√ Doa Sebelum Tidur Terhindar dari Mimpi Buruk Arab, Latin dan Maknanya

Bacan Doa Terhindar dari Mimpi Buruk Saat Tidur– Dalam agama Islam, Rosulullah SAW selalu menganjurkan untuk membaca doa sebelum tidur. Agar tidurnya mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Sebenarnya, ada beberapa anjuran lain dari Rosulullah SAW diantaranya adalah tidur dalam keadaan suci dari hadas besar dan kecil, menghadap kekanan, membaca dzikir serta doa tidur lainnya.

Meski demikian, yang paling sering diamalkan oleh umat Islam pada umumnya adalah membaca doa sebelum tidur saja.

Salah satu hadits Nabi Muhammad SAW yang menganjurkan untuk bersuci sebelum tidur adalah sebagai berikut:

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

Artinya:

“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.’” (HR. Ibn Hibban).

Doa Sebelum Tidur Terhindar dari Mimpi Buruk

Mimpi sering kali dianggap sebagai bunganya tidur, jadi tak heran jika banyak orang yang beranggapan untuk tidak terlalu percaya dengan mimpi. Walau demikian, ada juga loh sebagian orang yang masih percaya jika mimpi juga merupakan pertanda alam. Bagaimana dengan kalian sendiri?

√ Doa Sebelum Tidur Terhindar dari Mimpi Buruk Arab, Latin dan Maknanya

Walau cuma sekedar kembangnya tidur, mimpi juga bisa memberi efek pada psikologi seseorang, terutama ketika bangun tidur atau saat pagi hari. Apalagi yang ia dapatkan adalah mimpi buruk, mungkin akan terasa was-was dan merasa lelah seperti kurang semangat.

Begitupun sebaliknya, jika mendapatkan mimpi indah seseorang biasanya bangun dengan penuh harapan, semangat dan motivasi yang kuat.

Doa Sebelum Tidur Supaya Mendapat Mimpi Indah

Ada salah satu doa sebelum tidur yang mudah dilafalkan ketika kalian beranjak untuk tidur. Doa ini cukup pendek sehingga mudah untuk dihafal.

Sebagian dari kalian mungkin sudah sering mendengar bacaan doa ini, namun jika pun belum pernah sama sekali berikut adalah bacaan doa agar terhindar dari mimpi buruk sehingga mimpi yang datang adalah mimpi yang indah dan baik.

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ رُؤْيًا صَالِحًا صَادِقَةً غَيْرَكَاذِبَةٍ نَافِعَةً غَيْرَضَارَّةٍ

Bacaan latinnya adalah:

“Allahumma inni as aluka rukyan shoolihatan shoodiqotan ghoiro kaadzibatin naafiatan ghoiro dzloorrotin”

Artinya adalah:

“Ya Allah, aku mohon kepada-Mu mimpi yang baik dan yang benar, (serta) tidak dusta, yang bermanfaat dan tidak berbahaya.”

Baca dan Simak Juga: Inilah Doa Istimewa Rosulullah Sebelum dan Sesudah Tidur

Doa Sebelum Tidur

Ada banyak sekali dzikir, dan doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika hendak tidur, salah satunya adalah doa pendek berikut ini:

باسمِكَ اللَّهُمَ أَحْيا وأمُوتُ

Bacaan latinnya adalah sebagai berikut:

“Bismika allahumma ahyaa wa amuut”

Artinya adalah:

“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”. (HR.Bukhari dan Muslim).

Makna Doa Sebelum Tidur

Makna doa sebelum tidur diatas adalah kita diajak untuk pasrah kepada Allah SWT yang mana Dia adalah pemilih seluruh kehidupan dan kematian.

Melalui doa sebelum tidur ini juga kita diajak untuk merenungi kembali bahwa kita, sebagai manusia adalah makhluk yang sangat lemah, hal ini digambarkan waktu kita tidur.

Saat sedang atau akan tidur, kita tidak mampu mengusai diri, mengendalikan tubuh, atau bahkan menentukan mimpi buruk atau indah.

Makna lain dari doa tidur diatas adalah Rosulullah SAW menggambarkan begitu dekatnya tidur dengan kematian. Bahkan perumpaan tidur dan mimpi ini hampir sama. Hal ini dijelaskan dalam hadits berikut:

“Tidur itu temannya mati.” (HR. Baihaqi,Thabrani dan Bazzar).

Mengapa demikian? Sebab, saat kita sedang tidur seluruh panca indra serta kesadaran tidak berfungsi sama sekali atau lebih tepatnya menyerupai mati. Hanya denyut jantung, nafas, dan beberapa aspek lain yang masih hidup.

Maka dari itu, Rosulullah SAW selalu mengajarkan untuk selalu tidur dalam keadaan suci atau berwudhu, dengan harapan kita tertidur dalam keadan suci pula. Seperti yang sudah dijelaskan didalam hadits diatas.

Simak juga: Jangan Tidur Setelah Shalat Subuh! Ini Alasannya Menurut Islam

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang doa sebelum tidur supaya terhindari dari mimpi buruk lengkap disertai bacaan Arab, latin dan maknanya. Semoga, doa ini dapat kembali mengingatkan kita bahwa semua yang kita miliki saat ini hanyalah titipan Allah SWT semata.

Seperti halnya tidur, kita akan melupakan segala yang kita miliki. Begitu pula dengan mati, kita akan meninggalkan seluruh yang kita miliki didunia dan tak akan kita bawa apapun kemewahan dunia.

Point dari doa sebelum tidur diatas sebenarnya bukanlah tentang tidurnya, sebab para Nabi, Ulama dan orang-orang sholeh selalu mengurangi tidur dan lebih memilih untuk memperbanyak ibadah serta amal kebaikan lainnya. Wallahu a’lam…..

Artikel Terbaru

Bagikan jika suka:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Anda juga bisa menjadi bagian kami untuk menginspirasi banyak orang melalui karya tulisan. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang!

Rekomendasi Lainnya

Artikel Terkait

Kebijakan Berkomentar:

Mohon untuk berkomentar relevan sesuai topik bahasan! Komentar tidak relevan, SPAM atau memiliki link aktif akan kami hapus.

Leave a Comment

Follow Fanspage Widiynews