Home Berita Utama Teknologi Tekno Tips Cara Mudah Mengetahui Jumlah Slot RAM Laptop Tanpa Bongkar!

Cara Mudah Mengetahui Jumlah Slot RAM Laptop Tanpa Bongkar!

Cara Mudah Mengetahui Jumlah Slot RAM Laptop Tanpa Bongkar!

Sebelum kalian memutuskan untuk upgrade RAM laptop, sebaiknya cek dulu berapa jumlah slot RAM yang disediakan. Sebab, tak semua merek laptop menyediakan slot tambahan untuk beberapa laptop yang mereka keluarkan dipasaran.

Jadi intinya, setiap laptop memiliki jumlah slot RAM berbeda-beda, mulai dari satu, dua, tiga, dan paling banyak untuk saat ini ada yang sampai 4 ruang (slot) tambahan untuk upgrade RAM.

Nah, sebelum kalian memutuskan untuk beli,sebaiknya ketahui dulu berapa jumlah yang disedikana untuk proses upgrade RAM laptop.

Cara cukup mudah, dan tidak berlu bongkar bodi atau casing laptop yang mungkin kebanyakan orang fikirkan selama ini.

Cara mudah ini bahkan bisa kalian terapkan untuk mengecek jumlah slot RAM di PC / komputer.

Cek Jumlah Slot RAM Laptop

Slot RAM laptop dapat diketahui dengan cara mudah tanpa harus bongkar bodi casing, berikut langkah-langkahnya yang akan penulis bagikan pada kesempatan kali ini.

1. Melalui Menu BIOS

Mudahnya, hampir setiap laptop dapat diketahui berapa jumlah slot RAM yang disediakan, dan ini bisa kalian ketahui melalui BIOS.

Lebih tepatnya, di BIOS laptop terdapat sejumlah informasi penting tentang sistem dan hardware. Dan berikut cara mudah mengetahui jumlah slot RAM via sistem BIOS:

  1. Nyalakan laptop lalu tekan tombol kombinasi seperti yang biasa kalian gunakan untuk masuk BIOS (setiap laptop berbeda-beda).
  2. Setelah itu, cari menu System Information
  3. Cari Number of RAM slots.

Setiap laptop memiliki perbedaan bahasa menu di BIOS. Jadi tidak semua ditulis dengan menu Number of RAM slots atau juga tidak ada System Information. Jadi sesuaikan sendiri-sendiri dengan merek laptop kalian masing-masing.

2. Melalui Task Manager

Jika dengan cara diatas kalian tidak bisa atau kesulitan menemukan informasi RAM laptop, tenang masih ada cara mudah lainnya untuk mengetahuinya kok.

Cara Mudah Mengetahui Jumlah Slot RAM Laptop Tanpa Bongkar!

Ya, kalian dapat cek jumlah slot RAM laptop melalui Task Manager. Fitur ini tidak hanya untuk sebatas itu saja, kalian dapat mengontrol aplikasi mana saja yang berjalan serta memonitor penggunaan sistem laptop / pc.

Untuk versi Windows 10 dan 8, kalian juga bisa melihat berapa jumlah socker RAM, kecepatan, jenis, penggunaan, dan masih ada beberapa lagi lainnya.

Inilah cara mudah cek slot RAM laptop melalui Task Manager:

  1. Tekan tombol CTRL+Alt+Del
  2. Klik Task Manager
  3. Klik Performance
  4. Kemudian cek jumlahnya ditab slots used. Jika terdapat tulisan 1 of 2, artinya terdapat dua slot RAM dan sudah terpakai satu.

Selain cara diatas, untuk membuka Task Manager, kalian juga bisa membukanya melalui taskbar. Caranya: klik kanan pada taskbar, kemudian pilih Task Manager.

3. Cek Slot RAM dengan Speccy

Cara Mudah Mengetahui Jumlah Slot RAM Laptop Tanpa Bongkar!

Hal serupa juga bisa kalian lakukan dengan aplikasi tambahan yaitu Speccy. Walau aplikasi ini gratisan, tapi aplikasi ini sangat kompleks untuk membantu kalian mengatahui informasi hardware yang terdapat pada laptop maupun PC.

Berikut cara mudah cek slot RAM melalui aplikasi Speccy:

  1. Download kemudian install di laptop kalian masing-masing (Download DISINI)
  2. Buka aplikasinya, kemudian klik tab RAM –> buka SPD Modules –> cek slot RAM di Number of SPD Modules.

mudah dan praktis sekali bukan caranya?

Selain aplikasi Speccy, kalian juga menggunakan aplikasi CPU-Z yang juga banyak digunakan oleh pengguna Windows. Aplikasi ini juga sangat lengkap menampilkan informasi hardware yang digunakan serta sistem yang berjalan pada laptop.

Download CPU-Z Disini jika kalian ingin menggunakannya.

Install aplikasinya kemudian buka seperti biasa. Untuk melihat berapa jumlah slot RAM laptop, silahkan cek dibagian tab memory –> SPD –> Memory Selection.

Cara Upgrade RAM Laptop

Cara Mudah Mengetahui Jumlah Slot RAM Laptop Tanpa Bongkar!

Setiap laptop memiliki dukungan yang berbeda-beda pada RAM yang digunakan. Mulai dari tipe, jumlah slot hingga support kapasitas maksimal yang bisa digunakan.

Jadi, buat kalian yang memutuskan ingin upgrade RAM, penting sekali mengetahui jumlah slot hingga berapa kapasitas yang bisa digunakan.

Berikut ini tipsnya:

1. Cek Kapasitasnya

Mudahnya, tak semua laptop memiliki support yang sama termasuk batas kapasitas maksimalnya berapa.

Semakin besar RAM yang disematkan memang bagus, karena kinerjanya juga bakal semakin terdongkrak dan kencang. Tapi kalau tak mendukung tentu saja percuma kan.

Kalian bisa melihat support ini dengan carat mengetahui lebih dulu berapa jumlah slot RAM dengan cara yang sudah penulis sebutkan diatas, atau melalui halaman support di website resminya.

2. Tipe RAM

Selain berapa kapasitasnya, perhatikan juga tipe RAM yang digunakan.

Ini penting, karena beda laptop, beda seri biasanya juga beda pula tipe yang dipakai.

Contohnya begini, jika laptop kalian menggunakan tipe DDR4 dan kalian membeli tipe DDR3, sudah pasti tipe ini tidak dapat digunakan untuk laptop kalian.

Kalau penulis rasa masalah speknya tidak jadi masalah, yang terpenting adalah versi DDRnya saja.

3. Bedakan antara RAM Laptop dan PC

Terakhir, kalian juga harus tahu perbedaan RAM laptop dan PC.

Mudahnya begini, RAM laptop dinamakan SODIMM sedangkan untuk PC atau komputer dinamakan LongDIMM.

Selain nama, perbedaan pada keduanya adalah ukurannya. RAM untuk laptop jauh lebih pendek dibanding RAM PC. Jadi, jangan sampai salah membeli ya.

Kesimpulan

Itulah cara cek jumlah slot RAM laptop yang menurut penulis mudah dilakukan untuk kalian yang ingin upgrade memori.

Perhatikan pula tips penting upgrade RAM diatas supaya proses penggantian atau upgrade dapat berjalan normal tanpa ada kendala.

Akhir kata, selamat mencoba dan semgoga bermanfaat ya informasinya. Silahkan tinggalkan komentar kalian jika terdapat pertanyaan.

Mari Bagikan :
Allah telah memberikan petunjuk kepadaku sehinga aku bisa mengenali diriku sendiri dengan segala kelemahan dan kehinaanku. (Ali Bin Abu Thalib)