Sejarah Singkat Elang Mulya Lesmana – Pahlawan Reformasi 1998

Dalam artikel kali ini, penulis ingin berbagi tentang sejarah singkat salah satu pahlawan reformasi yaitu Elang Mulya Lesmana korban tragedi trisakti 12 Mei 1998. Bagi kalian yang belum mengetahuinya, silahkan simak melalui artikel dibawah ini.


Pahlawan Reformasi Elang Mulya Lesmana adalah mahasiswa Universitas Trisakti, Fakultas Arsitektur angkatan 1996 dan menjadi korban tragedi trisakti 12 Mei 1998. Dia bersama teman-teman dan mahasiswa lainnya dari seluruh Indonesia berjuang ke gedung DPR dan MPR menuntut perubahan perbaikan atas berbagai krisis yang melanda Indonesia.

Saat itu, bangsa Indonesia dilanda krisis moneter yang menyebabkan kesulitan hidup.

Ekonomi Indonesia mulai goyah pada awal tahun 1998. Mahasiswa pun melakukan aksi demontrasi besar-besaran ke gedung DPR dan MPR, termasuk Elang Mulya Lesmana dan mahasiswa Universitas Trisakti lainnya.

Mereka melakukan aksi damai dari kampus Trisakti menuju gedung DPR dan MPR pada pukul 12.30 WIB. Namun, aksi mereka dihambat oleh blokade dari Polri dan militer.

Beberapa mahasiswa pun mencoba bernegosiasi dengan pihak aparat keamanan.

Akhirnya, pada pukul 17.15 WIB, para mahasiswa bergerak mundur diikuti bergerak majunya aparat keamanan.

Aparat keamananpun mulai menembakkan peluru kearah mahasiswa. Para mahasiswa mulai panik dan berlarian, sebagian besar berlindung di Universitas Trisakti.

Namun, aparat terus saja melakukan penembakan. Satuan pengamanan yang berada di lokasi pada saat itu adalah Brigade Mobil Kepolisian RI, Batalyon Kavaleri 9, Batalyon Infanteri 203, Artileri Pertahanan Udara Kostrad, Batalyon Infanteri 202, Pasukan Anti Huru-hara Kodam, serta Pasukan bermotor. Mereka dilengkapi dengan tameng, gas air mata, Styer dan SS-1.

Puluhan mahasiswa yang berlarian ke dalam kampus ditembaki dari luar kampus. Korban luka dan tewas pun berjatuhan.

Loading...

Akhirnya pada tanggal 12 Mei 1998, Elang Mulya Lesmana tewas tertembak dibagian dada.

Atas perjuangannya, Elang pun dianugerahi gelar Pahlawan Reformasi. Dia dimakamkan di Pemakanan Umum Tanah Kusir, Jakarta.

Pada peringatan kemerdekaan RI yang ke-60, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menganugerahkan Bintang Jasa Pratama.

Kesimpulan

Demikian sejarah dan kisah singkat tentang pahlawan reformasi Elang Mulya Lesamana yang dapat penulis bagikan melalui artikel kali ini.

Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita semua dan mengenal salah satu pahlawan Indonesia, terutama bagi kalian yang masih duduk dibangku sekolah.

Baca juga: Sejarah Singkat Herry Hertanto – Pahlawan Reformasi 1998

Dengan mengenal dan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur, semoga kita dapat lebih menghargai dan menjaga persaudaraan serta persatuan Tanah Air Indonesia.

Mohon bantu juga share artikel ini ke Facebook, Instagram, Twitter dan media sosial lainnya ya sobat Widiynews.

Sumber: Buku Sejarah Lengkap Pahlawan Indonesia Yudhistira Ikranegara Lingkar Media

Populer Pekan Ini

Loading...

Rekomendasi Widiynews

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More