Inilah Doa yang Sebaiknya Dibaca Orang Tua untuk Bayi dalam Kandungan

Doa untuk Bayi dalam Kandungan – Hamil adalah salah satu bentuk keajaiban sekaligus karunia yang Allah SWT berikan kepada kaum wanita. Bagaimana tidak, banyak pasangan yang sampai saat ini masih berharap bisa hamil dan segera mendapatkan keturunan.

Maka bersyukurlah jika Anda yang saat ini sudah hamil dan sebentar lagi melahirkan. Ini adalah karunia Allah yang tiada duanya. Bagi Anda yang belum, janganlah putus asa, tetaplah ikhtiar sambil terus memanjatkan doa agar Allah segera mengabulkan permohonan Anda.

Fase kehamilan adalah fase bahagia sekaligus mendebarkan. Bagaimana tidak, selain akan menjadi kedua orang tua, itu artinya Anda dan pasangan akan segera mendapatkan amanah dari Allah dimana Anda dan pasangan memiliki tanggung jawab untuk mendidik, memberi nafkah dan masih banyak lagi lainnya.

Namun demikian, Islam selalu memberi kemudahan kepada seluruh pemeluknya, salah satunya dengan berdoa agar mendapatkan keturunan yang sholeh dan sholehah yang hanya Allah berikan kepada kita.

Doa ibu hamil ini dapat diamalkan baik oleh ibu sendiri maupun suami dari istri yang sedang hamil. Doa ini sebaiknya diamalkan secara rutin setiap hari atau selama bayi masih dalam kandungan.

Nah pada kesempatan kali ini Widiynews akan berbagi artikel tentang amalan doa yang sebaiknya dibaca kedua orang tua untuk bayi selama masih dalam kandungan. Selengkapnya simak dibawah ini.

Bacaan Doa yang Sebaiknya Dibaca untuk Bayi yang Masih dalam Kandungan

Selama hamil, sebaiknya ibu mengurangi mengeluh dan berkeluh kesah. Ya walaupun menjadi ibu hamil dan menjalani setiap prosesnya gak mudah.

Tapi ini adalah karunia dan nikmat yang hanya Allah berikan kepada wanita dan menjadi bagian dari proses untuk mendapatkan keturunan yang sholeh dan sholehah.

Inilah Doa yang Sebaiknya Dibaca Orang Tua untuk Bayi dalam Kandungan

Selain itu, ya walaupun hari-hari Anda akan terasa terasa berat seperti ngidam dan hal-hal berbeda dari biasanya, tapi masa kehamilan jangan sampai mengurangi kuantitas dan kualitas ibadah kepada Allah SWT.

Perbanyaklah membaca doa, salah satunya doa untuk bayi dalam kandungan yang sangat dianjurkan berikut agar kelak ketika lahir ke dunia dalam keadaan selamat, sehat, tidak cacat, cantik dan tampan, serta termasuk keturunan yang sholeh dan sholehah.

Doa Bagi Ibu yang Sedang Hamil

Untuk Anda yang saat ini sedang hamil, silahkan amalkan bacaan salah satu doa berikut ini. Semakin banyak semakin baik ya bunda.

وَاللهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ تَارَةً أُخْرَى

Lafadz: “Wallâhu ahrajakum mim buthûni ummahâtikum târatan ukhra.”

Artinya: “Dan Allah mengeluarkan kalian dari perut ibu-ibu kalian pada kesempatan yang lain (persalinan).”

Doa Agar Janin Diberi Kesehatan

Memang tidak ada doa yang khusus diperuntukkan bagi ibu hamil. Tapi dengan mengamalkan yang baik yaitu membaca beberapa doa yang dianjurkan untuk ibu hamil bisa mendatangkan manfaat.

Dan salah satu yang dianjurkan adalah doa agar janin yang didalam kandungan senantiasa sehat dan dijaga oleh Allah SWT berikut ini.

Baca juga : 7 Tips Ibu Hamil, Langkah-Langkah Agar Melahirkan Bayi Sehat

Lafadz : Allahummah fazh waladii maa daama fii bathnii. Wasyfihi ma’ii. Anta asy-syaafii laa syifaa ‘an illaa syifaa ‘uka syifaa ‘an laa yughaadiru saqama.

Artinya: “Ya Allah, semoga Engkau lindungi bayiku ini selama ada dalam kandunganku. Berikanlah kesehatan kepadanya bersamaku. Sesungguhnya Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesehatan selain kesehatan yang Engkau berikan, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lain.”

Doa Terhindar dari Keguguran

Innallaha yumsikus-samawati wal-arda an tazula, wa la’in zalata in amsakahuma min ahadim mim ba’dih, innahu knna haliman gafara

Artinya: “Sungguh, Allah yang menahan langit dan bumi agar tidak lenyap; dan jika keduanya akan lenyap tidak ada seorang pun yang mampu menahannya selain Allah. Sungguh, Dia Maha Penyantun, Maha Pengampun.” (QS.Faathir 35:41)

Doa dan Amalan untuk Suami yang Istrinya Sedang Hamil

Bagi Anda para ayah dan calon ayah yang istrinya sedang hamil, Anda juga dianjurkan untuk mengamalkan ibadah dan bacaan doa dimana salah satu tujuannya adalah agar bayi dalam kandungan tidak di ganggu syetan, lahir dengan selamat, sehat, lahir tidak dalam kondisi cacat, sholeh serta sholehah.

Inilah Doa yang Sebaiknya Dibaca Orang Tua untuk Bayi dalam Kandungan

Berikut beberapa amalan yang dianjurkan untuk ayah:

1. Membaca Surat al-Fatihah sebanyak 7 kali setiap ba’da shalat shubuh dan ditiupkan pada perut ibu hamil.

2. Membaca surat al-Insyirah (Alam Nasyrah) sebanyak 7 kali setiap ba’da shalat maghrib dan ditiupkan pada perut ibu hamil.

3. Memperbanyak membaca berdoa di bawah ini:

اللهم احْفَظْ وَلَدِي مَادَامَ فِى بَطْنِ زَوْجَتِي وَاشْفِهِ أَنْتَ الشَّافِى لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَآؤُكَ شِفَآءً لآيُغَادِرُ سَقَمًا اللهم صَوِّرْهُ فِي بَطْنِ زَوْحَتِي صُوْرَةً حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ اللهم أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِ زَوْجَتِي وَقْتَ وِلَادَتِهَا سَهْلًا وَتَسْلِيْمًا اللهم اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلًا وَعَاقِلًا حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلًا اللهم طَوِّلْ عُمُرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَأَفْصِحْ لِسَانَهُ وَأَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْحَدِيْثِ وَالْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Lafadz : “Allahummahfadz waladî mâ dâma fî bathni zaujatî wasyfihi anta asy-syâfi lâ syifâ an illa syifauka syifa an la yughâdiru saqaman. Allahumma shawwirhu fî bathni zaujatî shûratan hasanatan watsabbit qolbahu îmânan bika wa bi-Rasûlika. Allahumma akhrijhu mim bathni zaujatî waqta wilâdatihâ sahlan wa taslîman. Allahumma ij’alhu shahîhan kâmilan wa ‘âqilan hâdziqan ‘âmilan. Allahumma thowwil ‘umrohu wa shahhih jasadahu wa hassin khuluqohu wa afshah lisânahu wa ahsin shautahu liqirooatil hadîtsi wal qur`ânil ‘adzîm bibarokati Muhammadin shallallâhu ‘alaihi wasallam. Walhamdulillâhi Robbil ‘âlamîn.”

Artinya:

“Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit. Ya Allah, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu pada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat. Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, banyak beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadits dan Al-Qur’an Yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam.”

Doa dan Amalan untuk Ibu Selama Hamil

Selain doa yang dikhususkan untuk ibu hamil diatas, ada beberapa amalan yang sangat dianjurkan untuk dibaca selama masa kehamilan ibu baik dibaca oleh ibu yang sedang hamil atau suami.

Berikut beberapa diantaranya :

  1. Memperbanyak membaca surat Al-Fatihah
  2. Membaca Ayat Kursi
  3. Memperbanyak Dzikir
  4. Membaca tiga surat terakhir, yaitu surat An-Nas, Al-Falaq, dan Al-Ikhlas.
  5. Membaca Surat Al-Hasyr
  6. Membaca dua ayar terakhir Surat Al-Baqarah
  7. Memperbanyak Membaca Al-Quran
  8. Memperbanyak sedekah dan berdoa kepada Allah

Itulah amalan dan doa yang sebaiknya dibaca orang tua untuk bayi dalam kandungan yang dapat penulis bagikan pada kesempatan kali ini. Masih banyak lagi amalan dan doa yang dianjurkan untuk ibu hamil, mungkin dilain kesempatan penulis akan membagikannya sebagai pelengkap artikel ini.

Bagi Anda yang saat ini menjalani proses kehamilan, silahkan diamalkan doa diatas. Jika belum, boleh disimpan untuk persiapan. Demikian, semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bi shawab.

Artikel Terkait

Sedang Banyak Dibaca

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More