Cara Reset Samsung Galaxy A71

Cara Reset Samsung Galaxy A71 adalah metode yang paling mudah dilakukan jika hp mengalami masalah software dan kendala lainnya seperti lemot, terkena virus atau lupa pola password kunci layar.

Sayangnya, tidak semua pengguna Galaxy A71 bisa melakukan reset pada perangkatnya sendiri. Itu artinya, banyak sekali pengguna yang lebih memilih membawanya ke jasa service smartphone terdekat ketika smartphone mengalami masalah software dan hardware.

Padahal jika mau memanfaatkan internet, banyak sekali informasi yang bisa didapat, salah satunya terkait cara reset Samsung Galaxy A71.

Untuk kalian yang sedang mencari tutorialnya, kebetulan sekali karena pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi step by step untuk mengembalikan hp Galaxy A71 ke pengaturan pabrik (default).

Seluruh data yang tersimpan, aplikasi, serta pengaturan yang sebelumnya diterapkan akan dihapus. Jadi, pastikan kalian sudah membackup seluruh data-data yang penting agar tidak kehilangannya.

Seperti diketahui, Samsung Galaxy A71 ditenagai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 730, RAM 6GB/8GB, 4 kamera dengan masing-masing resolusi 64MP, 12MP, 5MP dan 5MP, kamera depan 32MP, layar lebar 6,7 inci, baterai bongsor 4.500 mAh serta berbagai macam teknologi canggih sehingga semakin power full ketika digunakan untuk menjalankan berbagai multitasking para pengguna Samsung.

Reset Samsung Galaxy A71

Meski dibekali beragam spesifikasi kelas atas, tapi bukan berarti hp Galaxy A71 tidak akan mengalami masalah. Yang namanya error pasti selalu ada, salah satunya lupa pasword atau pola kunci layar yang paling sering terjadi.

Dan masih banyak lagi masalah software lainnya yang menyebabkan hp Galaxy A71 mau tidak mau harus di reset. Nah berikut cara hard reset dan factory reset Samsung Galaxy A71 lengkap dan mudah bahkan untuk kalian yang masih pemula sekaligus.

Hard Reset Samsung Galaxy A71

1. Pastikan hp Galaxy A71 baterainya diatas 50 persen. Jika perlu charger terlebih dulu untuk antisipasi terjadinya masalah saat di reset.

2. Dalam kondisi nyala, tekan secara bersamaan tombol daya (power)+volume bawah selama beberapa detik.

3. Ketika layar berubah jadi gelap, langsung ganti tekan tombol daya(power)+volume atas. (Ingat harus cepat ya). Tahan kedua tombol beberapa detik juga.

4. Ketika muncul logo Samsung Galaxy, lepaskan kedua tombol tadi.

5. Setelah itu, akan muncul menu-menu recovery. Silahkan pilih Wipe data/factory reset. Gunakan tombol volume untuk bergulir dan tombol power untuk memilih.

Cara Reset Samsung Galaxy A71

6. Ketika muncul tulisan Wipe all data user? Gulir lalu pilih Yes.

Cara Reset Samsung Galaxy A71

Tunggu beberapa saat sampai hp Galaxy A71 melakukan reset dan menghapus seluruh data yang ada.

7. Terakhir, pilih menu Reboot system now. Dan hp akan melakukan restart untuk pertama kalinya setelah direset.

Cara Reset Samsung Galaxy A71

Setelah berhasil di hard reset, proses restart Samsung Galaxy A71 untuk pertama kalinya mungkin sedikit agak lama. Jadi, kalian jangan kaget atau bingung karena ini bukan error. Tapi, jika hp Galaxy A71 tidak jalan-jalan atau berhenti sampai muncul logo Samsung Galaxy, maka bisa jadi hp kalian mengalami error logo stuck. Tapi tenang saja, error seperti ini masih dapat diatasi dengan mudah kok.

Simak juga video tutorialnya dibawah ini:

Factory Reset Samsung Galaxy A71

Untuk metode factory reset Samsung Galaxy A71 hampir sama seperti cara reset hp Android lainnya, yaitu dengan catatan hp masih dapat mengakses menu atau pengaturan hp. Berikut langkah-langkah mudahnya:

1. Buka menu Pengaturan (Settings) hp Samsung Galaxy A71, selanjutnya pilih Manajemen umum (General management).

Cara Reset Samsung Galaxy A71

2. Selanjutnya pilih Reset -> Reset Data Pabrik (Factory Data Reset).

Cara Reset Samsung Galaxy A71

3. Konfirmasi ulang dengan memilih Reset.

4. Kemudian pilih Delete All.

Tunggu proses factory reset sampai selesai. Mungkin sedikit memakan waktu cukup lama, karena tergantung dari data, aplikasi dan pengaturan yang sudah diterapkan sebelumnya. Semakin banyak data, dan aplikasi mungkin sedikit lebih lama.

Simak juga video tutorialnya dibawah ini:

Penutup

Demikian ulasan cara reset Samsung Galaxy A71 yang mudah dilakukan, termasuk bagi kalian yang masih pemula atau sama sekali belum pernah melakukan reset.

Ingat, mereset smartphone artinya menghapus seluruh data termasuk aplikasi, dokumen (foto, video, musik, dll) serta seluruh pengaturan yang ada. Smartphone akan kembali ke default atau bawaan pabrik, lebih tepatnya seperti baru lagi.

Pastikan kalian sudah membackup seluruh data yang penting, termasuk alamat email serta password yang digunakan untuk akun Google Samsung Galaxy A71. Karena biasanya, setelah direset, kalian akan diminta untuk memverifikasi Akun Google yaitu memasukkan alamat email serta password yang sebelumnya sudah didaftarkan.

Simak juga: 4 Cara Melewati atau Bypass FRP Lock Akun Google untuk Semua Tipe HP Samsung

Demikian, semoga membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikolom komentar ya. Terima kasih.

Cara Reset Smartphone Samsung Lainnya:

Artikel Terbaru

Bagikan jika suka:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Anda juga bisa menjadi bagian kami untuk menginspirasi banyak orang melalui karya tulisan. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang!

Rekomendasi Lainnya

Artikel Terkait

Kebijakan Berkomentar:

Mohon untuk berkomentar relevan sesuai topik bahasan! Komentar tidak relevan, SPAM atau memiliki link aktif akan kami hapus.

Leave a Comment

Follow Fanspage Widiynews