Widiynews

Cara Mengatasi CPU Fan Error Pada Laptop & PC Terbaru, 100% Berhasil!

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sedang mencari cara mengatasi “CPU Fan Error Press F1 to Run Setup / Resume” laptop atau komputer kalian saat booting? Saat muncul pesan error ini, booting laptop atau PC akan berhenti.

Tidak hanya untuk tipe Asus, ada juga tipe dan seri laptop serta motherboard lain yang mengalami kasus ini. Ya, walaupun paling banyak ditemui pada pengguna Asus selama ini.

Cara mengatasi pesan CPU Fan Error saat booting itu sebenarnya mudah. Karena kalian cukup mengubah pengaturan pada BIOS laptop atau PC ke pengaturan semula (Reset).

Tapi, kalau kalian belum pernah mengalami kasus ini dan tidak tahu cara mengatasinya pasti rasanya sangat menyulitkan.

Nah, kalian dapat mempelajari penyebab hingga cara mengatasi CPU Fan Error Press F1 to Run Setup melalui artikel dibawah ini.

Penyebab CPU Fan Error

Berikut ini penyebab atau faktor yang paling sering menjadi penyebab CPU Fan Error ini bisa muncul.

1. Kotor

Faktor ini menjadi yang paling teratas sebagai penyebab CPU Fan Error. Biasanya, kipas Fan berputar tidar normal, tidak berputar, atau terlalu lambat dari yang seharusnya. Perputaran yang tidak sewajarnya ini akhirnya dianggap error oleh sistem BIOS dan muncullah peringatan saat proses booting Windows.

2. Masalah Konektor

Faktor lain yang juga bisa menyebabkan terjadinya kasus ini pada laptop atau PC Asus dan tipe tertentu masalah konektivitas. Atau lebih tepatnya, kipan Fan tidak terpasang dengan benar.

Untuk mengatasinya, cobalah periksa kembali kabel kipas Fan apakah sudah terhubung dengan benar atau justru tidak sama sekali. Pastikan juga laptop atau komputer sebelumnya tidak terjatuh atau mengalami guncangan keras yang mengakibatkan koneksi kabel menjadi longgar atau rusak.

3. Pengaturan BIOS yang Salah

Mungkin saja sebelumnya kalian pernah merubah pengaturan informasi fan CPU pada BIOS yang tidak tepat sehingga kecepatan perputaran kipas fan laptop tidak bekerja dengan benar.

Pengaturan informasi ini akhirnya berujung pada kesalahan yang ditampilkan oleh sistem BIOS yang dibaca saat laptop atau pc menjalankan booting ketika dinyalakan. Kalian mungkin akan melihat perintah untuk menekan tombol F1 “Press F1 to Run Setup“. Sayangnya, perintah ini tidak akan menyelesaikan masalah jika kalian tidak mengetahui sama sekali penyebabnya.

Jika hal ini terjadi, sebaiknya cara yang paling mudah dan cepat dilakukan adalah mengembalikan pengaturan fan CPU ke settingan default pada BIOS.

4. Fan CPU Rusak

Terakhir, penyebab yang sering kali kurang menjadi perhatian sebagai penyebab CPU Fan Error adalah karena memang kipas fan yang digunakan sudah rusak dan tidak dapat berputar sama sekali.

Kerusakan kipas (Fan) CPU terjadi karena banyak faktor, seperti overheat atau kepanasan dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi CPU Fan Error

Berikut urutan cara mengatasi CPU Fan Error Press F1 to Run Setup pada Laptop/ PC komputer Asus atau tipe lainnya yang mudah dan berhasil.

#1. Mengatur Ulang Informasi Fan di BIOS

Caranya, tekan tombol apapun yang biasa kalian gunakan untuk masuk ke BIOS laptop atau PC. Atau ketika muncul peringatan CPU Fan Error, langsung saja tekan tombol F1.

Cari dimenu mana informasi Fan ditampilkan. Reset ke pengaturan Default atau seperti semula sebelum kalian melakukan perubahan.

Coba juga ganti settingan dari atau ke Silent, Normal, Optimal, Performance, atau Ignore pada tab CPU Fan Profile / CPU Fan Speed Control atau semacamnya karena setiap laptop/ PC berbeda-beda.

Silahkan sesuaikan dengan BIOS laptop/ PC yang kalian gunakan. Catat dan simpan setiap perubahan yang kalian terapkan pada BIOS laptop.

Jika dengan cara diatas tidak bisa, coba cari dibagian Menu Boot. Cari menu Boot Setting Configuration, kemudian Wait For F1 if Error atau semacamnya, rubah menjadi Disable. Selanjutnya simpan ualng pengaturan BIOS kalian.

#2. Bersihkan Kipas Fan CPU

Bersihkan kipas fan menggunakan kuas atau kain kering yang lembut agar perputarannya dapat maksimal. Caranya, lepaskan kipas Fan CPU dari motherboard. Bersihkan setiap bagian prosesor dan kipas Fan hingga benar-benar bersih dari debu-debu.

Jika punya, ganti atau tambahkan juga thermal pastenya baik pada bagian heatsink dan prosesornya. Lalu pasang kembali kipas fan sesuai urutannya. Nyalakan kembali pc kalian, dan lihat bagaimana hasilnya, berhasil atau tidak cara ini mengatasi kasus CPU Fan Error.

Simak video cara membersihkan kipas Fan CPU PC/ komputer berikut:

Simak juga salah satu video cara membersihkan Fan CPU laptop dibawah ini.

#3. Cek Konektor

Coba cek kembali konektor CPU fan PC kalian. Mungkin saja, sebelumnya kalian bongkar-bongkar bagian dalam PC dan lupa atau salah memasang konektornya.

Coba perhatikan, apakah sudah benar Fan terpasang pada CPU Fan dan bukan pada Cha Fan. Jangan sampai salah dan terbalik ya.

#4. Mengganti Fan CPU

Jika sudah berbagai macam cara kalian lakukan, tapi peringatan CPU Fan Error masih saja muncul saat proses booting laptop atau PC/ komputer Asus, atau merek apa saja milik kalian, sebaiknya periksa kembali karena mungkin masalahnya terletak pada komponen Fan yang rusak.

Tentu saja, kalau sudah rusak ya harus diganti dengan yang baru. Tapi, sebelum menggantinya dengan yang baru, pastikan langkah pertama sampai nomor tiga sudah kalian terapkan lebih dulu.

Penutup..

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi CPU Fan Error Press F1 to Run Setup baik yang terjadi pada laptop maupun komputer.

Error ini sering kali terjadi pada laptop tipe Asus dan komputer berbasis Windows yang menggunakan motherboard merek Asus. Meski tidak semua, tapi ada beberapa laptop lain yang juga mengalami kasus ini.

Jika kalian mengalami masalah yang sama, semoga dengan informasi ini dapat membantu kalian semua sehingga laptop dan komputer kalian dapat normal kembali.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang

ARTIKEL YANG KAMI PILIH KHUSUS UNTUKMU

Baca Juga

Kebijakan Berkomentar:

Mohon untuk berkomentar relevan sesuai topik bahasan! Komentar tidak relevan, SPAM atau memiliki link aktif akan kami hapus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *