Doa Sebelum Tidur Rosulullah SAW Agar Tidak Diganggu Setan

Doa Sebelum Tidur – Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada seluruh umat Islam untuk selalu membaca doa sebelum tidur.

Doa tidur itu biasanya memiliki makna permohonan kepada Allah atas perlindungan-Nya dari semua keburukan dan bahaya yang bisa saja datang disaat tidur.

Tidur adalah kematian yang sangat dekat. Ketika tubuh sedang tertidur, otomatis seluruh anggota tubuh akan beristirahat selama beberapa jam dan memasuki tahap relaksasi layaknya orang mati.

“Tidur itu adalah temannya mati.” (HR. Baihaqi,Thabrani dan Bazzar).

Setiap orang membutuhkan istirahat, salah satunya tidur. Istirahat dibutuhkan untuk mengembalikan energi. Banyak orang yang mengatkan bahwa tidur adalah kematian sementara manusia.

“Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir.” (QS: Az-zumar: 42).

Selain doa sebelum tidur yang mungkin sudah banyak diamalkan, ada salah satu doa yang senantiasa Rosulullah SAW beliau baca dan dianjurkan juga kepada kita umat Islam.

Didalam amalan doa tersebut, Nabi Muhammad SAW senantiasa mengajarkan kepada kita untuk memohon kepada Allah supaya terhindar dari godaan syetan yang bisa saja datang kapanpun disaat kita sedang tidur.

Doa Terhindar dari Gangguan Setan Saat Tidur

Doa Sebelum Tidur Rosulullah SAW Agar Tidak Diganggu Setan
sumber: timesofisrael.com

Berikut ini doa sebelum tidur yang dibaca Rosulullah SAW supaya terhindar dari gangguan setan.

بسمِ اللهِ وضعتُ جنبي اللَّهمَّ اغفر لي ذنبي وأخس شيطاني ، وفُكَّ رِهاني وثقِّل ميزاني واجعَلني في النَّديِّ الأعلَى

Lafadz Arab Latin :

Bismillaahi wadho’tu janbii, allohummaghfirlii dzanbii wa akhsi syaithoonii wa fukka rihaanii wa tsaqqil miizaanii waj’alnii fin nadyil a’laa.

Artinya :

Dengan menyebut nama Allah, aku meletakkan tubuhku. Ya Allah, ampunilah dosaku, usirlah setan yang ada dalam diriku, bebaskan hutangku, beratkan timbanganku, dan jadikan aku dalam kedudukan yang tinggi.

Doa sebelum tidur yang dibaca oleh Rosulullah SAW ini diketahui berdasarkan hadits riwayat Imam Abu Dawud, Imam Thabrani dan Imam Al-Hakim dari Abu Al-Azhar Al-Anmari.

أن رسولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم، كان إذا أخذ مضجعَه من الليلِ قال: بسم اللهِ وضعتُ جنبي، اللهم اغفر لي ذنبي، وأخْس شيطاني، وفكَّ رِهاني، واجعلني في النديِّ الأعلى

Sesungguhnya Rasulullah Saw ketika hendak tidur di waktu malam, beliau mengucapkan; Bismillaahi wadho’tu janbii, allohummaghfirlii dzanbii wa akhsi syaithoonii wa fukka rihaanii wa tsaqqil miizaanii waj’alnii fin nadyil a’laa (Dengan menyebut nama Allah, aku meletakkan tubuhku. Ya Allah, ampunilah dosaku, usirlah setan yang ada dalam diriku, bebaskan hutangku, beratkan timbanganku, dan jadikan aku dalam kedudukan yang tinggi).

Setelah membaca doa tersebut, kita juga dianjurkan untuk membaca doa tidur. Salah satu doanya adalah berikut:

باسمِكَ اللَّهُمَ أَحْيا وأمُوتُ

“Bismika allahumma ahyaa wa amuut”

“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”. (HR.Bukhari dan Muslim).

Menurut Ibnu Katsir ra, apabila kita hendak tidur berwudhu’ lah dan bacalah do’a agar terhindar dari segala macam bahaya dan penyakit.

Sudahkah Anda Membaca Doa Sebelum Tidur?

Demikian penjelasan doa sebelum tidur yang dibaca Rosulullah SAW supaya terhindar dari gangguan setan agar dapat kita amalkan setiap saat hendak tidur.

Seperti halnya tidur, saat kita mati kita akan meninggalkan seluruhnya yang kita miliki didunia ini. Begitu pula dengan tidur, karena tidur adalah kematian sementara manusia.

Jadi alangkah baiknya sebelum tidur kita mengambil air wudhu, membaca dzikir dan membaca tidur seperti yang dianjurkan Rosulullah SAW. []

Mari Bagikan :
Didiklah anak-anakmu itu berlainan dengan keadaan kamu sekarang kerana mereka telah dijadikan Tuhan untuk zaman yang bukan zaman engkau. (Umar bin Khattab)