Widiynews

10 Resep Praktis Masakan Kangkung, Tumis, Oseng, dan Santan Lengkap Semua!

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
10 Resep Praktis Masakan Kangkung, Tumis, Oseng, dan Santan Lengkap Semua!
Sumber gambar: https://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/700x465/photo/2018/11/22/4129763270.jpg

Resep Masakan Kangkung – Melalui artikel kali ini, penulis akan berbagi kumpulan resep masakan yang bisa kalian coba sendiri dirumah. Sesuai tema, artikel kali menyajikan aneka resep kangkung yang praktis dan mudah dicoba di rumah.

Beberapa resep mungkin sudah familiar dan sering kali dicoba oleh ibu-ibu didapur. Tapi, bagi yang belum pernah atau baru belajar memasak, tentu masih banyak sekali resep sederhana yang patut dicoba.

Apalagi, kalian pasti tahu kan kalau Indonesia punya banyak macam kuliner yang rasanya sangat lezat. Di berbagai daerah ada masakan-masakan khas yang sangat menggoda dan pastinya wajib kalian coba jika sedang berkunjung kesana.

Baca juga : 7 Resep Kimchi Paling Populer, Halal dan Cara Membuatnya Sendiri Dirumah

Beberapa masakan mungkin saja punya bahan yang sama, tapi karena proses memasaknya yang berbeda, namanya juga pasti beda. Salah satunya seperti masakan kangkung.

Kangkung adalah bahan masakan yang paling mudah diolah menjadi masakan praktis mulai dari tumis, oseng, atau dimasakan santan. Gak cuma dimasak begitu-gitu aja, jika terasa bosan kalian bisa menambahkan beberapa campuran seperti ebi, udang, cumi-cumi, tauge, teri, daging juga bisa, rebon, bahkan ditambahkan pete juga nikmat.

Pokoknya, kangkung adalah bahan masakan yang praktis dan pastinya dapat diolah menjadi beragam masakan yang lezat. Seperti beberapa resep yang sudah Widiynews siapkan dibawah ini.

Yuk langsung simak kumpulan resep kangkung praktis, mulai tumis, oseng, balacan, tauco, santan lengkap dengan berbagai campuran yang nikmat. Selamat mencoba ya!

Resep Tumis Kangkung Saus Tiram

Yang namanya tumis kangkung pasti kalian sudah tak asing lagi. Ya, resep kangkung yang satu ini memang sudah merakyat dan ada dimana-mana.

Resep Praktis Masakan Kangkung, Tumis, Oseng, dan Santan Lengkap Semua

Gak cuma di pedagang kaki lima atau warteg saja. Cafe sampai restoran ternama juga ada yang menyajikan tumis kangkung.

Jika kalian ingin belajar memasak tumis kangkung, berikut salah satu resep tumis kangkung saus tiram yang cukup populer dan praktik kamu coba.

Bahan-Bahan Tumis Kangkung Saus Tiram

  • 4 Ikat kangkung (dipotong, lalu dicuci bersih)

Bumbu yang diiris:

  • 3 Biji cabe rawit
  • 4 Biji cabe merah
  • 4 Siung bawang merah
  • 2 Siung bawang putih
  • 1/2 cm jahe
  • 1/2 cm lengkuas

Bumbu tambahan untuk tumis :

  • 3 sdm minyak goreng atau secukupnya
  • 1 Sdt garam
  • 3 Lembar daun salam
  • 1 Bungkus saus tiram (ajinomoto) atau bebas sesuai selera
  • secukupnya Penyedap rasa (royco)
  • 50 ml air matang atau secukupnya

Cara Membuat Tumis Kangkung Saus Tiram

  1. Pertama, panaskan minyak goreng, lalu masukan bumbu tumis satu persatu, aduk-aduk hingga kekuningan atau agak matang,
  2. Lalu, tambahkan garam, saus tiram, penyedap rasa dan daun salam.
  3. Masukan kangkung yang sudah dipotong dan dicuci bersih.
  4. Aduk hingga bumbu tercampur, lalu tambahkan air secukupnya aduk sebentar saja sampai sedikit layu.
  5. Angkat jika sudah matang dan sajikan

Bagaimana, mudah sekali bukan membuatnya?

Cah Kangkung Udang Rebon Rumahan

Yang namanya masakan rumahan gak selamanya biasa-biasa aja. Tapi kalian pasti tahukan, kalau yang namanya masakan rumahan itu punya rasa yang suka bikin kangen. Kayak masakan mama dikampung, bener gak?

Salah satu resep cah kangkung yang juga bisa kalian coba adalah resep cah kangkung udang rebon.

Bisa kebayang gak gimana rasanya? Daripada makin penasaran mending langsung aja deh catat bahan dan cara membuatnya dibawah.

Bahan-Bahan Cah Kangkung Udang Rebon

  • 1 ikat kangkung
  • 2 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 7 biji cabai rawit
  • Secukupnya udang rebon
  • Secukupnya kaldu jamur
  • Secukupnya kecap manis
  • Sedikit saja air
  • Sedikit minyak untuk menumis

Cara Membuat Cah Kangkung Udang Rebon

  1. Pertama, geprek bawang putih. Potong kecil-kecil.
  2. Haluskan bawang merah beserta dengan cabai rawit. Tambahkan secukupnya kaldu jamur.
  3. Panaskan minyak diatas penggorengan atau wajan.
  4. Masukkan bawang putih, tumis sebentar sampai harum. Masukkan bumbu halus yang telah disiapkan. Tumis hingga wangi ya.
  5. Setelah wangi, masukkan kangkung. Tunggu hingga layu.
  6. Apabila sudah, masukkan udang rebon. Tumis sedikit lagi.
  7. Tambahkan kaldu jamur dan air.
  8. Tes rasa. Sajikan selagi hangat.

Resep Tumis Kangkung Toge Pete

Kalau yang ini mungkin jadi salah masakan spesial buat kalian yang suka jajan di malam hari. Soalnya, tumis kangkung toge ini banyak banget di jual sama pedagang kaki lima.

Resep Praktis Masakan Kangkung, Tumis, Oseng, dan Santan Lengkap Semua
Sumber gambar : https://cookpad.com/id/resep/5848768-tumis-kangkung-toge

Masaknya juga gak lama plus gak ribet. Biasanya sih, tumis kangkung toge ini dimasak gak sampai bener-bener matang atau cuma sekedar layu dan bumbu meresap saja.

Makanya, pas dimakan toge terasa sedikit gurih dan kangkung juga rasanya makin enak. Biar gak penasaran bagaimana cara membuat tumis kangkung toge, langsung saja nih simak bahan dan cara membuatnya dibawah.

Bahan-Bahan Tumis Kangkung Toge Pete

  • kangkung
  • toge
  • 2 siung bawang merah iris tipis
  • 2 siunhbawang putih cincang halus
  • 1 sdt lada putih bubuk
  • 3 sdm Minyak zaitun ekstra light
  • 3 buah cabe keriting iris serong
  • 1 sdm kaldu jamur bubuk
  • 1 sdt garam himalaya

Cara Membuat Tumis Kangkung Toge Pete

  1. Pertama, panaskan minyak zaitun ekstra light untuk menumis bumbu
  2. Masukkan satu persatu bumbu mulai dari irisan bawang merah dan bawang putih serta irisan cabe keriting, tumis hingga harum dan matang
  3. Masukkan toge dan kangkung yang telah dicuci
  4. Aduk rata, tambahkan kaldu jamur bubuk dan garam himalaya
  5. Aduk rata, masak dengan api sedang dan tunggu sampai matang
  6. Sajikan sesuai selera

Resep Plecing Kangkung Khas Lombok

Kalian pasti tahu kan kalaun daerah Lombok itu gak cuma terkenal destinasi wisatanya yang indah-indah aja, tapi kuliner disana juga bikin meleleh deh.

Resep Praktis Masakan Kangkung, Tumis, Oseng, dan Santan Lengkap Semua
Sumber gambar: https://cookpad.com/id/resep/11591172-plecing-kangkung-khas-lombok?via=search&search_term=kangkung

Di lombok ada salah satu masakan kangkung yang sangat populer, yaitu plecing kangkung.

Bahkan, masakan yang satu ini ramai jadi perbincangan para warganet dan banyak dicoba melalui resep-resep sederhananya.

Plecing kangkung sendiri sebenarnya seperti kita makan kangkung rebus kemudian dicocolkan ke sambel. Tapi tunggu dulu. Sambal yang ini sangat istimewa loh. Apalagi kalau kalian suka masakan pedas dan sering makan lalapan sama sambal. Resep kangkung praktis ini wajib deh kalian coba.

Bahan-Bahan Plecing Kangkung Khas Lombok

  • 2 ikat kangkung
  • 1 buah jeruk limau
  • secukupnya garam, gula pasir dan kaldu jamur

Bahan sambal :

  • 5 buah cabe keriting
  • 3 buah cabe rawit (sesuai selera)
  • 2 buah tomat
  • 2 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 kotak kecil terasi

Cara Membuat Plecking Kangkung Khas Lombok

  1. Pertama, siangi kangkung dan cuci bersih. Rebus diair mendidih sampai layu, angkat dan tiriskan.
  2. Rebus bahan sambal kecuali terasi hingga layu.
  3. Ulek bahan sambal yang sudah direbus, tambahkan terasi, garam, gula pasir dan kaldu jamur, ulek sampai sambal halus dan koreksi rasa.
  4. Letakkan kangkung rebus diwadah, taruh sambal diatasnya dan beri perasan air jeruk limau.
  5. Plecing Kangkung siap disajikan

Resep Tumis Kangkung Daging Homemade

Masak kangkung gak selamanya cuma dicampur toge, teri atau rebon aja. Daging juga bisa dijadiin campuran resep kangkung yang pasti disukai keluarga dirumah.

Resep Praktis Masakan Kangkung, Tumis, Oseng, dan Santan Lengkap Semua
Sumber gambar: https://cookpad.com/id/resep/8523121-tumis-kangkung-daging?via=search&search_term=kangkung

Tenang, resep ini masih termasuk kategori sederhana kok. Jadi kalian yang masih belajar dijamin bisa bikin masakan yang satu ini.

Yuk langsung disimak resep tumis kangkung daging homemade spesialnya!

Bahan-Bahan Tumis Kangkung Daging

  • 250 gram kangkung
  • 150 gram daging
  • 40 gram bawang merah (8 besar)
  • 20 gram bawang putih kating (5 butir)
  • 15 gram cabe rawit (5 buah)
  • 20 gram cabe merah keriting (10)
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt lada
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt saus tiram

Cara Membuat Tumis Kangkung Daging

  1. Pertama, cuci bersih kangkung.
  2. Bersihkan juga daging dengan tissue dapur, potong potong kecil atau sesuai selera.
  3. Siapkan bahan bumbu-bumbu diatas
  4. Iris tipis bawang merah dan bawang putih, juga cabe.
  5. Tuang minyak di pan, masukkan dan tumis bawang dan cabe hingga bau harum
  6. Masukkan daging, Aduk kira-kira 1 menit.
  7. Masukkan juga daun kangkung, dan aduk hingga rata.
  8. Tambahkan garam dan saus tiram. Tes rasanya dulu kemudian angkat.

Sajikan tumis kangkung daging ini selagi masih hangat bersama satu piring nasi putih.

Resep Kangkung Santan Khas Kudus

Bosen dengan resep tumis dan oseng, tapi dirumah cuma ada kangkung yang bisa dimasak? Tenang, kangkung bisa kok diolah jadi masakan super lezat tanpa harus dioseng.

Resep Praktis Masakan Kangkung, Tumis, Oseng, dan Santan Lengkap Semua
Sumber gambar: https://cookpad.com/id/resep/9322823-kangkung-santan-khas-kudus?via=search&search_term=kangkung%20santan

Salah satu resep yang patut kalian coba bersama keluarga adalah kangkung santan khas Kudus. Resep ini sangat populer loh disana.

Untuk bisa menyantapnya sih gak perlu juga kalian repot-repot harus ke Kudus. Kalian bisa cobain sendiri gimana rasanya resep kangkung santan ini dirumah hasil olahan tangan sendiri. Yuk cobain.

Bahan-Bahan Resep Kangkung Santan Khas Kudus

  • 1 ikat besar kangkung, petik daunnya
  • 1 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk, buang tulang tengah daun
  • 1 ruas lengkuas, digeprek
  • 1 bungkus terasi ABC
  • 5 buah cabe keriting, iris serong
  • 2 buah cabe merah, iris serong
  • 65 ml santan instant
  • 400 ml air
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya royco
  • Secukupnya minyak kelapa

Bumbu iris:

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih

Cara Membuat Kangkung Santan Khas Kudus

  1. Pertama, siapkan bahan yang diperlukan diatas
  2. Panaskan minyak di atas pan, masukkan bawang merah, bawang putih, daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Tumi sampai harum
  3. Kemudian masukkan cabe merah, cabe keriting dan terasi, oseng sebentar saja
  4. Tambahkan air dan santan. Masak sampai mendidih sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah
  5. Setelah mendidih, tambahkan garam dan royco secukupnya, koreksi rasa, jika sudah pas, masukkan kangkung, masak sebentar saja (tingkat kematangan sesuai selera).
  6. Kangkung santan khas kudus siap disajikan.

Resep Kangkung Santan Sederhana Rumahan

Masakan berkuah emas pas disantap saat cuaca panas atau saat masakan masih hangat. Di beberapa daerah, masakan dengan santan cukup populer.

Ya, meskipun sederhana karena dimasak sendiri, tapi rasanya emang luar biasa deh.

Resep Praktis Masakan Kangkung, Tumis, Oseng, dan Santan Lengkap Semua
Sumber gambar: https://cookpad.com/id/resep/9283092-kangkung-kuah-santan?via=search&search_term=kangkung%20santan

Seperti resep kangkung santan. Mungkin kalau yang namanya bayam, kalian sudah biasa dimasak santan. Tapi kangkung juga bisa loh dimasak dengan cara berkuah santan. Apalagi kalau dirumah punya banyak bahan tambahan lain seperti tempe, tahu, atau toge.

Masakan kangkung santan pasti makin pas rasanya. Bagaimana menurut kalian? Mau coba resepnya? Yuk langsung simak bahan dan cara membuatnya dibawah.

Bahan-Bahan Resep Kangkung Santan Sederhana

  • 1 ikat kangkung
  • iris Bumbu
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 2 cabe keriting
  • Pelengkap
  • 1/2 terasi sct
  • 2 cm lengkuas,ketuk
  • 2 daun salam
  • 2 daun jeruk
  • 1 kara kecil
  • Secukupnya garam dan gula

Cara Membuat Kangkung Santan Sederhana

  1. langkah pertama, panaskan minyak untuk menumis.
  2. Tumis bumbu iris & terasi. Aduk sampai tercium wangi dan harum
  3. Setelah itu, masukkan lengkuas, daun jeruk, dan daun salam
  4. Tuang 1 mangkuk air dan santan, lalu didihkan.
  5. Selanjutnya, masukkan kangkung. Tambahkan garam dan gula sesuai selera.
  6. Coba tes rasanya. Didihkan kembali sampai matang.

Resep kangkung santan pun siap disajikan untuk keluarga tercinta.

Resep Tumis Kangkung Balacan yang Enak

Balacan adalah terasi. Balacan biasanya digunakan untuk bahan masakan serta bahan pembuatan sambel. Tapi gak cuma sambel aja, balacan biasanya juga dijadikan bahan tambahan untuk membuat masakan, salah satunya tumis kangkung balacan.

Resep Praktis Masakan Kangkung, Tumis, Oseng, dan Santan Lengkap Semua

Tumis kangkung memang banyak sekali variannya. Apalagi jika kalian pandai berkreasi sendiri, tentunya kalian dapat menciptakan resep tumis kangkung sendiri yang lezat pastinya.

Kali ini, penulis ingin berbagi resep tumis kangkung balacan. Soal rasanya, menu yang satu ini pas banget kalau dijadikan lauk santap makan malam atau siang hari.

Apalagi pas cuaca panas atau disiang hari, resep tumis kangkung balacan ini memang pas disajikan bersama nasi putih hangat, kerupuk atau bersama beberapa potongan lalapan lainnya. Berikut cara membuat tumis kangkung balacan yang enak.

Bahan-Bahan Tumis Kangkung Balacan

  • 200 gram kangkung
  • 2 sendok makan ebi
  • 1 sendok makan penyedap rasa ayam
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu Halus Tumis:

  • 4 butir bawang merah
  • 2 butir bawang putih
  • 4 buah cabai merah
  • 1/2 sendok teh terasi matang
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Lada secukupnya

Cara Membuat Tumis Kangkung Balacan

  1. Langkah pertama yaitu siangi terlebih dahulu kangkung yang telah anda siapkan. Lalu cuci kangkung sampai bersih. Jika sudah tiriskan.
  2. Setelah itu, goreng ebi yang telah anda siapkan.
  3. Lalu haluskan semua bumbu halus yang telah ditentukan seperti di atas.
  4. selanjutnya, siapkan wajan di atas kompor. Lalu masukan minyak goreng secukupnya. Panaskan minyak, apabila telah panas masukan bumbu yang telah dihaluskan. Tumis bumbu yang telah dihaluskan. Aduk-aduk sampai bumbu matang dan tercium aroma harum.
  5. Setelah tercium harum, masukan ebi yang telah digoreng. Aduk sampai merata.
  6. Kemudian tambahkan penyedap rasa ayam yang telah anda siapkan. Aduk sampai merata.
  7. Tambahkan pula kangkungyang telah disiangi. Aduk-aduk kangkung sampai layu.
  8. Masak kangkung sampai matang dan bumbu meresap. Jika telah seperti itu angkat dan sajikan pada piring saji yang telah disiapkan.

Resep Cah Kangkung Telur Puyuh

Resep cah kangkung telur puyuh bisa kalian coba sendiri dirumah dengan bahan dasar sederhana dan prosesnya yang cepat untuk disajikan menjadikan resep sayuran ini jadi pilihan terbaik dikala tak banyak waktu namun ingin menyajikan masakan yang sehat dan praktis.

Resep Praktis Masakan Kangkung, Tumis, Oseng, dan Santan Lengkap Semua
Sumber gambar: https://selerasa.com/wp-content/uploads/2015/07/images_sayuran_Tumis-kangkung-seafood.jpg

Memasak merupakan kegiatan menyenangkan. Apalagi jika bahan-bahan utamanya sudah lengkap dan tersedia didapur. Pasti lebih cepat dan praktis.

Nah, telur puyuh ini bisa kalian jadikan masakan yang spesial bersama bahan kangkung dan rempah-rempah yang ada dirumah.

Langsung saja, yuk cobain resep tumis kangkung telur puyuh via resep dibawah. Catat dulu bahan dan cara membuatnya dibawah ya.

Bahan-Bahan Resep Cah Kangkung Telur Puyuh

  • 200 gram kangkung
  • 10 butir telur puyuh
  • 3 buah cabai merah
  • 3 buah cabai hijau
  • 50 ml air
  • 1/2 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Tumis:

  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • 1 sendok makan saus tiram

Cara Membuat Cah Kangkung Telur Puyuh

  1. Pertama, siapkan panci di atas kompor. Setelah itu tambahkan air secukupnya.
  2. Kemudian, masukan telur puyuh yang telah anda siapkan.
  3. Rebus air beserta telur puyuh sampai telur puyuh matang.
  4. Apabila telah matang, angkat. Lalu kupas telur puyuh tersebut
  5. Ambil kangkung yang telah anda siapkan. Lalu siangi kangkung tersebut dan cuci sampai bersih.
  6. Kemudian, iris halus cabai merah dan cabai hijau.
  7. Lalu, iris tipis bawang merah dan bawang putih.
  8. Apabila bahan dan bumbu telah siap, langkah yang harus dilakukan yaitu panaskan minyak goreng secukupnya pada wajan. Jika minyak telah panas, masukan bawang merah dan bawang putih beserta cabai merah dan cabai hijau yang telah diiris. Tumis semua bumbu tersebut sampai layu dan mengeluarkan aroma harum.
  9. Apabila telah seperti itu, tuangkan air dengan takaran yang telah ditentukan. Lalu masukan telur puyuh yang telah direbus dan dikupas beserta saus tiram. Aduk sampai merata agar semua bumbu menyatu.
  10. Setelah itu, tambahkan kangkung yang telah disiangi dan dicuci. Aduk sampai merata gaar kangkung menyatu dengan bumbu-bumbu serta layu.
  11. Selanjutnya, masukan larutan tepung maizena serta bubuhi garam dan gula pasir secukupnya. Aduk kembali sampai bumbu tersebut larut.
  12. Diamkan beberapa saat hingga semua bahan matang dan bumjjbu meresap. Jika dirasa telah matang, angkat dan sajikan pada tempat saji yang akan anda gunakan.

Penutup

Itulah ulasan tentang resep kangkung yang dapat penulis bagikan melalui artikel kali ini.

Resep masakan kangkung diatas hanyalah sebagian saja, karena sebenarnya masih banyak lagi yang dapat dicoba. Beberapa resep mungkin hampir sama, hanya saja mungkin ditambah dengan beberapa bahan lain.

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Bubur Ayam

Kalian dapat mencoba resep kangkung dengan tambahan bahan lain seperti teri, udang, wortel, kol, sawi putih, suiran daging ayam dan masih banyak lagi lainnya. Silahkan kalian modifikasi sendiri bahan-bahannya.

Bagaimana menurut kalian? Jika kalian suka, jangan lupa share informasi ini di sosial media supaya teman-teman dan saudara kalian mendapatkan manfaat yang sama. Selamat mencoba dan selamat memasak ya!

Bagikan jika suka:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang

ARTIKEL YANG KAMI PILIH KHUSUS UNTUKMU

Baca Juga

Kebijakan Berkomentar:

Mohon untuk berkomentar relevan sesuai topik bahasan! Komentar tidak relevan, SPAM atau memiliki link aktif akan kami hapus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *