jika kalian dapat mengetahui langkah-langkahnya. Apalagi jika kalian mengetahui penyebab awal mengapa smartphone error force close hingga restart terus menerus.

Ada banyak faktor hingga jadi penyebab smartphone mengalami restart hingga berulang kali tanpa kita sadari. Salah satu yang paling krusial dinilai sebagai penyebabnya adalah aplikasi yang tidak kompatibel dengan smartphone.

Jadi, sebelum mengatasi bagaimana cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini adalah mengetahui penyebabnya lebih dulu.

Itu sebabnya, penting sekali mengingat terakhir kali smartphone yang kalian gunakan diinstal aplikasi terbaru apa serta dilakukan pengaturan tambahan apa saja.

Berikut ini beberapa penyebab umum smartphone Android restart terus menerus hingga

  1. Overload CPU, RAM, dan GPU
  2. Hardware bermasalah
  3. Software Crash
  4. Aplikasi tidak kompatibel
  5. Smartphone terkena virus
  6. Sistem Android error
  7. Smartphone terlalu panas
  8. Masih banyak lagi lainnya

Penyebab diatas adalah yang paling umum, tapi tak menutup kemungkinan smartphone kalian yang error saat disebabkan karena masalah lain.

Cara Mengatasi HP Smartphone Android Restart Sendiri Terus Menerus

Berikut cara mengatasi hp smartphone sering error force close hingga restart sendiri terus menerus paling mudah.

Penulis telah membuatkannya dalam bentuk list dari yang paling mudah hingga langkah tersulit yang harus dilakukan. Simak selengkapnya dibawah.

#1. Lepas dan Ganti SIM Card serta Memory Card

Dari beberapa kasus yang terjadi, ada kalanya dengan cara melepas kartu SIM dan memory card bermanfaaat mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi HP Smartphone Android Restart Sendiri Terus Menerus

Pastikan smartphone dalam kondisi mati atau off. Kemudian lepaskan SIM dan memory card hp kalian atau juga bisa diganti dengan yang masih baru lainnya.

#2. Reboot HP

Cara lain yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah restart pada hp bisa dengan mematikan dulu.

Jika smartphone kalian menggunakan baterai dengan tipe removable, bisa dilepas, cobalah untuk mencabutnya lebih dulu.

Lepaskan juga SIM Card, dan micro SD. Lalu diamkan beberapa saat dan pasangkan kembali semuanya kemudian coba nyalakan.

#3. Menghapus Cache

Cache atau sampah yang biarkan menumpuk pada smartphone tidak hanya menguras penyimpanan, tapi juga bisa menyebabkan hang hingga sebabkan restart sendiri.

Sebaiknya, cara ini dilakukan secara rutin. Boleh satu hari sekali, dua hari, atau cek secara berkala cache smartphone. Jika sudah menumpuk, segera hapus supaya tidak jadi sebab smartphone alami restart tanpa kita sadari.

Untuk smartphone keluaran terbaru saat ini sudah mendukung fitur penghapusan cache, histori dan file junk hingga 100% bersih.

Tapi jika tidak tersedia, kalian bisa menambahkan aplikasi tambahan dari Google Play, seperti Clean Master atau aplikasi pembersih sampah lainnya.

#4. Hapus Aplikasi yang Tidak Kompatibel

Loading...

Force close atau aplikasi minta ditutup paksa adalah masalah umum yang pasti banyak dialami oleh pengguna smartphone. Bahkan pada perangkat pc seperti laptop dan komputer error force close juga sering terjadi.

Sebenarnya, tanda ini merupakan peringatan jika aplikasi yang kalian pasang tidak kompetibel atau tidak berjalan mulus untuk perangkat yang kalian gunakan.

Bisa juga karena masalah OS Android atau juga memang masalah aplikasinya yang tidak suppport dengan perangkat, tapi hal ini juga bisa sebabkan smartphone alami restart sendiri hingga berulang-ulang.

Loading...

Jika smartphone terlalu sering mengalami restart, cobalah untuk menghapus aplikasi terbaru yang kalian install sebagai langkah awalnya.

Setelah itu, periksa kembali apakah smartphone masih mengalami error yang sama. Jika berhasil, maka besar dipastikan ada aplikasi yang tidak kompetibel dengan smartphone.

#5. Install Aplikasi Anti Virus Smartphone Terbaik

Seperti yang sudah penulis jelaskan sedikit penyebabnya diatas, bisa saja smartphone kalian terkena serangan virus.

Install Aplikasi Anti Virus Smartphone Terbaik

Apalagi banyak smartphone yang memang tidak dibekali aplikasi antivirus meskipun sebenarnya OS Android sudah memiliki sistem keamanan tersendiri.

Tapi untuk berjaga-jaga dan mencegah terjadinya hp hang atau mati hidup sendiri, cobalah pasang salah satu antivirus terbaik dan terpopuler dibawah :

#6. Hapus Game yang Menguras RAM

Restart terus smartphone kalian? Ohya, bisa jadi penyebab adalah game yang kalian install. Sebab, beberapa game menguras kapasitas RAM, CPU dan GPU yang dimiliki smartphone kalian loh.

Tentu ini membuktikan jika game yang kalian pasang tidak cocok untuk smartphone, mungkin dari sisi performa karena dukungan RAM, GPU, prosesor tidak bisa menjalankannya secara sempurna.

Walau tak semua game berat-berat sebagai penyebabnya, tapi beberapa game versi beta adalah faktor masalahnya kenapa hp kalian alami restart sendiri terus menerus.

Jadi, daripada kesel sendiri dan capeg karena smartphone bermasalah, lebih baik hapus sementara game yang kalian install.

#7. Factory Reset

Sebenarnya si sayang, tapi apa boleh dikata lagi kalau masih error maka langkah selanjutnya yang dapat kalian lakukan adalah mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik atau factory reset.

Jangan lupa, cadangkan (backup) dulu data, aplikasi serta file-file penting lainnya sebelum melakukan factory reset.

Simak beberapa artikel seputar Factory Reset dan Hard Reset DISINI

#8. Unroot Smartphone

Beberapa diantara kalian tentu sudah tidak asing dengan istilah root. Ya, cara ini memang banyak digunakan oleh pengguna yang sudah pro untuk meningkatkan performa dan fitur yang hanya dapat dibuka setelah smartphone diroot.

Cara Mengatasi HP Smartphone Android Restart Sendiri Terus Menerus

Yups, salah satu masalah terbesar yang sering terjadi aplikasi dan fitur tidak berjalan mulus, muncul pesan force close dan restart sendiri.

Jika memang root adalah penyebab masalah ini, kalian bisa mengembalikan atau menghapus rooted yang sudah kalian lakukan sebelumnya supaya sistem hp Android berjalan normal lagi.

Kesimpulan

Walau tak selamanya sama penyebab smartphone restart otomatis sendiri, tapi beberapa cara diatas bisa diterapkan untuk semua tipe smartphone, baik Oppo, Vivo, Samsung, Xiaomi, ASUS, Realme atau bisa juga untuk Lenovo.

Cobalah untuk menerapkan satu persatu cara diatas sebelum kalian memutuskan membawa smartphone yang error ke tukang service. Selain karena lebih ekonomis, kalian bisa belajar hal baru tentang dunia smartphone.

Jika suatu saat mengalami masalah serupa, kalian tidak panik lagi dan bisa mengatasinya sendiri.

Demikian artikel ulasan tentang cara mengatasi smartphone yang sering restart sendiri hingga berulang kali. Jangan lupa bagikan artikel ini jika menurut kalian bermanfaat melalui sosial media supaya teman-teman yang lain mendapatkan manfaat yang sama. Semoga bermanfaat ya!

Populer Pekan Ini

Loading...

Rekomendasi Widiynews

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More