Cara Unik Google Ikut Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-88

Google Ikut Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-88 Lewat Google Doodle Hari Ini

Widiynews.com – 28 Oktober merupakan hari bersejarah yang teramat penting untuk bangsa Indonesia, dimana setiap tanggal tersebut diperingati Hari Sumpah Pemuda sejak diresmikan pada 28 Oktober 1928 silam. Tepat dihari ini pula, Hari Sumpah Pemuda Indonesia sudah berlangsung selama 88 tahun.

Tonggak sejarah Indonesia ini pun tak luput dari perhatian Google, sang perusahan Internet raksasa didunia. Google memang punya cara unik setiap kali memperingati hari-hari besar dunia dengan cara menampilkan gambar unik Doodle miliknya, termasuk hari bersejarah yang satu ini “Hari Sumpah Pemuda”.

Jika Anda secara teliti melihat halaman muka perambaan internet Google hari ini, Anda akan disuguhkan dengan tampilan yang sedikit berbeda dari biasanya. Kini, melalui Google Doodle perusahaan tersebut menampilkan sebuah ikon gambar animasi yang diilustrasikan dengan enam pemuda dan pemudi dari beragam suku di Indonesia yang mengenakan pakaian adat Jawa, Bali dan Sunda.

Apabila gambar tersebut di klik, gambar tersebut akan mengeluarkan sebuah kalimat sakral yang seolah-seolah diteriakkan oleh keenam pemuda-pemudi tersebut. Bunyi kalimat tersebut adalah Satu Tanah Air, Satu Bangsa dan Satu Bahasa.

Kalimat-kalimat tersebut merupakan rujukan yang diambil dari ikrar yang diucapkan oleh para pemuda dari berbagai suku bangsa Indonesia pada momen Sumpah Pemuda masa lalu, yakni tepatnya pada 28 Oktober 1928 silam.

Berikut ini bunyi Sumpah Pemuda berdasarkan hasil putusan kongres tersebut:

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia

Kami poetra dan poetri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!