6 Cara Screenshot di Laptop dan PC Windows Mudah, Tanpa Aplikasi Terbaru!

6 Cara Screenshot di Laptop dan PC Windows Mudah, Tanpa Aplikasi!

Cara mengambil screentshot di laptop atau PC berbasis Windows ternyata sangatlah mudah bahkan tanpa aplikasi pun kalian dapat melakukannya. Dan pada kesempatan kali ini Widiynews akan berbagi langkah-langkah yang bisa kalian praktikkan langsung di laptop kalian masing-masing.

Penasaran dengan tutorial yang satu ini? Yuk langsung saja simak cara screenshot di laptop atau komputer tanpa aplikasi terbaru paling mudah dibawah.

Cara Screenshot di Laptop dan PC Windows

Screenshot adalah mengambil tangkapan layar. Sama halnya seperti di smartphone, pada perangkat laptop atau komputer juga dapat dilakukan hal serupa, hanya saja caranya mungkin sedikit berbeda.

Kalian dapat memilih salah satu dari cara mudah dibawah ini untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar. Beberapa tutorial ini sudah terbukti dan banyak digunakan pengguna laptop atau PC berbasis Windows 7, 8, dan 10.

#1. Menggunakan Print Screen

Yang paling umum dan sering digunakan adalah menggunakan tombol Print Screen. Fitur ini ternyata sudah disediakan langsung oleh Windows dengan adanya dukungan tombol screenshot yang biasanya di labeli PrtScn / PrntScrn / PrintScr / PrtScr / Prt Scrn SysRq atau sejenisnya.

6 Cara Screenshot di Laptop dan PC Windows Mudah, Tanpa Aplikasi!

Selain tergolong mudah, cara ini juga tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Jadi bisa langsung kalian praktikkan sendiri di laptop. Berikut caranya:

1. Cari halaman atau bagian yang ingin di screenshot. Kemudian tekan tombol Print Screen yang penulis sebutkan diatas.

Untuk pengguna laptop, biasanya harus menekan kombinasi tombol Fn (Function) + tombol Print Screen.

2. Memang tidak ada perubahan apapun ketika kalian melakukan cara pertama. Langkah selanjutnya, buka aplikasi image editor yang ada di laptop. Boleh menggunakan aplikasi bawaan Windows, Paint. (Cari di Star Menu).

3. Untuk menampilkan clipboard tangkapan layar yang sudah tersimpan, tekan kombinasi tombol Ctrl+V (paste) di Ms. Paint. Maka secara otomatis akan muncul di sana.

6 Cara Screenshot di Laptop dan PC Windows Mudah, Tanpa Aplikasi!

4. Silahkan edit sesuka kalian. Jika sudah, silahkan klik File –> Save As. Beri nama dan ganti type file gambar screenshot sesuai kebutuhan masing-masing.

Note: Kalian juga dapat menggunakan Microsoft Word 2020 untuk menyimpan gambar screenshoot. Caranya, setelah langkah ke-1, silahkan buka Ms. Word 2020. Kemudian tekan tombol Ctrl+V. Selanjutnya klik kanan gambar tersebut, dan pilih Save as Picture.

6 Cara Screenshot di Laptop dan PC Windows Mudah, Tanpa Aplikasi!

#2. Menggunakan Snipping Tool

Windows memberikan banyak kemudahan untuk para penggunanya, termasuk untuk urusan meng-capture tampilan layar. Salah satu tool atau aplikasi bawaan yang disediakan adalah Snipping Tool.

Tool ini tidak hanya disediakan untuk pengguna Windows 7 saja, tapi juga dapat digunakan untuk Windows 8, dan Windows 10 juga. Berikut langkah menggunakannya.

1. Buka Start Menu atau klik tombol keyboard berlogo Windows pada laptop/pc.

2. Selanjutnya, ketikkan perintah “Snipping Tool” pada bagian Search programs and files.

6 Cara Screenshot di Laptop dan PC Windows Mudah, Tanpa Aplikasi!

3. Jika sudah muncul program Snipping Tool Windows, silahkan klik dan drag menggunakan kursor area mana yang ingin di screenshot. Kemudian lepaskan kursor mouse kalian.

4. Secara otomatis, kalian akan melihat preview screenshot tersebut. Disini, kalian dapat mengedit gambar tersebut sesuai kebutuhan.

5. Jika sudah selesai, langsung saja klik File –> Save As.

6 Cara Screenshot di Laptop dan PC Windows Mudah, Tanpa Aplikasi!

#3. Menggunakan Aplikasi Lightshot

Salah satu aplikasi terbaik untuk mengambil tangkapan layar laptop atau PC adalah Lightshot. Selain banyak digunakan penggunakan Windows, aplikasi screenshot ini juga jadi favorit penulis. Jadi sudah pasti penulis rekomendasikan untuk kalian semua.

Aplikasi Lightshot dapat digunakan untuk Window 7, 8, sampai yang terbaru saat ini, Windows 10. Bahkan aplikasi screen capture ini support untuk Macebook Apple.

Berikut cara menggunakannya:

1. Download aplikasinya dahulu. Pengguna Windows DisiniMacebook Disini.

2. Setelah diunduh, install aplikasi tersebut. Ikuti saja instruksinya sampai benar-benar selesai proses instalasinya.

3. Jika sudah selesai, tekan tombol keyboard Print Screen. Tampilan layar akan berubah sedikit redup.

4. Pilih area mana yang ingin di screenshot dengan cara klik dan drag mouse.

6 Cara Screenshot di Laptop dan PC Windows Mudah, Tanpa Aplikasi!

5. Sebelum disimpan, kalian dapat mengedit screenshot layar tersebut seperti membubuhi tanda panah, menambah coretan, teks dan lain sebagainya.

6. Jika sudah selesai, klik ikon Save. Simpan gambar di folder mana yang ingin kalian gunakan. Beri nama dan tubah tipe gambar sesuai keinginan.

#4. Menggunakan Tombol Alt+Print Screen

Kalau yang ini digunakan untuk mengambil screenshot jendela yang sedang aktif. Caranya, kalian cukup menekan tombol kombinasi Alt+Print Screen.

Sebagai contoh, kalian sedang bermain game diatas jendela Microsoft Word yang sedang aktif. Untuk mengambil tangkapan layar game tersebut kalian dapat menggunakan tombol kombinasi Alt+Print Screen. Berikut langkah detailnya:

1. Pastikan kalian membuka beberapa jendela, contohnya penulis ingin mengambil screenshot Google Chrome diatas Microsoft Word.

2. Tekan kombinasi tombol keyboard Alt+Print Screen. Maka secara otomatis akan tersimpan di clipboard.

3. Buka aplikasi image editor yang kalian miliki, jika tidak ada bisa menggunakan Microsoft Word, atau Paint. Kemudian tekan tombol Ctrl+V. Maka hasil screenshot tersebut adalah hanya Google Chrome saja tidak termasuk Microsoft Word.

#5. Cara Screenshot Web Browser Full Satu Halaman

Cara screenshot ini hanya dapat digunakan ketika kalian membuka halaman browser atau halaman website di laptop atau PC.

Dengan cara praktis ini, kalian dapat mengambil tangkapan layar satu halaman penuh, tapi dengan syarat browser yang digunakan harus Google Chrome. Penasaran dengan cara ini? Simak selengkapnya dibawah ini:

1. Pasang add-on Awesome Screenshot di Google Chrome laptop atau PC.

6 Cara Screenshot di Laptop dan PC Windows Mudah, Tanpa Aplikasi!

2. Setelah terpasang, akan muncul ikon baru Awesome Screenshot. Klik saja ikon tersebut, kemudian pilih Screenshot –> Capture Entire Page untuk mendapatkan screenshot panjang. Silahkan tunggu proses screenshot seluruh halaman sampai selesai.

6 Cara Screenshot di Laptop dan PC Windows Mudah, Tanpa Aplikasi!

3. Saat proses screenshot selesai, proses selanjutnya adalah tahap penyuntingan. Silahkan edit sesuai keinginan melalui fitur yang disediakan. Jika dirasa sudah cukup, tinggal klik saja Done di pojok kanan atas.

4. Selanjutnya, ada empat opsi yang disediakan, menyimpan ke PC atau laptop, membuat PDF, mencetak, atau menyalin ke clipboard.

6 Cara Screenshot di Laptop dan PC Windows Mudah, Tanpa Aplikasi!

Bagaimana menurut kalian? Mudah sekali bukan cara screenshot penuh satu halaman?

#6. Menggunakan Tombol Windows+Print Screen

Nah, untuk cara yang terakhir ini adalah yang paling praktis. Sudah pasti dapat diterapkan caranya untuk PC atau laptop baik itu Asus, Lenovo, Toshiba, Acer dan lainnya.

Dengan cara ini, kalian tidak perlu menggunakan aplikasi image editor seperti Paint dan secara otomatis langsung tersimpan didalam laptop.

Kalian cukup menggunakan kombinasi tombol Windows+Print Screen. Penasaran? Berikut detail langkahnya:

1. Silahkan buka jendela atau halaman web yang ingin kalian screenshot.

2. Tekan tombol Windows+Print Screen.

3. Untuk melihat hasil tangkapan layarnya, silahkan buka direktori C:\User[nama user]\Pictures\Screenshots.

Note: Meski terbilang cukup praktis, ternyata dari beberapa PC atau laptop yang penulis coba ada beberapa yang tidak support dengan cara ini.

Kesimpulan

Itulah uraian detail seputar cara screenshot di PC atau laptop yang mudah dilakukan bahkan ada beberapa cara diatas yang tanpa membutuhkan aplikasi tambahan.

Meski ada banyak cara lain yang dapat dilakukan untuk mengambil SS atau screenshot di laptop, cara diatas terbilang paling banyak digunakan begitu juga dengan penulis. Dan yang lebih penting tidak membutuhkan aplikasi tambahan dan dapat diterapkan di semua tipe laptop dan versi Windows.

ARTIKEL PILIHAN
Mari Bagikan :
Allah telah memberikan petunjuk kepadaku sehinga aku bisa mengenali diriku sendiri dengan segala kelemahan dan kehinaanku. (Ali Bin Abu Thalib)