Cara Ampuh Uninstall Chromium dari Komputer yang Tidak Bisa Dihapus

Artikel kali ini akan berbagi tutorial atau cara menghapus malware Chromium di perangkat komputer. Namun sebelum kalian benar-benar uninstall aplikasi dari perangkat pc atau laptop, mari ketahui terlebih dulu perbedaan antara Google Chrome dan Chromium dibawah.

Google ChromeChromium
Lisensi : FreewareLisensi : Open Source
Dikembangkan Perusahaan GoogleDikembangkan Komunitas Browser
Hanya ada 1 VersiAda banyak versi

Jika sudah memahami beberapa perbedaan mendasar diatas, kini kalian tentu semakin paham mengapa banyak sekali pengguna komputer yang mengeluh Chromium tidak dapat dihapus.

Sebab, salah satu alasannya aplikasi web browser ini tidak secara resmi dikembangkan oleh Google melainkan oleh developer web browser. Tentu bisa saja terdapat indikasi serangan virus atau malware yang ditanam didalam aplikasi ini.

Dan, jikapun memang terdapat virus didalamnya, maka dapat juga dipastikan aplikasi tersebut bukanlah Chromium yang asli.

Saran penulis, meski ada beberapa perbedaan baik dari sisi kecepatan dan lain sebagainya, sebaiknya gunakan software resmi atau lebih baik memilih Google Chrome supaya komputer aman tidak terserang virus malware.

Cara Uninstall Chromium yang Tidak Bisa Dihapus

Tutorial kali ini penulis ingin berbagi cara mudah menghapus Chromium yang tidak bisa dihapus dari komputer atau laptop.

Meski banyak yang memilih Chromium, tapi tak sedikit pula yang memilih untuk menghapusnya. Seperti yang sudah penulis jelaskan sedikit diatas, mungkin karena terjangkit virus dan malware.

Cara Mudah Hapus Chromium Komputer

Beberapa pengguna komputer belakangan mengeluh, setelah menghapus Chromium melalui langka uninstall biasanya tidak berhasil.

Well, sebenarnya itu bukan tak berhasil, tapi karena software yang dipasang bukanlah versi asli atau bisa jadi karena sudah disusupi virus dan malware.

Nah, dalam artikel kali ini penulis ingin berbagi cara mudahnya. Silahkan lanjut baca tutorialnya dibawah.

1. Download aplikasi IObit Uninstaller DISINI

Cara Ampuh Uninstall Chromium dari Komputer yang Tidak Bisa Dihapus
Contoh tampilan antarmuka IObit Uninstaller

2. Setelah berhasil didownload, Install seperti biasanya.

3. Selanjutnya, buka aplikasi IObit Uninstaller.

Loading...

4. Dijendela IObit yang sudah terbuka, lebih tepatnya pada halaman All Program –> Uninstall unnecessary program to free up more space, silahkan cari aplikasi Chromium.

5. Klik aplikasinya kemudian pilih tombol Uninstall di pojok kanan atas.

6. Jika muncul dua pilihan, silahkan pilih satu seperti dibawah ini (sesuaikan kebutuhan) :

  • Create a restore point before uninstall : IObit uninstaller akan membuatkan file cadangan sebelum aplikasi Chromium benar-benar terhapus dari komputer. Jadi, apabila kalian membutuhkan kembali dapat dengan mudah di restore kembali.
  • Automatically remove residual files : data atau file, registry, dan cache Chromium yang tersimpan di komputer secara otomatis dihapus total.

7. Setelah kalian pilih, IObit akan menghapus aplikasi Chromium. Silahkan tunggu beberapa saat sampai proses penghapusan selesai.

8. Apabila mucul notifikasi berupa pop-up “Are you sure you want to uninstall Chromium?” Silahkan kalian beri cek box “Also delete your browsing data?” Kemudian klik saja Uninstall.

9. Tunggu kembali sampai prosesnya selesai.

Tak hanya Chromium saja, kalian juga dapat menghapus aplikasi yang tak terpakai di komputer menggunakan IObit.

Loading...

Aplikasi ini juga support untuk semua versi Windows, termasuk Windows 10 dan Windows 7.

Kesimpulan

Dari hasil pengalaman penulis, cara ini seharusnya dapat menghapus Chromium serta jejak virus malware didalamnya.

Terkecuali, virus atau malware tersebut sudah menyebar ke sistem komputer.

Maka langkah yang harus dilakukan tidak hanya menghapus aplikasi Chromium saja, tapi sebaiknya dilakukan pemindaian menggunakan aplikasi anti virus.

Jika masih juga tidak berhasil, dengan terpaksa dan berat hari sebaiknya komputer di Install ulang saja.

Atau sebaliknya, kalian juga bisa melakukan scan dulu sebelum mengikuti tutorial ini. Sebab, jika memang aplikasi Chromium yang kalian install mengandung virus maka seharusnya dapat terdeteksi oleh antivirus.

Setelah itu, silahkan lakukan cara ini untuk menghapus seluruh data Chromium yang ada di komputer untuk menuntaskannya.

Demikian tutorial kali ini yang dapat penulis bagikan. Semoga bermanfaat dan semoga dapat membantu. Jangan lupa share di sosial media ya tutorialnya.

Populer Pekan Ini

Loading...

Rekomendasi Widiynews

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More