Widiynews

Cara Mudah Cek Slot RAM Laptop Windows 10 Tanpa Software

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Cek Slot RAM Laptop Windows 10 – Ada banyak faktor penyebab laptop/ pc menjadi lemot, salah satunya adalah kapasitas RAM yang sangat kecil atau tidak sesuai kebutuhan. Tapi, itu semua masih bisa diatasi dengan cara di upgrade atau ditambah.

Sayangnya, masih banyak yang bingung cara mengetahui berapa batas kapasitas RAM serta jumlah slot RAM yang disediakan oleh laptopnya. Sebagian orang bahkan mengira untuk mengetahui jumlah slot RAM harus bongkar bodi dan ribet. Padahal tidaklah demikian.

Jika kalian termasuk salah satu diantara mereka, maka sebaiknya kalian membaca artikel yang akan penulis bagikan pada kesempatan kali ini. Lebih lengkapnya tentang cara melihat jumlah slot RAM yang masih tersedia dan sudah terpakai di laptop kalian, terutama yang menggunakan Windows 10.

Cek Slot RAM Laptop Windows 10

Untuk cek slot RAM laptop Windows 10 ternyata tidak harus borkar casing atau bodi yang sudah pasti ribet. Langkah mudah dibawah ini bisa langsung kalian terapkan.

1. Nyalakan laptop terlebih dulu

2. Tekan kombinasi tombol CTRL+Alt+Del. Kemudian ketikkan perintah Task Manager.

Cara Mudah Cek Slot RAM Laptop Windows 10 Tanpa Software

Kalian juga dapat menjalankan Task Manager dengan cara klik kanan mouse pada bagian Taskbar, kemudian klik Task Manager.

3. Selanjutnya, klik Performance

Cara Mudah Cek Slot RAM Laptop Windows 10 Tanpa Software

Pada bagian ini, terdapat 4 tab yaitu CPU, Memory, Disk, dan Ethernet. Untuk mengetahui jumlah slot RAM silahkan langsung saja kalian klik bagian Memory.

Berikut beberapa informasi lainnya:

  • Speed: Kecepatan
  • Slots used : Jumlah slot yang sudah digunakan
  • Form factor: Tipe RAM

Pada tab informasi slot of used sudah dapat diperhatikan bahwa kalian dapat mengetahui berapa sisa slot yang dapat digunakan kembali untuk kalian yang berencana upgrade RAM laptop.

Cara ini jauh lebih efektif daripada kalian harus bongkar bodi/ casing laptop yang sudah pasti lebih ribet dan gak semua orang bisa.

Sebelumnya, penulis juga sudah berbagi tutorial yang sama yaitu Cara Mengetahui Jumlah Slot RAM Laptop Tanpa Bongkar

Hanya saja, tulisan ini penulis buat untuk semua versi Windows, jadi tidak hanya dapat digunakan untuk Windows 7, 8, dan 10.

Untuk kalian yang belum sempat membaca, silahkan kalian baca lebih dulu melalui link diatas. Sekian dulu, semoga informasi ini dapat membantu dan menambah wawasan kita semua.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang

Artikel Terkait

Baca Juga

Kebijakan Berkomentar:

Komentar Anda adalah tanggapan dari konten yang diatas yang sudah Anda baca bukan “SPAM”. Maaf, SPAM dan komentar disertai LINK AKTIF terpaksa kami hapus!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *