Widiynews

100 Tanaman Obat Herbal, Manfaat, Khasiat, Obat Kesehatan Alami

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Anda mungkin sudah sering mendengar nama tanaman obat herbal serta beberapa manfaat yang diperoleh jika mengonsumsinya. Meskipun tak sedikit diantara kita yang masih belum mengetahuinya.

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya, hal ini terbukti dari banyaknya temukan tanaman herbal yang sudah sejak jaman dulu kala digunakan sebagai ramuan obat. Jumlahnya tidak hanya puluhan, bahkan ada ratusan tanaman.

Walau teknologi dan dunia kesehatan semakin berkembang, ternyata masih banyak yang memilih pengobatan herbal dengan alasan lebih aman dibandingkan obat kimia. Seperti diketahui, obat-obat tradisional ini dapat mengobati berbagai macam penyakit dari yang biasa hingga yang kritis.

Namun, sebelum memilih jenis obat herbal yang tepat untuk mengobati penyakit yang Anda derita, tidak ada salahnya mengetahui terlebih dulu apa itu obat herbal, manfaat serta macam-macamnya dibawah ini.

Obat Herbal dan Manfaatnya

Herbal merupakan tanaman atau tumbuhan yang memiliki khasiat untuk pengobatan. Tidak semua tanaman berkhasiat sama, namun tanaman yang mengandung zat atau bahan aktif dapat digolongkan sebagai herbal.

Herbal juga sering kali disebut sebagai tanaman obat. Pengobatan jenis ini sering kali oleh masyarakat lokal dinamakan dengan istilah pengobatan alternatif.

Meski belum diteliti lebih lanjut menggunakan alat teknologi kesehatan yang ada saat ini, beberapa obat herbal masih menjadi pilihan primadona oleh masyarakat untuk mengobati penyakit dan luka.

Bagi kita yang sudah hidup dijaman serba teknologi saat ini, sudah sepantasnya bersyukur karena teknologi kedokteran pun sudah semakin pesat. Riset dan penelitian terkait obat-obatan pun semakin maju dan membuka mata bahwa alam telah menyediakan obat untuk berbagai jenis penyakit.

Indonesia sebagai negara terkaya di dunia yang memiliki kekayaan hayati terbukti memiliki ratusan hingga jutaan tanaman obat herbal sehingga tak sulit untuk mencarinya.

Banyak sekali tanaman herbal di Indonesia, sehingga tidak hanya sekedar untuk mengobati penyakit tetapi juga untuk perawatan kecantikan. Sehingga banyak sekali manfaat yang didapat jika mengonsumsi obat herbal, terutama untuk kesehatan tubuh.

Macam-Macam Tanaman Herbal, Obat Luka Alami dan Khasiatnya

Berikut 100 macam tanaman obat herbal disertai khasiat dan manfaat alami untuk kesehatan dari tumbuhan obat keluarga (Toga) yang patut diketahui.

1. Temulawak (Curcuma Xanthorhiza Roxb)

Temulawak merupakan tanaman berasal dari keluarga jahe (zingiberaceae) dan sekaligus tanaman herbal yang banyak ditemui di Indonesia. Tanaman ini banyak ditemui di daerah atau pulau Jawa, Kalimantan, Maluku, dan Sumetara. Meski tak menutup kemungkinan temulawak juga banyak tumbuh didaerah pegunungan.

100 Tanaman Obat Herbal Lengkap Disertai Khasiat dan Manfaatnya

Khasiat temulawak sudah tidak diragukan lagi dalam duni pengobatan alternatif. Ciri-ciri tumbuhan ini tumbuh sebagai semak tanpa batang, mulai dari pangkal sudah berupa tangkau daun yang panjang dan berdiri tegak. Daunnya panjang bundar, tingginya mencapai 2-3 milimeter. Temulawak biasanya tumbuh subur didataran rendah dengan ketinggian 750 meter. Usia panen tanaman ini biasanya sekitar 8-12 bulan dengan ditandai daun-daunnya yang mulai menguning.

Temulawak biasanya di parut kemudian direbut dengan air. Air rebusan temulawak inilah yang dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman ini sudah lama digunakan, bahkan sudah turun temurun sejak jaman nenek moyang kita.

Beberapa penyakit yang dapat disembutkan oleh obat herbal temulawak antara lain mag, diare, masuk angin, perut kembung, sakit kuning, hepatitis, dan pegal linu.

