Widiynews

Cara Mengobati Batu Ginjal dan Infeksi Ginjal Menggunakan Tanaman Herbal

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Cara Mengobati Penyakit Ginjal dengan Bahan Herbal – Organ ginjal termasuk organ tubuh yang paling vital. Ini semua karena tugas utamanya membuang zat racun dari dalam tubuh. Sehingga ginjal juga perlu dijaga kesehatannya baik dengan cara menjaga pola hidup serta bahan dari herbal alami.

Panjang ginjal pada tubuh manusia kira-kira 11 sampai 13cm, lebar 5-7,5cm, tebal 2,5cm, berat 115-170 gram.

Tugas utama ginjal adalah membuang zat yang tidak berguna dan bersifat racun dari dalam tubuh melalui air seni. Setiap hari ginjal bekerja menyaring dan membersihkan sekitar 1.700 liter darah dan menghasilkan sekitar 1,5 liter urine.

Tugas ginjal lainnya adalah menjaga keseimbangan garam, asam basa, kandungan air dalam tubuh, mengatur tekanan darah, dan mengatur produksi sel darah merah di sumsum tulang.

Ginjal juga berfungsi mengubah provitamin D pada kulit menjadi vitamin D aktif dan sebagai tempat perombakan berbagai hormone seperti insulin yang berfungsi mengatur metabolism karbohidrat dan glucagon untuk penguraian glikogen.

Ginjal juga aktif dalam kegiatan monal dan metabolisme dalam mempertahankan keadaan internal yang konstan bagi sel tubuh.

Penyebab Batu Ginjal Adalah…

Terbentuknya batu ginjal ditandai dengan meningkatnya berbagai jenis garam dalam urine. Garam-garam tersebut mengendap di ginjal dan membentuk batu yang semakin lama semakin membesar.

Cara Mengobati Batu Ginjal dan Infeksi Ginjal Menggunakan Tanaman Herbal

Penderita batu ginjal biasanya tidak mengalami keluhan atua gejala lain. Rasa nyeri di daerah pinggang timbul bila batu bergeser dari piala ginjal ke bawah.

Rasa nyeri tersebut disebabkan perenggangan dinding, bahkan penyumbatan saluran yang menghubungkan saluran piala ginjal dan kandung kemih. Rasa nyeri berpindah dan merambat ke daerah pangkal paha bila batu mencapai bagian bawah saluran ureter dan biasanya disertai keluarnya darah bersama air seni.

Simak juga: 10 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan, si Pahit yang Banyak Digemari

Bagi orang yang berisiko tinggi terhadap penyakit batu ginjal, dianjurkan memperbanyak minum air putih sekitar 3 liter perhari dan menjaga pola makan. Dengan cara ini, garam-garam dalam urine tidak dapat mencapai taraf yang memungkinkan terjadinya endapan, sedangkan reaksi kimia dari urine dipengaruhi oleh maknan sehari-hari.

Cara Mengobati Batu Ginjal dengan Bahan Alami

  1. Siapkan 30-60 gram daun sendok yang segar direbus dengan 500 cc air hingga menjadi 250 cc. air rebusannya diminum 3 kali sehari.
  2. 6 buah tongkol jagung dicuci bersih, kemudian direbus dengan 5 gelas air hingga menjadi 2,5 gelas. Setelah dingin, disaring dan diminum 3 kali sehari sebanyak ¾ gelas.
  3. Rambut jagung secukupnya digodok sampai mengental. Kemudian disaring dan airnya diminum.
  4. Daun keji beling dan daun tempuyung masing-masing 5 lembar dan 6 buah tongkol jagung direbus dengan 5 gelas air hingga tersisa 2,5 gelas. Minum sebanyak 3 kali sehari.
  5. Sediakan seluruh bagian tanaman kumis kucing yang masih segar sebanyak 30 gram dan seluruh bagian tanaman meniran yang masih segar 30 gram. Cuci sampai bersih semua bahan, kemudian rebus dengan air secukupnya. Minum 2 kali sehari.
  6. Kulit labu bligo, meniran, sambiloto, dan daun sendok masing-masing yang masih segar sebanyak 30 gram dicuci bersih. Rebus semua bahan dengan air secukupnya. Minum 2 kali sehari.
  7. 15 gram akar kemabng pukul emapt yang kering atau 30 yang masih segar digodok dengan air secukupnya. Minum air rebusan tersebut secara rutin.
  8. 1 sendok makan bubuk daun kumis kucing dan 7 batang berikut akar meniran segar direbus dengan air 600 cc air hingga menjadi 300 cc. Minum 3 kali sehari
  9. Sediakan 5 lembar daun tempuyung segar, 6 buah jagung muda, dan 3 gram gula enau. Semua bahan dipotong-potong seperlunya dan direbus dengan 3 gelas air hingga menjadi 1,5 gelas. Minum 3 kali sehari, sekali minum ¾ gelas.
  10. 100 gram akar alang-alang direbus dengan air secukupnya, lalu minum 2 kali sehari

Penyebab Infeksi Ginjal adalah…

Penyakit infeksi ginjal terjadi karena adanya kuman dalam air seni. Kuman tersebut dari luka pada dinding saluran ginjal dan kandung kemih karena adanya pergeseran batu ginjal.

Cara Mengobati Batu Ginjal dan Infeksi Ginjal Menggunakan Tanaman Herbal

Gejala infeksi ginjal adalah sakit kepala, lemah, mual, menggigil, muntah, demam, dan nyeri pada pinggang.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai infeksi ini, dapat dilakukan pemeriksaan darah atau air seni di labolatorium.

Cara Mengobati Infeksi Ginjal dengan Bahan Alami

  1. 300 gram bunga matahari direbus dengan air sebanyak 500 cc hingga tersisa 250 cc. minum air rebusan ini secara rutin 3 kali sehari.
  2. 30 gram rambut jagung direbus dengan air sehingga mengental, kemudian saring dan minum air rebusannya.
  3. 10-15 gram batang brotowali yang sudah dipotong-potong, 15 gram daun sambiloto kering, dan 15 gram daun kumis kucing kering yang sudah di cuci bersih direbus dengan 3 gelas air hingga menjadi 2 gelas. Minum air rebusannya sebanyak 1 gelas sesudah makan.
  4. 30 gram daun sambiloto yang segar atau 15 gram yang kering direbus dengan air sebanyak 600 cc hingga menjadi 300 cc. Minum 2 kali sehari.
  5. 100 gram akar alang-alang direbus dengan air secukupnya. Lalu minum 2 kali sehari.
  6. Rebus 15 gram keji beling kering atau 30 gram yang segar dan 7 batang meniran berikut akarnya dengan 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas. Minum 3 kali sehari.
  7. Rebus 30 gram daun meniran segar dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, dan tambahkan madu secukupnya. Minum 3 kali sehari.
  8. 30 gram daun patikan kebo yang segar atau 15 gram yang kering direbus dengan air secukupnya. Minum 2 kali sehari.
  9. 15 gram daun sendok kering atau 30 gram daun sendok segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Minumlah sebanyak 2 kali sehari.

Penyebab Radang Ginjal

Penyebab radang ginjal disebabkan oleh peradangan dan kerusakan alat penyaring darah serta kapiler ginjal. Akibat gangguan pada alat penyaring darah, sel darah dan zat pemutih telur keluar dan masuk ke dalam air seni, sehingga pada penderita radang ginjal juga sering ditemukan banyak sel darah putih dalam air seninya.

Cara Mengobati Batu Ginjal dan Infeksi Ginjal Menggunakan Tanaman Herbal

Gejala radang ginjal akut adalah lemah, lelah, mual, kurang nafsu makan, muntah, volume air seni menurun, dan air seni mengandung sel darah serta protein.

Jika dibiarkan, penyakit ini dapat mengakibatkan kegagalan fungsi ginjal. Penderita ginjal kronis tidak menunjukkan gejala, tapi secara perlahan-lahan penyakit tersebut menggerogoti ginjal.

Semua jenis penyakit ginjal merupakan penyakit yang serius. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dan tetap menjaga pola hidup sehat serta rutin berolahraga setiap hari.


Dapatkan artikel seputar ginjal atau artikel Kesehatan terbaru lainnya. Anda juga dapat membaca artikel 9 Manfaat Kesehatan dari Kimci yang Mengejutkan, Masih Jarang yang Tahu yang tidak kalah informatif

Bagikan jika suka:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang

ARTIKEL YANG KAMI PILIH KHUSUS UNTUKMU

Baca Lainnya

Kebijakan Berkomentar:

Mohon untuk berkomentar relevan sesuai topik bahasan! Komentar tidak relevan, SPAM atau memiliki link aktif akan kami hapus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *