Sholat Wudhu

Sholat Wudhu

Simak ulasan tentang √ sholat wudhu, √ niat sholat wudhu, √ doa sholat wudhu, √ hukum dan tata cara wudhu lengkap pada artikel ini.

Shalat Wudhu

Sholat wudhu  atau Tahiyatul Wudhu adalah shalat yang dikerjakan sesudah wudhu ketika akan shalat. Mungkin sebagian dari kita masih cukup asing dengan salah satu ibadah yang satu ini. Tapi tak juga ternyata banyak diantara sahabat muslim yang senantiasa menjalankan dan sudah lebih dulu istiqomah melakukan sholat wudhu setiap saat, terutama ketika selesai berwudhu.

Read More

Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, pada suatu hari, pada waktu subuh, Rosul sempat berbincang-bincang dengan sahabat Bilal bin Rabah. Nabi berkata, wahai Bilal, ceritakanlah kepadaku tentang amalan yang menurutmu paling besar pahalanya, yang kamu kerjakan dalam Islam. Sesungguhnya, aku pernah mendengar suara telapak langkah (jalan) mu dihadapanku di surga.

Mendapat pertanyaan itu, Bilal pun menjawab, Wahai Rosulullah, sesungguhnya aku tidak pernah mengerjakan amalan yang menurutku paling besar pahalanya, tapi aku tidak wudhu pada waktu malam dan siang, melainkan aku akan menunaikan sholat yang diwajibkan bagiku untuk mengerjakannya.

Sahabat Bilal bin Rabah adalah sahabat yang senantiasa melaksanakan sholat wudhu dua rakaat setiap kali melaksanakan wudhu. Perbuatan ini selalu ia kerjakan dalam setiap kesempatan. Selain itu, beliau juga termasuk orang yang selalu menjaga (dawam) wudhu, yakni setiap batal, dia akan langsung mengambil wudhu.

Dalil Melaksanakan Sholat Wudhu

Dalil melaksanakan sholat sunnah Wudhu dapat ditemukan didalam beberapa hadist Shohih, diantaranya sebagai berikut:

“Tidaklah seseorang berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu sholat dua rakaat dengan sepenuh hati dan jiwa melainkan wajib baginya (mendapatkan) surga.” (HR. Muslim, no. 234).

Selanjutnya diriwayatkan oleh Utsman Bin Affan dalam Bukhari 160 dan Muslim 22:

“Barangsiapa yang berwudhu seperti wudhuku ini kemudian berdiri melaksanakan dua rakaan dengan tidak mengucapkan pada dirinya, maka dia akan diampuni dosanya yang telah lalu.”

Hukum Melaksanakan Sholat Wudhu

Hukum sholat wudhu adalah sunnah seperti sudah diketahui jika selain sholat fardhu lima waktu adalah sunnah hukumnya.

Sholat wudhu adalah sholat sunnah nafilah (tambahan) yang juga sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW karena beliau juga melaksanakannya.

Pahala serta keutamaan melaksanakan sholat wudhu amatlah besar, jadi bukan tanpa alasan ibadah ini tidak dianjurkan namun demikian ini bukanlah perkara wajib seperti sholat lima waktu.

Keutamaan Sholat Wudhu

Widiynews.com telah merangkum dari berbagai sumber dan informasi terkait keutamaan melaksanakan sholat sunnah Wudhu, apalagi jika dilakukan secara istiqomah.

Adapun keutamaannya adalah Allah janjikan surga bagi siapa saja yang melaksanakan tahiyatul wudhu seperti perkataan Nabi Muhammad SAW:

“Tidaklah seseorang berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu sholat dua rakaat dengan sepenuh hati dan jiwa melainkan wajib baginya (mendapatkan) surga.”

Serta sebagaimana Allah Ta’ala menyukai orang-orang yang mensucikan diri seperti yang difirmakan-Nya didalam Al-Qur’an:

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS. Al-Baqarah : 222).

Waktu Sholat Wudhu

Waktu melaksanakan sholat sunnah Wudhu tidak terikta oleh waktu, yaitu kapan saja setelah mengambil air wudhu secara sempurna, dan membaca doa setelah wudhu.

Bahkan, pada waktu dilarang sholat menurut para ulama pun diperbolehkan seperti Taimiyah dalam kitab Al-Fatawa Al-Kubro, 5/345 dan Zakariya Al-Anshari dalam kitab ‘Asna Al-Matholib, 1/44.

Jumlah Rakaat Sholat Wudhu

Tahiyatul Wudhu atau Sholat Sunnah Wudhu jumlah rakaatnya adalah dua rakaat. Hal ini tertera dalam salah satu Hadits Nabi Muhammad SAW berikut.

“Tidaklah seseorang berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu sholat dua rakaat dengan sepenuh hati dan jiwa melainkan wajib baginya (mendapatkan) surga.”

Niat Sholat Sunnah Wudhu

Untuk bacaan niat yang dibaca ketika mulai melaksanakan sholat sunnah Wudhu adalah dibawah sebagai berikut dibawah ini.

Bacaan Niat Sholat Sunnah WudhuArab

اُصَلِّى سُنَّةً الْوُضُوءِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Bacaan Niat Sholat Sunnah Wudhu Latin

Ushallii sunnatal-wudhuu’I rak’ ataini lillaahi ta’aalaa.

Arti Bacaan Niat Sholat Sunnah Wudhu

 ”Aku niat sholat sunah wudhu 2 rakaat karena Allah.”

Saran: Niat sebaiknya dibaca dalam hati untuk menetapkan hati untuk melakukan Sholat.

Tata Cara Melaksanakan Sholat Wudhu Sesuai Tuntunan Nabi

Cara melaksanakan sholat sunnah wudhu atau Tahiyatul Wuduhu adalah sama seperti sholat sunnah umumnya, hanya saja yang berbeda adalah bacaan niatnya.

Berikut adalah tata cara lengkap sholat sunnah wudhu yakni berupa panduan mengerjakannya dari mulai niat hinngga salam, dan ditutup dengan doa.

Rakaat Pertama :

  • Membaca Niat Sholat Sunnah Wudhu diatas
  • Takbiratul Ihram, dianjurkan membaca doa iftitah
  • Membaca Al-Fatihah
  • Membaca surah al-Qur’an
  • Ruku’ (Membaca Subhana Rabbiyal ‘Adzhimi Wa Bihamdihi )
  • I’tidal (Membaca Sami’Allaahu liman hamidah kemudian Rabbana Lakalhamdu Mil Assamawati Wamil Ardhi Wamil a’maasyita Min Syai i’nba’du)
  • Sujud (Membaca Subhana Rabbiyal A’la Wa Bihamdihi)
  • Duduk diantara dua sujud (Membaca Rabbighfirli Warhamni Wajburni Warfa’kni Warzuqni Wahdini Wa’afini Wa’fu ‘anni)
  • Sujud ke 2 (Membaca Subhana Rabbiyal A’la Wa Bihamdihi)
  • Berdiri berlanjut ke rakaat kedua

Rakaat Kedua :

  • Membaca Al-Fatihah
  • Membaca surah al-Qur’an
  • Ruku’ (Membaca Subhana Rabbiyal ‘Adzhimi Wa Bihamdihi )
  • I’tidal (Membaca Sami’Allaahu liman hamidah kemudian Rabbana Lakalhamdu Mil Assamawati Wamil Ardhi Wamil a’maasyita Min Syai i’nba’du)
  • Sujud (Membaca Subhana Rabbiyal A’la Wa Bihamdihi)
  • Sujud ke 2 (Membaca Subhana Rabbiyal A’la Wa Bihamdihi)
  • Salam

Doa Setelah Melaksanakan Shalat Wudhu

Adapun doa setelah melakukan sholat sunnah wudhu adalah sebagai berikut ini dan memang keutamaan serta pahalanya sangat besar. Sebaiknya kita kerjakan secara rutin setiap kali selesai berwudhu seperti yang dilakukan oleh sahabat Bilal bin Rabah.

Bacaan Doa Setelah Sholat Sunnah Wudhu Arab

اللهم اجعلنى من التوابين واجعلني من المتطهرين واجعلني من عبادك الصلحين

ربنا اتنا فى الدنيا حسنة وفى الا خرة حسنة وقنا عذاب النار وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين والحمد لله رب العالمين

Bacaan Doa Setelah Sholat Sunnah Wudhu Latin

“Allaahummaj ‘Alnii Minat Tawwaabiina Waj ‘Alnii Minal Mutathohhiriina Waj ‘Alnii Min ‘Ibaa-Dikash Shoolihiina. Robbanaa Aatinaa Fiid Dun-Yaa Hasanatan Wa Fiil Aakhiroti Hasanatan Wa Qinaa ‘Adzaaban Naari. Wa Shollallaahu ‘Alaa Sayyidinaa Muhammadin Wa ‘Alaa Aalihi Wa Shohbihi Ajma’iina. Wal Hamdu Lillaahi Robbil ‘Aalamiina.”

Arti Bacaan Doa Setelah Sholat Sunnah Wudhu

 “Wahai Allah, jadikanlah saya termasuk golongan orang-orang yang bertaubat, jadikanlah saya termasuk golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah saya dari golongan orang-orang yang sholeh-sholeh. Wahai Tuhan kami, berilah kami kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat dan selamatkanlah kami dari siksa neraka. Dan semoga Allah melimpahkan rahmat kepada junjungan Nabi Muhammad teriring sahabat beliau semuanya. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam”.

Supaya Rezeki Lancar dan Berkah: Simak Waktu Sholat Dhuha, Yuk Ketahui Agar Ibadah Semakin Berkah!

Anjuran Melaksanakan Shalat Sunnah Wudhu

Anjuran sholat sunnah Wudhu, atau syukrul wudhu terdapat didalam salah satu Hadits Nabi Muhammad SAW. Meskipun melaksanakan sholat wudhu ini hukumnya sunnah, jika kita memiliki waktu untuk melaksanakan, kita dianjurkan untuk melaksanakannya agar mendapatkan pahala dan keistimewaan dari sholat ini.

Sabda Nabi Muhammad SAW :

“Barangsiapa yang berwudhu, lalu mengerjakan shalat dua rakaat tidak lalai (dengan khusyu) dalam keduanya, maka diampuni dosa-dosa yang sudah lewat”. (HR. Abu Dawud).

 “Tidak ada dari seorang yang berwudhu (kemudian) memperbaiki (menyempurnakan) wudhunya (lalu) dia mengerjakan shalat dua rakaat, dia hadapi shalatnya dengan hati dan wajahnya (khusyu), kecuali wajib baginya surge (masuk surga)”. (HR. Muslim).

Dari kedua hadits diatas, dapat diketahui jika sholat wudhu sangat besar pahalanya. Sehingga kita dianjurkan untuk memelihara (dawam) secara rutin setiap kali selesai berwudhu.

Demikian ulasan tentang Sholat Wudhu, niat sholat Wudhu, tata cara sholat Wudhu dan doa sholat Wudhu lengkap. Seperti tertera didalam hadit shohih diatas, begitu besar pahala yang didapat jika melaksanakan solat sunnah ini.

Silahkan simak ulasan tentang sholat lainnya melalui kanal Sholat dari Widiynews.com semoga dengan mengetahui banyak ibadah sunnah, kita dapat meraup berkah, rahmat, dan ridho Allah SWT.

Related posts