Cara Reset Samsung Galaxy A30

Cara Reset Samsung Galaxy A30, jika kalian penggemar smartphone dual kamera, maka tentu sudah tidak asing lagi dengan gawai satu ini. Banderol harga Galaxy A30 2019 masih cukup lumayan. Dari hasil pantaun di beberapa situs jual beli di Indonesia, harganya rata-rata masih diatas 2,4 Jutaan untuk versi RAM 4GB, internal 64GB (Cek Disini).

Spesifikasi Galaxy A30 2019 memang cukup lumayan memikat. Salah satunya, kamera ganda 16MP+5MP dibagian sebagai senjata utamanya untuk membidik objek menjadi lebih apik. Sementera untuk kamera depan/selfie, gawai ini mengusung kamera tunggal 16MP.

Spesifikasi lain dari Galaxy A30 adalah layarnya yang lebar, yakni 6,4 inci Super AMOLED dengan resolusi 1.080×2.340 piksel. Desainnya terlihat semakin mewah dan berkelas dengan adanya sentuhan lekukan di keempat ujung sisinya. Apalagi, seluruh bodinya sudah dilapisi pelindung Gorilla Glass 3, ya walaupun sebenarnya bodinya terbuat dari bahan plastik.

Untuk performanya, ponsel dual kamera ini mengandalkan prosesor Exynos 7904 yang dipadu CPU Octa-core, GPU Mali-G71 2MP dan dua pilihan RAM yaitu 3GB dan 4GB. Sedangkan kapasitas penyimpanannya tersedia dua pilihan juga, yaitu 32GB dan 64GB. HP ini juga dilengkapi teknologi pemindai sidik jari dibagian belakang bodi, Fast charging, serta baterai bongsor 4.000 mAh.

Nah pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi cara me- reset Samsung Galaxy A30 2019. Cara ini dapat menghapus seluruh data, aplikasi, pola atau kunci layar serta mengembalikan hp Galaxy A30 ke pengaturan pabrik, jadi seperti baru lagi. Yuk simak tutorialnya dibawah ini.

Reset Samsung Galaxy A30 2019

Sebelum menuju topik pembahasan, ada beberapa poin yang harus kalian ketahui, salah satunya metode reset Samsung Galaxy A30. Ada dua metode atau cara yang dapat dilakukan yaitu Factory Reset dan Hard Reset. Walau sama, tapi kedua caranya berbeda. Simak selengkapnya dibawah ini.

Hard Reset Samsung Galaxy A30

Silahkan ikuti langkah-langkah hard reset hp Galaxy A30 dibawah ini:

1. Tekan tombol daya beberapa detik, kemudian pilih Restart (Klik dua kali).

2. Ketika hp mulai bergetar dan muncul logo Samsung, tekan dan tahan tombol volume atas+tombol power beberapa detik.

3. Lepaskan kedua tombol saat mulai muncul Menu Recovery.

4. Selanjutnya, pilih Wipe data/factory reset. Gunakan tombol power untuk memilih dan tombol volume atas dan bawah untuk bergulir.

Cara Reset Samsung Galaxy A71

5. Ketika muncul menu Wipe all user data?, Pilih Yes dengan menggunakan tombol daya. Tunggu proses reset data sampai selesai. Selanjutnya, hp Galaxy A30 akan kembali ke Menu Recovery.

Cara Reset Samsung Galaxy A71

6. Langkah terakhir, pilih Reboot system now. Dan tunggu hp melakukan restart pertama kalinya setelah dilakukan reset.

Cara Reset Samsung Galaxy A71

Proses ini mungkin memakan waktu cukup lama daripada biasanya. Jadi tidak perlu khawatir. Tapi yang perlu diperhatikan adalah kapasitas baterai hp jangan sampai dibawah 50% saat kalian akan melakukan hard reset.

Banyak pengguna hp Android yang gagal bootloop atau logo stuck (berhenti) sampai di logo saja, ya salah satunya karena masalah kapasitas baterai tidak cukup. Untuk antisipasinya, lebih dicharger dulu sampai penuh.

Factory Reset Samsung Galaxy A30

Factory reset hampir sama dengan hard reset, yaitu menghapus semua data, pengaturan, dan seluruh aplikasi yang sudah diinstal dari Samsung Galaxy A30. Sehingga, hp akan terasa lebih maksimal karena seperti baru dan baterai juga lebih awet karena tidak banyak aplikasi yang berjalan dilatar belakang.

Simak langkah demi langkah factory reset Samsung Galaxy A30 paling mudah dibawah ini.

1. Nyalakan hp dengan cara menekan tombol power. Jika sudah dalan kondisi nyala, skip langkah ini.

2. Selanjutnya, buka Menu Utama -> Settings -> General Management.

Cara Reset Samsung Galaxy A71

3. Kemudian pilih menu Reset -> Factory Data Reset.

Cara Reset Samsung Galaxy A71

4. Konfirmasi lagi dengan memilih Reset, dan terakhir pilih Delete All.

Selesai. Silahkan tunggu proses penghapusan seluruh data hp sampai selesai. Biasanya hp akan melakukan restart, tapi ada juga yang tidak sama sekali. Selanjutnya, kalian dapat melakukan konfigurasi ulang pada hp Galaxy A30 kalian setelah direset.

Video Reset Samsung Galaxy A30

Dibawah ini penulis lampirkan salah satu video yang mungkin bisa memudahkan kalian mempelajari cara reset Samsung Galaxy A30.

Penutup

Demikian ulasan cara reset Samsung Galaxy A30 yang menurut penulis cukup lengkap dan dapat dipraktikkan secara langsung sendiri.

Sekali lagi penulis ingatkan, melakukan reset berarti kalian menghapus seluruh isi didalam smartphone, jadi pastikan kalian memiliki backup data, alamat email serta password akun-akun yang kalian gunakan.

Sehingga, ketika ponsel selesai direset kalian dapat login ulang menggunakan email dan password tersebut. Selain itu, pastikan juga kalian menghafal email dan password yang kalian gunakan untuk membuat akun Google karena biasanya hp Samsung yang baru atau setelah di reset akan minta verifikasi ulang akun Google. Jika kalian lupa, silahkan ikuti panduan Cara Bypass Akun Google Semua Tipe HP Samsung DISINI

Artikel Terbaru

Bagikan jika suka:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Anda juga bisa menjadi bagian kami untuk menginspirasi banyak orang melalui karya tulisan. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang!

Rekomendasi Lainnya

Artikel Terkait

Kebijakan Berkomentar:

Mohon untuk berkomentar relevan sesuai topik bahasan! Komentar tidak relevan, SPAM atau memiliki link aktif akan kami hapus.

Leave a Comment

Follow Fanspage Widiynews