Widiynews

√10 Resep Lauk Ramadhan Sederhana, Praktis untuk Dimasak Dirumah

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Sedang mencari resep lauk Ramadhan sederhana dan praktis untuk dimasak dirumah? Tidak perlu mencari kemana-mana karena kalian bisa menemukannya sekaligus jadi inspirasi memasak sehat untuk keluarga disini. Daripada makin penasaran, yuk langsung simak!.


Praktis dan sederhana adalah dua jenis masakan yang paling banyak digemari. Bukan cuma dari kalangan ibu-ibu yang sudah terbiasa memasak, tapi juga buat mereka yang baru belajar atau tidak punya waktu sama sekali untuk memasak.

Berbicara Ramadhan kali ini mungkin banyak sekali perbedaan. Ya, ditengah pandemi virus corona yang belum ada henti-hentinya. Tentu membuat Ramadhan 2020 banyak berbeda. Salah satunya mungkin terbatasnya ibadah sholat Tarawih dimana sebelumnya kita bisa bersama-sama menjalankan ibadah Tarawih dimasjid, namun mungkin kali ini harus kita jalankan dirumah masing-masing.

Baca juga: Panduan Lengkap dan Cara Sholat Tarawih Sendiri Dirumah

Namun, itu semua bukanlah penghalang bagi kita untuk tidak melaksanakan ibadah Ramadhan, terutama sholat Tarawih.

Untuk kalian yang memiliki banyak waktu dirumah, tentu lebih mudah membuat masakan yang nikmat untuk disajikan saat buka puasa atau sahur bersama keluarga.

Tapi, bagi kalian yang masih tetap bekerja dan memiliki banyak aktivitas, juga tidak boleh melupakannya. Karena masakan sendiri jauh lebih nikmat dan hemat daripada harus pesan atau makan diluar.

Banyak masakan sederhana nan praktis yang bisa kalian sajikan. Membuatnya juga sangat mudah serta tidak membutuhkan banyak bahan. Beberapa contoh resep lauk sederhana Ramadhan berikut bisa jadi inspirasi kalian selama puasa.

Aneka Resep Lauk Ramadhan Sederhana dan Praktis

Aneka resep lauk Ramadhan sederhan lagi praktis ini kami pilih berdasarkan bahan, waktu, dan cara memasaknya sehingga lebih mudah diaplikasikan selama bulan puasa Ramadhan.

Kalian dapat memodifikasi serta mengkreasikan sendiri resep yang kalian suka melalui beberapa contoh masakan sederhana dibawah ini.

1. Resep Sederhana Soto Ayam Kuah Santan

Nah, salah satu masakan praktis untuk lauk buka puasa Ramadhan yang patut kalian coba adalah soto ayam kuah santan.

10 Resep Lauk Ramadhan Sederhana, Praktis untuk Dimasak Dirumah
Soto ayam kuah santan/copyright cookpad.com

Cara membuatnya juga cukup mudah sih menurut penulis, jadi gak ada salahnya kan untuk buka puasa kalian sajikan soto ayam? Yuk simak resep dan caranya dibawah ini.

Bahan-Bahan Soto Ayam Kuah Santan

  • 500 gram daging ayam bagian dada
  • 250 gram tulang ayam
  • 100 gram mi soun, diseduh
  • 1 batang serai
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 buah jeruk lemon
  • 65 ml santan kelapa kental
  • air secukupnya untuk kuah
  • 1 batang seledri, diiris
  • 1 batang daun bawang, diiris
  • 1 buah tomat, diiris dadu
  • garam, gula pasir, dan kaldu ayam bubuk secukupnya
  • bawang goreng untuk taburan

Bumbu Halus

  • 2 cm lengkuas
  • 4 butir kemiri, disangrai
  • 2 cm jahe
  • 1/2 sdt biji merica
  • 5 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah

Cara Membuat

  1. Setelah semua bahan disiapkan. Pertama, rebus daging ayam dan tulangnya sampai setengah matang. Goreng daging ayam, lalu suwir-suwir. Sisihkan.
  2. Tumis bumbu yang dihaluskan dengan sedikit minyak. Masukkan daun jeruk, daun salam, serai, dan lengkuas. Tumis sampai harum.
  3. Rebus air hingga mendidih. Masukkan bumbu tumis dan tulang ayam. Aduk sebentar.
  4. Masukkan santan kelapa. Masak sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah.
  5. Tambahkan garam, gula, dan kaldu ayam. Koreksi rasa.
  6. Siapkan mangkuk. Tata nasi/lontong, mi soun, ayam suwir, irisan seledri, irisan seledri, irisan daun bawang, dan tomat. Siram dengan kuah soto. Beri taburan bawang goreng.

Jadi deh resep lauk Ramadhan yang praktis untuk disajikan bersama keluarga di rumah. Kalian bisa menambahkan nasi atau lontong, serta tambahkan juga mi soun, suwiran daging ayam, irisan daun seledri, daun bawang, bawang merah goreng, jeruk nipis, sambal dan kerupuk untuk menambah segarnya soto ayam kuah.

2. Sayap Ayam Lada Hitam Super Simpel

Daging ayam memang paling mudah diolah jadi masakan super lezat. Banyak resep yang bisa dicoba serta dikreasikan sendiri dirumah, terutama saat Stay Home atau #Dirumahaja selama Ramadhan.

10 Resep Lauk Ramadhan Sederhana, Praktis untuk Dimasak Dirumah
Sayap ayam lada hitam/copyright dream.co.id

Dan rekomendasi resep sederhana dari penulis adalah ayam lada hitam. Paduan daging ayam yang empuk serta bumbu lada hitam yang pedas gurih mampu menghadirkan selera tersendiri saat menyantapnya.

Apalagi cuaca saat ini tidak menentu, kadang hujan, kadang juga panas. Menyantap lauk sayap ayam lada hitam ini pas banget jadi penghangat suasana berbuka loh. Yuk coba masak sendiri dirumah.

Bahan Sayap Ayam Lada Hitam :

  • 10 potong sayap ayam, cuci bersih

Bumbu Marinade :

  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdm lada hitam, haluskan
  • 2 sdm madu
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt gula pasir

Cara Membuat Ayam Lada Hitam :

  1. Campurkan semua bumbu marinade dengan sayap ayam. Keudian rendam ayam selama semalam di kulkas agar seluruh bumbunya meresap.
  2. Keluarkan ayam marinade dari kulkas, panaskan oven, tata ayam di loyang yang sudah dioles margarin. Panggang kurang lebih selama 30 menit.
  3. Kalau tidak punya oven, kalian bisa memasaknya langsung di teflon, lebih dulu panaskan margarin secukupnya dan masak sayap ayam hingga matang selama sekitar 20 hingga 30 menit.
  4. Sayap ayam lada hitam siap disajikan dan dinikmati.

3. Resep Sup Jamur Sehat Ramadhan

Sama halnya seperti daging ayam, jamur merupakan bahan masakan yang cukup simpel untuk dimasak. Beberapa situs masakan populer bahkan banyak sekali menyajikan kumpulan resep jamur.

10 Resep Lauk Ramadhan Sederhana, Praktis untuk Dimasak Dirumah
Ilustrasi sup jamur/copyright cookpad.com

Jamur bisa digoreng, seperti jamur krispi sebagai camilan sehat untuk anak dan keluarga. Selain itu, jamur juga bisa diolah jadi lauk yang sedap, salah satunya sup.

Kuah sup jamur cocok banget untuk kalian yang sudah seharian berpuasa dan menahan dahaga. Aroma, dan campuran bumbu rempah-rempahnya apa lagi, pastinya bikin suasana berbuka jadi lebih bermakna. Yuk masak sup jamur dibawah ini.

Bahan-Bahan Sup Jamur:

  • 200 gr jamur tiram
  • 100 gr jamur kancing
  • 2 batang daun bawang, potong-potong
  • 3 siung bawang putih, memarkan dan iris tipis
  • 5 siung bawang merah, iris tipis
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • 1 buah tomat merah, potong jadi 8 bagian
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • garam dan gula pasir secukupnya
  • air secukupnya

Cara Membuat Sup Jamur:

  1. Cuci bersih jamur tiram sambil diremas pelan agar bau jamurnya hilang. Suwir-suwir. Cuci bersih jamur kancing, iris tipis.
  2. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  3. Rebus air, masukkan jamur dan masak hingga mendidih. Masukkan bumbu bawang, merica, jahe dan kaldu bubuk. Aduk rata hingga matang.
  4. Masukkan tomat, garam dan gula secukupnya, tes rasa. Jika sudah pas, angkat dan sajikan.
  5. Sup jamur sederhana siap dinikmati selagi hangat.

4. Resep Praktis Telur Dadar Gobal-Gabul

Kalau kalian memang benar-benar gak punya banyak waktu untuk memasak saat Ramadhan, baik karena rutinitas atau memang gak banyak tahu tentang memasak, gak perlu bingung mau masak apa.

10 Resep Lauk Ramadhan Sederhana, Praktis untuk Dimasak Dirumah
Ilustrasi telur dadar/copyright www.rotinrice.com

Telur dadar saja sudah cukup kok untuk dijadikan sajian istimewa. Ya, telur memang bahan yang paling sering dijadikan bahan untuk berbagai macam masakan dan kue.

Yang paling sederhana, adalah telur dadar. Masakan praktis ini cocok untuk berbagai macam kondisi dan situasi. Menu ini pas banget disantap bersama nasi hangat. Yuk langsung bikin sendiri dirumah.

Bahan Telur Dadar Gobal-Gabul:

  • 2 butir telur ayam
  • 2 buah cabai rawit, potong-potong
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 potong daging ayam goreng, suwir-suwir
  • 1 siung bawang merah
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • 1 sdm maizena, larutkan dengan
  • 3 sdm air
  • sejumput gula minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Telur Dadar Gobal-Gabul:

  1. Siapkan mangkuk, masukkan telur dan semua bahan yang telah disediakan.
  2. Kocok semua bahan secara merata.
  3. Siapkan wajan dan panaskan minyak.
  4. Goreng telur dadar hingga cukp matang. Cukup dibalik sekali saat satu sisi sudah benar-benar matang agar tidak hancur saat dibalik.

5. Resep Cepat Saji Sarden Kaleng Masak Pedas

Buat kalian yang kemarin sempat belanja stok makanan karena pandemi merebaknya virus Corona, mungkin ada diantara kalian yang sengaja membeli sarden atau daging kalengan untuk persedian dirumah.

10 Resep Lauk Ramadhan Sederhana, Praktis untuk Dimasak Dirumah

Ya, sarden adalah bahan sekaligus makanan olahan yang cukup mudah diolah dalam waktu singkat. Kalian cukup menambahkan beberapa potongan cabai, bawang putih, bawang merah, sedikit penyedap rasa serta beberapa campuran sayuran, maka sarden sudah bisa disantap baik untuk buka puasa atau waktu sahur.

Berikut ini adalah salah satu resep yang menggunakan bahan dasar sarden, simak cara membuatnya dibawah.

Bahan Resep Sarden Kaleng Masak Pedas

  • 1 kaleng sarden ukuran besar pedas

Bumbu-Bumbu:

  • 5 buah cabai rawit, iris tipis
  • 1 siung bawang putih
  • 1 buah bawang bombay, potong-potong
  • 1 batang daun bawang prei, potong-potong
  • 1 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • garam dan gula secukupnya
  • air secukupnya

Cara Membuat Sarden Kaleng Masak Pedas:

  1. Langkah pertama, panas minyak diatas penggorengan, lalu tumis bawang bombay, masukkan juga bawang putih dan cabai rawit, tumis hingga harum.
  2. Masukkan daun salam, lengkuas dan daun bawang, tumis sebentar.
  3. Masukkan ikan sarden dan 100 ml air, aduk rata secara perlahan agar ikan tidak hancur. Masak hingga mendidih.
  4. Masukkan penyedap rasa dan gula sesuai selera, aduk rata.
  5. Sajikan selagi masih hangat

6. Resep Sederhana Tumis Sawi Hijau

Menyajikan masakan sehat gak harus mahal dan ribet. Selain itu, kalian juga bisa memilih bahan yang ada dan juga murah meriha, seperti sawi misalnya.

10 Resep Lauk Ramadhan Sederhana, Praktis untuk Dimasak Dirumah
Tumis sawi hijau/copyright tribunnews.com

Sawi bisa diolah menjadi beragam masakan sehat, mulai dari tumis, sup, masakan berkuah, serta bisa juga dijadikan campuran, seperti mi rebus.

Resep Ramadhan sederhana pilihan penulis selanjutnya adalah tumis sawi hijau. Jadi gak cuma praktis saja, tapi juga enak dan murah meriah. Apalagi, sayuran sawi banyak dijual sehingga mudah sekali untuk mendapatkannya. Berikut cara membuat tumis sawhi hijau yang sehat dan praktis untuk berbuka puasa.

Bahan-Bahan Tumis Sawi Hijau:

  • 1 ikat sawi hijau
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt gula
  • garam secukupnya
  • air secukupnya

Cara Membuat Tumis Sawi Hijau:

  1. Rebus air, masukkan sawi hijau sebentar. Tiriskan.
  2. Tumis bawang putih hingga harum dan matang, masukkan sawi hijau, aduk rata.
  3. Masukkan saus tiram, merica bubuk dan gula. Aduk rata. Tes rasa, tambahkan garam aduk rata. Angkat.

Untuk rasa yang lebih unik, kalian bisa menambahkan bakso, udang, sosis, tahu, tempe, daging, telur, atau sayuran lain.

7. Resep Opor Telur Kuning Praktis

Gak cuma digoreng jadi telur dadar aja, telur bisa diolah menjadi berbagai macam masakan praktis yang rasanya super lezat. Jika kalian bosan dengan masakan tumis, kalian bisa mencoba membuat opor atau semur dari telur ayam.

10 Resep Lauk Ramadhan Sederhana, Praktis untuk Dimasak Dirumah
Opor Telur Ayam/Copyright busy.org

Untuk membuat opor telur bumbu kuning, sejatinya kita masih tetap menggunakan daging ayam. Dan bisa dibilang, opor ini merupakan paduan yang komplit. Karena kalian bisa tetap menikmati daging ayam dan juga telurnya secara bersamaan dalam satu paket masakan.

Buat kalian yang suka masakan bersantan, resep sederhana tapi praktis ini patut kalian coba selama #Dirumahaja dan tentunya saat Ramadhan datang nanti.

Untuk pembuatannya cukup gampang, setelah daging ayam dipotong-potong sesuai selera, kalian bisa melumuri daging tersebut dengan jeruk nipis agar lebih segar serta bumbu halus. Sehingga, bumbu-bumbu bisa meresap ke dalam daging ayam.

Berikut selengkapnya cara membuat opor telur bumbu kuning yang mudah diterapkan sendiri dirumah.

Bahan-Bahan Opor Telur Bumbu Kuning:

  • 700 gram ayam kampung, potong menjadi 12
  • 6 butir telur ayam kampung, rebus hingga matang
  • 2 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 3 sdm minyak
  • 4 cm lengkuas
  • 4 lembar daun salam
  • 3 batang serai, memarkan
  • 700 ml susu cair
  • 400 ml santan kental
  • 1 sdm gula merah
  • ½ sdt air asam jawa

Bumbu untuk Dihaluskan:

  • 8 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • ¼ sdt jintan butiran
  • ½ sdt merica bubuk
  • 2 cm jahe
  • 4 buah kemiri, sangrai
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt Royco Kaldu Ayam
  • ½ sdt kunyit bubuk

Cara Membuat Opor Telur Bumbu Kuning Sederhana:

  1. Cuci bersih daging ayam kemudian lumuri dengan jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Sisihkan di tempat sendiri.
  2. Haluskan seluruh bahan-bahan bumbu halus, boleh menggunakan blender atau menggunakan alat tradisional untuk menghaluskannya.
  3. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus bersama Royco Kaldu Ayam hingga harum. Masukkan, lengkuas, daun salam, dan serai. Masak hingga harum.
  4. Masukkan potongan ayam, aduk hingga ayam berubah warna.
  5. Tuang santan cair. Kemudian, masukkan gula merah. Masak 15-20 menit. Kemudian tuang santan kental, air asam jawa, dan telur rebus.
  6. Kecilkan api. Masak kembali hingga ayam matang dan kuah mengental.
  7. Angkat dan sajikan.

8. Resep Praktis Tempe Tauco

Tempe adalah bahan dapur yang mudah didapat serta mudah diolah menjadi beragam masakan dari yang biasa sampai yang super lezat. Ya, walaupun kesannya hanya rumahan, tapi masakan dari tempe sudah sangat akrab di Indonesia.

10 Resep Lauk Ramadhan Sederhana, Praktis untuk Dimasak Dirumah

Biarpun demikian, banyak masyarakat yang jatuh cinta dengan olahan masakan tempe, seperti tempe tauco yang akan kalian pelajari kali ini. Tempe tauco adalah masakan khas di Indonesia.

Yang membuat masakan ini begitu istimewa adalah bumbu tauco yang dicampur dengan berbagai macam bahan serta bumbu dapur lainnya. Walau hanya dimasak sederhana, tapi rasa tempe tauco rumahan ini patut kalian coba. Berikut resepnya.

Bahan-Bahan Tempe Tauco Rumahan:

  • 1 papan tempe
  • Petai
  • 1 buah tomat (ukuran kecil)
  • 2 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 3 sdm Bango Kecap Manis
  • 500 ml santan
  • minyak sayur

Bumbu-Bumbu Tempe Tauco:

  • 10 buah bawang merah, iris halus
  • 4 siung bawang putih, iris halus
  • 5 buah cabai merah, iris serong
  • 5 buah cabai hijau, iris serong
  • 2 sdm tauco, uleg halus
  • cabai rawit (opsional)
  • ½ sdt Royco Kaldu Ayam

Cara Membuat Tempe Tauco yang Praktis:

  1. Panaskan minyak dan tumis bumbu hingga harum.
  2. Tambahkan tomat, petai, serai, lengkuas, dan daun salam.
  3. Masukkan tempe lalu tambahkan Bango Kecap Manis, Royco Kaldu Ayam, dan santan. Tutup panci dan masak dengan api kecil hingga kuah sedikit menyusut.
  4. Sajikan dengan nasi hangat.

9. Resep Sederhana Tumis Cuciwis Rumahan

Cuciwis adalah kol mini karena memang sayuran hijau ini berasal dari batang kol yang dipangkas supaya kol bisa berkembang secara sempurna. Walau bentuk dan ukurannya kecil, tapi cuciwis sangat disukai masyarakat serta banyak diolah menjadi masakan enak.

10 Resep Lauk Ramadhan Sederhana, Praktis untuk Dimasak Dirumah

Cuciwis dapat diolah menjadi masakan utama atau dijadikan pendamping masakan lain, seperti nasi goreng, mi rebus, mi goreng, serti ditumis dengan berbagai macam campuran.

Berikut resep tumis cuciwis yang patut kalian coba sendiri sebagai rekomendasi memasak praktis dirumah.

Bahan-Bahan Tumis Cuciwis Praktis:

  • 500 g cuciwis, buang bagian kerasnya
  • 150 g daging ayam cincang
  • 100 g jamur enoki
  • 4 siung bawang putih, cincang kasar
  • 3 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 buah cabai merah besar, iris serong
  • 1 buah cabai rawit merah, iris
  • 2 sdt Royco Kaldu Ayam
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • 100 ml air
  • 2 sdm minyak, untuk menumis

Cara Membuat Tumis Cuciwis Praktis:

  1. Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang merah, cabai rawit, dan cabai merah
    besar hingga harum.
  2. Masukkan ayam dan jamur, masak hingga ayam berubah warna. Masukkan cuciwis dan air. Aduk rata.
  3. Tambahkan garam, merica bubuk, gula pasir, dan Royco Kaldu Ayam.
  4. Masak hingga matang, angkat dan sajikan.

10. Resep Sederhana Tumis Daging Pedas Manis

Resep tumis daging pedas manis ini cocok untuk kalian yang tidak punya banyak waktu memasak. Waktu memasaknya cukup praktis dan mudah sekali dibuatnya. Hanya dibutuhkan sekitar 25 menit dan cukup untuk takaran 4 porsi.

10 Resep Lauk Ramadhan Sederhana, Praktis untuk Dimasak Dirumah

Berikut cara membuat masakan tumis daging bumbu pedas manis yang mudah untuk sajian berbuka puasa dan sahur selama Ramadhan.

Bahan-Bahan Tumis Daging Bumbu Pedas Manis:

  • 2 sdm margarin, untuk menumis
  • 400 g daging sapi has dalam, potong dadu 2 cm
  • 1 buah bawang bombay, potong kotak 2 cm
  • 3 cm jahe, memarkan
  • 3 siung bawang putih, memarkan
  • 2 butir bawang merah, iris
  • 1 buah tomat, potong-potong, buang bijinya
  • 150 ml air
  • 3 sdm Bango Kecap Manis
  • 1 sdt Royco Kaldu Sapi
  • ½ sdm merica hitam butiran, gerus kasar
  • 2 sdt gula pasir

Cara Membuat Tumis Daging Pedas Manis:

  1. Panaskan wajan, lelehkan margarin. Tumis bawang bombay, jahe, bawang putih, bawang merah, dan cabai hingga harum.
  2. Masukkan daging, masak hingga daging berubah warna.
  3. Masukkan tomat, air, Bango Kecap Manis, Royco Kaldu Ayam, merica, dan gula pasir. Aduk rata.
  4. Masak hingga daging matang dan empuk. Angkat. Sajikan.

Apa Resep Sederhana Ramadhan Favorit Kalian?

Itulah beberapa resep lauk yang dapat kalian sajikan selama Ramadhan baik untuk berbuka puasa atau sahur. Resep diatas hanya sebagian saja karena masih banyak aneka resep lauk yang pastinya dapat kalian coba.

Kalian dapat memadukan bahan dan bumbu yang ada untuk mulai belajar membuat masakan sederhana versi kalian sendiri. Selama mau mencoba, masak apapun akan terasa mudah dan nikmat jika kalian pandai mengolah bumbu dan bahan-bahan yang ada.

Pastikan, selama berpuasa kebutuhan vitamin dan cairan tubuh tetap terpenuhi. Sehingga walau berpuasa selama satu hari penuh tubuh tetap sehat dan tentunya kalian dapat menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Selamat mencoba resep sederhana dari Widiynews.com ya.

Resep ini dikutip dari berbagai sumber yang ada di Internet

Bagikan jika suka:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang

ARTIKEL YANG KAMI PILIH KHUSUS UNTUKMU

Baca Juga

Kebijakan Berkomentar:

Mohon untuk berkomentar relevan sesuai topik bahasan! Komentar tidak relevan, SPAM atau memiliki link aktif akan kami hapus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *