Niat Menuntut Ilmu – 4 Bacaan Doa Sebelum Belajar Lengkap dengan Artinya

Doa Menuntut Ilmu – Islam melalui Rosulullah mewajibkan umat Islam untuk belajar. Sebelum belajar, ada niat dan doa yang sebaiknya selalu diamalkan seperti anjuran Rosulullah SAW. Semoga dengan doa yang dibaca secara rutin ini, ilmu yang dipelajari dapat lebih mudah meresap dan membawa keberkahan.

Dengan belajar doa sebelum belajar ini, Nabi Muhammad juga mengajarkan kepada kita betapa pentingnya niat didalam hati. Niat-niat ini harus selalu dijaga selama sedang belajar atau menuntut ilmu.

Apalagi, dengan amalan ini kita juga diajarkan untuk selalu mengingat Allah SWT dan meminta ridho-Nya agar senantinya kita diberikan ilmu yang bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

Selain itu yang tidak kalah penting lagi adalah, dengan niat dan doa sebelum belajar ini setiap amalan yang kita lakukan selama masih dalam proses menuntut ilmu mendapat nilai ibadah dari Allah SWT.

4 Doa Sebelum Belajar Arab, Latin, dan Artinya

Niat Menuntut Ilmu - 4 Bacaan Doa Sebelum Belajar Lengkap dengan Artinya

Doa Sebelum Belajar Pertama dari Imam Abdullah al-Haddad

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

نَوَيْتُ التَّعَلُّمَ وَالتَّعْلِيْمَ، وَالتَّذَكُّرَ وَالتَّذْكِيْرَ، وَالنَّفْعَ وَاْلإِنْتِفَاعَ، وَاْلإِفَادَةَ وَاْلإِسْتِفَادَةَ، وَالْحَثَّ عَلَى التَّمَسُّكِ بِكِتَابِ اللهِ وَسُنَّةِ رَسُوْلِهِ، وَالدُّعَاءَ إِلَى الْهُدَى، وَالدَّلاَلَةَ عَلَى الْخَيْرِ، اِبْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ وَمَرْضَاتِهِ وَقُرْبِهِ وَثَوَابِهِ

Nawwaitu at-ta’alluma wat-ta’liima, wat-tadzakkura wat-tadzkiira, wan-naf’a wal-intifaa’a wal-istifaadata, wal-hatsa ‘ala at-tamassuki bi kitabillaahi wa sunnati rasuulihi, wad-du’aa ilal huda, wad-dalaalata alal khairi, ibtigha’a wajhillahi ta’ala wa mardlatihi wa qurbihi wa tsawaabihi.

Artinya: “Saya niat belajar dan mengajar, mengingat dan mengingatkan (ilmu), memberi manfaat dan mencari manfaat, memberi keutamaan dan mencari keutamaan, menganjurkan berpegah teguh dengan kitab Allah (Al-Qur’an) dan sunah rasul-Nya, menyeru kepada petunjuk, menunjukkan kepada kebaikan, demi mengharap dapat berjumpa dengan Allah dan keridaan serta pahala-Nya.”

Doa Sebelum Belajar Kedua

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

“Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.”

Artinya: “Kami ridho bahwa Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, serta Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya
Allah, tambahkanlah terhadapku ilmu serta berikanlah aku pengertian yang baik.”

Doa Sebelum Belajar Ketiga

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

“Robbi zidnii ‘ilman Warzuqnii fahmaa, Waj’alnii minash-shoolihiin.”

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu serta berilah aku kemampuan untuk memahaminya, serta jadikanlah aku termasuk golongan dari hamba-Mu yang sholeh”

Doa Sebelum Belajar Keempat

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

“Alloohumma Akhrijnaa Min Dzulumaatilwahmi Wa Akrimnaa binuuril Fahmi Waftah’alainaa Bima’rifatika Wasahhil Lanaa Abwaaba Fadl-
lika Ya Arhamar Roohimiin.”

Artinya: “Ya Allah, bebaskanlah kami dari kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian
ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang Maha Penyayang.”


Demikian ulasan tentang niat dan doa sebelum belajar. Bagi kalian yang masih dalam bangku sekolah atau sedang menuntut ilmu, silahkan amalkan doa-doa diatas.

Semoga dengan niat yang tulus, usaha, dan belajar yang giat, ilmu dapat lebih mudah dipelajari, bermanfaat dan membawa keberkahan dalam hidup.

Jangan lupa, sebelum membaca doa diatas dengan berwudhu dan membaca lafadz Basmallah dan Surat Al-Fatihah. Sekian semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru

Bagikan jika suka:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Anda juga bisa menjadi bagian kami untuk menginspirasi banyak orang melalui karya tulisan. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang!

Rekomendasi Lainnya

Artikel Terkait

Kebijakan Berkomentar:

Mohon untuk berkomentar relevan sesuai topik bahasan! Komentar tidak relevan, SPAM atau memiliki link aktif akan kami hapus.

Leave a Comment

Follow Fanspage Widiynews