2. Kunyit atau Kunir

Kunir atau kunyit merupakan tanaman herbal asli wilayah Asia Tenggara. Tanaman obat ini kemudian menyebar ke Malaysia, Indonesia, Australia, dan Afrika. Hampir seluruh masyarakat Indonesia pernah mengonsumsi kunyit baik sebagai pelengkap bumbu masakan, kue, jamu untuk kebugaran dan kecantikan.

100 Tanaman Obat Herbal Lengkap Disertai Khasiat dan Manfaatnya

Menurut informasi situs kesehatan, kunyik oleh orang jawa digunakan sebagai ramuan jamu karena kandungannya yang berkhasiat menyejukkan, membersihkan, mengeringkan, dan menghilangkan gatal dan penyakit lainnya. Namun, seiiring berkembangnya teknologi pengobatan, kunyit saat ini banyak digunakan sebagai produk kosmetik kecantikan dan kesehatan.

Manfaat kunyit:

  • Anti inflamasi
  • Antioksidan
  • Anti mikroba
  • Pencegah kanker
  • Anti tumor
  • Menurunkan kadar lemak darah
  • Menurunkan kolesterol
  • Pembersih darah

Cara membuat obat herbal dari kunyit hampir sama dengan temulawak, yakni sama-sama diambil air rebusannya.

  1. Cuci bersih kunyit yang masih segar, kemudian kupas kulitnya.
  2. Parut atau blender dengan sedikit air, kemudian peras airnya hingga benar-benar habis.
  3. Didihkan air, kemudian rebus air perasan kunyit, gula, dan asam jawa.
  4. Setelah jamu mendidih, angkat dari kompor dan tunggu sampai dingin. Saring ari rebusan kunyit ke dalam gelas atau botol.

3. Keji Beling

Keji beling atau dalam bahasa Jawanya sering juga disebut dengan nama sambang geteh. Keji beling bermanfaat mengobati disentri, diare, obat batu ginjal serta dapat digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolestrol.

100 Tanaman Obat Herbal Lengkap Disertai Khasiat dan Manfaatnya

Daun tanaman obat ini dapat dimakan langsung sebagai lalapan saat makan atau juga dapat direbus dan diminum airnya untuk pengobatan. Khasiat keji beling akan lebih maksimal jika dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Daun keji beling biasany digunakan sebagai obat untuk gatal-gatal. Cara menggunakannya mudah sekali yaitu mengoleskan daun keji beling pada bagian yang gatal tersebut.

Untuk mengobati penyakit lain seperti mencret, dan diare, rebuslah seluruh bagian tanaman ini selama 30 menit, lalu minum air rebusan tersebut.

Manfaat tanaman herbal keji beling juga dapat mengobati kencing manis, lever (sakit kuning), ambeien, dan maag. Caranya dengan mengonsumsi daunnya sebagai lalapan rutin setiap hari.

4. Sambiloto (Andrographis Paniculata)

Tanaman herbal satu ini sudah tidak asing lagi tentunya di telinga masyarakat Jawa. Sambiloto banyak digunakan untuk pengobatan alternatif terutama di negara India. Dan saat ini di Indonesia banyak sekali obat herbal yang dibuat dari bahan dasar Sambiloto.

100 Tanaman Obat Herbal Lengkap Disertai Khasiat dan Manfaatnya

Bagi yang mengetahuinya, mungkin sambiloto hanya dianggap sebagai tanaman atau rumput pengganggu saja. Namun tahukah Anda jika tanaman ini memiliki kandungan zat yang berkhasiat untuk kesehatan.

Sambiloto merupakan tanaman obat dari kelaurga Acanthaceae. Genus Andgrographis terdapat 28 spesies, tapi tak semua jenisnya memiliki khasiat medis, salah satunya adalah sambiloto. Sambiloto mengandung zat senyawa Androprapholide, terutama bagian daunnya. Senyawa ini merupakan lakton diterpenoid bisiklik.

44 Manfaat Sambiloto untuk kesehatan dan medis:

  1. Menurunkan demam
  2. Mencegah risiko kanker
  3. Menurunkan tekanan darah
  4. Mengobati tifus
  5. Melindungi sel hati
  6. Mengobati gatal-gatal
  7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  8. Mengobati malaria
  9. Memeperlancar air seni
  10. Menjaga stamina
  11. Mengobati kencing manis
  12. Mengobati sakit perut
  13. Mencegah terjadinya infeksi saluran empedu
  14. Mengobati gejala penyakit hepatitis
  15. Mengatasi disentri basiler
  16. Mengatasi diare
  17. Mengobati radang paru
  18. Mengobati tifoid
  19. Mengobati bronkhitis (radang saluran pernafasan)
  20. Mengobati OMA (radang telinga tengah)
  21. Mengobati pielonefritis akut (radang ginjal akut)
  22. Mengobati leptospirosis
  23. Membantu meredakan sakit gigi
  24. Mengobati radang usus buntu
  25. Efektif sebagai penawar racun
  26. Mengobati bisul
  27. Mengobati anoreksi
  28. Mengatasi liver
  29. Mengobati HIV/ AIDS
  30. Mengatasi hidung berlendir
  31. Mengobati radang sendi
  32. Mengatasi influenza
  33. Mengobati infeksi sinus
  34. Mengobati keracunan makanan laut
  35. Mengatasi radang mulut
  36. Mengobati keracunan tempe bongkrek
  37. Mengobati keracunan singkong
  38. Mengobati keracunan jamur
  39. Mengatasi kusta
  40. Mengobati abses paru
  41. Mengobati kencing nanah
  42. Mengobati radang tonsilitis
  43. Peluruh lemak tubuh
  44. Mengobati sakit kepala

5. Tempuyung (Sonchus Arvensis L)

Sonchus arvensis L atau yang sering dikenal dengan tempuyung dikenal sebagai tanaman herba yang berkhasiat mengatasi beragam penyakit. Ciri-ciri pohon tempuyung adalah daunnya sedikit ungun, tepinya berombak, bergerigi, dan daunnya berwarna hijau.

100 Tanaman Obat Herbal Lengkap Disertai Khasiat dan Manfaatnya

Tempuyung berguna untuk menghancurkan batu ginjal, karena didalam daun tempuyung terkandung kalium berkadar cukup tinggi. Kalium inilah yang membuat batu ginjal berupa kalsium karbonat hancur. Endapatn batu ginjal ini akan larut dan keluar melalui urine. Untuk membuat obat dari tempuyung sangatlah mudah karena yang dibutuhkan hanyalah daunnya.

Cara membuatnya, cucilah beberapa lembar daun tempuyung, lalu daun tersebut diasapkan sebentar. Makanlah daun tersebut sebagai lalapan bersama nasi, dalam sehari konsumsilah lalapan daun tersebut sebanyak tiga kali (pagi, siang, sore). Lakukan cara ini selama beberapa hari untuk hasil yang maksimal.

Manfaat daun tempuyung untuk kesehatan dan pengobatan

  1. Mengobati bisul
  2. Menurunkan tekanan darah
  3. Obat kencing batu (batu ginjal)
  4. Kurang pendengaran
  5. Luka bakar
  6. Mengobati memar
  7. Mengobati asam urat
  8. Batu empedu
  9. Wasir, Usus buntu, Disentri

6. Beluntas (Plucheacea Indica)

Tanaman herbal ini memiliki ciri-ciri rasa getir dan sedikit berbau. Hampir seluruh bagian tanaman beluntas dapat digunakan sebagai obat tradisional, mulai dari obat penambah nafsu makan hingga membantu melancarkan proses pencernaan.

100 Tanaman Obat Herbal Lengkap Disertai Khasiat dan Manfaatnya

Seperti tanaman berkhasiat obat lainnya, beluntas memiliki nama dearah seperti Luntas (Jawa Tengah), beluntas (Sunda), baluntas (Madura), lamutasa (Makassar) dan lenabou (Timor).

Kandungan Beluntas

  • Alkaloid
  • Tannin
  • Natrium
  • Minyak atsiri
  • Kalsium
  • Flafonoida
  • Magnesium
  • Fosfor

Khasiat dan Manfaat Beluntas

  1. Meningkatkan nafsu makan
  2. Melancarkan pencernaan
  3. Meluruhkan keringat
  4. Menghilangkan bau badan dan bau mulut
  5. Meredakan demam
  6. Mengobati nyeri tulang
  7. Obat sakit pinggang dan keputihan
  8. Sebagai lalapan untuk makan

7. Adas (Feoniculum Vulgare Mill)

Mendengar nama adas mungkin sebagian Anda tidak asing lagi. Sebab, dibeberapa daerah daun adas sering dijadikan masakan yang enak dan menyehatkan. Beberapa menu masakan sederhana bahkan dapat Anda temukan di internet seputar khasiat daun herbal ini.

100 Tanaman Obat Herbal Lengkap Disertai Khasiat dan Manfaatnya

Buah tanaman adas memiliki rasa manis, pedas, dan bau yang aromatik yang khas. Bagian ini memiliki sifat menghangatkan. Bagian tanaman yang sering dijadikan obat herbal adalah buah, akar dan daunnya. Manfaat daun adas dapat membantu menurunkan tekanan darah serta beberapa penyakit lain.

Kandungan daun adas:

  • Minyak asiri 0,3-6%
  • Anethol 50-60%
  • Fanchom
  • Metilchavicol
  • Anis keton
  • Kamfena
  • Limonena
  • 1,8 sineol
  • Arginin
  • P-sitosterol
  • Dianethole
  • Rutin
  • Stigmasterol

Beberapa manfaat daun adas

  • Menambah daya tahan tubuh
  • Obat influenza
  • Anti-kholinesterase
  • Mengatasi ejakulasi dini
  • Merangsang ereksi
  • Anastesi
  • Merangsang keringat
  • Penguat hepar
  • Perangsang syaraf pusat
  • Mencegah kemandulan
  • Memperkuat daya hidup sperma
  • Pemicu pengeluaran hormon androgen
  • Melemahkan potensi sperma
  • Merangsang pengeluaran hormon estrogen dan menambah vitalitas

8. Ajeran (Bidens pilosa L., Bidens leuchantha Willd., Bidens sundaica BI.)

Dalam kehidupan sehari-hari, tanaman ajeran dapat dimanfaatkan sebagai obat penurun panas, antiradang, menghentikan pendarahan, melancarkan pendarahan, serta astringen.

100 Tanaman Obat Herbal Lengkap Disertai Khasiat dan Manfaatnya

Kandungan ajeran juga berkhasiat mengobati radang, luka karena gigitan ular berbisa, memar, wasir, demam, flu, sakit tenggorokan, infeksi hepatitis, diare, sakit gigi, radang usus buntu, serta obat gatal-gatal.

Bagian tanaman yang sering digunakan sebagai obat adalah bagian akar, daun, serta beberapa bagian lainnya.

9. Ilalang atau Alang-Alang ( Imperata cylindrica (L) )

Tanaman obat herbal ini banyak tumbuh dipekarangan, dan merupakan tumbuhan liar. Sayang, ilalang atau alang-alang sampai saat ini masih belum maksimal digunakan sebagai obat herbal. Beberapa orang masih menganggap ilalang sebagai rumput biasa.

100 Tanaman Obat Herbal Lengkap Disertai Khasiat dan Manfaatnya

Padahal, kandungan dalam ilalang seperti glukosa, sukrosa, molic acid, citric acid, coixoi, orundoin, cylindrin, fernenol, simiarenol, anemonin, asam kersik, damar, logam alkali, saponin, tanin, dan polifenol memiliki manfaat untuk menurunkan panas, menghentikan pendarahan, menghilangkan rasa haus, sariawan, panas dalam, muntah darah, mimisan, kencing nanah, dan radang ginjal.

Bagian alang-alang yang sering dijadikan obat adalah akar, atau rimpang. Akar alang-alang memiki rasa sedikit manis.

10. Asam Jawa (Tamarindus Indica L)

Beberapa kandungan asam jawa yang berkhasiat obat diantaranya gula invert, tartaric acid, citric acid, serine, beta alanin, vitamin B3, geranial, linomene, peptin, proline, leusin, phenylalanine, dan pipecolic acid.

100 Tanaman Obat Herbal Lengkap Disertai Khasiat dan Manfaatnya

Asam jawa memiliki manfaat mengobati batuk, bisul, borok, masalah pencernaan, karang gigi, sariawan, menurunkan berat badan, rematik, luka memar, radang payudara, dan mengatasi masalah rambut rontok.

Bagi yang belum tahu saja, bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal adalah daging buah, daun, serta kulit (cangkang) biji. Buah ini punya rasa yang unik, yakni asam sedikit manis. Buah ini dapat dimakan langsung atau dijadikan wedang (rebusan).

Buka halaman berikutnya melalui tombol navigasi dibawah….

Bagikan jika suka:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang

ARTIKEL YANG KAMI PILIH KHUSUS UNTUKMU

Baca Lainnya

Kebijakan Berkomentar:

Mohon untuk berkomentar relevan sesuai topik bahasan! Komentar tidak relevan, SPAM atau memiliki link aktif akan kami hapus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *