Berita Terkini: Ini Penjelasan Mabes Polri Terkait Siaga Satu Brimob 4 November

Mabes Polri Angkat Bicara Soal Isu Siaga I Brimob

Widiynews.com – Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar akhirnya angkat bicara terkait pemberitaan Korps Brimob Polri yang kabarnya ditingkatkan menjadi siaga satu.

Hal itu terungkap dari Nota Dinas dengan nomor 35/X/2016/Korbrimob tertanggal 28 Oktober 2016. Dalam surat tersebut dijelaskan mengenai status siaga satu. Pelaksanaan siaga satu dimulai per tanggal 28 Oktober 2016.

Loading...

Boy Rafli mengatakan bahwa pemberitahuan tersebut bersifat internal dan bertujuan agar personel Brimob tidak mengambil cuti atau izin menjelang pilkada serentak yang akan berlangsung tahun depan. Dalam pelaksanaannya, banyak dibutuhkan personel untuk menjaga keamanan selama pilkada.

“Itu instruksi kepada anak buahnya, karena Brimob yang ada ini kan akan dibagi-bagi ke Polda yang membutuhkan. Karena kebutuhan (Brimob) banyak tapi jumlahnya terbatas terpaksa siaga 1 kaitannnya dengan hak-hak liburan dan sebagainya,” ujar Boy di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (29/10/2016).

Banyak yang menghubung-hubungkan status siaga satu ini terkait orang islam yang akan menggelar demo pada 4 November mendatang. Demo tersebut bertujuan untuk mendesak pihak kepolisian tentang dugaan kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Terkait siaga satu ini, lanjutnya, pasukan Brimob mendapat larang libur. Personel Brimob tak bisa meninggalkan satuan tanpa izin langsung dari atasan. Boy menambahkan, pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap daerah yang rawan konflik. Saat ditanyakan apakah Pilkada DKI termasuk ke rawan konflik, Boy enggan menjawab. “Setiap daerah pasti memiliki potensi kerawanan,” ujar Boy. (NNG/WN)

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!