Banyak yang Belum Tahu, Ini Dia Manfaat Jus Kentang untuk Kesehatan

Manfaat dan Cara Membuat Jus Kentang – Sehat dengan jus kentang adalah cara efektif dan efisien untuk mengatasi berbagai penyakit, baik penyembuhan dari dalam maupun dari luar. Kentang tak hanya mudah didapat, tetapi juga sangat ekonomis.

Untuk tujuan pengobatan, sebenarnya hanya dibutuhkan beberapa gram kentang setiap hari. Selain sebagai obat, kentang juga dapat diolah menjadi masakan yang lezat serta jus untuk kesehatan.

Manfaat Jus Kentang untuk Kesehatan dan Mengobati Penyakit

Manfaat jus kentang tidak berbeda jauh dengan jus wortel, terdapat kandungan obat didalam kentang yang sering kali digunakan dalam dunia kesehatan. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui hal ini.

Banyak yang Belum Tahu, Ini Dia Manfaat Jus Kentang untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa khasiat dari jus kentang dalam dunia pengobatan :

  1. Mengatasi penyakit lever
  2. Pengerasan lever
  3. Kanker lambung
  4. Kanker tenggorokan
  5. Hepatitis kronis
  6. Tungkak lambung
  7. Tukak usus dua belas jari
  8. Radang lambung
  9. Radang usus
  10. Radang pancreas kronis
  11. Gangguan jantung
  12. Gangguan ginjal
  13. Diabetes
  14. Jantung berdebar-debar
  15. Tekanan darah tinggi
  16. Asma
  17. Cepat lelah, letih, dan lemas
  18. Imsomnia
  19. Alergi
  20. Bronchitis
  21. Gout
  22. Sembelit, dan disentri
  23. Paru-paru
  24. Jerawat, dan flek hitam
  25. Mencegah kanker, dan lain sebagainya.

Di samping dapat mengobati penyakit dalam tubuh, jus kentang juga dapat digunakan sebagai obat untuk bagian luar seperti pegal linu, sakit pinggang, nyeri saraf, keselo, luka bakar dan luka ringan, gondongan, sakit gigi, glu, lengan kaku dan eksim.

Kanker mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, kalori, serat kasar, abu, kalsium, kalium, fosfor, besi, karotin, vitamin B1, B2, B6, dan C, asam nikotinat, dan lain-lain.

Jenis karbohidrat yang paling banyak terdapat dalam kentang adalah pati. Selain itu, kandungan protein dan kalorinya juga cukup tinggi. Asam aminonya juga lebih lengkap bila dibandingkan beras atau tepung terigu yang hanya mengandung 0.05 mg.

Begitu juga kandungan vitamin B6 nya. Kentang mengandung vitamin B6 lebih tinggi, yaitu 0.5 mg.

Baca: Daftar Lengkap Kandungan Gizi Kentang untuk Kesehatan

Manfaat vitamin B6 dapat mencegah pengerasan pembuluh nadi atau arteriosclerosis. Sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi kentang untuk mengurangi kemungkinan terserang pendarahan otak.

Cara Mengobati Penyakit dengan Ampas Jus Kentang

Karena kandungannya inilah, beberapa negara sering menyebut kentang dengan julukan roti kedua, yaitu makanan yang harus ada dalam menu sehari-hari.

Banyak yang Belum Tahu, Ini Dia Manfaat Jus Kentang untuk Kesehatan

Dalam dunia kesehatan, ampas jus kentang juga sangat manjur untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan, diantaranya sebagai berikut:

Mengatasi Pegal Linu

Apabila ada bagian yang pegal terasa panas, tempelkan ampas jus kentang pada bagian tersebut. Jika sudah kering, tambahkan cairan jus kentang lagi. Sebelum ditempelkan, simpan ampas jus kentang beberapa saat didalam lemari pendingin atau es.

Bila bagian yang pegal tidak terasa panas, gunakan ampas jus kentang dan bubuk cabe. Jika sudah kering, tambahkan cairan jus kentang kembali.

Mengatasi Eksim

Jus kentang beserta ampasnya dibalurkan pada bagian yang sakit.

Mengatasi Selesma

Sediakan ampas jus kentang, tepung terigu, dan cuka beras secukupnya. Campur semua bahan hingga merata, kemudian tempelkan pada leher dengan menggunakan kain has dan plester.

Mengobati Luka Bakar

Tempelkan ampas jus kentang pada bagian tubuh yang terbakar. Jika sudah kering tambahkan cairan jus kentang.

Menghilangkan Flek-Flek Hitam

Aduk ampas jus kentang dan bubuk ragi secukupnya sampai merata, kemudian maskerkan ke area wajah selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersihkan.

Cara Membuat Jus Kentang

Cara membuat jus kentang sangatlah mudah, selain bahannya yang juga sangat familiar, untuk mendapatkan kentang juga tidak perlu mahal-mahal karena harganya sangat terjangkau.

Banyak yang Belum Tahu, Ini Dia Manfaat Jus Kentang untuk Kesehatan

Untuk bisa mendapatkan manfaat jus kentang, Anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan alat-alat sederhana. Berikut cara membuat jus kentang yang praktis sendiri dirumah:

  1. 800 gram kentan segar kupas kulitnya dan cuci sampai bersih
  2. Masukkan ke dalam blender, tambahkan sedikit air.
  3. Mixer dengan blender sampai halus.

Sebelum diminum, sebaiknya jus kentang diaduk-aduk sampai endapannya tercampur dan ikut terminum.

Selain itu, jus kentang juga tidak boleh dimasak karena akan merusak kandungan gizinya. Waktu yang tepat untuk mengonsumsi jus kentang adalah 30-60 menit sebelum sarapan atau saat perut masih kosong. Konsumsi sebanyak 1-2 gelas setiap hari.

Bagi yang tidak suka dengan rasa kentang mentah, dapat menambahkan madu, atau stroberi ke dalam jus kentang agar rasanya lebih segar dan manis.

Demikian informasi seputar Manfaat dan Cara Membuat Jus Kentang untuk Kesehatan yang dapat penulis bagikan. Semoga bermanfaat ya.

Dapatkan artikel seputar Kentang atau artikel Kesehatan terbaru lainnya. Anda juga dapat membaca artikel Kandungan Gizi Wortel dan Manfaatnya untuk Kesehatan yang tidak kalah informatif

Artikel Terbaru

Bagikan jika suka:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Anda juga bisa menjadi bagian kami untuk menginspirasi banyak orang melalui karya tulisan. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang!

Rekomendasi Lainnya

Artikel Terkait

Kebijakan Berkomentar:

Mohon untuk berkomentar relevan sesuai topik bahasan! Komentar tidak relevan, SPAM atau memiliki link aktif akan kami hapus.

Leave a Comment

Follow Fanspage Widiynews