Aplikasi Android

Cara Mudah Matikan Download Otomatis Media WhatsApp, Terlengkap

Cara menonaktifkan download otomatis media file WhatsApp sangat penting supaya penyimpanan internal smartphone tidak cepat penuh. Yuk simak cara menonaktifkan download otomatis...

Cara Mudah Matikan Download Otomatis Media WhatsApp

Seara default atau bawaan, semua jenis media dan file yang dikirim melalui chat WhatsApp akan didownload otomatis ketika ada jaringan data internet dan koneksi WiFi. Kemudian file-file tersebut masuk secara otomatis di memori internal dan dipisahkan berdasarkan kategori file.

Adanya sistem download otomatis media WhatsApp ini dianggap lebih relevan untuk mengatasi kehilangan data para penggunanya. Tapi tidak semuanya demikian, sebagian pengguna justru merasa kesal dengan adanya fitur ini.

Terutama bagi mereka yang memiliki smartphone yang kapasitas memori internal kecil atau dibawah rata-rata. Lama-lama kelamaan, karena masuk secara otomatis, penyimpanan smartphone penuh. Apalagi tak semua jenis file yang tersimpan adalah penting.

Mau-mau tak mau, pengguna harus memilahnya kembali kemudian menghapusnya jika dianggap tak penting. Cukup melelahkan sekali memang.

Untuk Anda yang tidak suka dengan sistem download otomatis media WhatsApp ini, Anda bisa kok menonaktifkannya. Jadi langkah ini bisa membantu mengatasi memori internal yang penuh dengan sendirinya padahal tak banyak aplikasi yang Anda tambahkan. Simak selengkapnya dibawah!

Cara Mudah Matikan Download Otomatis Media WhatsApp

Sebenarnya WhatsApp sudah menyediakan fitur nonaktifkan download otomatis semua media yang dikirim melalui aplikasinya. Tapi, tak sedikit diantara pengguna yang masih belum paham dan mengerti caranya.

Walhasil, semua media yang masuk atau sudah didownload akan otomatis disimpan di memori internal dan terlihat di galeri. Lama kelamaan, memori internal bisa penuh tanpa disadari oleh penggunanya.

Nah berikut cara mudah menonaktifkan download otomatis media WhatsApp yang bisa Anda terapkan.

Cara Nonaktifkan Download Otomatis Media WhatsApp

Cara Mudah Matikan Download Otomatis Media WhatsApp
  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Kemudian masuk ke menu Pengaturan (Setelan) yang berbentuk titik tiga di pojok kanan atas.
  3. Selanjutnya pilih Penggunaan Data dan Penyimpanan
  4. Hilangkan semua ceklis Foto, Audio, Video dan Dokumen pada menu Unduh Otomatis Media Saat Menggunakan Data Seluler, Saat Terhubung ke WiFi dan Saat Roaming.
  5. Jangan lupa klik Ok untuk masing-masing pengaturan

Catatan:

Anda bisa mengatur untuk download otomatis media WhatsApp secara berbeda pada mode Data Seluler, WiFi dan saat Roaming.

Sebagai contoh, untuk mode Data Seluler Anda memilih pengaturan unduh otomatis Foto dan Dokumen dan yang lainnya dinonaktifkan. Sedangkan untuk pengaturan unduhan mode WiFi di aktifkan semua, atau sebaliknya.

Kesimpulan

Selain bisa bikin memori internal atau penyimpanan smartphone cepat penuh, sistem download otomatis media WhatsApp juga bisa bikin paket data internat Anda cepat habis.

Ini terjadi karena ketika ada file yang dikirim oleh teman atau kontak WhatsApp akan otomatis di download.

Nah, dengan cara menonaktifkan download otomatis ini Anda tidak hanya menyelamatkan penyimpanan smartphone saja tapi juga pake data internet lebih irit dan hemat.

Tapi, jika Anda memiliki HP dengan penyimpanan yang luas, dan paket data yang besar, mungkin tidak jadi masalah. Tapi bagi Anda yang memiliki HP dengan penyimpanan terbatas dan paket internet juga terbatas tentu ini bisa jadi masalah yang serius bukan? Bagaimana menurut Anda?

Written by Widiyanti
Didiklah anak-anakmu itu berlainan dengan keadaan kamu sekarang kerana mereka telah dijadikan Tuhan untuk zaman yang bukan zaman engkau. (Umar bin Khattab) Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *