[Fatwa MUI] Hukum Membayar Setoran Haji Pakai Uang Hutang, Bolehkah?

Informasi terbaru hukum membayar setoran awal haji dan pembiayaan pakai uang hutang melalui fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI). Terkait ibadah haji dan umrah ini telah disampaikan dalam Musyawarah Nasional (Munas) X. Simak informasi selengkapnya berikut.

Majelis Ulama Indonesia telah menggelar acara Musyawarah Nasional atau Munas yang ke X pada tanggal 25 sampai 26 November 2020 lalu.

Pada Munas X kemarin, MUI telah mengeluarkan 5 fatwa, dua diantaranya tentang hukum menggunakan masker saat ibadah ihram haji atau umrah serta hukum membayar setoran awal haji.

Perlu sahabat muslim ketahui bahwa hukum tentang membayar setoran awal haji menggunakan uang dari hasil hutang dan pembiayaan ini sudah dijelaskan didalam fatwa yang telah dikeluarkan oleh MUI.

[Fatwa MUI] Hukum Bayar Setoran Haji Pakai Uang Hutang, Bolehkah?
Foto: cermati.com

Dalam fatwa ini, MUI menjelaskan tentang tiga ketentuan yang menjadi hukum tersebut. Berikut penjelasannya

1. Mubah

Hukum pembayaran setoran awal haji dari hasil uang hutang hukumnya mubah (boleh) asalkan memenuhi syarat yaitu bukan utang ribawi dan yang orang yang berhutang mempunyai kemampuan untuk membayar hutang yakni dibuktikan dengan kepemiliki aset yang cukup.

2. Diperbolehkan

Pembayaran setoran awal haji dengan uang hasil pembiayaan melalui lembaga keuangan hukumnya juga diperbolehkan asalkan memenuhi beberapa syarat.

Syarat yang dimaksud adalah sebagai berikut :

  1. Menggunakan akad syariah
  2. Tidak dilakukan di lembaga keuangan konvensional
  3. Nasabah mampu melunasi dengan dibuktikan kepemilikan aset

3. Haram

Pembayaran setoran awal haji menjadi haram hukumnya apabila dibayar dengan dana hutang dan pembiayaan yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan pada poin pertama dan kedua.

Demikian informasi terbaru dari widiynews.com mengenai hukum membayar setoran awal haji dan pembiayaan yang dijelaskan melalui fatwa MUI. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda semua dan terima kasih sudah berkunjung ke website widiynews.com.***

Artikel Terkait

Sedang Banyak Dibaca

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More