Doa Belajar, Supaya Dimudahkan Memahami, Menghafal dan Daya Ingat Kuat

Doa Belajar – Bagi teman-teman yang sedang menuntut ilmu atau belajar, pasti dong ingin memiliki daya ingat yang baik pada semua mata pelajaran di sekolah? Tapi ya, tidak semua otak dikepala manusia itu sama.

Ada yang Allah SWT karuniai daya ingat yang baik, jadi lebih mudah memahami setiap pelajaran dan juga mudah menghafal. Tapi ada juga yang sebaliknya.

Padahal sudah setiap hari belajar, menghafal dan ikhtiar, tapi tetap saja pelajaran susah ditangkap dan hafalan sering kali lupa. Pada titik ini mungkin banyak sahabat yang sedang belajar putus asa dan malas belajar.

Padahal, ini adalah salah satu bentuk ujian dari Allah supaya kita lebih giat belajar lagi. Namun pada kenyataan banyak diantara sahabat yang memilih menyerah dan putus asa ketika mempelajari suatu mata pelajaran di sekolah.

Ada salah satu doa yang bisa sahabat amalkan supaya mendapat anugerah otak yang cerdas, sehingga lebih mudah menghafal, mempunyai daya ingat yang baik dan belajar menjadi lebih mudah.

Doa Dimudahkan Menghafal dan Memahami Pelajaran

Berikut doa memohon diberi kemudahan menghafal dan memahami pelajaran dikutip dari Kitab Doa Mustajab Terlengkap karya Ustadz H. Amrin Ali Al-Kasyaf.

Doa Belajar, Supaya Dimudahkan Memahami, Menghafal dan Daya Ingat Kuat
Sumber: Dream.co.id

Bacaan Doa Memohon Kemudahan Menghafal dan Memahami Pelajaran Arab-Latin:

“Fafahhamnaahaa sulaimaana wa kullan atainaa hukman wa ‘ilman wa sakh kharnaa ma’a dawuudal jibaala yusabbihna wath thaira wa kunnaa faa’iliin. yaa hayyu yaa qayyuumu yaa rabba musaa wa haaruuna wa rabba ibraahima wa yaa rabba muhammaadin shallallahu alaihi wa sallama wa ‘alaihim ajma’iina. Urzuqnil fahma warzuqnil ‘ilma walhikmata wal ‘aqla birahmatika yaa arhamarraahimiina.”

Terjemah Bacaan Doa :

“Maka Kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat) dan kepada masing-masing meraka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bestasbih bersama Daud, dan Kamilah yang melakukannya. Wahai Dzat Yang Maha Hidup, Wahai Dzat Yang Maha Berdiri Sendiri, Wahai Tuhan Musa dan Harus, Wahai Tuhan Ibrahim, dan Wahai Tuhan Muhammad SAW, dan Tuhan mereka semua, berikanlah aku rezeki kepahaman dan berilah aku rezeki ilmu, hikmah, dan akal, melalui rahmat-Mu wahai Dzat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Doa pendek diatas dapat dibaca setiap kali sahabat selesai sholat lima waktu atau sholat sunnah dimalam hari.

Sebenarnya, doa ini termasuk doa pelengkap belajar dimana sebelumnya juga Widiynews sudah berbagi doa menuntut ilmu lengkap disertai artinya. Baca selengkapnya disini ->

Sahabat bisa mempelajarinya dan menghafalkan doa-doa tersebut baik sebelum dan sesudah belajar.

Selain itu, sebaiknya sahabat juga tetap menjaga adab dalam menuntut ilmu. Sehingga ilmu yang didapatkan ketika di sekolah atau pesantren senantiasa mendatangkan keberkahan bagi sahabat dan orang banyak.

Berikut adab dalam menuntut ilmu, baca selengkapnya disini ->

Demikian doa memohon kemudahan dalam menghafal dan memahami pelajaran supaya daya ingat menjadi lebih kuat. Semoga bermanfaat.

Mari Bagikan :
Didiklah anak-anakmu itu berlainan dengan keadaan kamu sekarang kerana mereka telah dijadikan Tuhan untuk zaman yang bukan zaman engkau. (Umar bin Khattab)