Syiar

Ramadhan, Bulan Turunnya Al-Qur’an

Ketahuilah bahwa di antara keutamaan bulan Ramadhan yang agung nan penuh berkah ini adalah Allah turunkan pada bulan ini Kitab-Nya yang mulia,...

Written by Widiyanti · 2 min read >
Ramadhan, Bulan Turunnya Al-Qur'an

Ketahuilah bahwa di antara keutamaan bulan Ramadhan yang agung nan penuh berkah ini adalah Allah turunkan pada bulan ini Kitab-Nya yang mulia, Al-Qur`an Al-Karim.

Turunnya Al-Qur’an sekaligus merupakan salah satu bentuk nikmat Allah kepada segenap makhluk-Nya.

Baca juga: 4 Keutamaan Bulan Ramadhan yang Istimewa dalam Islam

Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan Al-Qur`an pada salah satu malam dari bulan Ramadhan Mubarak ini. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ  البقرة:185

“bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kalian hadir (di negeri tempat tinggalnya) pada bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu” (Al-Baqarah : 185).

Allah ‘Azza wa Jalla menyebutkan bahwa pada bulan Ramadhan inilah Dia menurunkan Al-Qur`an. Kemudian Allah lanjutkan :

 “Karena itu, barangsiapa di antara kalian hadir (di negeri tempat tinggalnya) pada bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.”

Menunjukkan bahwa sebab Allah memilih bulan Ramadhan sebagai bulan puasa adalah karena dalam bulan Ramadhan tersebut Allah telah menurunkan Al-Qur`an. Ini merupakan nikmat terbesar yang Allah berikan kepada umat ini.

Jika kita tahu bahwa bulan termulia di sisi Allah adalah bulan yang diturunkan padanya Al-Qur`anul Karim maka selayaknya juga memuliakan bulan tersebut dengan cara memiliki perhatian serius dan semangat yang besar untuk memperbanyak amal shalih padanya.

Di antara ibadah terbesar dan ketaatan termulia yang sangat dianjurkan dilakukan pada bulan Al-Qur`an ini adalah ibadah yang terkait dengan Al-Qur`an secara langsung, yaitu dalam bentuk tilawah (membaca) Al-Qur`an dan mentadabburinya (mempelajari dan memahami maknanya) agar kita bisa mengamalkannya.

Sungguh telah banyak hadits-hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang memberikan hasungan dan motivasi untuk mendekatkan diri kepada Allah ‘Azza wa Jalla dengan melakukan tilawah Al-Qur`an, di antaranya:

Dari Ummul Mu`minin ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha  berkata, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :  

« الَّذِي يَقْرَأُ القُرْآنَ وَهُوَ مَاهِرٌ بِهِ مَعَ السَّفَرَةِ الكِرَامِ البَرَرَةِ، وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أجْرَانِ ». متفقٌ عَلَيْهِ

“Yang membaca Al-Qur`an dan dia mahir membacanya, dia bersama para malaikat yang mulia. Sedangkan yang membaca Al-Qur`an namun dia tidak tepat dalam membacanya dan mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala.” [Al-Bukhari 4937, Muslim 244]

Orang yang mahir membaca Al-Qur`an adalah orang yang bagus dan tepat bacaannya. Adapun orang yang tidak tepat dalam membacanya dan mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala : pertama, pahala tilawah, dan kedua, pahala atas kecapaian dan kesulitan yang ia alami.

Dari shahabat Abu Umamah Al-Bahili radhiyallahu ‘anhu : Saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda :

 « اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِه »

“Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” [HR. Muslim 804]

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk membaca Al-Qur`an dengan bentuk perintah yang bersifat mutlak. Sehingga membaca Al-Qur`an diperintahkan pada setiap waktu dan setiap kesempatan. Lebih ditekankan lagi pada bulan Ramadhan. Nanti pada hari Kiamat, Allah subhanahu wata’ala akan menjadikan pahala membaca Al-Qur`an sebagai sesuatu yang berdiri sendiri, datang memberikan syafa’at dengan seizin Allah kepada orang yang rajin membacanya.

Semoga Allah menjadikan kita termasuk orang-orang memperhatikan Al-Qur`an, yaitu dengan rajin membacanya, menghafalnya, mendengarnya dengan serius, diam ketika dibacakan kepadanya, mempelajarinya, mengajarkannya, mengingatnya, dan mentadabburinya.

Terutama pada bulan Ramadhan yang mulia ini. Dan semoga kita tidak termasuk orang-orang yang meninggalkan Al-Qur`an.

 ألَّهُمَّ يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قُلُوبَنَا عَلَى دِينِكَ و يا مُصَرِّفَ القُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ

أللَّهُـمَّ اَحْيِنَا بِالإِيْمَانِ,وَاَمِتْنـَا بِالإِيْمَانِ,وَاحْشُرْنَا بِالإِيْمَانِ,وَاَدخِلْنَا الجَنَّةَ مَعَ الإِيْمَانِ,وَثَبِّتْنَا مَعَ الإِيْمَانِ,وَاَخْرِجْنَا مِنَ الدُّنيـَا مَعَ الإِيْمَانِ,وَخْدِّم لَنَامِنَ الجِنِّ بِالإِيْمَانِ

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Semoga Allah Subhanahu Wata’ala Senantiasa memberikan keteguhan Iman  di hati kita semua.

Sumber: Group WhatsApp Galeri Cinta Rosulullah

Written by Widiyanti
Didiklah anak-anakmu itu berlainan dengan keadaan kamu sekarang kerana mereka telah dijadikan Tuhan untuk zaman yang bukan zaman engkau. (Umar bin Khattab) Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *