Aplikasi Komputer

Panduan Menggunakan Recuva, Aplikasi Recovery Gratis Terbaik!

Pada kesempatan kali Widiynews berbagi tutorial aplikasi Recuva, software recovery komputer gratis untuk mengembalikan data yang hilang atau terhapus. Yuk simak artikel...

Panduan Menggunakan Recuva, Aplikasi Recovery Gratis Terbaik!

Saat ini hampir semua jenis pekerjaan kantor dikerjakan menggunakan perangkat komputer atau laptop. Saat menggunakan PC, ada saja loh kendala yang tidak diinginkan, salah satunya kehilangan data penting.

Banyak faktor kenapa file di drive komputer dan memori smartphone Android bisa hilang tanpa sebab, salah satunya karena tidak sengaja di delete, atau justru karena serangan virus. Dan bisa juga faktor lain yang kadang justru bikin pusing sendiri cari-cari penyebabnya.

Nah untungnya, saat ini ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda andalkan untuk mengetasi masalah data hilang seperti ini. Salah satu aplikasi yang bakal penulis rekomendasikan adalah Recuva.

Apa Itu Recuva?

Recuva adalah aplikasi yang cukup populer untuk mengatasi persoalan data hilang pada perangkat HP Android, laptop, PC atau komputer. Hampir semua jenis file bisa ditangani, mulai dari foto, video, dokumen, software, file compressed dan lain sebagainya.

Media scannya juga bisa beragam, mulai dari hard drive, disket, iPod, USB, dan SD Card. Selain dapat digunakan untuk mengembalikan data yang hilang, Recuva bisa sebaliknya yaitu menghapus secara permanen data atau file didalam perangkat komputer dan HP Android.

Cukup menarik bukan? Menurut Anda bagaimana? Jika tertarik, jangan sampai disini aja bacanya, gas terus tutorial ini sampai selesai ya…

Baca juga : Cara Backup dan Restore Data Chat WhatsApp

Cara Menggunakan Recuva untuk Mengembalikan File dan Data Hilang di Komputer

Melalui tutorial kali ini, penulis ingin berbagi bagaimana cara menggunakan Recuva untuk HP Android, sd card dan komputer terutama bagi Anda yang saat ini ingin mengembalikan data atau file yang terhapus (hilang).

Seperti yang sudah sedikit disinggung diatas, Recuva bisa membaca semua jenis file. Jadi aplikasi recovery komputer dan HP Android rekomended banget deh!

Yuk gercep baca artikel dibawah!

1. Download dan Cara Install Recuva

Jika Anda belum punya aplikasi, silahkan download dulu aplikasinya melalui situs resmi atau tombol link dibawah.

Ada dua versi yang bisa Anda miliki, Recuva versi gratis dan versi pro. Jika Anda punya dana lebih, boleh pakai yang pro tapi kalau tidak ada pakai yang versi gratisan juga tidak apa-apa. Fiturnya sudah lengkap dan tetap handal untuk diandalkan.

Berikut langkah-langkah install Recuva :

  1. Buka file Setup dari Recuva
  2. Pilih Bahasa dipojok kanan atas yang ingin Anda gunakan.
  3. Kemudian klik Install. Jika Anda ingin menyimpan di direktori berbeda pada komputer, silahkan klik Customize, dan pilih More. Kemudian pilih direktori instalasinya dan pilih Install.
  4. Selesai. Tunggu proses instal aplikasinya sampai selesai

Sampai disini Anda sudah berhasil menambahkan aplikasinya pada laptop / PC Anda. Selanjutnya tinggal dijalankan dan ikuti langkah-langkah menggunakannya dibawah ini.

2. Cara Menggunakan Recuva

Cara menggunakan recuva untuk kembalikan data terhapus atau hilang sangat mudah, karena memang aplikasi ini di buat dengan user interface yang mudah dipahami. Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut:

1. Buka aplikasi Recuva untuk mulai me-restore data yang hilang.

2. Pilih jenis file yang ingin di recovery dan direstore datanya. Anda bisa memilih semua jenis file, picture, music, document, video, compressed, dan email. Kemudian klik Next atau Selanjutnya.

Panduan Menggunakan Recuva, Aplikasi Recovery PC Gratis Terbaik!

3. Selanjutnya, pilih lokasi drive, folder, atau direktori komputer atau smartphone Android mana yang akan di recovery. Silahkan klik Browse untuk memilih folder atau lokasi secara spesifik. Jika sudah, jangan lupa klik Selanjutnya atau Next.

Panduan Menggunakan Recuva, Aplikasi Recovery PC Gratis Terbaik!

4. Langkah selenjutnya pilih aktifkan pemindaian mendalam atau Enable Deep Scan supaya proses pencarian file yang hilang semakin maksimal. Kemudian klik Start atau Mulai.

Panduan Menggunakan Recuva, Aplikasi Recovery PC Gratis Terbaik!

Tunggu beberapa saat sampai proses pencarian file berlangsung. Cepat atau lambatnya tergantung dari besar, kecil dan banyaknya file yang bisa di recovery atau di restore kembali.

Panduan Menggunakan Recuva, Aplikasi Recovery PC Gratis Terbaik!

5. Kalau sudah selesai, Anda akan melihat daftar file atau data yang berhasil ditemukan oleh Recuva berdasarkan nama dan statusnya.

Silahkan klik kolom Status untuk mensortir file berdasarkan Bagian atau State dan pilih juga Switch advanced mode atau Ganti Mode Lanjutan untuk menampilkan opsi lain yang tersedia.

Panduan Menggunakan Recuva, Aplikasi Recovery Gratis Terbaik!

Keterangan tombol status recuva:

  • Merah : Kemungkinan tidak bisa di recovery
  • Kuning : Kemungkinan masih bisa di recovery
  • Hijau : Kemungkinan besar bisa di recovery

Nah selanjutnya silahkan cari file apa yang ingin Anda restore. Caranya tandai dengan memberikan centang kotak pada kotak tersebut. Pilih salah satu atau beberapa data yang Anda inginkan. Lalu pilih Recovery.

Panduan Menggunakan Recuva, Aplikasi Recovery Gratis Terbaik!

6. Simpan data file yang ingin dikembalikan tersebut ke lokasi berbeda. Sebagai contoh jika Anda melakukan recovery di drive D maka coba simpan di drive lain atau menggunakan Flashdisk.

Panduan Menggunakan Recuva, Aplikasi Recovery Gratis Terbaik!

Langkah ini bertujuan untuk menghindari hilangnya data lama yang hilang dengan data baru. Kemudian klik OK.

Nah sudah selesai. Sekarang Anda tinggal menunggu proses dan hasil recovery data dari komputer, disket, iPod, USB, dan SD Card atau perangkat yang ingin Anda kembalikan datanya.

Demikian cara menggunakan Recuva untuk kembalikan data yang hilang atau terhapus karena tidak sengaja atau karena masalah lainnya.

Selama Anda tidak melakukan perubahan apapun pada lokasi pertama dimana file yang hilang tersimpan, maka besar kemungkinan data file tersebut masih bisa di recovery. Jadi tidak perlu khawatir ya! Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Written by Allegiance Zamzam
CEO Widiynews.com ini memiliki cita-cita dan harapan yang besar, salah satunya ingin mendirikan startup meski belum kesampaian. Hobi membaca dan menulis segala sesuatu tentang teknologi, kuliner, travelling, dan pengembangan diri. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *