Widiynews

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A51 [100% Work]

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Artikel kali ini Widiynews.com ingin berbagi cara factory / hard reset Samsung Galaxy A51 terbaru dari tim penulis. Cara ini sudah terbukti berhasil serta mudah dilakukan. Simak selengkapnya dibawah ini.


Desember 2019 lalu, brand smartphone terbesar didunia yaitu Samsung resmi meluncurkan Galaxy A51 yang harganya terjangkau. Pasalnya sih, hp ini adalah penerus Galaxy A50 yang diluncurkan satu tahun sebelumnya.

Baca juga: 2 Cara Hard Reset Samsung Galaxy A50 Terbaru 2020 Disertai Gambar

Ada banyak perubahan serta peningkatan yang dibenamkan Samsung pada Galaxy A51. Mulai dari sisi desain, spesifikasi, hingga performa ponsel Android ini. Maklumlah, ponsel ini memang menyasar kalangan kelas menengah terutama kalangan milenial.

Buat kalian yang penasaran dengan spesifikasinya dan sisi desainnya, Samsung emang gak ragu untuk terjun bertarung lewat banyak-banyakan kamera dibagian belakang.

Sementara sisi depannya, tampilan layar Samsung Galaxy A51 mengusung desain punch hole atau layar berlubang untuk kamera yang kini lagi ramai-ramainya dipakai banyak brand smartphone. Karena nampak lebih mewah dan keren, tak heran jika fitur ini banyak jadi perhatian.

Rasanya, punya smartphone mewah Samsung Galaxy A51 ini sudah cukup, apalagi buat kalian yang suka banget sama fotografi atau sekedar selfie.

Ditambah lagi baterai hp ini bongsor, yaitu 4.000 mAh dan ditunjang fitur Fast Charging. Main game seharian dan menjelajahi media sosial lewat jaringan internet cepat rasanya bakal aman dan nyaman.

Spesifikasi Samsung Galaxy A51

Pasar kelas menengah memang banyak jadi incaran brand smartphone. Gak heran juga si kalau Samsung ikut-ikutan menghadirkan beragam fitur canggih serta beberapa peningkatan pada Galaxy A51 kali ini. Simak spesifikasi lengkapnya dibawah.

Dimensi158.5×73.6×7.9 mm
Berat172 gram
Layar & ResolusiSuper AMOLED 6.5 Inci / 1.080 x 2.400 piksel
SistemAndroid 10 (One UI 2)
ChipsetExynos 9611
CPUOcta-core (4×2.3 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)
GPUMali-G72 MP3
Kamera BelakangQuad camera (48MP+12MP+5MP+5MP), LED flash, panorama, HDR
Kamera Selfie32MP
BateraiNon-removable 4.000 mAh
WarnaPrism Crush Black, White, Blue, Pink
FiturFast battery charging, Sensors Fingerprint (under display, optical),
HargaRp 4,2 Jutaan (Cek Bukalapak)

Reset Samsung Galaxy A51

Banyak faktor kenapa pengguna memilih untuk melakukan reset Galaxy A51, salah satu diantaranya mungkin karena software yang bermasalah sehingga menyebabkan banyak aplikasi error.

Apalagi, jika kalian menggunakan custom ROM untuk Galaxy A51 yang tidak stabil, ditambah lagi bukan ROM asli dari Samsung. Hal ini juga bisa mengakibatkan sistem operasi error dan tidak berjalan normal.

Selain itu, kesalahan dan lupa PIN, atau pola password juga hampir banyak terjadi dikalangan pengguna smartphone. Selain melalui metode flashing, masalah terkait hal ini juga dapat diatasi dengan melakukan reset.

Berikut cara reset Samsung Galaxy A51 terlengkap.

Factory Reset Samsung Galaxy A51

1. Pertama, silahkan masuk ke dalam menu pengaturan smartphone Galaxy A51 kalian.

2. Kemudian, General management (Manajemen umum)

3. Selanjutnya, pilih menu Reset –> Factory data reset (Reset data pabrik).

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A51 [100% Work]
Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A51 [100% Work]

4. Konfirmasi dengan menekan perintah Reset dan akhiri proses ini dengan memilih Delete All (Hapus semua).

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A51 [100% Work]

Silahkan tunggu beberapa saat sampai ponsel kalian benar-benar selesai proses penghapusan data, pengaturan serta kembali seperti pengaturan bawaan.

Lama proses reset pada Galaxy A51 ini biasanya tergantung dari banyaknya data, serta aplikasi yang sebelumnya ada didalam perangkat.

Semakin banyak data dan aplikasi, maka biasanya prosesnya juga sedikit lama.

Pastikan juga, data baterai diatas 50%. Selain itu, pastikan juga kalian ingat alamat email dan password gmail yang kalian gunakan untuk login pertama kali di Galaxy A51.

Hard Reset Samsung Galaxy A51

1. Pertama, pastikan daya baterai Galaxy A51 yang akan di reset diatas 50% (Supaya tidak error, bootloop, atau logo stuck android)

2. Tekan tombol power dan volume atas secara bersamaan.

3. Lepaskan keduanya setelah muncul logo Samsung Galaxy

4. Setelah muncul menu recovery, pilih Wipe data/factory reset. Gunakan tombol volume untuk naik dan turun, dan tombol daya untuk memilih.

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A51 [100% Work]

5. Selanjutnya, konfirmasi lagi dengan memilih Yes dengan tombol daya. Silahkan tunggu sampai proses hard reset selesai.

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy A51 [100% Work]

6. Terakhir, ketika sudah muncul menu Android recovery, silahkan pilih Reboot system now. Dan tunggu proses restart selesai.

Proses restart smartphone biasanya sedikit lebih lama dari biasanya. Jadi bagi kalian yang baru pertama melakukan tutorial ini jangan kaget dan bingung ketika menemui masalah ini.

Penutup

Me-reset Samsung Galaxy A51 sama halnya menghapus seluruh data, aplikasi dan pengaturan yang sebelumnya sudah kalian terapkan.

Smartphone akan kembali seperti semula persis seperti pertama kalian membeli smartphone dalam kondisi baru.

Jadi, penting sekali buat kalian yang sering menyimpan dokumen, atau foto terbaik yang kalian abadikan melalui kamera canggih Galaxy A51 untuk di backup lebih dulu supaya tidak hilang karena terhapus saat proses reset.

Penulis tidak menjamin akan risiko yang terjadi baik sebelum atau sesuah kalian melakukan reset seperti cara diatas ya.

Semoga cara reset Samsung Galaxy A51 ini dapat membantu kalian yang membutuhkannya!

Simak juga videonya dibawah ini.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang

Artikel Terkait

Baca Juga

Kebijakan Berkomentar:

Mohon untuk berkomentar relevan sesuai topik bahasan! Komentar tidak relevan, SPAM atau memiliki link aktif akan kami hapus.

3 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *