Awas Salah, Inilah Sunah Malam Jumat yang Dianjurkan Al-Quran dan Hadist!

Sunnah Malam Jumat Menurut Al-Qur’an dan Hadits – Banyak orang Islam diluaran sana yang salah kaprah mengartikan ibadah amalan malam Jumat. Diantaranya mungkin Anda, teman, atau saudara muslim kita yang tidak mengerti hal ini.

Sunnah malam Jumat sering kali hanya dihubung-hubungkan dengan kegiatan “tertentu” terutama oleh sebagian muslim yang sudah berumah tangga. Ya, mungkin Anda sudah bisa mengebaknya sendiri apa hal tersebut.

Sunnah tersebut sering kali dihubungkan dengan mandi sunnah pagi hari atau kegiatan pada malam jumat tersebut.

Lantas, apa sebenarnya amalan sunnah malam jumat yang sebenarnya?

Dan benarkah sunnah malam jumat seperti yang dikait-kaitkan dengan kegiatan tertentu oleh pasangan umat Islam yang selama ini banyak didengar?

Sunnah Malam Jumat Menurut Al-Qur’an dan Hadits

Dalil tentang sunnah malam jumat memang benar-benar ada, salah satunya adalah perintah membaca Al-Qur’an Surat Al-Kahfi. Tapi, dalil tentang sunnah membacanya dimalam jumat adalah dhoif atau lemah.

Inilah Sunah Malam Jumat yang Dianjurkan Al-Quran dan Hadist

Nah untuk mengetahui apa saja amalan yang paling utama untuk dilakukan pada malam jumat dan harinya, mari kita kupas tuntas satu persatu untuk menambah wawasan bersama.

1.  Membaca Al-Qur’an Surat Al-Kahfi

Amalan yang pertama untuk dilakukan pada malam jumat adalah membaca Al-Qur’an.  Kitab suci Al-Qur’an adalah rujukan hidup seluruh umat Islam. Membaca dan mengamalkan isinya adalah perintah Allah SWT dan juga Rosulullah.

Membaca Al-Qur’an tidak hanya dianjurkan pada malam jumat saja. Namun ada salah satu surat Al-Qur’an yang paling utama untuk dibaca serta diamalkan pada malam jumat, yaitu surat Al-Kahfi.

“Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka dirinya telah diterangi oleh cahaya diantara dua hari Jumat” (HR. An Nasai, Baihaqi dan Al Hakim; Shahih).

“Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, maka terhadap dirinya akan dipancarkan cahaya antara dirinya dan Baitul Atiq” (HR. Al Hakim, Al Baihaqi dan Ad Darimi; shahih).

Dari Abu Sa’id Al Khudri, Rasulullah bersabda:

 “Barang siapa membaca surat Al Kahfi sebagaimana diturunkan, maka ia akan mendapatkan cahaya dari tempat ia berdiri hingga Mekkah. Barang siapa membaca 10 akhir ayatnya, kemudian keluar Dajjal, maka ia tidak akan dikuasai. Barang siapa yang berwudhu, lalu ia ucapkan: Subhanakallahumma wa bi hamdika laa ilaha anta, astaghfiruka wa atubbu ilaikh (Maha suci Engkau Ya Allah, segala pujian untuk Mu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku senantiasa memohon ampun dan bertaubat pada Mu), maka akan dicatat baginya dikertas dan dicetak sehingga tidak akan luntur hingga hari kiamat”

Simak : Waktu Sholat Dhuha, Yuk Ketahui Agar Ibadah Semakin Berkah!

2.  Membaca Sholawat Nabi

Membaca sholawat Nabi merupakan amalan sunnah yang dianjurkan pada malam jumat dan hari jumat.

Sebagai umat muslim, sholawat adalah cara terbaik untuk memuji dan memuliakan Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita menuju dunia yang terang benderang seperti sekarang ini.

Membaca sholawat Nabi diutamakan sebanyak-banyaknya setiap hari dan paling utama pada malam jumat. Amalan sunnah ini sebagaimana tercantum didalam hadits berikut:

 “Perbanyaklah untuk membaca shalawat kepadaku pada setiap hari Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap hari Jumat. Barang siapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti” (HR. Baihaqi; Hasan Lighairihi)

3.  Membaca Doa

Hari jumat adalah salah satu hari yang dimuliakan atau istimewa, hal ini terbukti dari banyaknya keutamaan pada hari tersebut. Salah satunya adalah sholat jumat yang hanya dilakukan pada hari itu.

Menjalankan amalan sunnah pada hari jumat dan malam jumat sangat dianjurkan untuk meraih ampunan dan ridho Allah SWT serta mendapatkan syafa’at Nabi Muhammad SAW.

Amalan sunnah yang utama untuk dilakukan pada hari tersebut adalah memperbanyak membaca doa. Doa yang dipanjatkan pada waktu tersebut adalah doa yang senantiasa memohon keberkahan serta rahmat Allah, sebagaimana tertera pada dalil dan hadits:

 “Rasulullah SAW bersabda, “Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang diminta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.”

Simak juga : Rahasia Dibalik Keutamaan Shalat Malam yang Tak Banyak Diketahui

Semua perintah ibadah tentunya harus berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits, termasuk yang telah dicontohkan oleh Rosulullah SAW dan juga para sahabatnya. Jadi jangan sampai menambah-nambahi amalan tertentu yang tidak pernah disyariatkan oleh agama Islam.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber dan laman Fimadani.com

Mari Bagikan :
Didiklah anak-anakmu itu berlainan dengan keadaan kamu sekarang kerana mereka telah dijadikan Tuhan untuk zaman yang bukan zaman engkau. (Umar bin Khattab)