Widiynews

19 Kebiasan, Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Kesehatan Gigi

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Kesehatan Gigi – Makanan dan minuman yang dikonsumsi dapat berpengaruh pada kesehatan mulut dan gigi. Beberapa contoh buruknya kesehatan mulut antara lain sariawan, gusi bengkak, bau mulut tak sedap, sampai gigi berlubang.

Masalah mulut dan gigi memang sulit sekali untuk dihindari. Selain itu menurut berbagai narasumber, kesehatan gigi dan mulut berdampak pada kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Makanya penting sekali menjaga kesehatan mulut dan gigi setiap hari dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari ketika bangun tidur dan sebelum tidur. Jika perlu, menggosok gigi setelah makan juga lebih baik. Jika malas membersihkan, sisa makanan yang tertinggal didalam mulut bersama bakteri akan membentuk plak. Dan plak inilah yang menyebabkan gigi berlubang, sakit, dan menimbulkan aroma tak sedap pada mulut.

Selain itu, hindari juga beberapa kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi minuman bersoda, alkohol, menggigit makanan panas dan dingin dan malas menggosok gigi.

Kebiasaan Buruk, Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Kesehatan Gigi

Nah berikut beberapa kebiasaan buruk, makanan dan minuman yang ternyata dapat merusak kesehatan gigi dan mulut. Apa saja? Simak selengkapnya dibawah ini.

19 Kebiasan, Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Kesehatan Gigi

Mengunyah Es Batu

Salah satu kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan gigi adalah sering mengunyah es batu. Ya, es batu memang terbuat dari bahan alami yaitu air mineral dan bebas gula. Tapi bukan berarti tidak berbahaya untuk gigi.

Es batu dengan ukuran besar, keras dan beku juga bisa membuat gigi patah. Selain itu, mengunyah es batu juga bisa membuat iritasi jaringan lunak didalam gigi sehingga bisa mengakibatkan sakit gigi.

Olahraga Ekstrim Tanpa Pelindung Gigi

Sering olahraga ekstrim? Jika iya sebaiknya kalian menggunakan pelindung gigi sebagai pengaman. Walau bentuknya sederhana, tapi alat ini sangat penting untuk menjaga terjadinya kontak langsung yang bisa mengakibatkan banyak masalah pada gigi, salah satunya gigi patah.

Pelindung gigi atau mulut ini tidak terlalu mahal kok. Kalian bisa membeli di beberapa toko online seperti di Shopee dengan harga terjangkau.

Botol Dot Bayi

Tidak hanya pada orang dewasa, kebiasaan memberi botol dot berisikan ASI, jus, atau susu formula saat tidur juga bisa merusak kesehatan gigi pada balita.

Gigi yang baru saja tumbuh seharusnya sehat dan kuat justru menjadi lapuk, mudah patah dan mudah berlubang. Bayi memang terbiasa tidur dengan botol dot di mulutnya. Tapi tahukah momies bahwa kebiasaan ini sebenarnya tidak baik untuk gigi si bayi?

Menindik Lidah

Menindik lidah mungkin terlihat lebih keren bagi sebagian orang karena ini sering kali dianggap sebagai trend masa kini oleh para remaja. Tapi tahukah Anda bahwa logam yang terpasang pada lidah bisa menyebabkan munculnya bakteri dan merusak gigi?

Mulut merupakan tempat bersarangnya bakteri, sehingga tindikan justru bisa meningkatkan risiko infeksi dan luka. Selain itu, tindikan pada lidah memiliki risiko tidak sengaja menusuk pembuluh darah besar yang bisa mengakibatkan pendarahan.

Baca juga: Ingin Gigi Sehat dan Kuat? Hindari 4 Bahan Makanan dan Minuman Ini

Bruxism atau Menggemeretakkan Gigi

Bruxism adalah dimana seseorang sering menggemeretakkan, menekan, atau menggesekkan gigi atas dan bawah, kanan dan kiri secara tidak sadar. Awalnya mungkin tidak masalah, tapi jika sudah menjadi kebiasaan hal ini juga bisa berdampak pada kesehatan gigi.

Sering Mengonsumsi Obat Batuk Sirup

Bukan berarti obat batuk sirup sehat meski cepat atasi batuk. Sebagian besar obat sirup mengandung bahan gula atau pemanis. Jadi, pastikan setelah mengonsumsi obat sirup Anda menggosok gigi.

Jika tidak, gula atau bahan pemanis dari obat sirup akan menempel pada gigi dalam bentuk plak. Kemudian bakteri dalam plak akan mengubah gula menjadi asam yang mengikis enamel gigi.

Mengonsumsi Permen

Permen apapun jenisnya ternyata kurang baik untuk kesehatan gigi. Gigi jadi mudah berlubang dan plak sisa zat asam dari permen akan menempel sehingga mengikis enamel gigi.

Pastikan setelah mengonsumsi permen untuk berkumur atau menggosoknya dengan pasta gigi. Sehingga zat asam yang menempel pada gigi hilang.

Mengonsumsi Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung asam fosfat dan sitrat yang dapat merusak email gigi. Ya, meskipun minuman ini banyak digemari oleh banyak kalangan. Apalagi mengonsumsinya ditengah terik matahari dalam bentuk kemasan dingin.

Namun, melihat kembali efek samping yang ditimbulkan oleh minuman bersoda mungkin bisa membuat Anda berfikir kembali untuk terlalu sering mengonsumsi minuman ini.

Membuka Barang dengan Gigi

Kebiasaan membuka barang dengan gigi juga sering dilakukan beberapa orang., salah satunya membuka tutup botol atau kemasan plastik.

Kebiasaan ini dapat menyebabkan gigi retak bahkan patah. Sebaiknya, gunakan alat pembuka botol pata umumnya atau gunting agar lebih mudah dan hindari menggunakan gigi.

Baca juga: Ingin Gigi Putih Bersih Alami? Yuk Simak 7 Cara Mudahnya Berikut Ini

Minuman Suplemen

Mengonsumsi minuman suplemen atau penambah stamina setelah olahraga memang menyegarkan. Tapi ternyata minuman ini tidak baik untuk kesehatan gigi dan seluruh tubuh. Sebagian besar minuman suplemen dan energi mengandung pemanis buatan yang cukup tinggi.

Sebaiknya konsumsi minuman mineral yang bebas gula dan bebas kalori agar gigi tetap sehat dan tubuhpun tetap terhidrasi.

Mengonsumsi Jus Buah

Jus buah memiliki kandungan vitamin dan antioksidan tinggil. Tapi sayangnya, sebagian penjual jus buah lebih banyak menggunakan bahan pemanis tambahan.

Sebaiknya, konsumsi juah buah yang tidak mengandung gula berlebih atau bahan pemanis lainnya. Jika perlu buatlah jus buah sendiri. Pilih buah-buahan yang manis sebagai bahannya.

Mengonsumsi Keripik Kentang

Kebiasaan ngemil juga bisa mengganggu kesehatan gigi. Hal ini terjadi jika Anda malas membersihkan gigi setelah ngemil. Keripik kentang dan makanan bertepung lainnya lebih mudah untuk menempel pada sela-sela gigi.

Sisa makanan ini bisa berubah menjadi plak dan berubah menjadi zat asam. Zat asam inilah yang nantinya merusak warna gigi, membuat gigi dan mudah berlubang, apalagi jika didiamkan selama berjam-jam.

Menggigit Pensil

banyak sekali kebiasaan buruk seseorang ketika sedang iseng, berfikir atau saat berkonsentrasi, salah satunya menggigit pensil atau pena. Sama halnya menggigit es batu, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan gigi patah atau retak.

Minum Kopi

Minum kopi tidak sebatas dilakukan oleh kaum pria saja, wanita juga banyak yang gemar minum kopi. Warna gelap dan zat asam pada kopi ternyata dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Meski demikian, perubahan warna yang disebabkan oleh kebiasaan minum kopi ini dapat diatasi dengan metode pemutihan.

Untuk menjaga kesehatan gigi, sebaiknya gosoklah gigi Anda setelah menggosok gigi. Jika tidak ada waktu, minimal menggosok gigi dua kali sehari.

Merokok

Selain tidak baik untuk kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya, kebiasaan merokok juga berdampak pada kesehatan gigi. Gigi yang semula berwarna putih akan berubah menjadi kuning.

Zat yang terkandung didalam tembakau juga dapat menyebabkan kanker mulut, bibir dan lidah putih.

Mengonsumsi Minuman Anggur

Zat asam didalam anggur dapat menggerogoti email pada gigi, menciptakan bintik-bintik kasar yang membuat gigi lebih rentan terhadap noda hitam. Anggur merah juga mengandung pigmen yang disebut kromagen dan tanin, yang dapat menempel pada gigi.

Kombinasi zat ini bisa lebih lama menempel pada gigi dan gelas. Begitu pula dengan anggur putih. Zat asam pada anggur putih dapat merusak enamel pada gigi dan menjadikan gigi keropos, dan rentan berlubang.

Mengonsumsi Makanan Manis

Sudah tidak dipungkiri bahwa makanan dan minuman manis mengandung bahan pemanis buatan dan bukan alami. Bahan-bahan ini dapat dengan mudah dan cepat merusak kesehatan gigi.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi

19 Kebiasan, Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Kesehatan Gigi

Kondisi mulut dan gigi yang tidak terawat memudahkan bakteri untuk berkembang biak. Sehingga memungkinkan terjadinya masalah kesehatan pada gusi, dan gigi. Selain menghindari beberapa kebiasaan buruk diatas, Anda dapat secara konsisten melakukan hal positif berikut untuk mengetahui kesehatan gigi Anda.

Periksa ke Dokter Gigi

Periksalah ke dokter gigi secara teratur, minimal enam bulan sekali untuk mengetahui dan berkonsultasi terkait kesehatan gigi Anda.

Memilih Sikat Gigi yang Tepat

Pastikan Anda menggunakan sikat gigi yang tepat, mulai dari ukuran, bentuk dan kondisi bulu. Perhatikan juga batas penggunaan sikat gigi, paling lama adalah tiga bulan.

Perhatikan Cara Menyikat Gigi

Selain memilih jenis sikat gigi, perhatikan pula cara menyikat gigi yang benar agar tidak merusak kesehatan gigi. Cara menyikat gigi yang salah dapat merusak enamel gigi.

Cara yang benar ketika menggosok gigi adalah dengan cara memegang sikat gigi dengan sudut 45 derajat mengarah ke gusi. Lakukan dengan gerakan pendek-pendek, tidak terlalu keras, dan lakukan dengan gerakan melingkar. Lakukan 10-15 kali sikatan selama 2 menit saja.

Hindari Makanan Mengandung Gula

Batasi konsumsi gula karena ini adalah sumber energi bagi bakteri. Zat asam atau gula bisa membentuk plak yang dapat merusak bagian enamel gigi dan gusi serta membentuk keasaman mulut.

Berhenti Merokok

Merokok membuat mulut menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Zat racun nikotin dan tar yang terkandung didalam rokok juga bisa merusak gusi, merubah warna alami gigi, lidah dan bibir.

Selain untuk menjaga mulut tetap sehat, sebaiknya berhenti merokok untuk menjaga kesehatan tubuh secara

Kurangi Minuman Soda

Cara lain menjaga kesehatan gigi adalah membatasi minuman soda. Kandungan asam fosfat dan sitrat yang terkandung didalam minuman soda dapat mengancam kesehatan gigi. Selain itu, minuman bersoda juga umumnya mengandung gula dan pemanis buatan.

Demikian ulasan tentang 19 kebiasaan, makanan dan minuman yang dapat merusak kesehatan gigi yang dapat penulis bagikan. Semoga dapat menambah wawasan tentang menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Referensi:

https://www.halodoc.com/6-kebiasaan-ini-bisa-bantu-menjaga-kesehatan-mulut-dan-gigi

https://www.alodokter.com/hargai-kesehatan-gigi-dan-mulut-sebagaimana-menghargai-diri-sendiri

Diakses 10 Juni 2020

Bagikan jika suka:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang

ARTIKEL YANG KAMI PILIH KHUSUS UNTUKMU

Baca Lainnya

Kebijakan Berkomentar:

Mohon untuk berkomentar relevan sesuai topik bahasan! Komentar tidak relevan, SPAM atau memiliki link aktif akan kami hapus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *