in

Mulailah Ubah Gaya Hidup Anda untuk Hindari Kanker

Penyakit Kanker adalah pembunuh nomor satu didunia. Cara sehat untuk mencegah terkena kanker adalah mengubah pola gaya hidup. 

Mulailah Ubah Gaya Hidup Anda untuk Hindari Kanker

Widiynews.com – Untuk mencegah kekambuhan terhadap kanker, maka perlu melakukan perubahan gaya hidup. Seperti disampaikan oleh Dr. dr. Hilman Tadjoedin, SpPD-KHOM, perubahan gaya hidup seperti tidak merokok, memiliki kebiasaan makan yang lebih baik. Untuk mengatasi rasa atau kecap, makan dengan porsi terbagi dan berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi klinik. Sebaiknya pasien kanker juga banyak beristirahat dan menghindari aktivitas yang menimbulkan kelelahan, serta memperbanyak porsi olahraga.

Olahraga secara teratur akan memperbaiki performa fisik dan mental melalu perbaikan kesehatan jantung dan sirkulasi, serta memperkuat dan melenturkan otot. Bila olahraga ditunjang diet sehat maka dapat membantu pasien mempertahankan berat badan yang diharapkan.

Sementara suster Ivonne yang biasa menangani pasien kanker mengatakan, terkait dengan pengobatan paliatif dan rehabilitasi, pasien yang sedang menjalani proses pengobatan kemoterapi dan radiasi harus menjaga asupan nutrisi agar fisik tetap prima selama proses pengobatan. Kebersihan mulut juga diperhatikan sebelum dilakukan radiasi untuk menghindari infeksi.

Sebaiknya juga tidak makan dan minum yang terlalu panas atau dingin untuk menghindari kerusakan selaput lendir. Bagian kulit daerah yang terpapar radiasi tidak dibiarkan berkeringan untuk mencegah terjadinya luka, koreng dan menjadi gelap. Bila terdapat keluhan kulit, tidak disarankan menggunakan salpe atau lotion tanpa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Perawatan paliatif pada penderita kanker dengan mengurangi rasa sakit dan keluhan sakit. Membantu pasien tetap meningkatkan kualitas hidup dan mampu beraktivitas sampai akhir hayat. Perawatan paliatif juga membantu keluarga pasien dalam merawat pasien, membantu memenuhi kebutuhan pasien, serta meringankan penderitaan secara fisik, sosial, mental dan spiritual.

Perawatan ini juga membantu pasien dan keluarganya memenuhi keinginan pasien secara realistis sebelum pasien meninggal. Merawat pasien yang sudah dinyatakan paliatif membutuhkan dukungan dari keluarga. Keluarga perlu memberikan pelatihan dan pendampingan dalam memberikan perawatan selama dirumah dengan melibatkan perawat.

Kunjungan oleh tim paliatif juga diperlukan untuk memantau kemajuan atau kemunduran selama pasien dirawat dirumah. Edukasi yang diberikan untuk keluarga adalah kebersihan diri, pengelolaan nutrisi, mengatasi nyeri, pola aktivitas, dukungan emosional, perawatan luka, perawatan stoma, pemberian oksigen, kegiatan keagamaan, pencegahan luka tekan, serta pencegahan kekakuan ekstrimitas atau pergerakan.