Amalan Doa dan Tata Cara Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab

Amalan Doa dan Niat Puasa Bulan Rajab – Dalam Islam penanggalan Tahun Hijriyah, bulan Rajab masuk urutan ke-7 atau dua bulan sebelum Ramadhan. Bulan Rajab juga termasuk salah dari banyak bulan yang sangat dimuliakan Allah SWT.

Jumlah hari pada bulan ini adalah 30 hari serta memiliki beragam keutamaan, salah satu diantaranya adalah peristiwa bersejarah dalam Islam yaitu Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Dan tentunya masih banyak lagi peristiwa penuh hikmah lainnya.

Nah pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi tentang amalan doa serta niat dan tata cara puasa Sunnah bulan Rajab.

Salah satu tujuannya adalah untuk saling belajar dan memperbanyak amal ibadah, apalagi bulan ini termasuk dari empat bulan (bulan haram) yang dimuliakan Allah. Jadi mari kita pergunakan untuk meraup pahala dan ridha Allah SWT. Simak selengkapnya dibawah ini.

Amalan Doa dan Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab

Kata Rajab mempunyai makna agung, mulia atau keagungan. Didalam Al-Qur’an, bulan ini disebut juga dengan Asyhurul Hurum atau termasuk bulan yang dihormati.

Amalan Doa dan Tata Cara Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab

Karena termasuk bulan yang dihormati, maka tak heran jika bulan Rajab mempunyai sejumlah keutamaan yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi umat Islam.

Doa Bulan Rajab

Ketika memasuki bulan Rajab, ada salah satu doa yang dianjurkan untuk dibaca. Didalam doa ini kita sebagai umat Islam memohon kepada Allah SWT untuk senantiasa mendapatkan ampunan, rahmat, dan keberkahan selama bulan Rajab.

Selain itu, didalam doa ini juga kita memohon kepada Allah agar senantiasa diberikan umur panjang agar kita sampai dan bisa berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan.

Berikut doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika menyambut bulan Rajab:

Amalan Doa dan Tata Cara Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab

Allaahumma baariklanaa fii Rajaba wa Sya’baana Wa Ballighnaa Ramadhana.

Artinya:

“Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban ini, dan sampaikanlah umur kami bertemu Ramadhan”.

…atau bisa juga membaca doa berikut:

Amalan Doa dan Tata Cara Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab

Allaahumma baariklanaa fii Rajabin wa Sya’baana Wa Ballighnaa Ramadhana. Astagfirullahulladzi laa ilahailla huwalchaiyulqoiyumu waatubu ilaih.

Artinya :

“Ya Allah, berkatilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban serta sampaikan kami ke bulan Ramadhan. Aku memohon ampun kepada Allah, yang Maha Agung, dan tiada Tuhan melainkan Dia yang hidup dan berdiri sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya.”

Puasa Bulan Rajab

Puasa bulan Rajab adalah termasuk puasa sunnah yang sangat dianjurkan kepada umat Islam. Tidak ada ketentuan khusus terkait jumlah hari puasa pada bulan haram ini.

Namun, menurut beberapa kajian puasa pada hari-hari bulan Rajab memiliki keutamaan tersendiri, diantaranya sebagai berikut:

  • Puasa hari pertama, mendapat ampunan selama tiga tahun.
  • Puasa hari kedua, diampuni dosa kita selama dua tahun
  • Puasa pada hari ketiga, diampuni dosa kita selama satu tahun
  • Sedangkan pada hari-hari berikut dihapuskan dosa-dosa kita dalam satu bulan.

Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Sesungguhnya zaman telah berputar seperti keadaannya di hari saat Allah Ta’ala menciptakan langit dan bumi, satu tahun ada dua belas bulan. Di situ terdapat empat bulan yang diharamkan atau disucikan Allah. Tiga bulan tersebut adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab adalah bulan yang terletak antara Jumadil Akhir dan Sya’ban.” (Hadits Riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim)

Tata Cara dan Niat Puasa Sunnah Rajab

Seperti puasa Ramadhan dan puasa sunnah pada umumnya, puasa Rajab diawali dengan membaca niat boleh secara langsung atau didalam hati pada hari hari sebelum melaksanakan puasa.

Adapun bacaan doa atau niat untuk berpuasa Rajab adalah :

“Nawaitu Shouma Ghodin Fii Syahri Rajabi Sunnatan Lillaahi Ta’aalaa.”

Yang artinya adalah, “Saya niat puasa esok hari di bulan rajab sunah karena Allah Ta’ala.”

Jika Anda terlupa membaca niat puasa Rajab, maka dapat membaca niat di bawah ini, pada pagi hari sebelum waktu Dzuhur tiba:

“Nawaitu Shouma Hadzal Yaumi’an Ada’i Sunnati Rajaba Lillahi Ta’alaa.”

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Rajab hari ini karena Allah ta’alaa.

Keutamaan Puasa Sunnah Bulan Rajab

Siapa saja yang melaksanakan puasa sunnah, ibadah dan amal kebaikan pada bulan Rajab akan mendapatkan keutamaan, salah satunya dilipatgandakan pahalanya sampai 70 kali lipat.

Bahkan puasa sunnah Rajab pun memiliki keutamaan yang sangat istimewa, diantaranya :

  • Dihidangkan minuman dari air surga.
  • Diampuni segala dosa dengan memperbanyak istighfar.
  • Waktu mustajab untuk berdoa.
  • Mendapat kemuliaan yang istimewa.

Keutamaan puasa sunnah Rajab ini dijelaskan dalam hadits Rosulullah SAW berikut:

“Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan apabila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya.” (Hadits Riwayat At-Thabrani)

Begitu juga diterangkan Hadits Riwayat Hurairah tentang keutamaan puasa Rajab, Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya seperti orang yang puasa selama 60 bulan.”

Demikian kiranya semoga artikel amalan doa dan tata cara niat puasa sunnah Rajab ini dapat menambah wawasan keislaman kita. Dan semoga kita dapat berjumpa dengan bulan ini serta bulan Ramadhan.

Artikel Terkait

Sedang Banyak Dibaca

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More