Widiynews

Cara Paling Mudah Cek Pendapatan Website dan Blog [Terbaru 2020]

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Dengan menghitung pendapatan website atau blog, biasanya menjadi lebih semangat menjalani aktivitas blogging, mulai dari menulis hingga membuat konten artikel yang lebih original dan unik.

Sayangnya, menghitung penghasilan sebuah blog atau website tidak mudah dilakukan, kita membutuhkan alat atau tools khusus.

Baca juga: 7 Tools Plagiarisme Online Gratis Terbaik untuk Cek Artikel Plagiat

Untungnya saat ini banyak hal bisa dikerjakan secara online melalui internet. Salah satunya cara mengetahui berapa banyak traffic (Pengunjung), pageview (tampilan halaman) serta pendapatan sebuah website atau blog di internet.

Dan melalui artikel kali ini, penulis ingin berbagi cara mudah tersebut untuk kalian semua yang belum mengetahuinya.

Cara Hitung Pendapatan Website atau Blog di Internet

Salah satu sumber terbesar pendapatan website adalah jaringan iklan, dan tentu yang paling populer dikalangan webmaster, internet marketing dan blogger adalah Google Adsense.

Ya, Adsense menjadi sumber paling gurih yang bisa dirasakan ketika mulai membangun sebuah website.

Meskipun untuk mendapatkannya tak cukup mudah dan Adsense juga bukan satu-satunya cara untuk memonetisasi blog.

Saat ini ada banyak jaringan iklan serupa Adsense yang dapat kalian manfaatkan, mulai dari yang lokal hingga internasional.

Dibawah, saya sedikit menjabarkan apa saja sumber pendapatan dari website yang cukup poluler belakangan ini. Jadi, untuk kalian yang menggeluti bidang blogging bisa meniru serta mulai menerapkannya.

Namun sebelumnya, mari kita sama-sama belajar bagaimana cara mengetahui pendapatan sebuah website sebagai motivasi supaya kalian tidak mudah putus asa dalam dunia blogging.

1. Pertama, Buka halaman situs StahShow.com (DISNI)

2. Copy URL situs atau ketikkan link situs (nama domain) yang ingin kalian cek penghasilannya di internet. Sebagai contoh, penulis memasukkan link situs berita Liputan6.com.

Cara Paling Mudah Hitung Pendapatan Website dan Blog [Terbaru 2020]

3. Dibagian menu Website Report, paste link yang sudah kalian copy sebelumnya. Kemudian icon search dibagian kanannya. Perhatikan gambarnya dibawah.

Cara Paling Mudah Hitung Pendapatan Website dan Blog [Terbaru 2020]

4. Tunggu beberapa detik, StatShow akan menampilkan informasi detail dari situs mulai dari pendapatan, usia, alamat IP, dan informasi lainnya.

Cara Paling Mudah Hitung Pendapatan Website dan Blog [Terbaru 2020]

Dari informasi tersebut, kalian bisa melihat besaran pendapatan harian, bulanan, sampai hitungan pertahun website yang ingin kalian ketahui.

Sebagai contoh, penulis menggunakan situs berita liputan6.com. Dan hasilnya sangat luar biasa sekali pendapatannya, baik dari rata-rata harian, bulanan sampai hitungan pertahun.

Cara Paling Mudah Hitung Pendapatan Website dan Blog [Terbaru 2020]

Gak heran juga sih, jika dilihat dari total pageview situs liputan6.com saja bisa menembus angka 8,9 juta dan hampir mendekati angka 9 tampilan halaman setiap hari.

Dan kalau kalian lihat situs raksasa ini bisa mencapai $26.025,25 atau Rp 392 Juta jika dikonversikan dalam bentuk Rupiah penghasilannya setiap hari.

Kalian bisa melihat hasil yang lebih besar pada perhitungan bulanan dan tahunan dari situs ini pada tab bagian samping pendapatan harian.

Sayangnya, penulis tidak bisa menjamin apakah laporan ini akurat atau tidak. Selain itu, penulis juga belum bisa memastikan apakah ini hanya rata-rata saja serta apakah hanya satu jaringan iklan saja atau hitungan keseluruhan.

Tapi yang jelas, melihat besarnya pendapatan website tersebut pastinya bisa dijadikan motivasi untuk terus berkarya melalui sebuah blog ataupun website.

Sumber Pendapatan Website dan Blog

Agar bisa bertahan dan terus berkembang, website dan blog harus bisa mendapatkan penghasilan. Cara mendatangkan pendapatan tersebut sangatlah beragam.

Dan berikut penulis sudah menyediakan beberapa cara populer beberapa situs besar yang digunakan untuk menghasilkan uang dari internet dan bisa kalian terapkan juga di blog kalian masing-masing.

1. Artikel Berbayar (Berlangganan)

Artikel berbayar atau berlangganan dan bisa juga disebut dengan istilah paywall. Sayangnya, cara monetisasi web / blog ini tidak cukup populer ya meskipun tidak sedikit masih menggunakan cara ini.

Paywall adalah cara monetisasi dengan sistem mengajak pengunjung untuk membayar ketika ingin membaca konten secara utuh.

Beberapa website mungkin berhasil menerapkannya, tapi sebagian besar atau lebih banyak yang gagal daripada yang sukses.

Salah satu risiko menerapkan cara menghasilkan uang melalui blog dengan cara ini adalah kehilangan pembaca atau pengunjung.

Sebab, dibutuhkan pembaca yang benar-benar loyal dan tertarik dengan kontan yang kalian buat didalam blog. Jika tidak atau mereka yang sekedar setengah-setengah, maka sudah pasti akan pergi dan tidak akan kembali lagi.

Meski demikian, masih banyak situs raksasa di luar negeri yang mengunakan cara paywall. Awalnya, mereka memberikan konten premium secara gratis hingga akhirnya situs tersebut memaksa untuk berlangganan dengan cara membayar.

2. Jaringan Iklan

Ini adalah cara paling mudah mendatangkan uang dari website atau blog yang kalian kelola. Buktinya, cara ini juga lebih mendominasi beberapa situs besar seperti liputan6, kompas, tribunnews, detik, viva, serta situs raksasa lain.

Banyak jaringan iklan yang bisa digunakan sebagai mesin uang melalui blog, dan tentunya yang paling poluer adalah Google Adsense. Hal ini juga sudah diterapkan oleh situs-situs raksasa dunia dan di Indonesia.

Meskipun, saat ini ada banyak jaringan iklan online lainnya seperti Advernative, MGID, serta jaringan iklan alternatif Adsense lainnya.

3. Sponsored Content

Sponsored content atau iklan berupa content placement. Lebih sederhananya lagi, artikel yang disponsori oleh situs, lembaga, atau seseorang.

Cara ini juga sudah banyak diterapkan beberapa situs-situs dan blog di Indonesia.

Tak cuma dalam bentuk artikel, beberapa website bahkan ada yang membuatnya dalam bentuk konten grafis, atau video.

4. Banner (Iklan Mandiri)

Kemudian banner, atau ada juga yang menyebutnya iklan mandiri, atau iklan lokal.

Banner adalah iklan yang dipasang secara langsung oleh pihak pemasang ke situs atau website yang sudah dipesan.

Tarifnya sangat variatif, dan besar kecilnya banner tersebut juga sudah ditetapkan oleh masing-masing pemilik website.

Semakin tinggi traffic, jumlah pengunjung tinggi, dan pageviews jutaan ratusan sampai jutaan perhari, peringkat atau ranking, kredibilitasnya juga sudah diakui, maka tarifnya juga lumayan mahal.

Kesimpulan

Jadi, itulah cara menghitung pendapatan situs website dan blog disertai cara menghasilkan uang dari blog di internet.

Kuncinya, bagi kalian masih penasaran dengan besar kecilnya pendapatan blog di internet adalah traffic atau pengunjung.

Semakin tinggi traffic maka sudah bisa dipastikan pendapatannya juga sebanding dengan pageviewnya.

Buat kalian yang memiliki blog dan saat ini sudah dimonetisasi, kalian bisa cek sendiri seberapa banyak pendapatan kalian menggunakan cara diatas.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Bagikan jika suka:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang

ARTIKEL YANG KAMI PILIH KHUSUS UNTUKMU

Baca Juga

Kebijakan Berkomentar:

Mohon untuk berkomentar relevan sesuai topik bahasan! Komentar tidak relevan, SPAM atau memiliki link aktif akan kami hapus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *