Cara Blokir Iklan Popup Tab yang Sering Muncul Sendiri di Google Chrome

Cara Blokir Iklan Popup Tab yang Sering Muncul Sendiri di Google Chrome

Saat situs web buka browser di Google Chrome atau aplikasi browser lainnya, sering kali muncul tab baru secara tiba-tiba atau bahkan muncul pop-up sejenis iklan yang menampilkan konten tidak pantas untuk dilihat. Apalagi jika yang terbuka bukan cuma satu tab, tapi kadang muncul berkali-kali dan sulit ditutup. Pasti rasanya sangat menjengkelkan.

Penting sekali mengetahui cara blokir tab yang sering muncul sendiri di Google Chrome. Karena sebagian popup atau tab yang terbuka adalah serangan malware yang disisipkan didalam sebuah website. Jadi tidak hanya mengganggu tapi bisa berbahaya terutama terhadap perangkat dan data yang Anda miliki.

Nah pada kesempatan kali ini, Widiynews akan berbagi cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk memblokir popup baik itu iklan ataupun tab yang sering terbuka sendiri di aplikasi Google Chrome. Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

Cara Blokir Popup dan Tab yang Sering Muncul Sendiri

Untuk panduannya, Anda bisa mengikuti langkah demi langkahnya dibawah ini:

Nonaktifkan Popup Google Chrome

Ini yang pertama dan yang paling penting, terutama jika Anda menggunakan Google Chrome sebagai browser internet baik pada smartphone maupun PC/Laptop. Secara default atau bawaan, pengaturan popup chrome biasakan dalam mode diizinkan. Berikut cara menonaktifkannya:

  1. Buka Setelan atau Settings Google dibagian pojok kanan atas berupa titik tiga.
  1. Kemudian, klik menu bagian kiri Privasi dan Kemanan atau Privacy and Security dan pilih bagian Site Settings.
  1. Setelah terbuka, pilih menu pengaturan Pop-ups dan Pengalihan atau Pop-Ups and redirects.
  1. Selanjutnya ubah pengaturan Allowed (Izinkan) menjadi Blocked (Blokir). Terahir, tutup tap pengaturan Google Chrome Anda.

Selain menerapkan pengaturan melalui cara diatas yang sudah kami jelaskan, Anda juga menambahkan Ekstensi Google Chrome. Cara ini terbilang cukup aktif memblokir semua jenis iklan, popup dan tab Google Chrome yang sering muncul sendiri. Jadi, ketika kalian membuka sebuah website atau situs blog tidak akan terganggu dengan adanya iklan-iklan yang kadang jumlahnya lebih banyak daripada isi kontennya.

Langsung, saja dibawah ini adalah rekomendasi ekstensi yang paling efektif untuk Anda install.

Cara Blokir Iklan Popup Menggunakan Ekstensi Chrome

  1. Buka ikon titik tiga diatas pojok kanan Google Chrome
  2. Selanjutnya klik bagian More tools atau Fitur lainnya, dan pilih Extension (Ekstensi).
  1. Klik pada Menu Extension di pojok kiri atas, kemudian pilih Buka Chrome Web Store.
  1. Nah, sudah sampai disini langsung saja ketikkan kata Adblocker pada kolom pencarian ekstensi. Mungkin ada beberapa nama ekstensi yang hampir sama. Tapi, pastikan Anda memilih Adblocker yang berlogo tangan dari getadblock.com. Seperti ini gambarnya.

Jangan lupa, klik Add to Chrome dan ikuti instruksi pemasangannya sampai selesai. Jika sudah berhasil, kalian akan melihat ekstensi baru yang terpasang di bagian pojok kanan atas bersandingan dengan ekstensi lain yang sudah terpasang.

Untuk menggunakan ekstensi Adblock ini caranya cukup simpel dan mudah. Cukup klik saja ekstensi tersebut dan pilih pengaturan sesuai kebutuhan. Untuk pilihan menu dan pengaturannya bisa disesuaikan seperti dibawah ini:

  • Pause on this site: Tunda pemblokiran iklan di situs ini.
  • Pause on all sites: Tunda pemblokiran iklan untuk semua situs
  • Block an ad on this page : Blokir iklan untuk halaman yang sedang dibuka
  • Don’t run on this page : Jangan blokir iklan yang ada dihalaman yang sedang dibuka
  • Don’t run on pages on this site : Jangan blokir iklan untuk seluruh halaman situs yang sedang dibuka

Tinggal Anda pilih pengaturan mana yang tepat dan sesuai kebutuhan Anda. Sebagai contoh, Anda ingin memblokir tampilan iklan pada halaman situs yang sedang Anda buka, maka silahkan pilih Block an ad on this page.

Oh ya, selain Ekstensi Adblock, ada juga rekomendasi dari kami ekstensi terbaik yang efektif memblokir semua jenis serangan popup berupa tab yang sering terbuka sendiri, yaitu Pop up for Chrome. Berikut tampilannya:

Anda bisa menambahkan ekstensi ini biar iklan atau malware yang membandel didalam website yang kalian buka dapat diblokir.

Sampai disini sebenarnya sudah cukup ampuh untuk mengatasi masalah tab yang sering muncul sendiri, iklan atau popup yang sering mengganggu ketika sedang membuka halaman website, hingga masalah malware di internet.

Namun, untuk memastikan Anda tetap aman dan nyaman saat berselancar di internet menggunakan Google Chrome, pastikan Anda tidak mengunjungi situs terlarang dan sudah di blokir oleh pemerintah meskipun Anda menggunakan VPN. Salah satu alasannya bukan cuma situs-situs tersebut mengandung konten tidak pantas, tapi karena sebagian besar situs atau website tersebut telah disusupi virus malware yang berbahaya untuk data dan perangkat yang Anda gunakan.

Itulah ulasan tentang cara blokir popup tab Google Chrome yang sering muncul sendiri. Semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda yang membutuhkan tutorial ini. Selamat mencoba ya.

Related posts