Widiynews

20 Macam Kue Kering yang Selalu Disajikan Saat Lebaran, Mana Favoritmu?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kue Kering Lebaran – Saat Idhul Fitri tiba, kalian pasti menemukan berbagai macam jenis kue, minuman segar, masakan hingga jajanan istimewa khas dari berbagai macam daerah yang disajikan di meja tamu. Walau banyak yang sama hidangannya, tapi tahukah kalian kalau ada kue lebaran yang terlihat biasa-biasa saja tapi ternyata hanya dibuat setahun sekali saja, atau pas perayaan lebaran Idhul Fitri.

Apalagi, lebaran tahun ini cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena, semenjak adanya pandemi virus Covid-19 yang sudah mulai masuk ke Indonesia, pemerintah sudah membuat kebijakan untuk dilarang mudik atau pulang ke kampung halaman bagi yang ada diperantauan.

Rasa rindu pada masakan, kue kering dan menu-menu lebaran di kampung halaman pasti bakal ada. Untuk menyiasati semua itu, tidak ada salahnya jika kalian membuatnya sendiri selama tidak ada kegiatan karena gagal mudik tahun ini. Ya, setidaknya rasa rindu untuk menikmati kue khas tersebut bisa terobati.

Begitu juga untuk menikmatinya, kalian juga tidak perlu harus menunggu lebaran Idhul Fitri kok. Kalian bisa membuatnya pada hari-hari biasa, seperti untuk cemilan berbuka puasa atau ketika ada acara tertentu dirumah saat berada di perantauan.

Nah, berikut ini beberapa kue kering yang memang selalu ada saat lebaran Idhul Fitri disertai resepnya yang bisa kalian jadikan ide untuk membuat kue sendiri jadi lebih mudah dirumah. Selain untuk dikonsumsi, kalian juga bisa memanfaatkan kue kering lebaran ini untuk bisnis selama wabah virus corona. Yaitu dengan cara memanfaatkan media sosial, internet, aplikasi, toko online, atau lebih tepatnya jualan secara online. Simak selengkapnya dibawah ini.

1. Kue Nastar

Kue kering lebaran yang satu ini sudah tidak asing lagi tentunya bagi kalian semua. Salah satu yang menjadi ciri khas kue lebaran ini adalah bagian dalam atau isinya. Biasanya memang lebih banyak diisi dengan selai nanas. Tapi kini tak hanya ada satu varian isi saja. Beberapa pembuat kue bahkan mulai berinovasi dengan cara mengganti selai nanas dengan selai lain, seperti rasa stroberi, bluberi, cokelat, dan lain sebagainya.

20 Macam Kue Kering yang Selalu Disajikan Saat Lebaran, Mana Favoritmu?

Untuk membuat kue kering satu ini, tentu tidaklah susah. Asalkan kalian mau belajar, maka proses membuat kue lebaran ini cukup simpel dan tidak begitu menyita tenaga. Berikut salah satu resep rekomendasi yang bisa kalian praktikkan langsung dirumah.

Bahan-Bahan yang diperlukan:

  • 350 gram tepung terigu
  • 150 margarin
  • 100 gram mentega
  • 50 gram tepung maizena
  • 2 kuning telur
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 50 gram gula halus
  • 100 gram selai nanas
  • 1 kuning telur khusus untuk olesan

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bahan, setelah itu siapkan wadah untuk mencampurkan mentega, margarin, gula, kuning telur, dan kemudian aduk hingga rata. Gunakan mixer untuk hasil yang lebih maksimal dan adonan tidak lembek. Gunakan speed paling rendah saja saat mencampurkannya.
  2. Tambahkan tepung terigu, tepung maizena, serta susu bubuk. Aduk lagi hingga rata.
  3. Jika adonan sudah terasa pas, cuil sedikit saja, lalu isi calon nastar dengan selai nanas atau selain rasa lainnya sesuai selera. Lakukan proses ini hingga adonan habis.
  4. Selanjutnya, siapkan loyang, olesi dengan mentega agar tidak lengket. Letakkan nastar yang sudah diisi dengan selai tadi ditasnya hingga cukup satu loyang.
  5. Sebelum dimasukkan ke dalam oven, olesi atasnya dengan kuning telur diatasnya.
  6. Panggang didalam oven. Tunggu hingga matang, lalu angkap dan dinginkan.

2. Kue Putri Salju

Selain nastar, ada juga nih kue kering lebaran yang sangat lembut ketika di gigit, yaitu putri salju. Selain itu, bentuknya juga unik loh, ada yang berbentuk bulan, bintang dan bentuk-bentuk lainnya.

20 Macam Kue Kering yang Selalu Disajikan Saat Lebaran, Mana Favoritmu?

Kue ini bisanya sih jadi favorit banyak orang, dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Saat Idhul Fitri tiba, biasanya kue kering ini jadi incaran banyak orang.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 250 Gram tepung terigu protein rendah (misal Kunci Biru)
  • 250 Gam mentega (butter)
  • 200 Gram kacang mede (panggang dan haluskan)
  • 100 Gram gula halus
  • 150 Gram gula bubuk
  • 1/2 Sendok teh vanili bubuk
  • Gula donat secukupnya

Cara membuat:

  1. Kocok mentega dan gula halus dengan mixer hingga lembut.
  2. Matikan mixer, tambahkan kacang mede dan tepung terigu, kemudian aduk rata dengan spatula.
  3. Bulatkan adonan, simpan di dalam kulkas selama setengah jam, kemudian bentuk bulan sabit.
  4. Susun putri salju di loyang yang sudah diolesi margarin atau dialasi kertas roti. Panggang putri salju di dalam oven kurang lebih 20 menit.
  5. Gulingkan putri salju ke gula bubuk biasa yang dicampur dengan vanili. Setelah terbalut rata, gulingkan ke gula donat.

3. Kue Kering Lidah Kucing

Dinamakan kue kucing karena kukis bertekstur renyah ini mempunyai bentuk seperti lidah kucing. Kue lebaran ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda loh. Rasanya memang hampir mirip dengan egg roll cookies.

20 Macam Kue Kering yang Selalu Disajikan Saat Lebaran, Mana Favoritmu?

Kue kering lebaran ini sepertinya memang wajib ada untuk menghiasi hidangan saat lebaran nanti dirumah kalian. Selain cara membuatnya yang mudah dan gak ribet, kue kering ini juga cocok jadi cemilan sehari-hari sambil ditemani segelas kopi atau teh manis hangat.

Jika kalian tertarik ingin membuatnya, silahkan simak salah satu resep kue lidah kucing dari Widiynews dibawah ini.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 125 gr tepung terigu
  • 100 gr gula halus
  • 125 gr Mentega
  • 3 putih telur
  • 1 sdt Perisa Vanili
  • Margarin secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan gula halus, Perisa vanili dan butter. Aduk menggunakan mixer hingga menggembang.
  2. Tambahkan putih telur, aduk kembali hingga rata.
  3. Masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  4. Masukkan adonan ke dalam plastik
  5. Cetak diatas loyang yang telah diolesi margarin.
  6. Panggang dalam oven dengan suhu 160oC selama 15 menit.
  7. Siap dihidangkan

4. Kue Kering Jahe yang Lucu Bentuknya

Gak cuma rasa jahenya saja yang melekat saat kalian mencoba menyantapnya, bentuk kue kering jahe ini juga sangat unik. Paling pas memang disajikan untuk anak-anak yang suka dengan karakter kartun atau boneka.

20 Macam Kue Kering yang Selalu Disajikan Saat Lebaran, Mana Favoritmu?

Tapi gak juga bisa buat anak-anak kok, karena ini hanya bentuknya saja. Jadi siapa saja boleh menyantapnya. Apalagi saat lebaran, kue satu ini juga cocok untuk dijadikan hidangannya. Nah, dibawahini salah satu resepnya.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 280 gram tepung terigu serbaguna
  • 165 gram margarin, suhu ruang
  • 100 gram gula palem
  • 100 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh air
  • 60 ml molasses (atau 100 gram gula palem)
  • 2 sendok teh jahe bubuk
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1 sendok teh baking powder
  • ¾ sendok teh kayu manis bubuk
  • ½ sendok teh cengkeh bubuk
  • ¼ sendok teh garam
  • 2 sendok teh gula pasir untuk taburan

Cara membuat

  1. Panaskan oven pada suhu 175 derajat Celsius. Persiapkan loyang dan olesi sedikit dengan mentega guna untuk menempelkan kertas roti sebagai alas memanggang kue.
  2. Aduk terpung terigu, kayu manis bubuk, garam, cengkeh, dan juga baking powder hingga semuanya tercampur dengan rata.
  3. Pada mangkuk yang berbeda, kocok mentega dan juga gula hingga berubah menjadi lembut menggunakan mixer.
  4. Tambahkan telur dan kocok lagi sebelum menambahkan air dan juga jahe. Kocok hingga rata.
  5. Masukkan campuran tepung terigu perlahan-lahan, aduk dengan menggunakan spatula hingga rata.
  6. Bentuk adonan menjadi bola-bola namun jangan terlalu besar, usahakan bisa sekali lahap. Gulingkan bola-bola tersebut ke dalam gula pasir sebelum menekannya sedikit hingga gulanya bisa menempel.
  7. Tata adonan yang sudah ditaburi gula ke dalam loyang dan beri jarak beberapa senti agak tidak menempel satu dengan yang lainnya.
  8. Panggang selama 8 hingga 10 menit, kemudian keluarkan dari oven, biarkan dingin selama 5 menit.

5. Kue Lebaran Choco Chips (Cookies)

Kue kering lebaran tidak selamanya bernuansa digoreng saja, sejatinya ada banyak sekali kue yang cocok untuk disajikan, salah satunya dari jenis cookies. Apalagi, anak-anak memang paling suka menikmati cookies karena teksturnya yang lebih halus dan mudah dicerna.

20 Macam Kue Kering yang Selalu Disajikan Saat Lebaran, Mana Favoritmu?

Begitu juga dengan lansia yang sudah memiliki masalah pada kesehatan giginya. Hidangan choco chips ini pas banget untuk menemani hari kebersamaan kalian bersama keluarga dirumah saat lebaran nanti. Berikut salah satu resep yang bisa kalian praktikkan.

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 210 gr mentega kondisi dingin dan keras, potong-potong seukuran kubus
  • 350 gr tepung terigu protein rendah
  • 335 gr gula pasir
  • 2 butir telur
  • 25 gr vanilla ekstrak
  • 375 gr coklat chips
  • 25 gr tepung maizena
  • 1 sdt baking powder

Cara membuat

  1. Ambil sebuah wadah, masukkan mentega dan gula halus, kocok hingga berubah warna dan ringan. Kemudian masukkan telur , kocok lagi hingga mengembang.
  2. Tambahkan tepung maizena, tepung terigu, dan baking powder yang sudah diayak, lalu masukkan garam, aduk kembali sampai semua adonan tercampur rata.
  3. Untuk memperkuat aroma tambahkan vanilla bubuk, aduk kembali hingga tercampur sempurna.
  4. Setelah semua tercampur jangan lupa tambahkan chocochipsnya bunda, aduk perlahan supaya adonan rata dengan chocochip.
  5. Ambil sedikit adonan menggunakan sendok. Cukup dengan cara menyendokkan saja , sesampainya di loyang boleh di rapikan tapi tidak perlu di tekan, karena nanti si kue akan melebar dengan sendirinya
  6. Kemudian panggang ke dalam oven dengan suhu 160 derajat celcius selama 15 menit atau sampai matang.
  7. Angkat dan biarkan dingin.
  8. Kue kering chocochip siap disajikan.

6. Kue Kering Keju

Kue kering keju ini juga banyak disukai, terutama bagi mereka yang gak suka rasa manis, tapi paling suka yang gurih dan renyah. Rasa kue lebaran satu ini memang cukup berbeda. Itu karena biasanya kue ini menggunakan taburan keju edam atau cheddar.

20 Macam Kue Kering yang Selalu Disajikan Saat Lebaran, Mana Favoritmu?

Cara membuat kue lebaran satu ini menurut Widiynews tidak terlalu rumit. Kalian cukup menyiapkan beberapa bahan seperti tepung terigu, margain atau mentega, telur, keju, dan beberapa bahan lainnya. Nah daripada penasaran, berikut salah satu resep dari kami.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • 200 gram terigu
  • 125 gram margarin atau mentega
  • 100 gram keju yang telah diparut
  • 50 gram maizena
  • 2 butir telor (ambil kuningnya saja)

Bahan untuk olesan

  • Keju parut secukupnya
  • 1 kuning telur

Cara membuat

  1. Kocok margarin, kemudian masukkan kuning telur satu persatu sambal terus di kocok hingga menggembang.
  2. Masukkan tepung terigu, keju parut dan maizena, aduk sampai adonan berbulir
  3. Cetak sesui keinginan.
  4. Panggang adonan kastengel yang sudah terbentuk pada suhu 180 derajat celcius selam kuarang lebih 20 menit.
  5. Keluarkan kue kastengel hampir jadi, kemudian olesi dengan kuning telur, panggang lagi selama 10 menit
  6. Keluarkan dari oven dan siap untuk dihidangkan

7. Kue Kering Kacang

20 Macam Kue Kering yang Selalu Disajikan Saat Lebaran, Mana Favoritmu?

Selanjutnya, selain rekomendasi kue kering lebaran diatas, masih ada lagi nih kue yang cukup terkenal menurut penulis, yaitu kue kacang. Sudah tahukan kue satu ini rasanya seperti apa? Ya, setidaknya mendengar namanya kalian sudah terbayang bagaimana rasanya.

Selain rasa, bentuknya juga unik-unik. Tapi paling banyak yang penulis temui bentuknya seperti bulan, love, atau juga bintang, dan mungkin masih banyak lagi bentuk lainnya. Berikut salah satu resep favorit penulis.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • Tepung terigu 400 gram
  • Kacang tanah kupas yang sudah di sangrai 250 gram
  • Minyak goreng 200 gram (di timbang ya)
  • Gula halus 150 gram (jika suka manis, boleh ditambah gulanya sesuai selera)
  • Garam 1 sendok teh
  • Vanili bubuk 1/4 sendok teh
  • Kuning telur 2 buah, dan 1 sendok makan mentega untuk polesan

Cara membuat

  1. Langkah awal blender kacang tanah sangrai sampai halus.
  2. Kemudian campur tepung terigu, gula halus, garam, vanili, kacang tanah sangrai halus dan terakhir masukkan minyak goreng sedikit demi sedikit. Aduk dengan spatula sampai adonan tercampur dengan rata dan adonan menjadi lembab agak berminyak.
  3. Jika adonan sudah lembab dan bisa di pulung, tapi minyak belum di masukkan semua ke dalam adonan maka tak perlu di habiskan penggunaan minyaknya tak apa.
  4. Tutup adonan dengan plastik dan simpan adonan ke dalam kulkas kurang lebih selama 1 jam.
  5. Setelah 1 jam, diamkan adonan sebentar dalam suhu ruang, cetak adonan sesuai selera dengan menggunakan cetakan kuker. Boleh bentuk bulan sabit, bulat bulan penuh, bunga, bintang, persegi, love dll.
  6. Taruh adonan yang sudah di cetak ke atas loyang yang sebelumnya sudah di olesi dengan sedikit margarin, lalu poles bagian atas kue dengan campuran kuning telur dan mentega sampai rata.
  7. Terakhir panggang cookies kacang ke dalam suhu 170 derajat celcius selama 25 menit sampai matang (atau bisa disesuaikan dengan oven masing-masing ya).

8. Kue Bawang

Kue bawang atau sering juga dikenal dengan nama kripik bawang. Rasanya gurih dan sedikit asin. Cocok jadi teman santai sambil minum kopi, teh, atau es segar buatan kalian sendiri dirumah.

20 Macam Kue Kering yang Selalu Disajikan Saat Lebaran, Mana Favoritmu?

Kue kering satu ini gak cuma cocok jadi sajian saat lebaran nanti untuk kalian dirumah. Karena banyak penggemarnya, kue kering ini juga banyak dibuat pada hari-hari biasa karena rasanya yang gurih.

Banyak orang juga menyebut kue bawang ini dengan nama kue tusuk gisi, ya karena bentuknya panjang-panjang. Meskipun bahan dan caranya sedikit sama, tapi kue tusuk gigi sedikit berbeda dengan kue bawang. Berikut salah satu resep dari penulis.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • 250 gr tepung terigu
  • 70 gr tepung tapioka
  • 75 ml santan kental
  • 2 butir telur
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan bumbu halus:

  • 1 batang daun seledri, cincang
  • 4 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1 sdm garam

Cara Membuat

  1. Campur 50 gr tepung terigu, tepung tapioka, bumbu halus, telur, dan santan. Aduk dan uleni hingga tercampur rata dan kalis. Kemudian Masukkan daun seledri cincang.
  2. Siapkan alat penggiling pasta, adonan giling 4 kali hingga menjadi lembaran setebal 2 mm.
  3. Bentangkan di atas talenan, lalu bentuk sesuai selera. Dapat juga dibuat menjadi seperti korek api dengan cetakan pasta. Taburi dengan tepung terigu sisinya agar tidak saling lengket.
  4. Panaskan minyak wajan, goreng adonan hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. Setelah dingin, simpan dalam stoples kedap udara.
  5. Kue Bawang siap disajikan

9. Kue Kering Mentega

Sesuai namanya ni sobat Widiynews, kue kering mentega ini dibuat dengan bahan utama dari mentega tawar yang dipadukan dengan beberapa bahan-bahan pelengkep lainnya.

20 Macam Kue Kering yang Selalu Disajikan Saat Lebaran, Mana Favoritmu?

Kue kering ini juga jadi banyak idola penikmat kue saat lebaran Idhul Fitri loh. Apalagi teksturnya yang lembut serta rasanya yang sedikit gurih-gurih asin karena menggunakan mentega serta selai kacang yang membuatnya jadi lebih nikmat saat disantap bersama minuman segar. Wah, jadi lebih lengkap deh pokoknya lebaran nanti kalau ada kue praktis ini. Berikut salah satu resepnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • Selai kacang halus, 175 gram
  • Tepung terigu (ayak halus), 120 gr
  • Kacang tanah kupas (panggang dan cincang kasar), 50 gram
  • Soda kue (ayak halus), ½ sdt
  • Mentega tawar, 100 gram
  • Gula halus, 100 gram
  • Gula palem, 60 gram
  • Vanili bubuk, ½ sdt
  • Telur ayam, 1 btr

Cara Membuat

  1. Siapkan mentega lalu kocok dan campurkan dengan gula palem, gula halus,vanili, dan selai kacang, aduk merata dan kocok hingga menjadi halus dan lembut. Kemudian tambahkan dengan telur, kocok kembali sampai merata.
  2. Selanjutnya masukkan terigu dan soda kue kedalam adonan tadi, aduk hingga tercampur rata dan menjadi adonan kue mentega.
  3. Setelah adonan kue mentega jadi, bentuk adonan menyerupai bulatan lalu tekan samapi bentuknya melebar.
  4. Oleskan loyang dengan mentega agar tidak lengket Lalu taruh di atas loyang datar dengan jarak diantaranya. Kemudian tekan-tekan hingga agak pipih dengan menggunakan punggung garpu dan beri hiasan topping kacang tanah cincang.
  5. Lalu, masukkan loyang berisi adonan kue tadi ke dalam oven lalu panggang dalam suhu 160°C sampai 25 menit lamanya hingga matang dan kering.
  6. Angkat dan dinginkan Kemudian masukkan ke dalam toples kedap udara untuk disajikan.

10. Kue Kukis Coklat Kacang (Nigreta)

Kue kering yang satu ini cocok dijadikan cemilan terutama buat kalian yang suka banget sama yang namanya brownies atau coklat kacang. Kue kukis coklat sepintas memang hampir sama dengan kukis coklat yang biasa, tapi kalau sudah masuk mulut dan digigit, kalian baru tahu bagaimana rasanya kue lebaran satu ini.

Kombinasi rasa coklat dan kacang garing yang menyatu membuat pas disajikan bersama kue-kue spesial lainnya di meja tamu saat menyambut hari kemenangan nanti.

Jika kalian berencana membuat kue kukis ini, berikut Widiynews berikan resepnya untuk dibuat sendiri dirumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • 250 gr tepung terigu serbaguna, ayak
  • 1 sdt baking soda
  • 1 cangkir selai kacang (halus atau berbutir kasar)
  • 4 sdm mentega tawar, simpan dalam suhu ruangan
  • 110 gr brown sugar
  • 100 gram gula pasir
  • 2 buah telur
  • 1 sdt ekstrak vanilla
  • 8 ons coklat batang semi-manis, potong-potong kecil

Langkah & Cara Membuat

  1. Panaskan oven hingga 180 derajat celcius.
  2. Campur terigu dengan baking soda, sisihkan.
  3. Gunakan wadah lain, campur selai kacang, mentega dan gula, kocok dengan menggunakan mixer berkecepatan sedang hingga lembut dan mengembang.
  4. Tambahkan telur, vanilla, aduk hingga lembut.
  5. Turunkan kecepatan mixer hingga rendah, tambahkan campuran terigu sedikit demi sedikit hingga rata
  6. Tambahkan potongan coklat ke dalam adonan
  7. Ambil adonan menggunakan sendok, teteskan ke atas loyang panggang yang telah dilapisi kertas panggang. Panggang 15 menit hingga merata.
  8. Sisihkan kukis dan dinginkan.

12. Kue Kering Apel

Jika kalian bosan dengan kue nastar, atau kue kering lainnya namun ingin menyajikan kue yang senada dengan rasa yang berbeda, kue kering apel ini cocok deh buat kalian.

20 Macam Kue Kering yang Selalu Disajikan Saat Lebaran, Mana Favoritmu?

Disebut dengan kue kering apel karena bahan yang digunakan untuk membuat kue ini menggunakan buah apel murni, bukan perasa makanan.

Jadi, kalian bakal bener-bener merasakan bagaimana rasanya apel dalam bentuk kue kering. Bagaimana, tertarik ingin mencobanya sendiri dirumah? Berikut resepnya.

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 400 gram Tepung terigu
  • 5 sdm Susu bubuk
  • ½ sdt Baking powder
  • 200 gram Mentega
  • 100 gram Havermut
  • 1 buah Apel parut terlebih dahulu lantas lumuri dengan air jeruk
  • 50 gram Kenari rendam menggunakan air panas dan cincang halus
  • 50 gram Coklat chip
  • 100 gram Gula palem
  • 2 butir Kuning telur
  • ½ sdt Vanili bubuk

Langkah & Cara Membuat

  1. Campurkan semua bahan yang telah di berikan oleh kami lalu kocok hingga merata dan juga sampai halus
  2. Masukan adonan yang telah tercampur rata dan juga merata kedalam platik segitiga lalu lubangi pada ujung plastiknya
  3. Siapkan loyang kemudian olesi dengan margarine
  4. Semprotkan adonan di atas loyang tadi
  5. Panggang dengan suhu 150 derajat celcius (25 – 30 Menitan)
  6. Angkat sajikan

13. Kue Vanilla Dates Cookies

Kue vanilla dates cookies bisa dijadikan alternatif untuk kalian yang bosan dengan kue kering yang biasa-biasa. Kue lebaran ini terbuat dari buah kurma yang diolah dengan berbagai macam bahan kue pada umumnya.

Untuk resepnya tidak perlu repot-repot mencarinya karena Widiynews telah menyiapkannya untuk kalian berikut ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • butter 500 gram
  • gula putih 350 gram
  • putih telur 3 butir
  • tepung segitiga 600 gram
  • kurma cincang 100 gram

Langkah & Cara Membuat Kue Kering Vanilla Date Cookies

  1. Kocok butter dan gula sampai mengembang.
  2. Masukkan putih telur dan tepung segitiga, kocok hingga merata.
  3. Masukkan kurma cincang.
  4. Panaskan oven 180-200 derajat Celsius.
  5. Siapkan loyang datar, beri margarin agar tidak lengket.
  6. Cetak adonan dengan bentuk sesuai selera, taruh pada loyang.
  7. Panggang sekitar 15-20 menit.
  8. Angkat, tiriskan, tata pada toples.

14. Kue Kering Emping

Doyan ngemil emping tapi takut kolesterol naik? Nah, kue kering ini cocok deh dijadiakan alternatif untuk kalian.

20 Macam Kue Kering yang Selalu Disajikan Saat Lebaran, Mana Favoritmu?

Kue kering emping ini teksturnya sangat lembut dan lezat, serta pastinya gurih. Bahan dasarnya menggunakan melinjo.

Apalagi jika kalian punya stok emping yang sudah siap saji, maka proses membuat kue ini bakal jadi lebih praktis yang bisa lebih cepat membuatnya dirumah. Berikut salah satu resep yang bisa kalian praktikkan langsung dirumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • 6 sendok makan mentega
  • 1 butir kuning telur
  • ½ cangkir kerupuk emping
  • ¾ cangkir tepung terigu
  • ½ cangkir gula untuk icing
  • 1 cangkir minyak goreng

Langkah & Cara Membuat Kue Kering Emping

  1. Tuang 1 cangkir minyak goreng ke dalam penggorengan dan panaskan untuk menggoreng kerupuk emping dengan temperatur api yang sedang. Anda bisa mulai menggoreng satu demi satu hingga sesuai dengan kebutuhan Anda.
  2. Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius dan tunggu hingga oven telah siap untuk digunakan.
  3. Campurkan krim mentega dan juga gula icing hingga adonan menjadi mengembang.
  4. Tuang kuning telur ke dalam adonan dan aduk hingga rata. Masukkan tepung terigu dan sedikit garam ke dalam adonan. Aduk kembali hingga rata.
  5. Haluskan kerupuk emping hingga cukup kecil namun jangan sampai hancur. Masukkan ke dalam campuran adonan dan aduk hingga rata.
  6. Anda bisa kemudian membuat bola-bola kecil dan tekan ujung kuenya dengan menggunakan garpu hingga cukup datar bentuknya.
  7. Olesi loyang yang ingin anda pergunakan dengan sedikit kuning telor. Susun adonan yang ingin dipanggang di loyang. Jangan lupa beri jarak di tiap-tiap kuenya. Panggang selama 15 hingga 20 menit hingga kering.
  8. Setelah matang, keluarkan loyang dari dalam oven dan sisihkan ke sebuah toples.

15. Kue Kering Lebaran, Bangket Kacang

Masih berbahan dasar kacang, ternyata ada banyak sekali resep kue yang bisa kalian buat sendiri dirumah saat lebaran Idhul Fitri, salah satunya kue bangket kacang.

20 Macam Kue Kering yang Selalu Disajikan Saat Lebaran, Mana Favoritmu?
kue kering bangket kacang/ copyright: momylicious.com

Kue bangket kacang adalah salah satu kue yang berasal dari Riau. Jika kalian berkunjung atau berasal dari Riau, nama kue satu ini pasti sudah tak asing lagi.

Karena adanya pandemi Corona dan himbauan dilarang mudik, untuk mengobati rasa rindu cemilan khas satu ini tidak ada salahnya kan jika lebaran nanti kalian membuatnya sendiri. Yuk ikuti resepnya dibawah ini.

Bahan-bahan yang Diperlukan

  • 500 gr Kacang tanah kupas
  • 400 gr gula halus
  • 1 sdt minyak sayur
  • 1 sdt garam
  • 1 kg tepung terigu, sangrai

Langkah & Cara Membuat Kue Bangket Kacang

  1. Sangrai kacang tanah lalu blender hingga halus.
  2. Campur terigu, kacang, gula halus dan garam garam. Lalu Masukkan minyak sayur sedikit-sedikit higga semua tercampur rata.
  3. Bulatkan adonan kurang lebih 10 gr, letakkan di loyang, lalu tekan perlahan dengan garpu. Hati-hati adonan gampang pecah.
  4. Oven dengan api kecil 140-150 derajad celsius sekitar 20 mnt.
  5. Keluarkan dari oven, tunggu hingga bangketnya dingin, baru angkat perlahan dari loyang. Kemudian simpan dalam wadah kedap udara.

16. Kue Keciput

Walau bentuk dan namanya tak sepopuler nastar, kue kering satu ini juga cukup banyak loh digemari terutama oleh kalangan anak-anak. Dan yang pasti, kue ini juga cocok disajikan di meja tamu untuk menyambut sanak keluarga, tetangga, dan teman yang datang saat lebaran nanti.

20 Macam Kue Kering yang Selalu Disajikan Saat Lebaran, Mana Favoritmu?

Cara membuatnya juga tidak begitu sulit. Hanya saja dibutuhkan ketelitian dalam menakar bahan-bahan yang akan digunakan supaya kue keciput tidak alot hasilnya.

Oh ya, selain memiliki nama keciput, kue kering satu ini ada juga loh yang menyebutnya dengan nama kue barotang. Walau beda nama, tapi tetap satu jua ya kan…

Berikut resep dan cara membuat kue keciput yang tidak alot dari widiynews.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • 200 gram tepung ketan putih
  • 70 gram gula halus
  • 125 ml santan kelapa
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1 butir telur
  • biji wijen secukupnya

Langkah & Cara Membuat Kue Keciput

  1. Siapkan baskom, masukkan tepung ketan, gula, baking powder, baking soda, dan telur. Aduk hingga rata.
  2. Tuangkan santan sedikit demi sedikit, aduk dan uleni sampai adonan kalis.
  3. Selanjutnya, pulung bulat-bulat dan gulingkan pada biji wijen.
  4. Panaskan minyak dengan api kecil. Setelah panas, goreng kue keciput sampai kecokelatan.
  5. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin, simpan didalam toples atau kotak penyajian yang kalian miliki.

Oh ya, pastikan toples atau kotak penyimpanan kue yang kalian gunakan kedap udara ya, supaya kue keciput buatan kalian tidak gampang melempem atau alot.

17. Kembang Goyang

Kue yang satu ini favorit penulis nih. Walau sering dipandang sebagai kue tradisional, tapi kue ini masih cocok kok dijadikan sajian untuk lebaran. Bentuknya seperti bunga, dan dinamakan gembang (bunga) goyang karena proses penggorengannya harus digoyang-goyang cetakannya. Unik kan?

20 Macam Kue Kering yang Selalu Disajikan Saat Lebaran, Mana Favoritmu?

Rasanya gurih-gurih gitu. Untuk warnanya, dapat disesuaikan dengan selera kalian masing-masing. Jadi biar lebih terlihat menarik dan disukai orang.

Uniknya, kue kering satu ini tak hanya buat lebaran saja, di beberapa acara besar seperti pernikahan, khitanan atau acara-acara adat kue ini juga sering disajikan. Untuk cara membuat kembang goyang tak perlu bingung, berikut resep dari Widiynews.

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 200 gram tepung beras
  • 65 gram gula pasir halus
  • 35 gram Blue Band Serbaguna
  • ½ sdt garam
  • 2 butir telur ayam
  • 250 ml santan sekitar (yang dihasilkan dari 1/2 butir kelapa)
  • Minyak goreng secukupnya saja
  • 2 sdm wijen

Langkah & Cara Membuat Kembang Goyang

  1. Masukkan bahan utama kue seperti Blue Band Serbaguna, gula pasir, tepung beras, garam dan wijen ke dalam sebuah wadah besar. Lalu, aduk-aduk semua bahan tersebut sampai tercampur merata.
  2. Tambahkan telur yang sudah dikocok dengan santan perlahan ke dalam adonan, sambil terus diaduk. Setelah itu, sisihkan.
  3. Selanjutnya, siapkan cetakan kue kembang goyang. Panaskan cetakan tersebut dalam minyak yang sudah mendidih.
  4. Kemudian, celupkan cetakan ke dalam adonan kue dan mulai goreng adonan satu per satu.
  5. Goyang cetakan perlahan untuk membuat adonan terlepas dengan sendirinya.
  6. Kue yang sudah matang, akan berwarna kuning kecoklatan.
  7. Langkah terakhir, apabila semua kue sudah matang, angkat kue dari penggorengan satu per satu dan tiriskan. Setelah dingin, kue pun dapat disimpan dan dinikmati bersama orang-orang terdekat.

18. Kue Garpu

20 Macam Kue Kering yang Selalu Disajikan Saat Lebaran, Mana Favoritmu?

Disebut kue garpu, karena adonan yang dibuat dengan beberapa bahan ini dicetak menggunakan garpu. Kue ini cara membuatnya digoreng hingga kecokelatan. Untuk rasa cenderung asin gurih, jadi pas banget ni untuk kalian yang tak suka kue kering manis.

Takaran : 1 toples – Waktu : 30 meni

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 150 gr tepung terigu (saya pakai segitiga biru)
  • 3 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt vanili
  • 3 sdm mentega cair
  • 1/2 sdt garam
  • 1 butir telur
  • secukupnya Minyak goreng

Langkah & Cara Membuat Kue Garpu

  1. Kocok telur, gula, garam, dan vanili hingga berwarna pucat
  2. Masukan tepung sedikit demi sedikit sambil di aduk terus hingga tercampur rata.
  3. Masukan mentega ke dalam adonan sambil di uleni.
  4. Bentuk adonan menggunakan garpu menyerupai keong hingga adonan habis.
  5. Panaskan minyak, kemudian goreng semua adonan yg sudah di bentuk tadi menggunakan api kecil hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan, dan sajikan.

19. Kue Gabus

Kue gabus atau telur gabus adalah salah satu dari beberapa kue yang diolah tanpa menggunakan oven. Cara membuatnya yaitu dengan cara digoreng. Rasanya gurih-gurih asin dan teksturnya juga empuk.

20 Macam Kue Kering yang Selalu Disajikan Saat Lebaran, Mana Favoritmu?

Cara membuatnya gampang banget, karena adonan cukup dipilihkecil-kecil kemudian digoreng hingga matang. Agar kue kering ini dapat bertahan lebih lama, jangan lupa simpan di toples kedap udara ya.

Takaran : 1 toples kecil – Waktu : 60 menit

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 250 gr tepung sagu / kanji / tapioka
  • 100 gr keju cheddar, parut
  • 2 butir telur
  • 50 gr margarin
  • 1/4 sdt garam
  • secukupnya minyak untuk menggoreng

Langkah & Cara Membuat Kue Gabus

  1. Siapkan blender. Masukkan keju parut, telur, margarin, dan garam, kemudian proses hingga tercampur dan halus.
  2. Masukkan tepung sagu / kanji / tapioka ke dalam wadah / mangkuk dan buat lubang di tengahnya, lalu masukkan adonan telur yg sudah halus tadi.
  3. Aduk dengan spatula, lalu uleni dengan tangan hingga kalis dan mudah dibentuk.
  4. Ambil sejumput adonan. (Jangan terlalu besar agar kuenya kering dan renyah. Selain itu kuenya juga akan sedikit mengembang dari bentuk asli sebelum digoreng.) Letakkan di telapak tangan, kemudian gelintirkan adonan dengan cara menggosokkan kedua telapak tangan hingga adonan berbentuk silinder panjang dengan ujung yang runcing (seperti cacing).
  5. Masukkan adonan yang telah dibentuk ke dalam wajan yang berisi minyak dingin (minyak dengan suhu normal yang belum dipanaskan) hingga adonan terendam.
  6. Jika telah cukup banyak adonan yang terendam minyak, hidupkan api kompor dan panaskan minyak dengan api kecil. Biarkan minyak menjadi panas dan adonan kue terlihat mengeras. Kemudian naikkan ke api sedang sampai adonan matang.
  7. Apabila ada adonan yg terlihat menumpuk, cukup goyang-goyangkan saja wajannya. Jangan terlalu sering mengaduk dengan menggunakan sodet saat adonan belum kering karena bisa membuat adonan pecah-pecah dan ujung runcingnya patah. Untuk menggoreng adonan setelahnya sebaiknya minyaknya dibiarkan agak dingin kembali terlebih dahulu agar hasil kuenya mulus. Minyak yg panas akan membuat kue menjadi berlubang-lubang.
  8. Tiriskan kue yg sudah matang di atas tissue dapur dan dinginkan. Masukkan ke dalam toples kedap udara untuk mempertahankan kerenyahannya.

20. Biji Ketapang

20 Macam Kue Kering yang Selalu Disajikan Saat Lebaran, Mana Favoritmu?

Satu lagi ni kue kering lebaran yang tak boleh ketinggalan saat hari raya nanti, apalagi kalau bukan kue biji ketapang. Kue ini memang mirip seperti biji ketapang, makanya gak heran kalau dikasih nama tersebut.

Teksturnya kue hari raya ini sedikit keras, tapi masih tetap gurih dan rasanya manis karena berasal dari santan dan gula.

Jika kalian tertarik ingin membuatnya, tenang saja Widiynews telah menyiapkan satu resep praktisnya untuk kalian coba sendiri dirumah. Simak dibawah ini.

Bahan-bahan yang diperlukan

  • Tepung terigu serba guna 500 gram
  • Tepung sagu 150 gram
  • Tepung maizena 100 gram
  • Gula pasir 200 gram
  • Vanilli 1/2 sdt
  • Kelapa parut sangrai hingga kering 250 gram
  • Telur 2 butir
  • Mentega 100 gram
  • Santan kental siap pakai 250 ml
  • Garam 1/2 sdt

Langkah & Cara Membuat Kue Biji Ketapang

  1. Di wadah besar campur tepung terigu, tepung maizena, tepung sagu, gula, kelapa sangrai, garam dan vanilli hingga rata. sisihkan.
  2. Selanjutnya panaskan santan, aduk hingga mendidih, kemudian masukkan mentega. Aduk terus hingga mentega cair. Sisihkan.
  3. Setelah itu buat lubang di tengah-tengah campuran tepung, masukkan telur. Aduk rata dengan menggunakan spatula atau sendok kayu. Masukkan santan dan mentega panas. Aduk hingga menjadi adonan yang kalis.
  4. Kemudian bagi adonan menjadi beberapa bagian, gilas adonan hingga agak pipih ketebalan sekitar 1 cm. Kemudian potong memanjang dengan lebar 1 1/2 cm, gunting-gunting adonan dengan posisi miring selebar 1 cm. Taburi dengan tepung agar tidak lengket.
  5. Terakhir Goreng adonan dalam minyak panas hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan dengan menggunakan tissue dapur. Jika kue sudah dingin masukkan kue kedalam stoples yang tertutup rapat, sajikan.

Diatas adalah uraian daftar 20 referensi resep kue kering yang bisa kalian sajikan saat Lebaran Idhul Fitri 2020 atau tahun depan. Beberapa kue kering diatas dapat dijadikan referensi pilihan menu untuk menami suasa berkumpul disaat lebaran bersama sanak keluraga, tetangga, dan teman kerabat.

Lihat juga: √10 Resep Lauk Ramadhan Sederhana, Praktis untuk Dimasak Dirumah

Selain rasanya yang lezat, bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah didapat jadi bisa langsung kalian praktikkan dirumah untuk persiapan lebaran nanti. Lebaran menjadi moment bahagia dan penting untuk setelah satu bulan kita menunaikan ibadah puasa. Berkumpul dan saling memaafkan pada hari kemenangan adalah anjuran dan Islam. Jadi, menyiapkan menu terbaik pada hari ini untuk disajikan dengan niatan sedekah tentu akan mendatangkan kebaikan bagi kita semua. Silahkan kreasikan kembali resep-resep kue kering diatas dengan bahan-bahan yang ada dirumah, dan selamat mencoba ya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang

Artikel Terkait

Baca Juga

Kebijakan Berkomentar:

Komentar Anda adalah tanggapan dari konten yang diatas yang sudah Anda baca bukan “SPAM”. Maaf, SPAM dan komentar disertai LINK AKTIF terpaksa kami hapus!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *