7 Tools Plagiarisme Online Gratis Terbaik untuk Cek Artikel Plagiat

  • Whatsapp
7 Tools Plagiarisme Online Gratis Terbaik untuk Cek Artikel Plagiat

Tools Plagiarisme Online Terbaik – Bagi kalangan blogger, internet marketing, pakar webmaster, dan SEO mendengar tools copyscape memang sudah tidak asing lagi. Website ini biasanya dijadikan rujukan untuk mengukur tingkat plagiat sebuah konten artikel.

Copyscape bekerja mencari kata atau bagian mana saja yang terindikasi plagiat (copy paste) serta daftar situs mana saja yang telah mencuri konten.

Seperti yang sudah banyak diketahui kalangan content creator, membuat artikel yang benar-benar 100% original itu gak mudah. Kalian yang sudah terbiasa dengan dunia blogging dan internet marketing pasti sudah paham betul hal ini.

Apalagi urusan SEO. Artikel yang kaya kata kunci dan benar-benar menarik untuk dibaca juga sulit sekali dibuatnya.

Kadang, Google atau Search Engine itu unik. Artikel yang justru bagus skor SEO -nya, justru sulit sekali untuk bisa tampil dihalaman pertama. Tapi sebaliknya, konten dari artikel lain yang serupa bisa menyaingi artikel buatan kita di Search Engine.

Mungkin, salah satu penyebabnya adalah masalah plagiat (tidak original), terdeteksi mengambil dari website atau sumber lainnya. Sehingga, mesin pencari mengabaikan (deindex) artikel tersebut.

7 website tools plagiarisme online gratis, dan terbaik untuk mengukur skor plagiat konten artikel serta untuk membuat artikel lebih unik dan original.

1. Plagiarisma

Alat website ini benar-benar gratis dan dapat dengan mudah dimanfaatkan untuk mengetahui skor original artikel yang kalian buat.

7 Tools Plagiarisme Online Gratis Terbaik untuk Cek Artikel Plagiat

Cara menggunakannya sangat mudah, kalian tinggal copy dan paste artikel yang sudah dibuat, kemudian tekan tombol Check Duplicate Content. Selanjutnya, website plagiarisma.net akan bekerja mencari artikel yang sama dengan artikel buatan kalian.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui keaslian konten didalam website ini adalah dengan memasukkan url, upload artikel via Google Drive atau text menggunakan notepad.

2. SmallSeoTools

Menurut sejumlah informasi yang didapat penulis, website check plagiarisme online yang terbaik merupakan Plagiarism Checker Small Seo.

7 Tools Plagiarisme Online Gratis Terbaik untuk Cek Artikel Plagiat

Selain antarmukanya yang simpel dan mudah dipakai, yang paling penting website ini gratis dan informatif.

Informasi yang ditampilkan dari hasil pengecekannya sangat informatif dan cukup detail. Jadi dapat dengan mudah digunakan untuk melakukan edit kembali ketika artikel yang di cek terdeteksi plagiat.

Keunikan tools ini tidak hanya menawarkan cek plagiat saja, ada sejumlah layanan lain yang bisa kalian coba, diantaranya Grammar Check, Reverse Image Search, Word Counter, What is My IP, SEO Checker, dan Internet Speed Test.

Kehadiran layanan ini tentu sangat membantu praktisi SEO dan sahabat blogger untuk membuat artikel yang unik dan menarik.

3. DupliChecker

Sama seperti layanan plagiarisme online lainnya, website Dupli Checker juga memberikan layanan serupa dengan hasil yang memuaskan. Layanan dari Dupli Checker juga gratis dan sepenuhnya dapat dimanfaatkan.

7 Tools Plagiarisme Online Gratis Terbaik untuk Cek Artikel Plagiat

Cara menggunakannya mudah sekali, kalian tinggal copy artikel dan paste didalam kotak yang telah disediakan.

Kemudian klik tombol Check Plagiarism. Lalu tunggul hasilnya.

Selain untuk mengetahui tingkat plagiat dari sebuah konten artikel, Dupli Checker juga dapat digunakan untuk cek grammar, paraphrasing, keyword position checker, domain authority, backlink checker serta banyak lainnya/

4. Plag Tracker

Selanjutnya, website yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat plagiat sebuah konten artikel adalah Plag Tracker.

7 Tools Plagiarisme Online Gratis Terbaik untuk Cek Artikel Plagiat

Ada dua layanan yang bisa kalian pilih didalam website ini, pertama gratis dan yang kedua premium atau berbayar.

Tenang saja, jika kalian memutuskan untuk menggunakan layanan yang gratisan, hasil yang ditampilkan memuaskan kok.

Apalagi jika kalian memiliki dana yang cukup. Tidak ada salahnya jika kalian menggunakan layanan premium dari Plag Tracker.

Website ini memiliki tim khusus yang nantinya akan bekerja melakukan pengecekan konten kalian.

Tim tersebut tidak hanya mengukur tingkat plagiat, tetapi juga mengecek kesalahan sintaks, dan tata bahasa. Sehingga, artikel yang kalian buat benar-benar bisa menarik dan original.

5. Dustball

Dustball adalah website yang menyediakan pengecekan plagiat secara gratis seperti judul yang telah kalian baca diatas.

7 Tools Plagiarisme Online Gratis Terbaik untuk Cek Artikel Plagiat

Website ini memiliki tampilan antarmuka yang sangat sederhana dan mudah dipelajari bagi siapa saja.

Untuk menggunakannya, kalian buka website Dustball.com, kamudian copy artikel yang ingin kalian cek, kemudian pastekan di kotak atau box yang sudah disediakan.

Selanjutnya, klik tombol Check the paper dan tunggu hasilnya.

Sama seperti website dengan layanan serupa, Dustball juga memberikan batasan untuk layanan gratisnya.

Batasan tersebut dimana hanya dapat dilakukan 1000 pengecekan setiap harinya untuk pengguna di seluruh dunia.

Dan jika kalian tertarik dengan layanan premium mereka, kalian dapat membayar 8 dollar (lifetime) untuk biaya perawatan dan layanan.

Bagaimana menurut kalian? Tidak ada salahnya mencoba layanan pengecekan plagiarisme secara online dari Dustball bukan?

6. Plagium

Plagium juga memberikan layanan yang sama. Website ini bisa kalian andalkan untuk mengetahui plagiat dari konten yang kalian buat.

7 Tools Plagiarisme Online Gratis Terbaik untuk Cek Artikel Plagiat

Artikel yang bisa kalian input dibatasi hingga 100 karakter didalam website ini. Ini layanan yang sama persis seperti website plagiarisme gratisan lainnya.

Tersedia juga versi premium yang dibanderol 0.04 dollar sampai 0.08 dollar disana.

Harga ini masih tergolong murah dibanding paket premium yang ditawarkan oleh website Copyscape yaitu 5 dollar sampai 500 dollar.

Ya, meskipun hasil yang ditampilkan bisa saja berbeda dari kedua layanan website plagiarisme ini, tapi kedua layanan ini bisa jadi referensi untuk membuat konten yang lebih unik dan original baik dari sisi search engine maupun pembaca.

7. Quetext

Website terakhir yang juga menyediakan layanan pengecekan tingkat plagiat konten adalah Qutext.

7 Tools Plagiarisme Online Gratis Terbaik untuk Cek Artikel Plagiat

Alat ini benar-benar gratis dan mudah sekali untuk digunakan.

Jika kalian berkunjung ke website Quetext, kalian akan menemukan halaman beranda atau antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan untuk pemula maupun yang sudah master.

Hasilnya juga cukup maksimal untuk menyaring konten serupa atau plagiat di internet.

Kalian bisa membuat artikel yang lebih unik, dan berkualitas original tanpa harus takut dianggap mengambil dari website lain yang sudah ada di internet.

Cara menggunakan toolt plagiat online ini cukup mudah, tinggal copy konten yang sudah dibuat kemudian paste di kotak yang sudah disediakan.

Setelah itu, tekan tombol “Check Plagiarism” dan tunggu hasilnya.

Jika terdapat konten atau tulisan yang serupa bahkan hampir mirip dengan karya kalian, kalian bisa melihatnya dengan detail.

Cara ini cukup mudah untuk membuat artikel yang lebih baik dan berkualitas original di mesin pencari.

Bagaimana menurut kalian? Mudah bukan menggunakannya?

Kesimpulan

Membuat konten yang benar-benar menarik itu tak selamanya sulit. Karena setiap blogger dan internet marketing tentu punya pengalaman sendiri tentang cara membuatnya.

Begitu juga dengan artikel yang original. Walau kadang tulisan tersebut merupakan hasil riset dan karya sendiri, tapi tak menutup kemungkinan terdeteksi serupa atau sama dengan karya orang lain.

Itu sebabnya, dibutuhkan tools plagiarisme diatas yang dapat dengan mudah menemukan konten serupa tersebut di internet.

Hal ini bertujuan untuk membuat artikel yang lebih baik, baik dari sisi pembaca dan juga mesin pencari, terutama Google sebagai mesin pencari raksasa di dunia saat ini.

Seperti diketahui, Google hampir setiap tahun memperbarui kebijakan dalam menyaring konten yang ada di internet. Untuk mengurangi konten yang buruk di internet, Google tak segan-segan melakukan deindex terhadap website atau sebuah artikel yang dipublikasikan jika mengandung unsur plagiat.

Itu artinya, untuk bisa terus berkarya melalui sebuah blog atau website, penting sekali membuat artikel yang lolos copyscape, unik, original dan juga tetap memperhatikan SEO.

Dengan demikian, setiap artikel yang sudah susah payah kalian buat dapat benar-benar bertahan di mesin pencari dan bisa meningkatkan rangking website kalian di internet.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *